in

Kucing Odd Eye: Ciri Fisik, Harga, Cara Perawatan, dan Fakta Uniknya

Seperti yang kita tahu bahwa kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer selain anjing. Hewan yang satu ini memang sebuah pilihan yang tepat untuk dipelihara di rumah. Dimana saat kita memelihara hewan ini, akan ada banyak keuntungan yang akan kita dapatkan. Pada umumnya, kucing adalah hewan yang lucu dan jinak.

Sehingga tampilan dan juga tingkah lakunya bisa menjadi obat melepaskan stres yang kita rasakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang akhirnya memilih kucing untuk dipelihara. Saat akan memilih kucing untuk dipelihara, ada banyak sekali pilihan jenis kucing yang tersedia. Jadi, hal itu akan menjadi sebuah pertimbangan untuk memperoleh jenis kucing yang sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu jenis kucing yang bisa Anda pilih adalah kucing odd eye.

Apa Itu Kucing Odd Eye?

Kucing odd eye merupakan jenis kucing yang memiliki dua mata dengan warna yang berbeda antara kiri dan kanan. Biasanya yang paling sering kita jumpai adalah kebanyakan orang akan menemukan kucing odd eye yang mempunyai warna mata biru dan kuning. Kucing odd eye ini bukanlah nama dari sebuah jenis ataupun ras kucing, tapi hanyalah sebutan untuk kucing yang mempunyai warna mata yang berbeda.

Penyebab kucing odd eye kucing ini adalah kelainan genetik karena perbedaan lapisan melanin yang ada pada mata kucing. Pada kasus tersebut, pigmentasi iris mata pada kucing tidak berjalan bersamaan. Sehingga pada akhirnya membuat warna bola mata kucing menjadi berbeda antara mata kiri dan kanan.

[algolia_carousel]

Saat kucing baru lahir, maka kucing tersebut tidak dapat melihat dan belum bisa membuka kedua matanya dengan sempurna. Setelah berhasil membuka matanya, maka akan terlihat mata kucing yang berwarna biru. Kemudian mata kucing akan mulai membesar seiring dengan berjalannya waktu dan juga bertambahnya usia pada kucing.

Mata kucing tersebut akan mengalami perubahan warna karena adanya zat melanin yang bertambah dan menghasilkan pigmen warna mata. Pada kucing odd eye akan terjadi pigmentasi yang tidak sempurna pada kedua mata kucing yang nantinya menyebabkan satu dari kedua mata tersebut berhenti mengalami pigmentasi lebih cepat dibandingkan dengan salah satu mata lainnya. Oleh sebab itu, hal tersebut akan menyebabkan warna mata kucing menjadi berbeda. Kondisi kelainan pigmentasi pada kucing odd eye ini disebut dengan Heterochromia Iridis.

Banyak yang beranggapan bahwa kucing odd eye ini langka dan unik karena memang jenis kucing yang satu ini jarang sekali ditemui dimanapun. Kucing odd eye ini akan terlihat sangat menarik dengan warna mata yang berbeda dibandingkan dengan jenis kucing lain yang memiliki warna mata yang sama. Hal ini membuat para pecinta kucing banyak yang ingin memelihara jenis kucing. Sebab, dengan memiliki kucing odd eye ini bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang yang menyukai kucing unik.

Dulu, ada banyak orang yang mengatakan bahwa kucing dengan warna mata yang berbeda akan mengalami kebutaan dan bermasalah pada pendengarannya. Akan tetapi, hal itu justru salah dan dapat dikatakan sebagai mitos karena kebanyakan kucing odd eye masih bisa melihat dengan baik dan mempunyai pendengaran yang baik juga.

Pada awalnya, kucing odd eye ini hanya ditemukan pada kucing yang memiliki warna bulu putih polos dan hitam polos. Akan tetapi, sekarang ini hal itu sudah bukan lagi jaminan karena ada banyak jenis kucing warna lain yang juga mengalami odd eye pada kedua matanya. Biasanya, warna odd eye pada kucing yang paling sering kita temui adalah warna kuning dan biru. Akan tetapi, dikatakan juga ada beberapa warna lain yang terjadi di dalam kasus odd eye yakni warna biru dengan variasi warna mata kedua yakni hijau dan coklat.

Di tahun 2010, tepatnya di negara Turki, ada seekor kucing van Turki yang berwarna putih yang mana mengalami odd eye pada kedua matanya. Kucing tersebut diberi nama Bascat dan dijadikan sebagai maskot kejuaraan internasional pada waktu itu. Sementara itu, pemerintah Turki juga mengumumkan secara resmi bahwa kucing odd eye akan menjadi hewan yang dilestarikan. Dengan adanya pengumuman tersebut, kucing odd eye menjadi salah satu kucing yang istimewa di Turki.

Keistimewaan kucing odd eye ini dinilai unik dan menarik perhatian para breeder kucing, baik itu breeder kucing Persia, breeder kucing munchkin, dan juga breeder kucing jenis lainnya. Para breeder lainnya ingin menjadikan kucing odd eye sebagai indukan atau pejantan agar anak kucing tersebut juga bisa menjadi odd eye.

Hasilnya, sudah ada beberapa jenis kucing hasil dari kucing odd eye yang anaknya mempunyai mata odd eye seperti induknya. Dalam pencarian informasi tersebut mengenai kucing odd eye, banyak juga yang menyebutkan bahwa Muezza adalah salah satu jenis kucing dengan mata odd eye.

Muezza adalah kucing peliharaan Nabi Muhammad SAW, yang mana diceritakan bahwa Muezza adalah seekor kucing berwarna putih dengan mata odd eye warna hijau dan biru laut. Cerita tentang Muezza ini yang akhirnya membuat banyak orang ingin memelihara kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, baik itu kucing odd eye ataupun kucing ras lain.

Ciri Fisik Kucing Odd Eye

Ciri fisik dari kucing bermata belang ini pastinya bisa kita kenali dengan mudah. Jenis kucing ini memiliki warna mata yang berbeda antara kiri dan kanan. Sehingga hal itu membuat tampilannya menjadi lebih unik dan menarik. Hal tersebut juga membuat kucing ini banyak disukai dan diminati serta memiliki harga yang cenderung mahal.

Kucing tersebut juga memiliki ciri fisik lainnya yang bisa kita kenali dengan mudah. Dimana kelainan tersebut terjadi karena kucing tersebut terlahir tuli. Kucing yang memiliki gen bercak putih memiliki insiden ketulian genetik yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kucing lain. Sehingga hal ini akan membuatnya mengalami degenerasi koklea setelah adanya proses kelahirannya. Hl ini juga bisa membuat kucing tersebut mengalami ketulian setelah kelahirannya.

Tak hanya itu saja, ciri lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas yakni terjadi pada kucing yang memiliki warna putih. Sehingga Anda akan melihat kelainan warna mata pada kucing yang memiliki bulu warna putih. Pada kucing yang mempunyai warna bulu lain juga bisa mengalami kelainan semacam ini. Jika memiliki gen bercak putih.

Adapun hal lain yang bisa kita kenali sebagai ciri fisiknya yaitu yang membuat efek pada bagian matanya. Dimana jenis kucing tersebut akan memiliki efek mata merah pada mata biru yang mereka punya. Hal tersebut akan menyebabkan warna birunya terlihat merah saat terkena efek sinar matahari. Sehingga membuat tidak adanya melanin yang ada di dalam mata birunya. Sementara untuk warna yang bukan biru akan menghasilkan efek yang sama saat terkena sinar matahari.

Habitat Kucing Odd Eye

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kucing yang memiliki warna mata berbeda adalah kucing domestik. Sehingga hal itu akan membuat kucing tersebut memiliki sikap yang jinak dan lucu. Kucing tersebut juga mudah sekali ditemukan dimana saja. Dimana untuk kucing jenis ini adalah jenis yang istimewa jika berada di negara Turki.

Sebab, disana kucing jenis ini dilestarikan dan dilindungi, selain menjadi salah satu simbol yang dipakai pada kejuaraan internasional. Kucing ini juga dapat ditemukan dari jenis ras kucing domestik. Seperti halnya kucing persia, van Turki, khao manee, bulu pendek oriental, dan lain sebagainya.

Cara Perawatan Kucing Odd Eye

Seperti yang kita tahu bahwa kucing odd eye ini termasuk ke dalam jenis kucing domestik. Sehingga untuk perawatannya sendiri tidak berbeda jauh dengan cara merawat kucing rumahan pada umumnya. Hal ini membuat kucing tersebut memiliki cara perawatan yang cukup mudah. Asalkan Anda bisa mengenali dan memahami berbagai macam kebutuhan kucing yang dipelihara. Adapun beberapa cara perawatan kucing odd eye yang Anda miliki yakni sebagai berikut.

Langkah perawatan yang utama yaitu dengan memahami semua kebutuhan makanan kucing yang tepat dan cocok. Kucing memerlukan makan yang bergizi dan biasanya mereka akan makan dengan sering. Pada umumnya, kucing bisa makan sebanyak enam kali dalam sehari. Pastikan tempat makan kucing yang Anda sediakan selalu bersih agar membuat kucing bisa makan dengan nyaman.

Kemudian perawatan selanjutnya yaitu dengan memberikan makanan yang merek suka. Hal ini juga sangat penting untuk memberikan makanan yang beragam supaya membuat kucing tidak mudah bosan. Alangkah lebih baik, Anda juga perlu memeriksakan kucing ke dokter hewan secara rutin.

[algolia_carousel page=2]

Hal ini bertujuan untuk membuat kucing tidak tertular penyakit dan tetap sehat. Memandikan kucing secara teratur dan juga melakukan grooming untuk menghindari kutu juga harus dilakukan. Anda hanya perlu mempersiapkan perlengkapan sebagai kamar mandi kucing.

Sementara untuk makanan yang dapat Anda berikan kepada kucing odd eye juga sesuai dengan jenis kucing tersebut. Anda dapat memberikan makanan yang mereka suka. Dimana biasanya banyak kucing yang dapat diberikan dry food sebagai cemilan. Sementara ada juga yang menyukai wet food sebagai cemilan. Anda dapat mencampurkan kedua makanan tersebut dan berikan sedikit vitamin. Sehingga hal itu akan membuat kucing tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Berbagai macam hal yang sudah dijelaskan diatas adalah informasi yang penting untuk dipahami tentang kucing odd eye. Dimana kucing jenis ini terjadi karena adanya kelainan genetik yang mereka miliki. Namun hal itu membuat perawatan kucing ini tidak berbeda dengan jenis kucing lainnya. Sehingga kucing odd eye ini dapat menjadi salah satu jenis kucing yang bisa menjadi peliharaan di rumah.

Fakta Unik Dibalik Kucing Odd Eye

Setelah memahami berbagai macam penyebabnya, inilah saatnya kita memahami fakta unik terkait kucing dengan mata belang ini. Untuk kondisi yang normal, biasanya mata kucing ini mempunyai warna biru dan kuning. Akan tetapi, jika terjadi perubahan warna pada mata kucing secara tiba-tiba, maka hal itu merupakan salah satu tanda bahwa ada masalah kesehatan yang serius pada kucing itu. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari kucing odd eye yang perlu Anda tahu, antara lain:

1. Seringkali Dianggap Sebagai Keturunan Setan

Karena keunikan yang dimiliki kucing odd eye, pada zaman dahulu, jenis kucing ini selalu dikaitkan dengan hal-hal mistis, sama seperti kucing berwarna hitam. Bahkan, kucing odd eye ini juga sering dianggap sebagai kucing keturunan setan, karena warna matanya yang tidak sama seperti kucing pada umumnya.

2. Termasuk Kucing Langka

Kucing odd eye ini termasuk kucing langka karena jarang sekali ditemukan dimanapun. Hal tersebut menjadikan kucing odd eye ini begitu spesial daripada jenis kucing lainnya. Selain mempunyai warna mata yang berbeda yang menjadikannya terlihat misterius, langkanya jenis kucing ini juga menambah daya tarik tersendiri.

3. Kuccing Odd Eye Harga Mahal

Pastnya, harga kucing odd eye ini cukup mahal karena banyak sekali pecinta kucing yang ingin memilikinya. Lalu berapakah harga kucing odd eye? Untuk harga dari anakan kucing dengan warna mata biru dan kuning dapat mencapai 1,5 juta sampai 6,6 juta rupiah, bergantung dari ras kucing tersebut.

Demikian penjelasan mengenai kucing odd eye dan beberapa fakta uniknya. Meskipun kucing odd eye ini adalah kelainan, namun kucing ini justru menjadi sangat istimewa di mata pecinta kucing. Jadi, apakah Anda berminat untuk memeliharanya?

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah