in

Fakta Unik Kucing Ashera: Kucing Langka dan Mahal

kucing ashera sumber kompas.com

Kucing Ashera – Hampir semua orang yang ada di dunia mengetahui hewan kucing karena banyak terdapat di berbagai macam lingkungan tempat tinggal. Hewan peliharaan ini kerap juga dilambangkan ras yang penuh dengan kasih sayang dan membuatnya menjadi sahabat untuk manusia.

Awal dari habitat kehadiran kucing ini bisa dibilang kalau populasinya terus mengalami peningkatan dalam kehidupan manusia, selain untuk menjaga hunian dari hewan pengerat seperti tikus, kehadiran kucing ini juga dimaksudkan untuk menjaga generasinya tetap terjaga.

Untuk para pencinta kucing mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis kucing unik yang satu ini. Jenis kucing Ashera menjadi salah satu ras kucing incaran banyak orang, terutama pecinta kucing yang ada di seluruh dunia.

Kucing Ashera ini bahkan diberi julukan sebagai kucing rumahan yang paling besar, langka, dan paling eksotis, cantik yang berhasil membuat para pecinta kucing berani merogoh kocek cukup dalam dan menghabiskan uang mencapai US$ 22 ribu sampai US$ 28 ribu atau setara dengan Rp. 190 hingga Rp. 250 juta hanya untuk satu ekor kucing Ashera saja.

Kucing Ashera

kucing ashera
kucing ashera sumber kompas.com

kompas.com

Kucing Ashera adalah salah satu jenis kucing yang tergolong cukup langka dan tidak umum ditemukan di lingkungan tempat tinggal. Persilangan kucing Ashera yang didapatkan dari genetik macan tutul Asia, Bengal, dan Serval Afrika dengan kucing lokal setempat awalnya belum sepopuler sekarang ini. Garis keturunan genetik bawaan kucing Ashera dengan leluhur sebelumnya sebagian besar gen mereka ada ada di generasi pertama ataupun generasi kedua, yang mana dikenal dengan sebutan F1 dan F2.

Jenis kucing yang satu ini ternyata adalah salah satu kucing yang paling mahal di dunia. Sebab, perusahaan yang bertanggung jawab atas kucing Ashera hanya memproduksi lima ekor per tahunnya dan mereka mengklaim bahwa jenis kucing ini hypoallergenic atau dapat dipelihara oleh orang-orang yang alergi terhadap bulu. Akan tetapi, apakah hal tersebut benar adanya?

Karena banyak kontroversi tentang jenis kucing Ashera, salah satunya yaitu perusahaan yang memproduksi kucing ini tutup pada tahun 2008 karena ada seorang peneliti yang menemukan jenis kucing ini identik dengan jenis kucing Savannah dan berbagai macam kontroversi lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa jenis kucing ini sangat langka, karena dalam satu tahun hanya diproduksi lima ekor anak kucing saja dan yang bertanggung jawab atas penciptaan jenis kucing ini adalah perusahaan Lifestyle Pet Co. Fakta menariknya, mereka sudah berhenti memproduksi pada Juni 2008, sehingga harganya mencapai 17 ribu hingga 25 ribu dolar atau setara dengan 1,7 miliar.

Namun, seseorang pencetus kucing Ashera ini diduga terlibat di beberapa kasus kejahatan seperti membawa kabur uang, pemalsuan identitas, mantan napi, dan kalin tanpa dasar penelitian.

Selain itu, sebelum dikirimkan ke alamat pemiliknya, kucing jenis ini akan divaksinasi dan diberikan chip. Kucing Ashera juga sudah disteril sebelum datang ke rumah baru mereka, sehingga hal itu bisa membantu untuk menjaga genetic pada kucing.

Meskipun kucing Ashera ini diambil dari beberapa genetika wild cats, tetapi kucing ini juga sangat tenang dan santai. Jenis kucing Ashera mencolok tak hanya dari corak bulunya saja, tapi juga ukurannya yang besar, yakni dua kali lipat dari kucing rumahan biasa.

Ada beberapa jenis kucing Ashera, salah satunya adalah Common Ashera. Common Ashera ini mempunyai warna krem atau kuning kecoklatan dengan bintik coklat yang berbeda. Kecantikan dari kucing yang satu ini terlihat dari bulu dan juga wajahnya yang masih menurunkan gen wild cat.

Kemudian, juga ada jenis Hypoallergenic Ashera yang dikembangkan supaya orang-orang yang memiliki alergi pada bulu kucing tetap bisa memeliharanya. Hal itu karena kucing Ashera tidak mempunyai protein Fel d1 yang bisa menyebabkan alergi pada manusia. Ada pula jenis Snow Ashera, dimana pola kucing ini sama dengan Common Ashera, namun warna utamanya putih dengan bercak orange atau kuning.

Pilih Pakan Berkualitas Untuk Kucing Ashera

Memilih pakan yang berkualitas tinggi untuk kucing Ashera ini sangat penting untuk mendukung kalori, nutrisi, dan juga gizi mereka dalam keseharian. Rata-rata ras kucing langka dan mahal ini adalah hewan yang masuk ke dalam kelompok hypoallergenic. Itu artinya, hewan peliharaan yang satu ini mudah alergi dengan zat-zat yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuhnya, khususnya yang diperoleh dari asupan makanan.

Fakta-Fakta Kucing Ashera

Jika kamu belum pernah mendengar tentang ras kucing Ashera, ciri utama dan juga tanda umum yang ada pada hewan tersebut hampir mirip dengan kucing langka lainnya.

1. Berat Badan dan Panjang Tubuh yang Lebih Besar

Adapun beberapa ciri umum dari kucing Ashera ini mudah untuk dilihat dari postur tubuh mereka yang lebih besar jika kamu membandingkannya dengan kucing lokal. Selain itu, diameter panjang tubuh mereka minimal bisa mencapai 1 meter dan berat badannya sekitar 12 hingga 14 kg.

2. Terlihat Kokoh dan Berisi

Kucing Ashera juga tampak lebih kokoh dan berisi, itulah deskripsi awal yang terlihat dari mereka. Penampilan kucing Ashera yang sedemikian berbeda dengan kucing pada umumnya membuat tampilannya lebih anggun, elegan, dan eksotis.

3. Kulitnya yang Unik

Ciri yang tidak biasa lainnya yang ada pada kucing Ashera terdapat pada mantel bulu mereka yakni ciri khas bintik halus yang alami seperti macan Asia, Serval Afrika, dan Bengal.

Ciri-ciri kucing Ashera sebagai ras langka dan mahal ini mengundang rasa ingin tahu para pecinta kucing untuk mengenalnya lebih dekat. Beberapa tanda yang menjadi ciri umum dari kucing ini di antaranya yaitu kepala kecil menyerupai baji dengan telinga yang agak lebar ke atas. Adapun ciri khusus lain dari kucing Ashera yang sedikit dimiliki kucing biasa yaitu warna mata mereka yang keemasan atau kehijauan.

4. Kepribadian Umum Kucing Ashera

Seberapa menarik kepribadian kucing Ashera sebagai ras langka dan mahal ini? Minat dari pencinta kucing yang tertarik memelihara kucing ini biasanya ingin mengetahui kepribadian yang ada pada jenis kucing Ashera. Apabila kamu belum mengenal kepribadian kucing jenis ini, hewan ini memiliki karakter yang menyenangkan dan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan ras lain.

Misalnya saja, kucing Ashera adalah salah satu dari beberapa ras kucing yang dapat hidup berdampingan dengan manusia dewasa dan juga anak-anak. Lebih dari itu, kucing Ashera juga mempunyai adaptasi yang baik dengan ras hewan lain apabila dilatih dengan benar. Sebagian besar kehidupan ras kucing langka ini jarang bermasalah dalam hal komunikasi dengan kucing lain. Bahkan, mereka dapat berteman dengan ras hewan lain seperti hamster, anjing, dan juga ikan.

Kehidupan kucing Ashera di dalam rumah yang ditinggali oleh orang biasanya bisa dilalui dengan santai. Misalnya saja, kucing jenis ini lebih suka tidur, bermain, hingga duduk di pangkuan majikan yang mereka cintai.

Adapun beberapa kegiatan lain yang dapat kamu kerjakan bersama dengan kucing Ashera adalah berjalan di luar rumah untuk mengisi waktu bersama mereka. Meski begitu, tetap disarankan untuk melakukan antisipasi dengan tali kekang guna mencegah mereka berlarian melampiaskan kesenangan mengejar yang mereka suka.

Rata-rata kucing Ashera ini memiliki kebiasaan hampir sama dengan kucing lain dalam memburu objek, mengendus, dan bersembunyi di suatu tempat. Karakter lain dari kucing ini adalah mereka bisa mempelajari wilayah yang dianggap sebagai area kekuasaannya dengan berkeliling. Watak dari kucing Ashera ini dikenal tidak takut dan penuh percaya diri.

5. Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Mempunyai penampilan yang hampir mirip dengan macan tutul, sehingga membuat banyak orang awam penasaran tentang kelayakan kucing Ashera untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan yang aman.

Perlu dipahami bahwa hanya penampilannya saja yang mirip dengan macan tutul, tetapi genetika yang ada pada kucing Ashera juga sama dengan kucing-kucing peliharaan lainnya. Kucing Ashera ini tidak akan menerkam orang yang ada di dekatnya seperti seekor macan tutul.

Sifat dari kucing Ashera ini antara lain cerdas, perasa, setia, dan mudah berkomunikasi dengan manusia. Selain itu, jenis kucing Ashera ini juga tidak memerlukan perawatan khusus yang terlalu rumit. Jadi, kesimpulannya yaitu kucing Ashera sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Cara Perawatan Kucing Ashera

Kehadiran populasi kucing Ashera memang melalui persilangan hewan lain, akan tetapi cara perawatan dan juga konsumsi makanannya tidak merepotkan. Meski beberapa dari mereka cenderung hypoallergenic, tapi majikan ataupun pemiliknya hanya perlu menuruti anjuran dokter hewan ataupun peternak profesional mengenai jadwal dan jenis makanannya.

Grooming untuk kucing jenis ini juga termasuk mudah karena mantel bulu mereka kuat dan jarang kusam sepanjang nutrisi, vitamin, serta gizinya terpenuhi.

Alasan Kucing Ashera Memiliki Harga yang Mahal

Kita tahu bahwa ras kucing Ashera ini berasal dari genetik yang tidak biasa. Oleh karena itu, harga untuk anakan kucing langka dan mahal ini diperkirakan mencapai $ 22.000 sampai 27.000 di peternak tepercaya yang ada di luar negeri. Beberapa hal ian yang membuat anakan kucing ini sulit untuk didapatkan adalah saat permintaannya sangat tinggi, maka kemungkinan besar kamu harus masuk ke dalam daftar antrean meski membelinya dengan harga tinggi.

Proses mendapatkan anakan kucing Ashera melalui adopsi ataupun pembelian di peternak tertentu umumnya akan lebih lama karena waktu pemisahan induk kucing dengan anakan memerlukan waktu. Apabila pada kucing biasa yang menjadi induk dengan anakan sebagian besar hanya memerlukan waktu 3 hingga 5 bulan saja, maka anakan kucing Ashera ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 hingga satu tahun.

Lamanya waktu pemisahan anakan Ashera, salah satu tujuan peternak adalah untuk menjaga dan memberi kesempatan pada anak kucing untuk mendapatkan imun tubuh dari induknya. Selain itu, terdapat alasan lain yang mungkin saja terjadi, misalnya menjaga kualitas standar mereka, mencegah persilangan tanpa adanya kontrol, sehingga mereka tetap tinggi.

Deretan Kucing Termahal Di Dunia

Berikut ini adalah beberapa deretan kucing termahal di dunia selain kucing Ashera, mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah.

1. Kucing Savannah

Kucing Savannah ini tidak hanya salah satu kucing termahal di dunia, tapi juga termasuk ke dalam jenis kucing yang paling besar. Jenis kucing yang satu ini adalah campuran dari kucing Serval Afrika dan kucing rumahan. Akan tetapi, jenis kucing ini tidak diakui sebagai kucing domestik. Hal itu artinya bahwa beberapa negara mungkin saja melarang keberadaan kucing ini.

Satu ekor kucing Savannah bertina dari varietas F1 bisa dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 153 juta sampai miliaran. Selain mahal, kucing jenis ini juga bisa dikatakan cukup sulit untuk dirawat. Mereka biasanya menolak untuk menggunakan kotak pasir. Untuk makanannya sendiri, mereka juga hanya makan daging mentah dan biasanya tidak cocok dengan orang asing. Akan tetapi, kucing Savannah ini sangat setia kepada majikannya. Apabila dilatih dari kecil, mereka dapat terbuka untuk bersosialisasi dengan orang baru.

2. Khao Manee

Khao Manee merupakan kucing ras Thailand yang dirahasiakan oleh negara selama ratusan tahun lamanya. Akan tetapi, pada akhirnya Thailand menyatakan bahwa Khao Manee ini sebagai spesies yang dilindungi. Di tahun 1999, negara tersebut mengirimkan ras kucing ini ke Amerika untuk mulai dirawat untuk mencegahnya dari kepunahan.

Kucing-kucing tersebut muncul secara alami dan unik, yakni dengan bulu putih dan mata seperti permata. Banyak orang yang menyebut Khao Manee ini sebagai Kucing Mata Berlian. Hal tersebut karena mata mereka umumnya mempunyai dua warna yang berbeda. Kucing Khao Manee ini mempunyai kisaran harga mulai dari Rp 76 juta sampai Rp. 153 juta.

3. Kucing Bengal

Di urutan yang ketiga kucing termahal di dunia adalah kucing Bengal yang muncul pada 1963. Kucing yang satu ini merupakan hasil perkawinan kucing bulu pendek domestik dengan macan tutul Asia. Karena Bengal berkaitan erat dengan kucing liar, maka banyak yurisdiksi yang melarang seseorang untuk memilikinya. Akan tetapi, harganya cukup fantastis, yakni mulai dari Rp. 61 juta sampai Rp. 153 juta.

Kucing Bengal ini mempunyai kepala yang lebar, cakar bundar, dan tanda roset yang indah. Hal itu membantu menyamarkan mereka di alam liar. Mereka merupakan jenis kucing yang sangat aktif. Selain itu, mereka juga suka bermain di air, tidak seperti kucing pada umumnya.

4. Kucing Toyger

Toyger merupakan kucing yang merupakan hasil dari perkawinan kucing Bengal dan Shorthair domestik bergaris. Karena Toyger ini merupakan ras yang baru, sehingga sulit untuk ditemukan. Hal itu menjadikannya salah satu ras kucing termahal di dunia dan termasuk kucing langka.

Mirip dengan kucing Bengal, Toyger juga mempunyai pola roset dan kepala yang melingkar. Karena sulit diperoleh, harga kucing jenis ini dapat berkisar antara Rp. 45 juta sampai Rp. 76 juta.

5. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx sangat dikenal karena penampilannya yang sangat unik. Jenis kucing ini tidak berbulu dan mempunyai mata besar berbinar yang memenuhi sebagian besar matanya. Kebotakannya itu dihasilkan dari mutasi genetik alami yang mempengaruhi kemampuannya untuk menumbuhkan rambut seperti kucing biasa. Banyak orang yang berpikir bahwa Sphynx ini awalnya berasal dari Mesir. Padahal kucing yang satu ini sebenarnya berasal dari Toronto, Kanada. Rata-rata harga jenis kucing ini berkisar antara Rp. 30 juta sampai Rp. 76 juta.

Demikian penjelasan mengenai kucing ashera, fakta unik dan cara perawatannya. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang jenis-jenis kucing lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy