in

10 Jenis Anjing Besar Yang Sangat Cocok Dijadikan Teman Bermain

10 Jenis Anjing Besar – Anjing bisa dikatakan sebagai salah satu hewan cerdas yang ada di dunia. Kecerdasan anjing akan lebih terlihat ketika dilatih dengan seorang yang ahli. Pastinya akan senang sekali dapat melihat anjing yang sangat pintar. Dengan kepintaran yang dimilikinya, manusia beranggapan bahwa anjing bisa melakukan hal-hal yang luar biasa.

Bukan hanya pintar saja, binatang satu ini termasuk yang sangat setia pada majikannya. Saking setianya, ada seekor anjing yang menangis ketika majikannya meninggal dunia. Kisah seperti itu terjadi di kota Lima, Peru. Seekor anjing tidak ingin pergi untuk meninggalkan peti mati majikannya.

Bahkan, dalam beberapa kasus, anjing bisa dijadikan sebagai teman di kala saat sedang sedih atau bahagia. Terkadang ada seseorang menempatkan anjing kesayangannya di dalam hatinya. Oleh karena itu, ada sebagian orang ketika anjing kesayangannya mati, ia merasa sangat sedih.

Apakah kamu ingin merawat dan memelihara anjing? Biasanya kebanyakan orang akan merawat dan memelihara anjing yang berkurang karena terlihat lebih imut. Namun, tidak sedikit orang yang merawat dan memelihara anjing yang berukuran besar.

Ingin tahu jenis-jenis anjing apa saja yang berukuran besar? Siapa tahu dengan mengetahui jenis-jenis anjing berukuran besar kamu tertarik untuk merawat dan memeliharanya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel di bawah ini sampai habis, Grameds.

Jenis-Jenis Anjing Besar

1. Deerhound Skotlandia

Jenis anjing besar

Anjing Deerhound Skotlandia bisa dibilang termasuk ke dalam jenis trah besar dan atletis. Postur tubuhnya jika dilihat dengan jelas akan terlihat sangat gagah. Anjing ini mempunyai tubuh yang cukup besar. Selain terlihat gagah dan besar, anjing yang berasal dari Skotlandia ini memiliki sifat pemberani dan setia.

Karena sifat setia yang dimilikinya, maka anjing Deerhound Skotlandia ketika diajak bermain membuat majikannya merasakan rasa bahagia. Oleh karena itu, anjing jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dan menjadi teman bermain dikala sedang kesepian.

Berdasarkan catatan sejarah, anjing Deerhound Skotlandia merupakan anjing yang berasal dari negara Skotlandia. Selain itu, catatan sejarah lainnya mengungkapkan bahwa anjing jenis ini dipercaya sudah ada sebelum abad ke-16. Namun, pada saat itu, belum dinamakan anjing Deerhound Skotlandia.

Pada saat itu, anjing Deerhound Skotlandia sering berganti-ganti nama, seperti Scotch Greyhound, Greyhound kasar dan Highland Deerhound. Pemberian nama anjing Deerhound Skotlandia disebabkan karena anjing ini mempunyai kemampuan dalam memburu rusa serta tubuh dan kulitnya yang indah.

Karakteristik anjing Deerhound Skotlandia

Jika kamu ingin merawat dan memelihara anjing jenis ini, alangkah baiknya mengenali karakteristiknya terlebih dahulu. Anjing Deerhound Skotlandia berkarakter ramah terutama pada majikannya sehingga sangat senang jika diajak bermain. Kemudian, anjing dari Skotlandia ini mempunyai energi yang sangat banyak sehingga tidak mudah merasakan lelah.

Karena energinya cukup banyak, maka ketika memeliharanya diperlukan tempat yang luas supaya anjing Deerhound Skotlandia bisa berlari-lari. Selain itu, dalam memeliharanya sebaiknya menggunakan pelatih anjing yang sudah berpengalaman.

2. Newfoundland

Jenis anjing besar

Anjing Newfoundland awal mulanya adalah seekor anjing yang sangat sering digunakan untuk mengangkut kayu dari hutan menarik jala nelayan. Oleh karena itu, anjing ini sempat diberikan julukan sebagai anjing pekerja.

banner-promo-gramedia

Ukuran tubuh anjing Newfoundland bisa dibilang cukup besar dan kuat. Anjing jenis ini mempunyai keahlian berenang sehingga ia juga dikenal sebagai anjing yang pandai di darat dan pandai di air.

Meskipun, anjing Newfoundland sangat kuat dan besar, tetapi ia memiliki sifat manis dan responsif. Selain itu, kecerdasan daya ingat yang dimiliki oleh binatang satu ini sangatlah menakjubkan. Oleh karena itu, anjing jenis ini bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan dan teman keluarga.

Anjing Newfoundland berasal darimana? Anjing ini berasal dari negara Kanada. Hal itu dapat dibuktikan dari nama “Newfoundland” yang merupakan nama sebuah provinsi di Kanada. Biasanya anjing jenis ini bulunya berwarna hitam.

Karakteristik anjing Newfoundland

Karena ukuran tubuhnya yang cukup besar, maka dalam merawatnya diperlukan kandang yang cukup luas. Pada jenis anjing Newfoundland, tinggi dan berat tubuhnya memiliki perbedaan. Berat anjing jantan bisa mencapai 150 pon dan tingginya bisa mencapai 28 inch di bahu. Sedangkan berat anjing betina mencapai 110 hingga 120 pon dan tingginya sekitar 25 inci di bahu.

Anjing Newfoundland mempunyai karakter asli yaitu sangat suka pada anak-anak terutama ketika diajak bermain. Selain itu, anjing ini sangat mudah untuk dilatih dan dibimbing karena memiliki rasa percaya dan kecerdasan yang tinggi.

tombol beli buku

3. Mastiff Neapolitan

Jenis anjing besar

Sekitar tahun 700 SM atau pada masa kekaisaran Romawi, anjing Mastiff Neapolitan tergolong ke dalam anjing gladiator. Bahkan, pada masa itu, anjing ini terkadang dijadikan sebagai hewan untuk perang.

Anjing Mastiff Neapolitan sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga. Mengapa cocok dijadikan sebagai anjing penjaga? Hal ini dikarenakan tubuh yang dimiliki sangatlah besar dan berat serta giginya cukup tajam. Jadi, rumah yang dijaga oleh anjing Mastiff Neapolitan kemungkinan besar tidak ada maling yang masuk.

Namun, di sisi lain, tubuh yang besar dan berat memberikan rasa kagum pada orang-orang yang melihatnya terutama pecinta anjing. Wajah dari anjing ini sangat besar sehingga matanya terlihat sangat kecil. Bahkan, terkadang matanya seringkali tertutup oleh kulit wajahnya.

Anjing Mastiff Neapolitan sangat terkenal dengan kulitnya yang keriput terutama pada bagian wajahnya.. Warna-warna anjing ini biasanya berwarna hitam, tetapi ada juga yang memiliki warna lain, seperti warna cokelat kekuningan, abu-abu, mahoni, dan brindle.

Karakteristik anjing Mastiff Neapolitan 

Anjing Mastiff Neapolitan jantan dan betina mempunyai tinggi badan dan berat badan yang berbeda. Anjing jantan memiliki berat bisa mencapai 68 kg dan tinggi badan 66 sampai 78 cm. Sementara itu, anjing betina berat badannya bisa mencapai 50 kg dan tinggi badan 60 hingga 74 cm.

Karena ukurannya yang besar dan berat, maka dalam memelihara anjing Mastiff Neapolitan dibutuhkan kandang yang cukup lebar. Meskipun ukuran tubuhnya besar, anjing jenis ini hanya bisa hidup 7-9 tahun.

4. Great Dane

Jenis anjing besar

Anjing Great Dane dikenal sebagai anjing trah terbesar di dunia. Selain trah terbesar, anjing jenis ini mempunyai postur tubuh gagah dan berwibawa. Tubuh yang gagah membuat anjing Great Dane sangat cocok dijadikan sebagai anjing penjaga.

Ketika dalam masa pertumbuhan, sebaiknya dibiarkan secara alami. Singkatnya, pada masa pertumbuhan anjing Great Dane, sebaiknya jangan diberikan asupan nutrisi yang berlebihan. Masa pertumbuhan jenis anjing ini bisa mencapai 18 bulan.

Anjing jantan memiliki tubuh yang lebih gagah dibandingkan dengan anjing betina. Meskipun tubuhnya sangat gagah, tetapi berat tubuh harus tetap dijaga. Jika berat tubuh terlalu berat, maka kaki tidak mampu untuk menopang. Alangkah baiknya, ketika memelihara jenis anjing ini tubuhnya dibuat tetap gagah dan ramping saja.

Karakteristik anjing Great Dane

Berat tubuh anjing jantan biasanya berkisar 55 sampai 90 kg dengan tinggi 76 sampai 86 cm. Sedangkan, tubuh anjing betina beratnya berkisar 49 sampai 59 dengan tinggi 76 sampai 86 cm.

Anjing Great Dane jika berdiri tingginya bisa sama atau lebih tinggi dari manusia. Penampilan dari anjing ini sangat menawan dan sifat yang dimiliki, seperti agresif, jarang menggonggong, tenang, dan ramah.

banner-promo-gramedia

Untuk meningkatkan kecerdasan pada anjing dapat dilakukan pelatihan yang dilakukan oleh pelatih yang sudah berpengalaman. Namun, ketika melatih anjing ini, sebaiknya jangan berlebihan. Jika dilatih secara berlebihan, maka persendiannya bisa mengalami kerusakan.

5. Dogue De Bordeaux

Jenis anjing besar

Anjing Dogue De Bordeaux merupakan jenis anjing trah besar yang mudah akrab dengan siapa saja. Anjing Dogue De Bordeaux biasanya disebut juga dengan nama dogue dan asalnya dari negara Perancis. Postur tubuh dan kulit yang keriput membuat jenis anjing ini sekilas mirip dengan anjing mastiff.

Berdasarkan catatan sejarah, pada masa kekaisaran Romawi, anjing trah besar ini dijadikan sebagi anjing aduan. Bukan hanya sebagai anjing aduan saja, anjing Dogue De Bordeaux juga digunakan sebagai hewan perang dan memberikan penjagaan terhadap ternak agar tidak dimakan oleh serigala dan beruang.

Sekitar pada tahun 1300, ada seseorang mempublikasikan anjing Dogue De Bordeaux, ia bernama Gaston Phoebus. Berdasarkan pendapat Phoebusm anjing Dogue De Bordeaux sering dikenal dengan French Mastiff.

Karakteristik anjing Dogue De Bordeaux

Tinggi badan dari anjing Dogue De Bordeaux berkisar 70 cm dan berat badannya bisa mencapai 50 kg. Anjing Dogue De Bordeaux memiliki ciri-ciri tubuh, seperti kepalanya yang keras dan besar, ukuran telinga cukup lebar, bibir yang tebal, dan kulit wajah yang keriput. Kulit wajah yang keriput merupakan keistimewaan yang dimiliki oleh anjing ini.

Karena keistimewaan pada wajahnya, maka anjing ini disukai oleh orang banyak terutama bagi para pecinta anjing. Meskipun, anjing ini berasal dari negara dengan yang beriklim sub tropis, tetapi ia bisa hidup di negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Hanya saja, jika dirawat di Indonesia dibutuhkan pendingin ruangan agar anjing tidak merasa kepanasan.

6. Mastiff Inggris

Jenis anjing besar

tombol beli buku

Anjing Mastiff Inggris pada zaman kekaisaran Romawi dijadikan sebagai anjing petarung karena memiliki kekuatan yang dimilikinya. Bahkan, bangsa Romawi menggunakan kekuatan yang ada pada anjing ini untuk melawan singa, banteng, dan beruang.

Meskipun di zaman kekaisaran Romawi dijadikan sebagai anjing petarung, tetapi saat ini anjing Mastiff Inggris dijadikan sebagai anjing pendamping. Dengan kata lain, anjing jenis ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan dan teman bermain.

Jika kita melihat tampilan dari anjing Mastiff Inggris, pastinya kita akan beranggapan bahwa binatang ini sangat unik. Anjing ini memiliki moncong yang memanjang, matanya akan terlihat karena bentuk wajah yang lebar, dan telinganya jatuh ke samping.

Karakteristik anjing Mastiff Inggris

banner-promo-gramedia

Berat tubuh dari anjing Mastiff Inggris biasanya berkisar 60 sampai 100 kg dan tinggi badannya berkisar 66 sampai 82 cm, setara dengan tinggi anak-anak. Anjing ini sangat mudah untuk bergaul dengan anak-anak. Namun, sebelum bermain dengan anak-anak sebaiknya anjing ini diajarkan untuk tidak menggigit manusia.

Anjing Mastiff Inggris sangat senang jika diberikan perhatian khusus. Apalagi perhatian yang diberikan dari orang yang disukainya. Anjing ini bisa dikatakan sebagai anjing yang selalu ingin bergerak. Oleh karena itu, jangan pernah bosan untuk mengajak anjing ini jalan-jalan keluar rumah.

7. Saint Bernard

Jenis anjing besar

Anjing Saint Bernard diperkirakan sudah ada sejak tahun 1800 masehi. Anjing Saint Bernard merupakan anjing yang berasal dari negara Switzerland. Beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa anjing Saint Bernard merupakan hasil dari kawin silang antara anjing Ancient Molosser dan Alps. Kawin silang ini dilakukan oleh para tentara Romawi.

Anjing Saint Bernard juga dengan sebutan lain, seperti Mountain Dog, Alpine Mastiff, dan Barry Dog. Daya ingat dari anjing ini tidak perlu diragukan lagi. Hal itu bisa dibuktikan ketika ada seseorang yang tersesat di wilayah hutan bersalju akan ditemukan.

Pada tahun 1880 masehi barulah anjing trah besar ini mulai mendapatkan namanya secara resmi, yaitu Saint Bernard. Anjing Saint Bernard memiliki dua tipe, yaitu short haired dan long haired.

Karakteristik anjing Saint Bernard

Anjing Saint Bernard adalah anjing yang memiliki sifatr ramah, lembut, dan sangat suka bermain dengan anak-anak. Soal kesetiaan yang dimiliki oleh anjing ini sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, anjing jenis ini mempunyai kecerdasan yang luar biasa.

Anjing Saint Bernard akan bersikap agresif atau galak ketika dirinya sedang merasa terancam. Ukuran tinggi badan dari anjing sekitar 61 hingga 70 cm dan berat badannya berkisar 55 hingga 100 kg.

Bulu yang dimiliki oleh anjing ini sangatlah lebat, ekornya juga terbilang panjang, dan tengkorak kepala dari anjing cukup lebar.

8. Kuvasz

Jenis anjing besar

Dalam dunia anjing, anjing Kuvasz termasuk ke dalam “kelas berat”. Jika kembali ke masa lalu atau tepatnya pada zaman kekaisaran Romawi. Anjing Kuvasz termasuk ke dalam anjing pekerja. Pekerjaan itu seperti menjaga ternak domba supaya tidak dimakan oleh hewan lain.

Anjing ini dijadikan sebagai anjing penjaga bukanlah tanpa alasan. Anjing jenis ini mempunyai kemampuan yang sangat lincah dan cukup kuat.

Anjing Kuvasz asalnya dari negara Hungaria pada tahun 896 masehi. Anjing ini biasanya kulitnya berwarna putih cerah. Tubuh dari anjing ini bisa dibilang sangat kokoh dan berotot. Kepala yang dimiliki oleh anjing ini lebih cenderung ke panjang daripada lebar. Bagian telinganya tergantung dan bentuknya seperti huruf “V”.

Karakteristik anjing Kuvasz

Anjing yang sangat berat ini sangat mencintai orang banyak terutama orang-orang yang dicintainya. Bahkan, ia akan menganggap kalau orang-orang tersebut sudah seperti keluarga.

Bahkan, jika ada orang yang tidak dikenal masuk ke rumah majikan, anjing Kuvasz bisa marah kecuali jika keluarga majikan sudah memberikan tanda bahwa orang asing tersebut boleh masuk. Dengan kata lain, anjing Kuvasz sangat mengenal wajah-wajah dari keluarga majikannya.

Anjing Kuvasz jantan memiliki berat badan 48-62 kg dengan tinggi 71-76 cm. Sementara itu, berat badan anjing betina 37-50 kg dengan tinggi 66-70 cm. Anjing jenis ini termasuk ke dalam anjing yang setia, damai, dan suka ketenangan. Namun, jika dalam keadaan terancam anjing ini bisa sangat berbahaya.

tombol beli buku

9. Irish Wolfhound

Jenis anjing besar

Anjing Irish Wolfhound berasal dari Irlandia. Di abad ke-17, anjing ini sering dipakai untuk berburu serigala dan rusa. Hal ini dikarenakan kemampuan yang dimiliki sangat cocok untuk melakukan perburuan.

Terlebih lagi, anjing Irish Wolfhound memiliki banyak otot yang membuat dirinya menjadi semakin lebih kuat. Berat badan yang dimiliki oleh anjing ini tidak seberat berat badan anjing Great Dane.

Punggung dari anjing ini bisa dikatakan pendek dengan dada yang cukup panjang. Bagian ekornya jatuh lurus dan ujung ekornya agak melengkung. Telinga memiliki bentuk yang mirip seperti huruf  “V”. Bulu dari anjing Irish Wolfhound sangat tebal dan lebat.

Karakteristik anjing Irish Wolfhound

Anjing Irish Wolfhound sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga karena bisa melindungi majikannya terutama dari maling yang ingin masuk ke rumah. Untuk menjadi anjing penjaga sebaiknya dilatih terlebih dahulu.

Selain itu, anjing ini memiliki sifat ramah terhadap majikan, setia pada majikan dan keluarganya, tenang dan tidak mudah untuk marah, dan lembut. Oleh karena itu, anjing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan sekaligus teman bermain.

10. Caucassian Shepherd Dog

Jenis anjing besar

Pada awal kemunculannya anjing Caucasian Shepherd Dog merupakan anjing penjaga. Tugas anjing ini adalah melindungi hewan ternak dari serigala dan beruang. Anjing jenis ini berasal dari daerah Kaukasia.

Anjing Caucasian Shepherd Dog dijadikan sebagai anjing pemburu karena memiliki tulan punggu yang sangat berulang dan otot-otot yang sangat kuat. Selain itu, kecepatan dalam berlari bisa dibilang cukup baik.

Selain memiliki nama Caucasian Shepherd Dog, anjing ini memiliki nama lain, seperti Caucasian Ovcharka dan Baskhan (Karachay). Anjing jenis ini biasanya memiliki usia 10 sampai 12 tahun.

Karakteristik anjing Caucassian Shepherd Dog

Anjing Caucasian Shepherd Dog jantan memiliki berat tubuh sekitar 45 kg dengan tinggi 67 sampai 70 cm. Sedangkan, anjing Caucasian Shepherd Dog jantan, berat tubuhnya berkisar 50 kg dengan tinggi 72 sampai 75 cm.

Anjing ini termasuk hewan yang cerdas, tetapi sewaktu-waktu bisa menjadi tidak penurut. Namun, terkadang anjing Caucasian Shepherd Dog bisa tiba-tiba menjadi agresif karena melihat orang yang tidak kenal.

Kesimpulan

Setelah membahas anjing-anjing yang bertrah besar, apakah kamu tertarik untuk memeliharanya? Dalam memelihara perlu diperhatikan secara khusus, mulai dari perawatan, pemberian makan dan vaksin, hingga melatih anjing supaya kemampuannya lebih terasah. Selain itu, dalam memilih anjing yang ingin dipelihara sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan kamu dalam merawatnya dan berdasarkan jenis anjing yang disuka.

tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu