in

3 Jenis Kucing Anggora & Tips Perawatan

3 Jenis Kucing Anggora & Tips Perawatan – Kucing Anggora memiliki pesona yang akan membuat para pecinta kucing jatuh cinta. Kamu pasti sepakat jika Kucing Anggora memiliki tampilan yang indah dan elegan. Julukan Anggora ternyata disebutkan untuk kucing putih dengan mata biru atau hijau dengan bulu yang panjang.

Pesona Kucing Anggora semakin menggemaskan karena kepribadiannya yang aktif dan suka mencari perhatian sang pemilik. Bahkan kucing ini memiliki sifat yang sangat ramah sehingga membuatnya mudah akrab dengan anak-anak. Jenis Kucing Anggora juga mudah bergaul dengan hewan peliharaan lainnya, jika kamu punya lebih dari satu hewan peliharaan.  Itulah sebabnya mengapa Kucing Anggora adalah jenis kucing yang cocok jadi hewan peliharaan.

Jenis Kucing Anggora yang asli berasal dari Turki, yakini wilayah Ankara. Wilayah tersebut juga dikenal dengan nama Anggora. Sedangkan di negara asalnya tersebut, jenis Kucing Anggora dikenal dengan nama Ankara Kedishi yang berarti Kucing Ankara.

Kucing jenis ini biasanya bisa hidup sampai usia 13 tahun dengan berat rata-rata lima kilogram. Untuk memelihara kucing jenis ini, sang pemilik memerlukan perawatan yang lebih kompleks dibandingkan merawat kucing domestik atau jenis kucing lainnya. Hal ini karena jenis Kucing Anggora memiliki keistimewaan seperti bulunya yang tebal dan tebal.

Sebagai hewan peliharaan favorit, keberadaan jenis Kucing Anggora ini mudah temukan. Jenis Kucing Anggora sama populernya dengan jenis Kucing Persia. Sekilas tampilan kedua jenis kucing ini memang hampir sama. Itulah sebabnya masih banyak orang awam yang kesulitan membedakan dua jenis kucing ini. Sebenarnya jenis Kucing Anggora memiliki ciri khas yang cukup mencolok dibandingkan dari jenis kucing lainnya.

Jika ingin memelihara jenis Kucing Anggora maka kamu perlu mengetahui ciri-ciri jenis kucing ini agar tidak tertukar dengan jenis kucing lainnya. Berikut ini ciri-ciri jenis Kucing Anggora yang perlu kamu ketahui jika ingin memeliharanya.

 

JENIS-JENIS KUCING ANGGORA

Pesona jenis Kucing Anggora yang banyak diburu oleh para pecinta kucing membuat jenis kucing yang satu ini mudah ditemukan. Kepopulerannya juga dibuktikan dari berbagai macam jenis-jenis Kucing Anggora hasil persilangan dengan jenis kucing lainnya. perkembangbiakan ini membuat jenis Kucing Anggora ini semakin beragam dan menggemaskan. Berikut ini beberapa jenis Kucing Anggora hasil persilangan dengan jenis kucing lain.

 

1. Anggora x Anggora

anggora x anggoraPhoto by MabelAmber on pixabay

Ciri dari jenis Kucing Anggora dengan Anggora biasanya memiliki warna bulu yang tidak berubah, seperti bulu warna putih bersih. Jenis Kucing Anggora ini memiliki bentuk wajah runcing, hidung mancung dan tulang yang cukup besar. Jenis Kucing Anggora asli ini termasuk kucing dengan harga yang cukup mahal.

Untuk jenis Kucing Anggora usia 3 bulan dibanderol dengan harga mulai 3 Jutaan untuk yang belum divaksin. Sedangkan untuk yang sudah divaksin kisaran harga si kucing mulai 7 Jutaan. Kucing Anggora asli berusia 6 bulan dapat dihargai dua kali lipat. Kucing Anggora yang belum divaksin harganya sekitar 8 jutaan dan yang sudah divaksin bisa sampai 12 Jutaan.

 

2. Anggora x Persia

Photo by andriroth n pixabay

banner-promo-gramedia

Campuran jenis Kucing Anggora dengan jenis Kucing Persia lebih murah harganya dibandingkan dengan jenis Kucing Anggora Asli. Pesona campuran jenis Kucing Anggora dan Persia sangat unik dan menggemaskan. Kucing jenis ini biasanya memiliki bulu dan mata yang cantik seperti jenis Kucing Anggora dan bentuk muka yang bulat menggemaskan seperti jenis Kucing Persia.

 

Campuran jenis Kucing Anggora dan Kucing persia ini memiliki kisaran harga 500 ribu sampai 700 ribu untuk usia 3 bulan dan belum divaksin. Sedangkan kucing yang sudah divaksin harganya sekitar 900 ribu sampai 1 Jutaan. Untuk usia enam bulan kucing jenis ini dihargai sekitar 1 Juta sampai 3 Jutaan.

 

3. Kucing Anggora x Kucing Kampung

anggora x kucing kampungPhoto by Ben_kerckx on pixabay

Jenis Kucing Anggora berikutnya adalah campuran dengan jenis Kucing Kampung yang memiliki harga paling murah dibanding jenis Kucing Anggora lainnya. kucing jenis ini tidak kalah menggemaskan dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti jenis Kucing persia lainnya. kucing jenis ini memiliki struktur tulang dan bulu seperti Kucing Kampung, namun bentuk wajahnya lebih mirip jenis Kucing Anggora asli.

 

Kisaran harga jenis Kucing Anggora ini berada di harga 200 ribu sampai 500 ribu untuk usia 3 bulan, baik yang sudah divaksin atau belum. Sedangkan untuk kucing usia 6 bulan berada di harga 600 ribuan untuk yang divaksin atau belum.

Nah, itulah beberapa jenis Kucing Anggora yang bisa ditemukan dipasaran.

 

 

Buku Terkait pemeliharaan Kucing

Breeding Aneka Kucing Ras

tombol beli buku

Breeding dalam dunia hobi kucing modern, bukan sekadar beternak, memperbanyak anakan (kitten). Para praktisi juga memperbaiki penampilan fisik ras kucing, atau bahkan menciptakan model kucing anyar. Breeding kucing harus memerhatikan standar ras.

Anakan yang dihasilkan sesuai standar ras yang berlaku. Buku ini menyajikan informasi tatacara breeding dan perawatan kucing ras berdasarkan pengalaman para hobiis, breeder, dan profesional. Kucing ras yang berhasil dikembangbiakkan di Tanah Air, antara lain Persia & Exotic, Norwegian Forest Cat, Maine Coon, Sphynx, Birman, dan Bengal.

 

Memilih dan Merawat Kucing Favorit

tombol beli buku

Lucu, menggemaskan, dan bisa menjadi teman bermain. Itulah alasan si puss dipilih untuk jadi sahabat kita. Namun sebelum berniat membeli dan memelihara kucing, Anda pun perlu memahami jenis, karakter, dan perilakunya.

Nah, buku MEMILIH DAN MERAWAT KUCING FAVORIT ini bisa sebagai panduan. Buku ini berisi sejumlah tema: pilih-pilih jenis kucing, cara perawatannya, pakan dan suplemen, penyakit dan solusinya, perilaku dan kebiasaan, serta breeder dan pecinta kucing.

banner-promo-gramedia

 

CIRI-CIRI KUCING ANGGORA

1. Bentuk Wajah Segitiga

Ciri khas yang paling ampak dari jenis Kucing Anggora adalah bentuk wajahnya yang seperti segitiga. Wajahnya memiliki dahi yang lebih lebar dan semakin mengerucut ke dagu. Jenis kucing Anggora juga memiliki lekukan di wajahnya karena hidungnya yang mancung. Bentuk telinga jenis Kucing Anggora terlihat lebih runcing dan memiliki beberapa bulu di bagian ujungnya.  Bentuk wajah jenis Kucing Anggora ini memberikan kesan elegan karena tatapan matanya yang tajam dan bulu di sekitar wajahnya.

2. Bentuk Mata Seperti Almond

Ciri khas jenis Kucing Anggora yang menarik perhatian salah satunya adalah bentuk matanya yang mirip kacang almond. Bentuk matanya semakin mempesona ditambah dengan warna kuningnya yang semakin mempertajam tampilan jenis Kucing Anggora.

Namun ada pula beberapa jenis Kucing Anggora berbulu putih yang memiliki warna mata biru dan dikaitkan dengan tuli yang diderita oleh si kucing. Bahkan ada pula jenis Kucing Anggora yang memiliki dua warna mata, yakni kuning dan biru yang biasanya dipicu karena kelainan genetik.

3. Tubuh yang Panjang dan Langsing

Jenis Kucing Anggora memiliki bentuk tubuh lebih ramping dan panjang. Perbedaan bentuk tubuh jenis Kucing Anggora ini dapat dilihat dari ukuran tubuh jenis Kucing Anggora jantan yang lebih besar dibandingkan jenis Kucing Anggora betina.

Selain ukuran tubuhnya, untuk membedakan jenis kelamin Kucing Anggora juga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Jenis Kucing Anggora jantan memiliki ekor dengan bulu lebih tebal dibandingkan dengan bagian tubuh jenis Kucing Anggora lainnya.

4. Hidung Mancung

Bentuk hidung adalah salah satu ciri yang bisa dilihat untuk membedakan jenis Kucing Anggora. Bentuk hidung yang dimiliki oleh jenis Kucing Anggora adalah hidung yang mancung seperti kucing lokal atau kucing kampung. Sedangkan bentuk telinga yang dimiliki jenis Kucing Anggora cenderung runcing dan memanjang.

5. Berbulu Panjang

Meskipun terlihat sangat lebat, sebenarnya jenis Kucing Anggora hanya memiliki lapisan bulu tunggal. Berbeda dengan jenis kucing yang lain misalnya jenis kucing persia yang memiliki lapisan bulu bawah lebih tebal sehingga butuh perawatan lebih.

Bulu di bagian wajah Kucing Anggora tidak terlalu tebal dan panjang, cenderung lebih sedikit dibandingkan jenis kucing lainnya. yang istimewa dari jenis Kucing Anggora ini adalah jika cuaca sedang dingin maka bulu si kucing akan tumbuh lebih panjang dan tebal terutama di bagian ekor dan surai di area bagian dada si kucing.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengadopsi Kucing

Sebelum memutuskan untuk memelihara jenis Kucing Anggora di atas, alahkah baiknya kamu memperhatikan beberapa hal sebelum mengadopsi si kucing dari Pet Shop.

1. Usia Kucing

Pertama, pertimbangkan usia kucing yang akan kamu pelihara. Mengapa usia kucing perlu diertimbangkan? Karena ini akan berkaitan dengan treatment sang pemilik dalam merawatnya. Memelihara kucing yang masih muda tentu berbeda dengan merawat kucing dewasa.

 

2. Kondisi Kesehatan Kucing

Selanjutnya pastikan kondisi kesehatan si Kucing agar kamu mengerti apa yang perlu lakukan saat merawatnya. Kondisi kesehatan menjadi penting untuk dipertimbangkan karena berkaitan dengan kesehatan sang pemilik juga. Jangan sampai memelihara kucing yang tidak sehat justru menularkan penyakit.



Lebih baik kamu memilih mengadopsi kucing yang sudah divaksin dibandingkan kucing yang belum divaksin. Hal ini untuk jaminan bahwa kucing yang akan kamu adopsi sudah aman dan sehat.

 

3. Penyayang dan Mau Merawat Kucing

Kemudian kenali juga tingkah laku si kucing agar kamu mudah beradaptasi dengannya. Pastikan kamu sudah memiliki alasan untuk mengadopsi seekor kucing. Jangan sampai setelah kamu memutuskan mengadopsi mereka justru kamu mengabaikan dan tidak merawatnya.

 

4. Kenali Jenis Makanan & Kebutuhan Kucing

Terakhir, perhatikan jenis makanan dan kebutuhan lain si kucing agar kamu dan si kucing bisa hidup berdampingan dengan nyaman. Pengetahuan yang kurang terkait kucing akan menyulitkan kamu memelihara mereka. Alih-alih membuatmu senang, memelihara kucing justru merepotkan dan menyusahkan.

Setelah kamu memutuskan untuk memelihara jenis Kucing Anggora, pastikan kamu sudah paham bagaimana cara merawatnya dengan benar. Alih-alih ingin hidup nyaman dengan kucing peliharaan, justru bisa mendatangkan malapetaka jika kamu tidak tahu cara merawat jenis Kucing Anggora dengan benar. Berikut ini tips bagaimana cara merawat jenis Kucing Anggora yang baik dan benar.

 

 

Hidup Sehat Bersama KUCING Kesayangan

tombol beli buku

Kategori : Kamus

Nama Buku : Hidup Sehat Bersama Kucing Kesayangan

 

 

TIPS CARA MERAWAT KUCING ANGGORA

Jenis Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing yang aktif dan suka bersosialisasi. Kucing Anggora juga jenis hewan peliharaan yang penyayang dan lembut. Memelihara jenis Kucing Anggora bisa dikatakan susah-susah gampang karena kucing jenis ini memiliki keistimewaan yang perlu diketahui sang pemilik agar si kucing tetap nyaman tinggal bersama.

 

1. Rajinlah Menyisir Bulunya

Bulunya yang lebat dan panjang membuat sang pemilik harus rajin menyisirnya. Hal ini untuk menjaga bulunya agar tidak kusut dan berantakan. Selain merusak pemandangan, bulu yang kusut juga akan membuat si kucing tidak nyaman. Untuk menyisir bulu jenis Kucing Anggora yang panjang bisa menggunakan sikat logam bergigi panjang.

