in

Kucing Maine Coon : Kisaran Harga, Ciri, Sifat, Asal Usul, Fakta

Kucing Maine Coon – Kucing adalah salah satu hewan yang sampai saat ini masih begitu banyak dijadikan peliharaan. Tingkahnya yang lucu dengan raut muka menggemaskan menjadi beberapa alasan banyak orang memelihara kucing.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis kucing yang tentunya bisa kalian pelihara. Salah satunya adalah jenis kucing Maine Coon. Di mana kucing jenis ini terbilang berbeda daripada jenis kucing pada umumnya.

Pasalnya Maine Coon adalah jenis kucing peliharaan yang memiliki tubuh besar serta memiliki bulu panjang. Selain itu kucing Maine Coon juga termasuk ke dalam ras tertua dari Maine Amerika Serikat.

Maine Coon terbilang memiliki sifat manja kepada pemiliknya. Tak hanya itu saja, namun masih banyak hal menarik yang dimiliki oleh kucing Maine Coon.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca pembahasan terkait dengan kucing Maine Coon hanya di dalam artikel ini selengkapnya.

Asal Usul Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah salah satu kucing hasil dari Natural Breeding. Yang mana untuk asal usul dari kucing Maine Coon sendiri tak begitu diketahui. Beberapa sumber menjelaskan jika Bangsa Viking yang pertama kali membawa kucing Maine Coon di daratan Amerika Utara jauh sebelum Columbus berlayar keliling dunia.

Lalu ada juga sumber yang menjelaskan jika kucing Maine Coon adalah keturunan langsung dari kucing berbulu panjang milik Marie Antoinette yang ternyata diselundupkan ke Benua Amerika dan pada akhirnya kawing dengan kucing lokal berbulu pendek.

Beberapa dari para pecinta kucing juga mempercayai jika kucing Maine Coon adalah hasil kawin silang antara kucing dengan rakun. Namun jika dilihat dari bentuk fisik dari kucing Maine Coon tentunya hal tersebut cukup masuk akal.

Pada tahun 1895, kucing Maine Coon mulai begitu diminati oleh kalangan pecinta kucing secara meluas. Dimana pada saat itu ada seekor kucing betina Maine Coon yang memiliki nama Cosey mampu memenangkan juara Best Cat pada sebuah kompetisi yang diselenggarakan di Madison Square Garden.

Namun seiring berjalannya waktu, kepopuleran kucing Maine Coon sempat meredup hingga 5 dekade lamanya. Hal ini terjadi karena mulai masuknya kucing ras seperti Persia dan Siamese ke negara Inggris. Setelah tahun 1960, kucing Maine Coon mulai bangkit hingga mendapatkan kepopulerannya kembali.

Kepopuleran kucing Maine Coon bisa meningkat kembali juga tak lain karena terbentuknya asosiasi Maine Coon and Fancier Association. Bahkan saat ini keberadaan dari Maine Coon menjadi salah satu dari beberapa ras yang paling populer di seluruh dunia.

grid.id

Jenis Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon masih dibagi menjadi beberapa jenis. Pembagian jenis kucing Maine Coon sendiri sebenarnya dibedakan berdasarkan warnanya. Mulai dari kucing Maine Coon putih, krem, abu-abu dan hitam. Selain itu kucing Maine Coon juga masih memiliki warna lain seperti calio atau tiga warna, kucing Maine Coon warna tabby dan kucing Maine Coon perpaduan dua warna.

Kucing Keren Zaman Now !
Kucing Keren Zaman Now !

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah salah satu jenis kucing dengan ukuran besar. Meski begitu kucing Maine Coon juga memiliki sifat ramah dan lembut. Selain itu kucing Maine Coon begitu suka dengan tempat yang sejuk dan ruangan luas. Tak hanya itu saja, pasalnya kucing Maine Coon juga begitu suka mengelilingi ruangan serta manja kepada pemiliknya.

Adapun beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh kucing Maine Coon adalah sebagai berikut ini.

1. Bentuk Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kucing Maine Coon adalah salah satu kucing bertubuh besar. Ciri ini juga menjadi salah satu hal yang paling mudah untuk mengenali kucing Maine Coon.
Tinggi tubuh kucing Maine Coon bisa mencapai 1 meter. Memiliki postur tubuh yang besar menjadikan kucing Maine Coon juga memiliki bentuk tulang yang kuat dan besar. Hal ini tentunya cocok sekali untuk menopang tubuh kucing Maine Coon.

Panjang kucing Maine Coon mampu mencapai 121 cm jika diukur dari ujung kepala hingga ujung ekor. Biasanya kucing Maine Coon jantan akan memiliki berat kisaran 6 hingga 9 kg. Sedangkan untuk kucing Maine Coon betina akan memiliki berat kisaran 4 hingga 6 kg.

2. Bentuk Wajah

Ciri yang berikutnya adalah dilihat dari bentuk wajah kucing Maine Coon. Kucing Maine Coon memiliki bulu lebat pada bagian wajah dan kepala. Tak hanya itu saja, pasalnya wajah kucing Maine Coon lebih mirip singa dengan telinga yang runcing, besar serta ditumbuhi banyak bulu.
Selain itu pada bagian tulang pipi kucing Maine Coon memiliki bentuk oval dengan ukuran cukup lebar serta bentuk dahi yang melengkung dan mata yang besar.

3. Bulu

Kucing Maine Coon memiliki bulu yang panjang dan lebat. Pada saat musim dingin biasanya kucing Maine Coon mampu memiliki bulu hingga 7 cm. Tak hanya lebat dan panjang saja, tapi bulu kucing Maine Coon juga memiliki tekstur yang halus dan tidak bisa ditembus air.

Dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, bulu milik kucing Maine Coon akan memiliki warna dan motif yang beragam. Tak heran jika banyak pecinta kucing yang begitu berminat untuk memelihara kucing Maine Coon.

4. Ekor

Selanjutnya kucing Maine Coon juga memiliki ekor yang panjang. Tak hanya panjang saja, namun ekor Maine Coon juga memiliki bentuk yang runcing hingga pada bagian ujung. Selain itu ekor kucing Maine Coon juga banyak ditumbuhi bulu lebat, panjang dan mekar hampir menyerupai kemoceng. Hal ini juga menjadi salah satu karakteristik yang begitu unik serta mampu membuat kucing Maine Coon terlihat lebih menarik.

https://www.gramedia.com/products/kisah-kisah-kucing-cat-stories-cover-baru-2019?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sifat Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon lebih banyak dikenal sebagai salah satu kucing yang begitu aktif dan lincah. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan Maine Coon yang lebih sering berada di luar kandang daripada di dalam kandangnya.

Selain itu kucing Maine Coon juga tak begitu takut dengan air. Kucing Maine Coon juga menjadi salah satu jenis kucing yang mandiri dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Tentunya beberapa sifat kucing Maine Coon tersebut juga menjadi kelebihan tersendiri yang tak dimiliki oleh jenis kucing lainnya.

Fakta Menarik Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang memang lebih banyak dikenal karena ukuran tubuhnya yang begitu besar jika dibandingkan dengan ukuran kucing jenis peliharaan pada umumnya. Selain dari segi ukurannya, terdapat berbagai fakta menarik yang dimiliki oleh kucing Maine Coon. Nah mungkin kalian belum tahu apa saja deretan fakta menarik dari kucing Maine Coon, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Miliki Tubuh Raksasa

Sumber: Kompas.com

 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kucing Maine Coon adalah salah satu jenis bertubuh besar. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya ukuran berat tubuh kucing Maine Coon mampu mencapai berat sekitar 4 hingga 8 kg.

Selain itu kucing Maine Coon dewasa juga memiliki panjang tubuh sekitar 40 cm hingga 1,2 m. Walaupun kucing Maine Coon memiliki ukuran yang cukup besar, namun kucing tersebut juga dikenal sebagai salah satu jenis kucing yang mudah bergaul.

2. Adanya Kelainan Pewarisan Sifat Polidaktili atau Kelebihan Jari

Meski kucing Maine Coon begitu menggemaskan, siapa sangka jika kucing ini memiliki pewarisan sifat polidaktili yaitu jumlah jari yang dimiliki oleh kucing Maine Coon lebih banyak dibandingkan kucing lainnya.

Dimana kucing Maine Coon terlahir dengan jumlah 6 jari untuk setiap kakinya. Bagi beberapa orang kondisi yang dialami oleh kucing Maine Coon terlihat tak lazim atau aneh. Namun sebagian besar lainnya menganggap jika pewarisan sifat polidaktili mampu menjadikan kucing Maine Coon terlihat unik dan menggemaskan.

https://www.gramedia.com/products/solusi-permasalahan-kucing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Tidak Takut Akan Air

Umumnya kucing tidak akan suka bahkan takut akan keberadaan air. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi kucing Maine Coon. Dimana kucing Maine Coon memiliki sifat yang begitu suka dengan air.

Bahkan kucing jenis ini terlihat begitu pandai dalam berenang. Hal ini bisa terjadi karena kucing Maine Coon memiliki mantel atau bulu yang jauh lebih tahan air dibandingkan dengan kucing jenis lainnya.

4. Suka Cari Perhatian

Tahukah kalian jika kucing Maine Coon begitu ska mencari perhatian kepada pemiliknya. Mereka akan memberikan sinyal jika dirinya lebih penting daripada buku yang kalian baca maupun program acara TV yang sedang kalian tonton.

Kucing Maine Coon akan duduk di depan TV atau sengaja berbaring di atas buku yang sedang kalian baca hanya untuk menarik perhatian kalian. Karena memiliki ukuran tubuh yang cukup besar menjadikan keberadaan kucing Maine Coon tak bisa diabaikan begitu saja.

5. Tidak Suka dengan Ketinggian

Pada umumnya, kucing begitu suka memanjat pohon atau kerap berada di atas rumah. Bisa jadi kebiasaan kucing berada di ketinggian adalah kebiasaan mereka yang begitu suka melompat. Namun berbeda halnya dengan kucing Maine Coon, dimana mereka tidak suka dengan ketinggian. Walaupun saat ini belum ada pembuktian melalui studi ilmiyah, namun kebanyakan pemilik kucing Maine Coon mengatakan kondisi tersebut.

6. Tahan Musim Dingin

Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang bisa bertahan hidup pada empat musim yang berbeda. Mulai musim dingin hingga musim turun salju. Hal ini karena kucing Maine Coon memiliki bulu yang begitu panjang serta ukuran cakar yang cukup besar. Di Indonesia sendiri, pemilik kucing Maine Coon akan menempatkannya di area dingin atau menggunakan fasilitas AC.

7. Cocok Jadi Teman Jalan

Layaknya kucing Savannah yang berasal dari Afrika, kucing Maine Coon juga bisa diajak jalan-jalan oleh pemiliknya. Pasalnya kucing Maine Coon begitu suka menjelajah alam bebas bersama pemiliknya. Namun pastikan juga jika suhu udara yang akan dilalui oleh kucing Maine Coon tidak terlalu panas karena pada dasarnya kucing tersebut memiliki bulu tebal.

8. Muncul dalam Film Harry Potter

Jika kalian begitu suka dengan film Harry Potter, tentunya tidak asing dengan keberadaan beberapa hewan yang ada di dalam film tersebut. Salah satunya adalah kucing peliharaan Hermione Granger sahabat dari Harry Potter adalah jenis kucing persia pemilik hidung pesek warna merah.

Lalu ada juga kucing milik Argus Filch sang penjaga kastil Hogwarts bernama Mrs. Norris adalah jenis kucing Maine Coon pemilik warna tebal (perpaduan warna merah dan hitam). Bahkan dalam novel Harry Potter karya J.K. Rowling memberikan gambaran jika Mrs. Norris sebagai kucing kurus kering dan memiliki bulu berantakan. Perlu diketahui jika dalam film Harry Potter 1 dan 2, kucing Mrs. Norris menggunakan produk khusus yang bisa menjadikan bulunya terlihat berantakan.

9. Kucing Terpanjang di Dunia

Sumber: Trbunnews

Siapa sangka kucing jenis Maine Coon bernama Stewie yang berusia 8 tahun berhasil memecahkan Rekor Dunia Guinnes sebagai kucing domestic terpanjang di dunia. Namun pada tahun 2013 lalu Stewie meninggal dunia karena penyakit kanker yang dideritanya. Kala itu, Stewie memiliki panjang hingga 48,5 inch dari ujung hidung hingga ekornya.

10. Berhasil Di-cloning

Tahun 2994 lalu ada seekor kucing Maine Coon bernama Little Nick tercatat sebagai penjualan hewan peliharaan kloning pertama. Seorang wanita di Texaz membayar sebesar $50.000 dalam menugaskan perusahaan biotek yang berbasis di California untuk melakukan cloning terhadap kucing yang mati.

Terlepas dari berbagai macam kontroversi yang menyertainya, pemilik Little Nicky mengakui jika hasil kloning begitu identic dengan Nick yang asli.

11. Berevolusi pada Musim Dingin

Salah satu upaya yang dilakukan oleh kucing Maine Coon dalam melindungi diri terhadap musim dingin yang ekstrim adalah dengan menggunakan cakar besar yang dimilikinya. Dimana adanya cakar dengan ukuran besar tersebut mampu membuat kucing Maine Coon bisa berjalan di area salju yang begitu tebal.

Selain itu bulu yang dimiliki oleh kucing Maine Coon pada area sekitar perut, kepala dan juga panggul bisa tumbuh lebih lebat ketika musim dingin tiba. Kondisi ini bisa menjadikan keberadaan kucing Maine Coon tetap terjaga kehangatannya.

Sedangkan untuk bagian bahu, bulu kucing Maine Coon akan tumbuh lebih pendek yang memungkinkan kucing tersebut berjalan tanpa perlu takut terhalang di semak-semak.

Nah itulah beberapa fakta unik yang dimiliki oleh kucing Maine Coon. Tentunya setiap fakta tersebut bisa kalian temui jika memelihara kucing Maine Coon.

Kisaran Harga Kucing Maine Coon

Saat ini keberadaan kucing Maine Coon yang merupakan salah satu kucing ras di Amerika Utara terbilang cukup mahal harganya di Indonesia. Dimana untuk harga kucing Maine Coon dibedakan menjadi Pedigree dan Non Pedigree. Selain itu harga kucing Maine Coon juga dipengaruhi oleh keberadaan sertifikasi serta silsilah kucing tersebut. Nah untuk lebih memahaminya, berikut ini merupakan kisaran harga yang dimiliki oleh kucing Maine Coon.

1. Kucing Maine Coon Pedigree

Harga kucing Maine Coon terbilang cukup bervariasi tergantung dari usia, jenis, bentuk dan ukuran. Harga Pedigree untuk jenis Kitten Maine Coon adalah berkisar antara Rp12 hingga Rp15 jutaan.

Sedangkan untuk kucing dewasa yang sudah memiliki sertifikasi akan mendapatkan harga mulai Rp10 hingga 20 jutaan. Pedigree sendiri merupakan sertifi9kasi yang diakui secara resmi oleh organisasi nasional dan internasional.

Di Indonesia setidaknya ada tiga organisasi kucing resmi seperti Indonesian Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (CFI), dan Cat Fanciers Society of Indonesia (CFSI). Perlu diketahui juga jika sertifikasi ini begitu penting agar bisa melestarikan suatu kucing ras dan menghindari adanya perkawinan silang antar ras. Ras kucing yang memiliki sertifikasi biasanya dapat mengikuti berbagai macam kontes kucing.

2. Kucing Maine Coon Non Pedigree

Kucing Maine Coon Non Pedigree biasanya akan memiliki harga yang lebih terjangkau karena tidak jelas silsilah keluarganya. Kucing Maine Coon Non Pedigree umumnya hasil kawin silang dengan jenis kucing lain dan bukan keturunan ras murni. Anak kucing Maine Coon tak bersertifikasi akan dijual dengan harga Rp2 hingga Rp5 jutaan. Sedangkan untuk kucing Maine Coon dewasa Non Pedigree akan dijual dengan harga Rp3 hingga Rp6 jutaan.

Itulah beberapa fakta mengenai kucing Maine Coon. Grameds bisa membaca buku-buku terkait kucing lainnya dengan mengunjungi Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi