in

15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan

15 Penyebab Kucing Peliharaanmu Tidak Mau Makan – Kucing peliharaanmu tampak lemas, pasif, dan tidak bersemangat? Pasti perilaku seperti itu kerap membuat Grameds cemas. Salah satu jenis hewan peliharaan yang paling umum dimiliki oleh para pecinta hewan ialah kucing.

Tingkah laku kucing yang manja dan lucu kerap menjadi alasan sebagian besar pecinta hewan memeliharanya. Saat memutuskan untuk mengadopsi kucing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari segi kebersihan, kesehatan, dan yang terpenting adalah makanannya.

Grameds sebagai pecinta kucing tentu berharap bahwa kucing peliharaanmu menjadi kucing yang tumbuh gemuk, lucu, dan menggemaskan. Tapi apa yang terjadi jika kucing peliharaanmu tidak mau makan?

Mogok makan menjadi hal yang cukup umum terjadi pada kucing peliharaan. Kucing sebagai hewan peliharaan dapat kehilangan nafsu makannya karena beberapa hal. Merasa bosan dengan menu makanan sehari-hari dan ingin mencoba sesuatu yang baru kerap menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

Namun, masalah kesehatan yang serius juga bisa menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Untuk itu, Grameds perlu mengetahui penyebab mengapa kucing perliharaanmu tiba-tiba bertingkah demikian. Mengapa? Karena kucing sebagai hewan peliharaan pandai menyembunyikan dirinya.

Kucing sebagai hewan peliharaan memang suka rewel dalam urusan makan. Terlalu banyak makan akan membuat kucing sakit dan salah asupan makan akan membuatnya diare.

Hewan harus mengandalkan cadangan lemaknya sebagai energi ketika tidak makan dengan cukup. Lemak harus diproses terlebih dahulu oleh hati sebelum dapat digunakan sebagai bahan bakar. Proses tersebut tentu membutuhkan pasokan protein yang cukup.

Penurunan berat badan akan terjadi dengan sangat cepat saat kucing peliharaanmu tidak mau makan. Persedian protein akan segera habis dan membuat organ hati tidak sanggup lagi untuk mengolah semua lemak.

Indikasi adanya penyakit seringkali menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Ada baiknya Grameds berkonsultasi dengan dokter hewan setelah melihat perubahan dalam kebiasaan makan kucing peliharaan. Grameds perlu merespons masalah yang terjadi dengan cepat agar dapat meningkatkan kembali kesehatan kucing peliharaan.

Grameds bisa lebih cepat menangani masalah yang ada saat melihat perubahan makan kucing sejak awal. Kondisi tidak nafsu makan bisa disebabkan oleh makanan yang tidak cocok, penyakit, hingga stres.

Untuk itu, Grameds perlu mengetahui beberapa penyebab kucing kehilangan nafsu makannya. Penasaran apa saja penyebab kucing peliharaanmu tidak mau makan? Yuk, simak artikel ini sampai tuntas.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

tombol beli buku

15 Penyebab Kucing Tidak Nafsu Makan

1. Penyakit Pernapasan

Salah satu indikator utama bahwa ada sesuatu yang salah dapat dilihat saat kucing mulai kehilangan nafsu makannya. Jadi, pastikan Grameds mengawasi kondisi kucing yang tiba-tiba mengalami mogok makan.

Penyakit pada saluran pernapasan bisa menjadi penyebab pertama kucing tidak mau makan. Masalah pernapasan seperti berkurangnya indra penciuman dan kemampuan kucing untuk bernapas dapat membuatnya kehilangan nafsu makan.

Penyakit saluran pernapasan bagian atas dapat menyumbat mata dan hidung kucing peliharaanmu. Hal tersebut dapat terlihat dengan munculnya kotoran dari mata dan hidung kucing. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan pembatasan atau kehilangan penglihatan dan bau sementara.

Sedangkan penyakit saluran pernapasan bagian bawah dapat berpengaruh pada organ paru-paru kucing dan menyebabkannya sulit bernapas. Penggunaan beberapa antibiotik sederhana untuk membersihkannya mungkin dapat mengatasi masalah pernapasan pada kucing. Terlepas dari itu semua, kucing akan kehilangan selera makannya saat tidak bisa mencium makanan.

2. Penyakit Sistem Pencernaan

Adanya penyakit pada sistem pencernaan dapat menjadi penyebab kedua kucing tidak mau makan. Masalah yang terjadi pada sistem pencernaan kucing, seperti pankreas, usus, atau bagian lainnya dapat menyebabkan kucing berhenti makan.

Di samping itu, kucing kamu mungkin akan mengalami sakit perut, diare, dan muntah. Umumya, masalah pencernaan menjadi salah satu tanda pertama penurunan nafsu makan yang terjadi pada kucing. Masalah yang kerap terjadi pada sistem pencernaan ialah tumor, refluks asam, parasit, ketidakseimbangan bakteri usus, iritasi usus, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis Kura-kura yang bisa Dipelihara

3. Menelan Benda Asing

Kucing kerap mengalami kondisi tidak nafsu makan saat baru-baru saja menelan benda asing. Bola rambut dan benda asing lainnya dapat menyebabkan penyumbatan di usus atau lambung.

Beberapa kucing suka menelan benda asing yang tidak dapat diproses. Hal tersebut memungkinkan benda asing dapat tersangkut di perut atau ususnya.

Menelan benda asing yang tersangkut dapat menjadi penghalang saluran pencernaan sehingga membuatnya tidak nafsu makan. Selain itu, menelan benda asing dapat menyebabkan diare dan muntah.

4. Penyakit Gigi

Penyakit pada area mulut dan gigi dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Kucing peliharaanmu bisa saja berhenti makan karena kondisi gigi dan gusi yang sakit.

Sama seperti manusia, kucing kamu mungkin tidak mau makan jika mulutnya sakit. Grameds mungkin akan kesulitan untuk mendiagnosis masalah penyakit gigi yang terjadi pada kucing peliharaan.

Maka dari itu, Grameds disarankan pergi ke dokter hewan untuk memeriksakannya. Di sana biasanya dokter akan membius kucing untuk mengevaluasi masalah yang terjadi.

5. Rasa Makanan

Rasa yang terkandung di dalam makanannya dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Kucing memiliki selera makan yang cukup unik. Jadi, Grameds sebaiknya mengenali varian rasa yang disukai kucing peliharaanmu. Kucing sebagai hewan peliharaan yang bersahabat cukup menggemari makanan yang mengandung ikan, seperti salmon, tenggiri, tuna, hingga ikan laut.

tombol beli buku

6. Bentuk atau Tekstur Makanan

Bagi Grameds pecinta kucing, makanan dapat menjadi salah satu faktor penyebab kucing mogok makan. Bentuk atau tekstur makanan dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan.

Kucing sebagai hewan peliharaan yang sensitif peka terhadap bentuk atau tekstur tertentu dalam makanan. Beberapa kucing kerap menyukai bentuk makanan yang bulat, segitiga, makanan yang kering, renyah, atau makanan basah kalengan.

Secara umum, ada dua jenis makanan kucing yang kerap diberikan, yakni makanan basah dan makanan kering. Kucing akan merasa bosan saat kamu hanya memberikan makanan yang itu-itu saja.

Grameds disarankan untuk memberikan makanan yang bervariasi dengan cara mencampur makanan basah atau wet food dengan makanan kering atau dry food. Kemudian merek makanan yang diberikan juga akan membuat perbedaan. Grameds bisa mencoba mengganti merek makanan atau mengombinasikannya untuk menggugah nafsu makan kucing kesayanganmu.

Baca juga: Cara Merawat Kucing agar Tetap Sehat

7. Makanan Sudah Lama atau Basi

Makanan yang sudah basi atau kedaluwarsa menjadi penyebab ketujuh kucing tidak mau makan. Jika Grameds memberikan makanan busuk atau kedaluwarsa, ia mungkin tidak mau memakannya.

Sama seperti manusia, kucing menyukai makana dalam keadaan fresh dengan rasa yang enak. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya Grameds selalu memeriksa tanggal kedaluwarsa makanan.

Atau setidaknya kamu bisa mencium terlebih dahulu makanannya untuk mengetahui apakah makanan itu basi atau tidak. Kemudian Grameds juga bisa menyimpan makanan mereka di tempat yang sejuk dan kering supaya tidak cepat basi. Hal lain yang perlu diingat ialah hindari menyetok makanan kucing terlalu banyak.

8. Bau Makanan

Bau atau rasa dari makanan yang ia makan menjadi salah satu penyebab kucing tidak mau makan. Periksa lagi makanan tersebut untuk melihat apakah ada perubahan formula pada makanan yang biasa kamu berikan.

Hal tersebut penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kondisi tidak nafsu makan pada kucing peliharaanmu. Terkadang kucing sebagai hewan sensitif bisa merasakan ada yang salah dari formula makanan tersebut dan tidak mau memakannya.

9. Vaksinasi

Apakah Grameds menyadari kondisi kucing tidak mau makan terjadi saat setelah vaksinasi rutin? Jika iya, kemungkinan besar penyebab kucing peliharaanmu tidak mau makan terjadi karena reaksi negatif terhadap suntikan.

Meski suntikan vaksin menjadi penyelamat hidup jutaan hewan, vaksin kerap menyebabkan beberapa efek samping. Kehilangan nafsu makan karena vaksinasi umum terjadi pada hewan. Efek tersebut biasanya bersifat ringan dan sementara saja.

10. Perjalanan dan Perubahan Rutinitas

Seperti halnya manusia, kucing sebagai hewan peliharaan juga butuh beradaptasi. Hilangnya nafsu makan dapat terjadi akibat perubahan rutinitas yang membuatnya stres.

Beberapa hewan peliharaan kerap mengalami mabuk perjalanan saat bepergian dengan mobil ataupun pesawat. Nah Grameds, hal tersebut dapat menyebabkan kucing mual atau muntah dan tidak mau makan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing

11. Keresahan dan Masalah Psikologis

Jika kucing peliharaanmu telah didiagnosis tidak sakit secara fisik, kemungkinan besar kecemasan atau depresi menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Kucing sebagai hewan peliharaan yang sensitif bisa merasakan perubahan kondisi rumah atau keluarga.

Orang baru atau perubahan jadwal yang rutin dilakukan dapat memengaruhi kondisi emosional kucing peliharaanmu. Secara umum, kucing membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan orang baru, perubahan kondisi rumah baru, jenis makanan baru, dan perubahan pola makan baru.

Selain itu, kucing yang sedang dalam masalah birahi dapat kehilangan nafsu makannya. Jika kucing peliharaanmu memiliki hasrat yang sedang ‘tinggi’ dan tidak memiliki pasangan, maka hal tersebut dapat memicu stres dan membuat nafsu makannya menurun.

tombol beli buku

12. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca kerap menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Kucing sendiri merupakan hewan peliharaan yang suka dengan suasana atau cuaca hangat. Saat cuaca hangat atau panas, kucing akan memilih untuk tidur.

Sementara saat memasuki cuaca dingin, kucing akan memilih untuk meminum susu yang hangat. Jadi, Grameds disarankan untuk memperhatikan dan menjaga suhu udara ruangan agar selalu hangat. Selain itu, usahakan tidak menyalakan pengondisi udara terlalu dingin.

13. Sedang Hamil

Kucing memiliki nafsu makan yang bervariasi selama masa kehamilan. Ada beberapa kucing yang memiliki selera makan tinggi saat hamil dan ada pula kucing yang menolak makanan saat masa kehamilan.

Sama seperti manusia, kucing yang hamil juga bisa mengalami morning sickness. Umumnya, kucing mengalami mual di pagi hari saat masa kehamilan memasuki usia 3-4 minggu. Hal tersebut dapat menyebabkan kucing kehilangan selera makannya.

14. Makanan Terlalu Dingin

Jika kucing kesayangan kamu menolak makanan basah atau wet food yang biasa diberikan, coba periksa apakah itu terlalu dingin untuk dimakan. Makanan basah atau wet food yang menjadi dingin akan kehilangan aroma lezatnya, terutama saat disimpan di lemari es. Jadi, Grameds disarankan untuk menghangatkannya sebelum meletakkannya di mangkuk agar kucing kamu tidak kehilangan selera makan.

15. Makanan Dekat dengan Air atau Kotak Kotoran

Jika diperhatikan lebih dalam, kucing yang hidup di alam liar akan makan, minum, dan membuang kotoran di tempat terpisah. Meletakkan mangkuk air, mangkuk makanan, ataupun kotak kotoran di satu tempat yang sama dapat menjadi penyebab kucing tidak mau makan. Untuk itu, Grameds disarankan memindahkan makanannya dari mangkuk air atau kotak kotoran untuk melihat perubahan yang terjadi.

Nah Grameds, itulah 15 penyebab kucing tidak mau makan. Pastikan Grameds juga melakukan konsultasi dengan dokter hewan untuk menghindari masalah serius penyebab kucing kesayanganmu tidak mau makan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya Grameds!



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.3k
  • Tidak
    6% 6% 93 / 1.3k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.