Technology Tips dan Trik

9 Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Bikin Kontenmu Jadi Menarik dan Aesthetic

aplikasi edit foto terbaik
Written by Umam

Untuk mendapatkan sebuah karya foto yang bagus, tentu tidak dihasilkan dengan cara sembaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat menangkap gambar atau momen yang bikin orang berdecak kagum. Salah satu hal terpenting dalam fotografi adalah aplikasi edit foto.

Tujuan dari adanya aplikasi edit foto sendiri adalah untuk menjadikan hasil tangkapan kamera yang kurang sempurna menjadi lebih baik berdasarkan penglihatanmu. Mulai dari pengaturan segi cahaya, kontras atau segi warna, dan lain sebagainya. Usaha yang perlu Kamu lakukan untuk menghasilkan sebuah karya fotografi yang indah dan menawan tentunya adalah selalu berlatih secara konsisten.

Aplikasi edit foto terbaik ini dapat Kamu gunakan hanya dengan modal seperangkat smartphone. Tetapi, apabila Kamu ingin melakukan pengeditan foto yang lebih kompleks, Kamu dapat menggunakan seperangkat PC atau komputer. Hal itu bergantung kebutuhan dan kenyamanan pada saat Kamu melakukan pengeditan foto.

Nah, berikut ini adalah aplikasi edit foto terbaik yang berhasil Gramedia.com rangkum untuk para penggemar karya seni dari fotografi. Selamat Membaca!

1. Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto terbaik yang pertama tentunya adalah Adobe Photoshop Express. Apabila Kamu sudah sering melakukan edit foto, pasti Kamu sudah sangat familiar dengan aplikasi satu ini. Aplikasi edit foto buatan Adobe ini menjadi salah satu media edit foto yang cukup cepat dan cukup mudah sehingga sangat cocok untuk media belajar pemula dan kebutuhan para profesional.

Tampilan dari Adobe Photoshop Express sendiri dikenal minimalis dan sederhana sehingga sangat cocok untuk para pecinta keindahan visual. Adobe Photoshop Express dilengkapi fitur editing yang sangat melimpah dan mudah untuk digunakan, misalnya saja seperti crop, straighten, rotasi, flip foto, dan lain sebagainya. Tak lupa, aplikasi ini juga menyediakan fitur blemish dan removal, yang mana memiliki fungsi untuk melakukan pembersihan hasil karya milikmu dari kotoran maupun noda yang mengganggu.

2. Adobe Photoshop Lightroom

Aplikasi edit foto terbaik yang kedua adalah Adobe Photoshop Lightroom. Adobe Photoshop Lightroom ini sendiri bisa dikatakan sebagai bentuk portable dari software Adobe Lightroom yang sudah biasa digunakan di PC. Adobe Photoshop Lightroom dapat menjadi salah satu aplikasi andalan yang bisa Kamu gunakan untuk melakukan edit foto melalui smartphone.

Cara untuk mengoperasikan aplikasi ini pun tidak terlalu berbeda dengan versi softwarenya. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa Adobe Photoshop Lightroom versi smartphone justru lebih mudah.

Adobe Photoshop Lightroom juga mampu membantu Anda untuk menghilangkan objek dalam foto yang mengganggu, sehingga hasil karya Anda bisa terasa lebih halus dan sempurna. Tidak hanya berhenti di situ, Adobe Photoshop Lightroom juga bisa digunakan untuk memperhalus dan mempertajam warna.

Sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik ini menyediakan fitur yang cukup lengkap sekaligus ragam filter yang sangat menarik. Adobe sendiri memberikan ruang sebesar 20GB hingga 1TB sebagai tempat penyimpanan hasil edit foto Kamu. Meskipun aplikasi ini gratis untuk dimiliki, tetapi ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses apabila Anda melakukan upgrade ke tingkat premium.

3. VSCO Cam

Aplikasi edit foto terbaik yang ketiga dan cocok untuk digunakan di ponsel adalah VSCO Cam. VSCO Cam dapat disebut sebagai salah satu aplikasi edit foto yang sangat bisa diandalkan bagi para pecinta fotografi.

VSCO Cam menyediakan banyak sekali filter dengan keunikannya masing-masing. Filter yang tersedia dalam aplikasi VSCO ini disajikan sesuai kategori abjad, sehingga membuat pengguna bisa lebih mudah dalam mengingatnya. Selain itu, VSCO juga melengkapi fitur edit foto yang bisa digunakan untuk melakukan pengubahan tone warna foto supaya terasa lebih hidup.

Tidak hanya berhenti di situ, beberapa orang menganggap bahwa VSCO lebih artistik dibandingkan aplikasi edit foto yang lain. Hal itu dikarenakan VSCO sangat mendukung para pengguna yang menyukai tampilan foto gaya vintage atau hand dirty. Beberapa tools yang berfungsi untuk menonjolkan warna tertentu, seperti exposure, highlight dan shadow akan sangat berguna dalam menghasilkan karya foto memiliki kesan gelap dan kuno, tetapi mewah.

Hal yang membuat VSCO sangat disukai para penggunanya adalah interaksi dengan komunitas. VSCO merupakan salah satu aplikasi edit foto yang memiliki komunitas kuat. Dalam komunitas tersebut, Kamu bisa saling berbagi foto secara langsung melalui aplikasinya.

Seperti aplikasi lainnya. Meskipun gratis, ada beberapa filter yang tidak bisa dipakai secara gratis. Jika pengguna ingin melakukan akses untuk filter-filter khusus dari VSCO, maka pengguna diharuskan untuk melakukan upgrade ke premium sehingga mendapatkan akses tanpa batas.

4. Snapseed

Aplikasi edit foto terbaik yang keempat adalah Snapseed. Hingga kini, Snapseed masih menjadi salah satu aplikasi edit foto andalan dari Google. Snapseed bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik untuk melakukan editing foto karena terdapat 28 jenis fiturnya yang gratis. Misalnya saja seperti, beragam filler yang menarik dan sangat mudah untuk diaplikasikan ke dalam foto. Pengguna Snapseed juga lebih dimudahkan ketika melakukan pengaturan warna foto yang sesuai dengan apa yang diinginkan.
Tak hanya menyediakan fitur edit foto dasar atau standar, aplikasi ini juga memberikan kelengkapan filter untuk menjadikan hasil foto karyamu tampak lebih keren dan menawan. Beberapa filter andalan dalam Snapseed yaitu seperti filter Retrolux, Vintage, Tilt Shift, Grunge, Drama, hingga berbagai filter keren lainnya.

Dalam aplikasi ini, Kamu dapat mengakses semua fitur secara gratis tanpa khawatir dengan muncul gangguan dari ads atau iklan. Kamu juga bisa dengan melakukan publish file foto yang telah diedit untuk disimpan atau secara langsung dibagikan ke berbagai kanal media sosial.

Snapseed juga memiliki beberapa kelebihan lain, misalnya seperti mengedit foto dengan format RAW dan DNG, sehingga hasil foto bisa dilakukan konversi menjadi format JPG walaupun kualitasnya akan menurun.

5. Pixlr

Aplikasi edit foto terbaik yang kelima adalah Pixlr. Pixlr ini menjadi salah satu aplikasi edit foto alternatif bagi Kamu para pecinta keindahan visual. Hal itu dikarenakan aplikasi ini sangat mudah untuk dioperasikan. Beberapa orang juga sering menyebut aplikasi ini menyimpan berbagai efek serta filter artistik yang sangat melimpah.

Hasil foto yang telah Kamu edit bisa dengan mudah dibagikan secara langsung ke media sosial.
Namun, Pixlr tidak hanya fokus pada foto. Aplikasi Pixlr ini juga sangat memungkinkan untuk Kamu dalam menciptakan desain grafis sesuai selera. Hal itu dikarenakan Pixlr mampu membuka beberapa jenis format foto, misalnya seperti PSD, PXD, JPEG, PNG, dan lain sebagainya.

Hanya saja, salah satu yang banyak dikeluhkan pengguna dari aplikasi ini adalah banyaknya iklan pop-up yang bermunculan. Sebagai aplikasi gratisan, Kamu perlu bersabar untuk dapat terbiasa dengan berbagai iklan tersebut. Apabila Kamu tidak ingin melihat iklan pop-up itu, Kamu hanya perlu melakukan upgrade ke Pixlr versi premium yang telah terbebas dari iklan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Pixlr pada dasarnya dianggap sebagai aplikasi edit foto yang sangat efektif dan lebih mudah daripada aplikasi lainnya. Pixlr sendiri memberikan berbagai penawaran fitur yang menarik, mulai dari border, efek, overlay, dan masih banyak lagi. Untuk memiliki aplikasi ini, Kamu dapat mengunduh aplikasi edit foto Pixlr melalui Play Store maupun App Store.

6. PicsArt Photo Studio

PicsArt menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik yang paling banyak diunduh saat ini. PicsArt sendiri tidak hanya memiliki fokus untuk pengeditan foto saja, aplikasi ini juga menyediakan berbagai template untuk memudahkan Kamu dalam membuat kolase foto yang menarik dan kekinian. Hal ini sangat cocok apabila Kamu adalah seorang yang aktif berbagi di media sosial.

Sama seperti aplikasi edit foto yang lain, PicsArt juga tidak mau ketinggalan untuk memberikan berbagai filter dan tools kepada para pengguna setianya. PicsArt sendiri memang bertujuan untuk membuat penggunanya bisa bebas mengeksplorasi ekspresinya dalam mengedit foto.

Bagi Kamu yang belum pernah mencoba PicsArt, Kamu dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Bagi Kamu yang ingin menikmati berbagai fitur khusus yang disediakan PicsArt, Kamu bisa melakukan upgrade untuk lebih mengasah kemampuan dalam melakukan editing foto.

7. Afterlight

Aplikasi edit foto terbaik selanjutnya adalah Afterlight. Afterlight sendiri sering kali disebut sebagai salah satu aplikasi edit foto yang menyediakan berbagai jenis efek dan filter dengan tampilan yang minimalis kepada para penggunanya.

Selain itu, Afterlight juga sangat mudah untuk digunakan bagi pemula. Dengan berbagai fitur khusus yang berbeda dibandingkan dengan aplikasi edit foto lainnya, Afterlight fokus menyediakan berbagai tools yang dapat memberikan para penggunanya merasa bebas dalam berimprovisasi. Salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi ini tentunya adalah efek dan filter yang disediakan sangat khas dan hanya ada di sini.

8. Unfold

Bagi Kamu yang sangat menyukai media sosial Instagram, Unfold bisa jadi salah satu alternatif untuk membuat berbagai story atau reels yang sangat instagramable banget. Unfold sendiri awalnya dibuat memang dikhususkan untuk mendukung para pengguna Instagram yang sering membagikan berbagai melalui Instagram Story.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Tidak hanya itu, seiring munculnya Reels sebagai fitur video singkat di media sosial Instagram, kini Kamu dapat dengan mudah untuk melakukan edit foto maupun video, terlebih lagi story dan reels memiliki format yang hampir sama.

Dengan menggunakan Unfold sebelum mengunggah foto atau video di media sosial, Kamu dapat memiliki konten yang dapat terlihat lebih menarik dan artsy. Ditambah lagi, disediakannya fitur untuk membuat hasil editan Kamu ke dalam format GIF. Unfold menjadi semakin cocok bagi Kamu yang memiliki kreativitas tinggi.

Hanya saja, sejauh ini belum ada arah yang akan membawa Unfold cocok untuk media sosial lain. Unfold tetap konsisten mendukung aplikasi media sosial Instagram melalui fitur pengeditan foto atau videonya.

9. Cymera Photo Editor

Aplikasi edit foto terbaik yang ada di dunia saat ini berikutnya adalah Cymera Photo Editor. Aplikasi Cymera ini memiliki keunggulan karena mampu menyediakan fitur lebih dari 20 filter, 7 lenses, dan 4 recording mode untuk memudahkan para pengguna dalam membagikan foto. Apabila Kamu telah selesai melakukan proses editing melalui aplikasi ini, maka kamu dapat membagikan secara langsung lewat akun berbagai media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Tumblr, dan lain sebagainya.

Cymera sendiri dikenal sebagai aplikasi edit foto yang memiliki fokus untuk mendukung kebutuhan konten para penggunanya yang suka hiburan atau membuat gambar lucu. Aplikasi ini dibikin memang tidak digunakan untuk mendukung kemampuan edit foto secara profesional, misalnya seperti Adobe Photoshop. Namun, Cymera mampu memberikan berbagai fitur dengan variasi pilihan penyesuaian yang sederhana dan cepat. Aplikasi ini sangat cocok untuk Kamu yang suka menggunakan media sosial untuk bersenang-senang.

Kamu juga dapat menggunakan berbagai filter, bingkai hingga stiker untuk membuat fotomu menjadi lebih menarik. Selain itu, Cymera juga mampu melakukan beberapa pekerjaan yang lebih rumit, seperti meningkatkan gambar dan menghilangkan bagian yang mengganggu dalam sebuah foto.

Sama seperti aplikasi edit foto yang lain, Cymera tersedia dalam paket layanan gratis. Namun, bagi Kamu yang suka mengeksplorasi edit foto, Kamu bisa mengaktifkan paket ekstra berbayar.

Demikian adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik yang bisa digunakan untuk semakin meningkatkan kualitas karya fotografimu. Edit foto sendiri merupakan keterampilan yang perlu dilatih secara terus menerus. Jadi, selamat berlatih para pecinta keindahan visual.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Aplikasi Edit Foto Terbaik

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien