Akuntansi

Fungsi dan Jenis Aktiva Setara Kas

Written by Laeli Nur Azizah

Salah satu jenis aktiva yang biasanya ada di dalam sebuah bisnis adalah aktiva setara kas. Dimana jenis aktiva ini merupakan investasi jangka pendek yang dapat diubah menjadi uang tunai dalam waktu yang cukup singkat. Dengan memahami pengertian aktiva setara kas ini adalah sebuah keharusan untuk para pelaku bisnis. Oleh karena itu, artikel yang satu ini akan menjelaskan tentang pengertian aktiva setara kas, jenis-jenisnya, fungsi, kelebihan, dan juga kekurangannya.

Pengertian Aktiva Setara Kas

Pengertian aktiva setara kas merupakan investasi jangka pendek yang bisa dikonversi dengan cepat menjadi uang tunai. Misalnya saja seperti saldo yang ada di dalam rekening tabungan ataupun rekening giro, sertifikat deposito jangka pendek, dan surat berharga pemerintah jangka pendek, misalnya saja surat utang negara. Adapun contoh lain dari aktiva setara kas ini adalah surat berharga jangka pendek seperti wesel tagih yang bisa dinegosiasikan dan diterbitkan oleh perusahaan lain.

Setara kas ini merupakan salah satu ukuran kesehatan keuangan yang ada di dalam sebuah bisnis. Dimana jenis aktiva ini adalah ide yang cukup baik untuk para investor agar mereka melihat dulu setara kas bisnis saat ingin memutuskan apakah akan melakukan investasi di perusahaan atau tidak. Sebab, hal itu bisa memberi investor gambaran mengenai apakah perusahaan akan mampu untuk membayar tagihannya dalam jangka pendek atau tidak.

Setara kas ini memiliki fungsi yakni sebagai salah satu indikator kesehatan yang paling penting dari sebuah sistem keuangan perusahaan. Analisis ini juga bisa memperkirakan apakah baik untuk melakukan investasi di perusahaan tertentu melalui kemampuannya dalam menghasilkan kas dan juga setara kas karena hal itu mencerminkan bagaimana perusahaan tersebut bisa membayar tagihannya dalam waktu yang singkat.

Perusahaan dengan jumlah setara kas yang besar merupakan target utama dari perusahaan besar yang berencana untuk mengakuisisi perusahaan kecil. Saat dilaporkan pada laporan keuangan, investasi dalam jenis ini seringkali disamakan dengan uang tunai. Oleh sebab itu, setara kas mencakup total kepemilikan uang perusahaan dan juga saran investasi serupa.

Jenis-Jenis Aktiva Setara Kas

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa setara kas merupakan semua mata uang, baik itu kertas atau koin. Hal tersebut juga berlaku di dalam ataupun luar negeri. Dimana semua surat menyurat yang mempunyai nilai rupiah juga termasuk ke dalam aktiva setara kas. Berikut ini adalah beberapa jenis aktiva setara kas yang perlu dipahami, antara lain:

1. Mata Uang

Mata uang adalah satuan yang disepakati oleh pemerintah dan juga masyarakat di dalam sebuah negara. Seperti yang kita tahu bahwa setiap negara memiliki mata uangnya sendiri. Mata uang sendiri berguna sebagai alat tukar dan mempunyai nominalnya masing-masing. Misalnya saja, 1 USD setara dengan 14.000 rupiah di Indonesia. Hal itu dipengaruhi oleh kurs dan juga nilai tukar dari sebuah mata uang. Kurs disini umumnya bisa berubah sewaktu-waktu bergantung dengan naiknya dolar Amerika.

Tak hanya itu saja, nilai tukar mata uang juga dipengaruhi oleh tingkat inflasi dari suatu negara. Dimana negara yang mempunyai tingkat kemakmuran tinggi, maka inflasi yang mereka miliki akan semakin rendah. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan juga politik dari suatu negara. Kondisi politik dan juga ekonomi suatu negara mempunyai dampak terhadap nilai tukar mata uang. Sementara itu, kontrol pemerintah juga menjadi salah satu faktor tinggi rendahnya nilai tukar mata uang.

2. Wesel Tagih

Wesel tagih biasanya digunakan oleh berbagai perusahaan besar untuk menerima dana untuk nantinya menjawab utang jangka pendek seperti halnya penggajian perusahaan. Mereka akan didukung oleh bank ataupun perusahaan penerbit yang berjanji untuk memenuhi dan membayar jumlah nominal yang ada pada tanggal jatuh tempo yang ditentukan dan diberikan pada wesel tersebut.

3. Surat Berharga

Surat berharga merupakan aset dan juga instrumen yang bisa dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai dan bersifat sangat likuid. Sekuritas yang bisa dipasarkan bersifat likuid karena jatuh temponya cenderung terjadi dalam waktu satu tahun atau kurang. Kemudian, tingkat dimana efek tersebut bisa diperjualbelikan mempunyai pengaruh yang minimal terhadap reksadana.

4. Reksadana

Reksadana adalah salah satu media investasi yang hampir sama dengan rekening giro yang membayar suku bunga lebih tinggi yang disediakan oleh uang yang disimpan. Dimana reksadana pasar uang menyediakan alat yang cukup efektif dan efisien untuk perusahaan dan juga organisasi dalam mengelola uang mereka. Sebab, mereka akan cenderung lebih stabil dibandingkan dengan jenis dana lain.

5. Obligasi Pemerintah Jangka Pendek

Obligasi pemerintah jangka pendek biasanya disediakan oleh pemerintah untuk mendanai berbagai macam proyek pemerintah. Dimana obligasi ini diterbitkan menggunakan mata uang domestik dari negara tersebut. Investor akan melihat risiko politik, risiko inflasi, dan risiko suku bunga ketika melakukan investasi di obligasi pemerintah.

6. Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito merupakan perjanjian yang dilakukan dengan lembaga keuangan untuk memberikan bank akses ke modal usaha kamu untuk jangka waktu tertentu. Sebagai imbalannya, untuk mengorbankan likuiditas atas uang kamu, maka lembaga keuangan akan sering membayar sejumlah bunga yang lebih tinggi untuk moda. Penabung bisa memilih jangka waktu sertifikat deposito mereka.

7. Penerimaan Bankir

Akseptasi bankir merupakan bentuk pembayaran yang sudah dijamin oleh penilai bank dibandingkan dengan pemegang rekening perorangan. Sebab, bank sendiri sudah menjadi pembayaran, penerbitan jangka pendek oleh bank dinilai cukup ketat dengan kas. Akseptasi bankir ini kerap digunakan untuk memfasilitasi transaksi dimana ada sedikit risiko di salah satu pihak.

8. Giro Bank

Giro merupakan jenis tabungan yang diterbitkan oleh bank dan bisa digunakan oleh nasabahnya. Sebutan nasabah tabungan giro mempunyai lambang khusus yang disebut dengan giran. Giran ini bisa menarik uang mereka menggunakan cek yang dikeluarkan oleh bank. Hal itu jelas sangat berbeda dengan tabungan biasa yang bisa dicairkan melalui ATM.

9. Bon Kas Kecil

Bon kas kecil merupakan catatan pembayaran tunai yang dipakai untuk melakukan transaksi kecil. Dimana bon kas kecil ini akan diteruskan ke orang yang bertanggung jawab atas pengeluaran kantor.

10. Cek

Cek adalah surat yang dicetak oleg pihak bank dan dapat digunakan nasabah sebagai perintah penarikan uang. Di dalam cek sendiri akan dituliskan nominal uang yang akan ditarik. Sebelum memperoleh cek, kamu akan diwajibkan untuk mempunyai rekening giro. Rekening giro merupakan tabungan atau simpanan nasabah ataupun sebuah perusahaan. Dimana rekening tersebut dapat melakukan penarikan kapan saja selama jam kerja bank masih buka.

Menggunakan cek untuk menarik sejumlah uang yang kamu butuhkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menarik uangnya. Mulai dari nama orang yang menarik dan penetapan dimana transaksi yang akan dilakukan serta harus mencantumkan tanggal waktu cek tersebut dicairkan. Selain itu, cek juga mempunyai masa berlaku yakni selama enam bulan sejak diajukannya cek tersebut. Cek sendiri mempunyai beberapa jenis, seperti cek kosong, cek atas pembawa, cek atas nama, dan lain sebagainya.

Karakteristik Aktiva Setara Kas

Berbagai jenis aktiva setara kas mempunyai karakteristik yang sama, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pasar Likuid

Setara kas ini harus ada di dalam pasar yang likuid. Hal itu karena investasi yang satu ini harus mudah untuk dikonversikan menjadi uang tunai apabila pemegangnya harus melikuidasi posisinya. Apabila sebuah investasi tidak likuid, maka hal itu tidak bisa dianggap sebagai setara kas. Salah satu item yang layak untuk disebut adalah sertifikat deposito dengan jangka waktu tertentu. Walaupun sertifikat deposito ini seringkali dianggap setara kas, perusahaan ataupun investor tidak bisa keluar dari posisinya sebelum sertifikat tersebut jatuh tempo. Akan tetapi, banyak produk sertifikat deposito yang memungkinkan untuk keluar lebih awal melalui pembayaran biaya pelepasan bunga beberapa bulan.

2. Investasi Jangka Pendek

Setara kas ditujukan untuk dimiliki dalam waktu yang relatif singkat. Oleh sebab itu, jangka waktu investasi yang mendasarinya kerap kali sangat tinggi dan setara kas juga sering dianggap sebagai aset lancar yang paling likuid di belakang kas.

3. Risiko Rendah atau Volatilitas

Setara kas dimaksudkan sebagai salah satu cara yang lebih efisien untuk para investor dalam menggunakan uang tunai mereka tanpa menimbulkan risiko yang lebih besar. Walaupun ada beberapa pertimbangan yang harus diambil tentang risiko default dan juga asuransi, setara kas juga harus termasuk ke dalam investasi berisiko rendah yang tidak melihat banyak volatilitas.

4. Akses Tidak Terbatas

Terakhir yaitu setara kas relatif tidak dibatasi, sebab investor harus bisa merubah setara kas mereka menjadi kas yang sesuai dengan permintaan. Semua tujuan dari setara kas memiliki investasi yang bermanfaat likuid dan sama dengan kas. Sehingga investasi dengan jangka waktu kepemilikan yang tidak fleksibel atau kesulitan likuiditas bukan termasuk setara kas.

Fungsi Setara Kas Untuk Bisnis

Terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan menyimpan modalnya dalam bentuk setara kas. Yang pertama yaitu bagian dari modal kerja bersih perusahaan yakni aset lancar dikurangi dengan kewajiban lancar, yang mana biasanya digunakan untuk membeli persediaan, menutupi biaya operasional, dan melakukan pembelian lainnya.

Selain itu, setara kas juga bisa bertindak sebagai dana darurat untuk perusahaan dan juga investor. Alih-laih membiarkan penurunan nilai uang karena inflasi di rekening bank, seorang investor dapat memperoleh sedikit lebih banyak pendapatan dengan adanya setara kas ini.

Kemudian yang terakhir, perusahaan bisa dengan sengaja membawa saldo setara kas yang lebih tinggi apabila diperlukan untuk membiayai akuisisi. Alih-laih mengunci modal ke dalam investasi jangka panjang atau tidak stabil, perusahaan bisa memilih untuk menggunakan setara kas apabila perlu mengumpulkan dana dengan cepat.

Keuntungan dan Kerugian Setara Kas

Ada beberapa kondisi tertentu dimana perusahaan ataupun investor harus mempunyai setara kas. Akan tetapi, keuntungan dari setara kas sendiri juga datang dengan beberapa kelemahan.

1. Keuntungan Setara Kas

Setara kas adalah penggunaan modal yang lebih efisien dibandingkan dengan memegang langsung uang tunai. Dimana setaras kas ini seringkali menghasilkan lebih banyak bunga dibandingkan dengan uang tunai, walaupun setara kas kerap mengorbankan berbagai macam fitur ataupun aksesibilitas yang ada di dalam uang tunai. Setara kas dilaporkan sebagai aset lancar di neraca. Oleh sebab itu, aset-aset tersebut tetap sangat likuid, dimana manfaatnya diharapkan bisa diterima dalam jangka pendek.

Berbeda halnya dengan jenis instrumen keuangan ataupun investasi lainnya tanpa batas waktu yang bisa ditentukan atau persyaratan penyimpanan yang sangat lama, setara kas ini tidak dimaksudkan untuk disimpan dalam waktu lama. Terakhir, banyak sekali produk setaras kas yang mempunyai tingkat bunga tetap. Misalnya saja, sertifikat deposito mengunci investor ke tingkat bunga tetap untuk jangka waktu tertentu dan menghasilkan pendapatan tetap.

Selama periode tersebut, investor dijamin dengan tingkat bunga ini atau mengabaikan biaya ataupun denda karena melanggar jangka waktu lebih awal. Tingkat keamanan tersebut mungkin diinginkan untuk para penabung tertentu.

2. Kekurangan Setara Kas

Walaupun setaras kas kerpa menghasilkan bunga atau apresiasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan uang tunai, setara kas masih mempunyai potensi pendapatan yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan investasi lainnya. Secara umum, seorang investor harus berusaha untuk mempunyai setara kas. Akan tetapi, modal lebih mungkin untuk tumbuh dan menghasilkan nilai bisnis apabila diinvestasikan di perusahaan atau diinvestasikan dalam produk yang lebih berisiko dan menghasilkan hasil yang lebih tinggi.

Demikian penjelasan mengenai pengertian aktiva setara kas dan jenis-jenisnya. Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa pengertian aktiva setara kas merupakan aset jangka pendek pada bisnis yang bisa dengan mudah diubah menjadi kas dalam jumlah yang bisa diprediksi. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang ilmu ekonomi dan akuntansi lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien