Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku Rujukan
Written by Nandy

Bicara mengenai operasional perusahaan tidak akan lepas dari teknologi serta Sistem Informasi Akuntansi atau disingkat SIA. Pasalnya, kedua komponen itu memiliki peranan besar. Mempertimbangan hal ini, penting untuk memahami konsep tersebut mulai dari pengertian sistem informasi akuntansi menurut ahli hingga penerapannya. 

 

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Ahli

Sistem Informasi Akuntansi

Sebelum membahas mengenai sistem informasi akuntansi lebih mendalam. Penting bagi Anda untuk mengerti definisi dari konsep tersebut. Agar mudah dalam memahaminya, berikut ini terdapat beberapa pengertian SIA menurut ahli yang dapat dijadikan referensi.

  • Wilkinson
    Menurut Wilkinson, definisi SIA adalah sebuah sistem yang meliputi segala fungsi serta kegiatan akuntansi. Proses tersebut dilakukan dengan tujuan mempertimbangkan dampak dari operasional internal maupun eksternal perusahaan terhadap sumber daya ekonomi.
  • Nugroho Widjajanto
    Nugroho Widjajanto dalam bukunya berjudul “Sistem Informasi Akuntansi” menjelaskan bahwa SIA merupakan kumpulan data terdiri dari susunan catatan, formulir, peralatan dan perlengkapan seperti komputer, alat komunikasi, tenaga pelaksana serta laporan yang saling terhubung.
  • Romney dan Steinbart
    Menurut Romney & Steinbart dalam buku karya Fitriasari (2004) dijelaskan bahwa SIA merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari berbagai komponen saling berhubungan. Mulai dari tenaga pelaksana, prosedur, data, software serta infrastruktur teknologi.
  • Laudon
    Menurut Laudon dalam buku berjudul “ Sistem Informasi Akuntansi” karya Azhar Susanto (2013), dijelaskan bahwa SIA merupakan serangkaian komponen yang memiliki hubungan dan kerjasama dengan tujuan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses informasi ekonomi perusahaan.
  • William S. Hopwood dan George H. Bodnar
    William S. Hopwood & George H. Bodnar mendefinisikan SIA sebagai kumpulan sumber data yang dirancang khusus untuk mentransformasikan berbagai data ekonomi perusahaan menjadi sebuah laporan. Informasi tersebut selanjutnya dijadikan sebagai bahan dasar pengambilan keputusan.
  • Jones dan Rama
    Pengertian SIA menurut Jones & Rama adalah bagian dari sebuah sistem informasi manajemen yang berkonsentrasi dalam bidang penyediaan laporan akuntansi dan keuangan. Semua itu dikomparasikan dengan data-data lainnya secara berkala serta rutin.
  • Mulyadi
    Menurut Mulyadi SIA merupakan sebuah bentuk dari sistem informasi akuntansi yang berkonsentrasi pada proses pembuatan, penyajian dan memperbaiki informasi kepada pihak berwenang mengelola kegiatan bisnis untuk dijadikan bahan dasar pengambilan kebijakan.

Contoh Buku Penerapan Sistem Informasi Akuntansi

Berikut adalah referensi buku tentang SIA disertai dengan contoh pengaplikasiannya. Tujuannya adalah supaya mempermudah dalam memahaminya.

Salah satu referensi SIA yang bagus untuk dijadikan sumber untuk belajar yakni berjudul sistem informasi akuntansi hasil tulisan Faiz Zamzami, dkk. Buku tersebut sangat menarik, pasalnya memuat berbagai konsep-konsep dasar.

Sistem Informasi Akuntansi (UGM) Faiz Zamzami, Nabella Duta Nusa

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 1

Bukan hanya itu, dalam buku tersebut juga dijelaskan pemanfaatan teknologi yang dikemas secara proporsional sebagai alat perantara aliran informasi. Dengan model penyajian materi tersebut diharapkan pembaca tidak mengalami disorientasi saat mempelajari SIA.

Selain itu, gramedia juga memiliki referensi buku akuntansi lainnya seperti buku akuntansi keuangan, buku pengantar akuntansi, dan buku akuntansi biaya.

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 2

Akuntansi Biaya: Teori & Penerapannya

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 3

Akuntansi Dasar 1 dan 2

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 4

Auditing Dan Asurans: Integrated And Comprehensive Edition (Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional)

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 5

Dasar-Dasar Perpajakan & Akuntansi Pajak

gramedia back to kampus
Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 6

Pengantar Akuntansi Berdasarkan Sak Etap Dan Ifrs, Edisi Rev

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 7

Kajian Riset Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 8

Akuntansi Sektor Jasa & Dagang Untuk Usaha Kecil & Menengah

Sistem Informasi Akuntansi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Buku 9

Akuntansi Keuangan Menengah

Tujuan Utama Sistem Informasi Akuntansi

Setelah memahami sekilas tentang pengertian sistem informasi akuntansi menurut ahli. Demi memperdalam pengetahuan mengenai SIA, penting juga bagi Anda untuk mempelajari tujuan utama disusunnya kegiatan tersebut, diantaranya seperti berikut ini:

  • Mendukung Fungsi Stewardship Manajemen
    Menurut Hall (2001) tujuan utama disusunnya sistem informasi akuntansi yakni mendukung fungsi stewardship. Seperti diketahui, dalam proses pengurusan operasional perusahaan pihak manajemen bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola sumber daya dengan benar.Tentunya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut agar membuat kebijakan yang benar, membutuhkan bahan pertimbangan. Untuk itulah sistem informasi akuntansi disusun agar dapat menghasilkan laporan ekonomi.
  • Mendukung Proses Pengambilan Keputusan
    Seperti telah dipaparkan sebelumnya, bahwa sistem informasi akuntansi dirancang untuk membuat laporan melalui serangkain proses dari mulai pencatatan, identifikasi, pengolahan hingga penyajian dalam bentuk sebuah data keuangan.Berikutnya, data keuangan tersebut yang mencakup segala transaksi ekonomi perusahaan. Laporan itu nantinya diserahkan kepada pihak berwenang dalam hal ini adalah manajer untuk dijadikan dasar pertimbangan dalam menentukan sebuah kebijakan dan keputusan baru.
  • Mendukung Operasional Perusahaan
    Tujuan utama dari sistem informasi akuntansi adalah membantu dalam hal hal penyediaan informasi ekonomi perusahaan yang nantinya data tersebut sangat dibutuhkan untuk banyak pihak untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.Laporan ekonomi hasil dari sistem informasi akuntansi tersebut secara tidak langsung mendukung dan meningkatkan efisiensi perusahaan, sehingga semua proses pekerjaan dapat berjalan secara efektif serta efisien.

Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi disusun tidak hanya atas dasar tujuan. Namun, dalam pelaksanaannya SIA juga dirancang dengan beberapa fungsi utama. Diantaranya seperti berikut ini:

  • Pengumpulan dan Penyimpanan Data Bisnis
    Fungsi utama disusunnya sistem informasi akuntansi yakni mengumpulkan serta menyimpan data yang berkaitan dengan kegiatan bisnis perusahaan. Semua itu dilakukan supaya segala aktivitas berjalan efektif dan efisien.Prosesnya sendiri dimulai dari menangkap data semua transaksi sesuai dokumen sumber. Kemudian mencatat kembali ke dalam jurnal berdasarkan kategorinya. Selanjutnya, mempostingnya di buku besar.
  • Menyediakan Informasi sebagai Dasar Pengambilan Keputusan
    Sistem informasi akuntansi mempunyai fungsi utama yakni menyediakan laporan keuangan sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil keputusan oleh pihak manajemen. Dalam data tersebut berisikan segala transaksi perusahaan.Sejauh ini dalam sistem manual, informasi yang dihasilkan oleh SIA berbentuk laporan. Dimana pada dokumen tersebut memiliki dua kategori utama yakni keuangan serta manajerial. Tentunya masing-masing mempunyai detail berbeda.
  • Menciptakan Pengendalian Internal Memadai
    Sistem informasi akuntansi juga berfungsi untuk menciptakan pengendalian internal memadai. Dalam hal ini secara khusus memastikan bahwa laporan ekonomi yang dibuat sesuai prosedur dan aturan sehingga hasilnya valid serta bisa dipercaya.Sistem informasi akuntansi dirancang khusus untuk memastikan bahwa semua aktivitas bisnis berjalan secara efisien serta sesuai tujuan. Bukan hanya itu saja, dengan SIA maka kekayaan atau aset perusahaan bisa terjaga.

Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Tidak cukup hanya mengetahui pengertian, tujuan serta fungsi utamanya saja. Untuk memahami sistem informasi akuntansi lebih mendalam, penting juga bagi Anda untuk mempelajari komponen SIA yang terdiri dalam 6 blok, yakni meliputi:

Komponen sistem informasi akuntansi

 

  • Input Block
    Input block merupakan komponen SIA yang berupa proses memasukkan data ke dalam sistem informasi akuntansi. Dalam hal ini semua dilakukan mengikuti aturan dan cara tertentu, mulai dari identifikasi, otorisasi, tata letak serta pengolahan.
  • Model Block
    Model block merupakan proses pengolahan data yang dimulai dari penginputan dengan menggunakan berbagai cara sehingga dapat menghasilkan sebuah laporan. Informasi tersebut nantinya difungsikan untuk menjawab sebuah pertanyaan.
  • Output Block
    Pengertian output block sudah tergambar jelas dari namanya. Pada tahapan ini dalam sistem informasi akuntansi menghasilkan sebuah produk berupa laporan. Nantinya dokumen tersebut diberikan kepada semua pihak yang memiliki wewenang dari berbagai tingkat manajemen.
  • Database Block
    Seperti namanya, blok ini berarti tempat untuk menyimpan segala bentuk data. Namun, semuanya akan disimpan berdasarkan kategori masing-masing. Secara basis, semua informasi itu diklasifikan menjadi 2 jenis yakni fisik dan logis.
  • Technology Block
    Blok ini terdiri dari teknologi yang digunakan sebagai alat penunjang sistem informasi akuntansi. Umumnya perangkat tersebut berbasis komputer sehingga dapat menangkap, mengakses data, menjalankan model, menyimpan serta menghasilkan laporan.
  • Control Block
    Dari serangkaian kegiatan dalam sistem informasi akuntansi yang saling terkait tentu membutuhkan proteksi agar terhindari dari berbagai masalah seperti kebakaran, retas, penggelapan, sabotase dan masih banyak lainnya sehingga dibutuhkan control block sebagai bentuk pengendalian.

Kendala Umum dalam Penerapan Sistem Informasi Akuntansi

Dalam penerapan sistem informasi akuntansi tentu tidak selalu berjalan mulus dan seringkali menemui hambatan serta halangan. Diantara sekian banyak kendala terdapat beberapa hal yang umum terjadi yakni seperti berikut:

  • Membutuhkan Waktu Lebih Lama untuk Adaptasi
    Salah satu kendala paling umum terjadi dalam penerapan sistem informasi akuntansi yakni membutuhkan waktu adaptasi relatif lama. Pasalnya, kebanyakan sumber daya manusia belum siap dan memerlukan pelatihan khusus.
  • Tidak Tersedianya Accounting Software dan Piranti Komputer
    Demi memperlancar sistem informasi akuntansi dan menjaga keamanan membutuhkan accounting software serta piranti komputer. Namun, kebanyakan perusahaan belum memiliki tools tersebut sehingga menghambat penerapan SIA.
  • Hasil Informasi Kurang Lengkap
    Umumnya kendala yang seringkali terjadi dalam penerapan sistem informasi akuntansi yakni hasil laporan kurang lengkap. Sehingga untuk melakukan verifikasi membutuhkan waktu lebih lama dari target.

Sistem Informasi Akuntansi dalam Perusahaan

Sebelum membahas mengenai sistem informasi dalam perusahaan lebih mendalam. Sudahkah Anda paham apa itu SIA?. Seperti telah dijelaskan, konsep ini menggambarkan serangkaian kegiatan yang mencakup proses pengumpulan, pemrosesan dan penyimpanan data keuangan.

Peranannya SIA ini sangat penting dan dibutuhkan perusahaan. Pasalnya, sistem tersebut memiliki banyak elemen penting dalam siklus akuntansi dengan berbasis komputer sehingga bisa menghasilkan informasi ekonomi.

Umumnya praktek SIA dalam perusahaan menggunakan kombinasi prinsip akuntansi tradisional dan modern. Nantinya hasil dari pengolahan data tersebut akan menghasilkan informasi yang akan dilaporkan kepada pihak berwenang untuk dijadikan dasar pertimbangan saat mengambil keputusan.

Pentingnya Sistem Informasi Akuntansi Dikelola dengan Baik dan Benar

Mungkin bagi sebagian besar orang bertanya pentingnya mengelola sistem informasi akuntansi dengan baik dan benar. Bicara mengenai hal itu, perlu dipahami bahwa SIA mempunyai peranan serta fungsi yang berdampak pada operasional perusahaan.

Dengan adanya sistem informasi akuntansi tersebut, sangat membantu proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Namun, jika segala proses itu tidak dirancang secara baik justru akan menghambat segalanya.  Itulah salah satu alasan pentingnya SIA dikelola dengan baik dan benar.

Selain itu, dengan SIA semua tugas dapat dikerjakan beracuan pada prosedur yang berstandar sehingga hasilnya juga valid asalkan dikerjakan dengan baik dan. Namun, jika proses tersebut dilakukan secara asal-asalan, tentu hasil informasinya patut diragukan. 

Elemen SIA

Sistem informasi akuntansi terdiri dari beberapa komponen yang saling memiliki hubungan erat. Diantara beberapa elemen penting SIA tersebut yakni meliputi:

  • Sumber Daya Manusia (SDM)
    Salah satu komponen terpenting yaitu sumber daya manusia. SDM dalam hal ini adalah manusia yang bertindak sebagai subjek pelaksana sistem informasi akuntansi. Tanpa ada pelaku, tentu SIA juga tidak dapat berjalan.Melihat prinsip tersebut, maka dalam menyusun SIA sangat penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek dari subjek pelaksana. Mulai dari kondisi sosial, pendidikan serta psikologi manusianya. Jika kualitas SDM bagus pastinya cepat dalam memahami proses bisnis.
  • Prosedur Akuntansi
    Komponen dari SIA berikutnya yaitu prosedur yang mencakup prinsip, standar serta budaya perusahaan. Dalam menyusun sistem informasi, penting untuk mempelajari dan memahami macam-macam akuntansi.Dari sekian banyak macam-macam akuntansi, pilihlah dan susunlah formulasi baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selanjutnya masukkan rancangan tersebut menjadi sebuah prosedur dalam SIA.
  • Formulir Data, Pengkodean, Basis Data
    Formulir, pengkodean dan basis merupakan komponen SIA yang saling berhubungan secara langsung. Tool-tool tersebut memiliki fungsi untuk menangkap data, baik berupa daftar, skema, program maupun uraian.Dari bahan yang terkumpul tersebut kemudian dilakukan pengkodean sehingga menghasilkan kumpulan data dengan berbagai kategori dan saling memiliki keterkaitan. Nantinya berkas-berkas itu akan disimpan dalam komputer.
  • Software dan Hardware Akuntansi
    Seperti diketahui SIA memiliki kaitan erat dengan akuntansi sehingga untuk mendukung penerapannya agar berjalan lancar maka membutuhkan software. Cara mendapatkan perangkat lunak tersebut cukup mudah melalui mitra bisnis.Demi mendukung penerapan SIA berjalan lancar, tidak cukup hanya dengan software saja namun juga membutuhkan hardware. Peranan perangkat keras ini sangat penting untuk melakukan berbagai tugas seperti memproses data, menerima input serta menyimpan informasi.

Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi

Bicara mengenai sistem informasi akuntansi tidak cukup hanya dengan mempelajari konsepnya saja. Tapi lebih dari itu, terutama bagi orang-orang yang memiliki kepentingan dan bertanggung jawab mengelola manajemen perusahaan maka harus memahami cara penggunaannya juga.

Dalam penggunaan SIA tentu membutuhkan database untuk tempat penyimpanan segala bentuk informasi akuntansi. Strukturnya sendiri biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman query sehingga datanya bisa diedit dan diperbaharui.

Tidak hanya itu, umumnya SIA memakai platform dengan keamanan tinggi. Hal ini mencegah terjadinya berbagai gangguan. Pengelola juga membutuhkan kebijakan serta prosedur sehingga semua data pelanggan dan informasi bisnis terjaga keamanannya.

Manfaat Sistem Informasi Bagi Perusahaan

Setelah bicara mengenai pentingnya sistem informasi akuntansi dikelola dengan baik dan benar. Berikutnya, Anda juga perlu mengetahui dan mempelajari manfaat-manfaat SIA bagi perusahaan yakni meliputi:

  • Manfaat SIA Antar Departemen
    Salah satu manfaat adanya SIA yakni dapat dirasakan oleh antar departemen. Seperti diketahui dalam sebuah perusahaan tentu setiap bagian memiliki tugas masing-masing namun saling memiliki keterkaitan.
    Dengan adanya SIA penyaluran informasi yang dimiliki oleh bagian tertentu bisa dengan mudah dan cepat diakses departemen lainnya. Tentunya kemudahan proses tersebut membuat pengerjaan tugas menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Manfaat SIA Secara Keseluruhan
    Selain membawa manfaat bagi antar departemen, dengan berjalannya sistem informasi ini memberikan berbagai hal baik. Salah satunya yakni SIA mendukung pemrosesan transaksi bisnis harian perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien
    Tidak hanya itu sistem pelaporan keuangan dan manajemen yang merupakan bagian dari SIA dapat menghasilkan laporan valid dan bisa dipercaya. Dengan begitu, bahan tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan.

Materi Terkait Sistem Informasi Akuntansi

terimakasih sistem informasi akuntansi

Demikianlah ulasan mengenai pengertian sistem informasi akuntansi lengkap dengan tujuan, manfaat serta penggunaannya. Semoga informasi di atas dapat membawa manfaat dan menambah wawasan Anda terutama seputar peranan penting SIA bagi perusahaan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Leave a Comment