 

2. Rutin Memotong Kukunya

Kuku jenis Kucing Anggora harus rutin dipotong paling tidak beberapa minggu sekali atau beberapa bulan sekali. Selain membuat si Kucing nyaman, memotong kuku si kucing juga mengamankan beberapa barang sang pemilik yang bisa diacak-acak oleh kukunya yang panjang. Kuku yang panjang juga bisa membahayakan bagi si kucing, misalnya ketika ia menggaruk atau menyentuh tubuhnya. jika memotong kuku si kucing tidak memungkinkan untuk dilakukan sendiri, kamu bisa membawanya ke dokter hewan untuk melakukannya.  

 

3. Rutin Membersihkan Telinganya

Pastikan kamu rutin membersihkan telinga si kucing untuk beberapa minggu sekali. Hal ini perlu dilakukan secara rutin karena untuk menghilangkan semua kotoran telinga si kucing yang menumpuk. Kucing biasanya memiliki kebiasaan membersihkan telinganya sendiri, namun sang pemilik harus tetap memeriksanya karena telinga mereka belum tentu bersih secara keseluruhan. Kondisi telinga yang bersih akan membuat tampilan si kucing lebih baik, seperti warna merah mudanya yang menggemaskan dan tidak menimbulkan bau.

 

4. Menyikat Gigi Si Kucing

Selain telinga, sang pemilik juga harus rutin menyikat gigi si kucing. Mengapa hal itu harus dilakukan? Karena kebersihan gigi si kucing juga berpengaruh terhadap kesehatannya dan sekitarnya. Jika gigi si kucing tidak rawat kemungkinan penyakit yang akan muncul adalah periodontal yang cukup fatal bagi si kucing. Nah, jadi pastikan kamu menyikat gigi dengan pasta gigi khusus kucing dan bulu sikat yang lembut. Jangan sampai coba-coba menggunakan pasta gigi manusia pada si kucing karena kandungan fluorida pada pasta gigi manusia beracun bagi si kucing.

 

5. Memberi Makanan Bergizi

Tahukah kamu kalau kucing juga bisa obesitas layaknya manusia? Tepat sekali, rupanya kucing bisa mengalami obesitas yang akan mengganggu kesehatannya. Itu lah sebabnya sang pemilik harus memperhatikan asupan gizi yang dimakan oleh si kucing. Berilah makanan jenis Kucing Anggora ini dengan makanan berbasi daging karena mereka memiliki kebutuhan asupan yang banyak dari daging. Saat membeli makanan kucing, kamu harus memeriksa kembali daftar bahan dari makanan tersebut. Pastikan daging menjadi bahan di dua tau tiga teratas dari komposisi kemasan makanan tersebut. Berikan si kucing paling tidak lebih dari 40 persen protein.

 

6. Sering Ajak Si Kucing Berinteraksi

Karena jenis Kucing Anggora termasuk jenis kucing yang aktif, sang pemilik harus sering mengajaknya bermain dan berinteraksi. Kucing Anggora akan kurang tumbuh dengan baik jika mereka kurang bergerak dan terlalu banyak waktu sendirian. Perkembangannya akan tidak baik jika mereka terlalu banyak diam dan melamun. Jadi pastikan kamu sering mengajaknya bermain.

 

7. Rutin Membawa Si Kucing ke Dokter Hewan

Setiap hewan peliharaan pasti perlu pemeriksaan rutin dari dokter hewan. Tidak terkecuali jenis Kucing Anggora yang perlu dipastikan kesehatannya secara teratur. Dokter hewan akan sangat membantu kamu untuk menjaga kesehatan si kucing agar tidak mudah sakit dan tidak menularkan penyakit.

Nah, itu lah beberapa cara merawat jenis Kucing Anggora yang benar. Tidak sulit bukan? Bagi kamu para pecinta kucing pasti sudah tidak asing dengan aktivitas merawat kucing di atas. Namun bagi kamu seorang pemula tidak perlu khawatir, pada dasarnya kebutuhan kucing hampir sama dengan manusia. Perlakukanlah mereka layaknya seorang teman maka kamu kan hidup berdampingan dengan si kucing dengan menyenangkan.

Bagi kamu pemula yang baru mau memulai memelihara kucing bisa membaca buku berjudul Hidup Sehat Bersama Kucing Kesayangan untuk menambah khasanah pengetahuanmu tentang merawat kucing.untuk membiasakan hidup bersama kucing kamu tentu perlu memahami dan membiasakan diri dengan karakter si kucing.

Dalam buku ini Nurheti Yuliarti mengupas tuntas tentang cara apa saja yang perlu dilakukan sang pemilik kucing untuk mencegah terjangkit penyakit dan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh si kucing. Bahkan kamu akan banyak mengetahui penyakit apa saja yang bisa disebabkan oleh kehadiran si kucing. Buku ini tentu akan banyak membantu kamu merawat kucing di rumah.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy