in

12 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan-Nya!

Sumber: iproperty.com

Tahukah kamu tanaman sirih Cina dapat tumbuh dengan sendirinya pada area halaman rumah, dekat dengan rawa-rawa, atau pada pot tanaman yang kamu rawat.

Tumbuhan ini sendiri seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, tahukah kamu tanaman sirih Cina sering dijadikan juga sebagai salah satu obat-obatan herbal sejak zaman dahulu kala?

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa sirih Cina dapat menunjang kesehatan manusia. Namun, bagi sebagian orang belum mengetahui secara pasti tentang manfaat sirih Cina. Simak penjelasan lebih lengkapnya, Grameds.

Kandungan Sirih Cina (Daun Ketumpang)

sirih cina
Sumber: lifestyle.kompas.com

Sirih Cina atau dikenal juga dengan sebutan daun ketumpang (Peperomia pellucida) merupakan suatu tanaman semak yang biasanya tumbuh hingga di ketinggian sekitar 15-45 cm. Jika diperhatikan, tanaman herbal ini sendiri sangat mirip seperti bayam. Daunnya yang berbentuk hati dan terlihat mengkilap.

Sementara itu, pucuknya menjulang tinggi serta dikelilingi dengan biji-biji kecil. Dalam 100 gram sirih Cina mengandung berbagai nutrisi, di antaranya sebagai berikut:

  1. Kalium sebanyak 277 mg
  2. Karbohidrat sebanyak 1,1 gram
  3. Protein sebanyak 0,5 gram
  4. Lemak sebanyak 0,5 gram
  5. Kalsium sebanyak 94 mg
  6. Fosfor sebanyak 13 mg
  7. Zat besi sebanyak 4,3 mg
  8. Beta karoten sebanyak 1250 mg
  9. Asam karbonat sebanyak 2 mg

Tanaman ini juga dapat tumbuh di tanah yang lembap, teduh, serta gembur. Beberapa orang kemudian menjadikan tanaman ini sebagai lauk dengan cara dimasak, seperti diantaranya pada tumisan sayur atau sayur berkuah. Namun, ada juga yang memanfaatkannya sebagai tanaman obat. Pemanfaatan tanaman ini sebagai obat karena di dalam daun ini terdapat bahan aktif didalamnya yang konon berpengaruh baik bagi kesehatan.

Manfaat Sirih Cina

sirih cina
Sumber: kompas.com

Telah lama obat herbal ini dikenal karena berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari daun ketumpang atau sirih Cina untuk kesehatan yang telah dikutip dari beberapa sumber.

1. Berpotensi Sebagai Pereda Nyeri

Rasa nyeri dapat timbul karena masalah kesehatan tertentu, salah satunya adalah peradangan. Munculnya kondisi ini kemudian dapat mengganggu aktivitas harian, bahkan tidur. Biasanya, kondisi ini sesungguhnya diredakan dengan minum obat pereda nyeri. Selain mengandalkan obat, kandungan nutrisi dalam sirih Cina memiliki aktivitas antiradang serta antipiretik. Itu artinya, tanaman ini memiliki potensi membantu meredakan rasa nyeri yang sebanding dengan obat aspirin.

2. Meningkatkan Pemulihan Penyakit Mata

Konjungtivitis umumnya terjadi karena infeksi, sementara katarak dikaitkan dengan stres oksidatif, yaitu ketidakseimbangan jumlah antioksidan dengan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Berdasarkan pada penelitian dari Journal of Integrative Medicine, sirih Cina kemudian mengandung senyawa bioaktif. Senyawa bioaktif tersebut memiliki sifat sebagai anti peradangan dan antioksidan yang akan turut membantu pemulihan mata dari konjungtivitis serta katarak.

Beberapa bahan aktif yang diamati diantaranya adalah caryophyllene, carotol, dillapiole, pellucid in A, phytol, dan vitexin. Untuk praktek pengobatannya, kamu bisa merebus daun Cina dan dijadikan sebagai obat tetes.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat daun sirih Cina yang berikutnya adalah melalui percobaan yang dilakukan oleh Mohammad Kanedi pada World Journal of Advanced Research and Reviews. Ekstrak tanaman sirih Cina ini dapat dibuat menjadi gel yang dioleskan ke kulit kelinci yang dicukur dua kali sehari dalam waktu 21 hari.

Gel yang mengandung etanol ini kemudian dapat meningkatkan panjang bulu hewan. Hasil dari penelitian ini sendiri berpotensi dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain karena etanol, potensinya ini juga diamati peneliti didapat dari kalium, kalsium, serta zat besi yang sangat penting dalam pertumbuhan rambut.

4. Bersifat Antidepresan

Depresi sebagai penyakit mental yang paling umum terjadi. Seseorang dengan gangguan mental ini akan terus-menerus merasa sedih serta kehilangan minat pada berbagai hal. Tanpa pengobatan, gejalanya akan menjadi semakin parah dan beresiko menimbulkan keinginan bunuh diri. Untuk itu, pasien dengan diagnosis depresi kemudian diresepkan obat antidepresan dan mengikuti psikoterapi. Selain menggunakan obat, sifat antidepresan juga ada pada ekstrak tanaman Peperomia pellucida alias pada daun sirih Cina.

5. Meningkatkan Penyembuhan Masalah Ginjal

Penyakit hipertensi ataupun diabetes sangat erat kaitannya dengan ginjal. Kebanyakan kasus, pengidap diabetes ataupun hipertensi yang telah kronis kemudian mengalami kerusakan pada ginjal. Tanaman sirih Cina ini diklaim memiliki sifat antihiperglikemik serta antihipertensi.

Pada studi yang dilakukan pada mencit dengan kerusakan tubulus serta glomerulus, asupan ekstrak sirih Cina ini kemudian dapat meningkatkan pemulihan ginjal dari kerusakan tersebut. Setelah diamati, potensinya ini didapat dari senyawa antioksidan yang terkandung pada tanaman Peperomia pellucida.

6. Meredakan Gejala Arthritis

Arthritis merupakan peradangan pada sendi. Penyakit ini kemudian terbagi lagi menjadi rheumatoid arthritis, atau dikenal juga dengan sebutan rematik, dan osteoarthritis. Orang dengan penyakit ini seringkali mengalami nyeri sendi. Biasanya, obat yang digunakan dalam meredakan nyeri adalah ibuprofen. Studi kemudian menunjukkan bahwa kombinasi penggunaan ibuprofen dengan ekstrak sirih Cina akan membantu meredakan rasa nyeri.

7. Membantu Menstabilkan Asam Urat

Sama seperti rematik, asam urat menyebabkan rasa nyeri pada sendi-sendi di tubuh. Bedanya, penyebab dari asam urat adalah pada kadar asam urat yang terlalu tinggi, menumpuk, mengkristal, hingga kemudian menyebabkan peradangan pada tubuh. Penelitian berbasis hewan juga menunjukkan bahwa ekstrak sirih hutan dapat membantu menstabilkan kadar asam urat.

Hasil studi ini menunjukkan terjadinya penurunan kadar asam urat di dalam darah sebanyak 44% dengan ekstrak tanaman ini. Sementara itu, dengan obat allopurinol, kadar asam urat kemudian akan menurun sekitar 66%. Potensinya akan membuat daun sirih Cina diyakini dapat dijadikan terapi bagi penderita asam urat untuk mengelola kesehatannya.

8. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat lain dari sirih hutan adalah kemampuannya dalam menjaga sistem pencernaan usus manusia dengan baik. Rebusan daun sirih Cina ini telah terbukti dapat meringankan gejala maag. Mengutip Mayo Clinic, peradangan yang diakibatkan oleh maag paling sering terjadi akibat infeksi bakteri.

Dari hasil studi, ekstrak daun sirih Cina kemudian diketahui dapat menghambat selaput lendir yang mengiritasi lapisan lambung. Banyak orang telah mengkonsumsi daun ini secara rutin dan merasakan gejala maag yang berkurang.

sirih cina
Sumber: herworld.co.id

9. Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Manfaat lain dari sirih Cina adalah potensinya dalam mengobati penyakit ganas seperti kanker. Studi yang diterbitkan dalam Researchgate kemudian menyebut bahwa rebusan daun sirih Cina dapat menghentikan penyebaran kanker.

Tumbuhan liar ini memiliki ciri fisik daun mengkilap ini dapat melawan kanker, khususnya jika konsumsinya dibarengi juga dengan perawatan lainnya. Tingginya kadar antioksidan di dalam daun sirih Cina diyakini mampu melawan berbagai virus, bakteri, serta berbagai senyawa radikal bebas.

10. Bersifat Antijamur

Dikenal juga dengan sebutan rumput Cina, tanaman ini kemudian berkhasiat dalam mengatasi masalah kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Sifat antijamur dalam tanaman herbal ini sendiri diketahui dapat membantu melawan pertumbuhan jamur yang menyebabkan berbagai penyakit. Beberapa masalah kulit yang sering diakibatkan infeksi jamur, diantaranya adalah pada Kurap Panu Kadas.

11. Menurunkan Kadar Kolesterol

Telah lama ekstrak tanaman herbal ini memiliki peran dalam mencegah berbagai penyakit kardiovaskular. Hal ini sendiri lantaran manfaat daun sirih Cina mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Rebusan dari herbal ini, jika dikonsumsi rutin, konon mampu menurunkan kadar kolesterol secara instan. Kadar kolesterol yang stabil ini dapat mencegah risiko penyakit kardiovaskular, seperti diantaranya serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Meski demikian penelitian lanjutan dibutuhkan untuk melihat efek jangka panjang dari sirih hutan ini.

12. Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan salah satu penyakit yang kerap terjadi, terutama pada perempuan. Ini menjadi peradangan yang terjadi di saluran kemih dan dapat diakibatkan dari infeksi bakteri atau gaya hidup tidak sehat. Di sejumlah negara, sirih Cina kemudian telah dikonsumsi untuk mengobati ISK.

Dalam hal ini, sirih Cina juga diolah dalam bentuk rebusan teh. Racikan ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit kencing batu dan gagal ginjal. Ramuan ini juga diduga dapat bekerja secara efektif dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Peringatan Penting dan Efek Samping Sirih Cina

Meskipun manfaatnya melimpah, masih dibutuhkan berbagai penelitian lebih lanjut terkait manfaat sirih Cina untuk kesehatan. Selain itu, kamu juga harus waspada akan kemungkinan efek samping yang muncul saat mengkonsumsi racikan herbal tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tanaman ini dapat memicu gejala asma bagi orang yang sensitif. Efek samping, interaksi, kontradiksi, serta laporan toksisitas tanaman herbal juga perlu diteliti dengan lebih dalam.

Oleh karena itu, tumbuhan ini sebaiknya tidak dijadikan pengobatan utama dalam mengatasi masalah kesehatan yang parah. Terlebih, jika kamu sedang hamil, menyusui, atau memiliki berbagai alergi pada tanaman sejenis. Timbulnya alergi sendiri dapat ditandai dengan ruam, gatal, pembengkakan, serta sesak napas yang muncul beberapa menit ataupun beberapa jam setelah tanaman ini dikonsumsi.

Agar lebih aman, kamu dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi sirih Cina.

Berbagai Cara Mengkonsumsi Sirih Cina

sirih cina
Sumber: kompasiana.com

Minum Ekstraknya

Seperti halnya tanaman herbal lainnya, sirih Cina umumnya dijual dalam bentuk ekstrak. Kadang juga dapat berbentuk bubuk halus, suplemen seperti obat, ataupun tanaman kering. Dalam bentuk suplemen, kamu dapat langsung mengkonsumsinya seperti minum obat pada umumnya. Sementara itu, untuk bentuk bubuk maupun tanaman kering, kamu dapat mencampurnya dengan makanan tertentu.

Kamu juga dapat memilih cara yang dianggap paling aman. Namun, perlu diingatkan kembali, penggunaan tanaman herbal ini lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu.

Diolah Menjadi Lauk Makanan

Cara termudah dalam mengkonsumsi daun sirih Cina adalah dengan mengolahnya menjadi masakan. Bentuknya yang mirip bayam muda kemudian memudahkannya untuk dikreasikan dalam berbagai macam masakan. Kamu juga dapat menyajikannya menjadi salad sebagai pengganti selada. Bisa juga dimasak tumis, seperti pada sayur kangkung. Sirih Cina juga bisa ditambahkan dalam karedok, gado-gado, pecel, atau dibuat seperti sayur bening.

Diseduh Menjadi Teh Herbal

Selain diolah menjadi makanan, sirih Cina juga dapat dinikmati sebagai teh herbal. Caranya adalah dengan direbus dengan air mendidih, lalu saring. Hasil rebusan ini kemudian dapat ditambahkan gula maupun madu agar terasa lebih nikmat. Kadang, penyajian teh juga dapat menggunakan daun-daun ketumpang kering.

Buku-Buku Terkait

Kamus Lengkap Tanaman Herbal

https://www.gramedia.com/products/kamus-lengkap-tanaman-herbal-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kita sadar saat ini kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Tidak memandang Sahabat kaya atau miskin, selama kita masih hidup di dunia mutlak untuk kita dapatkan kesehatan itu. Coba Sahabat bayangkan meskipun berlimpah harta dan kekayaan, namun tidak bisa melakukan apapun karena penyakit?

Tentu menjadi tak ada artinya kekayaan itu. Jadi, kita sepakat bahwa kesehatan adalah bagian penting dan kita berhak untuk mendapatkannya. Namun kita sebagai manusia dan bukan robot dalam menjalani kehidupan sehari-hari juga tidak lepas dengan ancaman penyakit, baik ringan atau berat. Meskipun sudah menjaga dari ancaman tersebut dengan berbagai hal.

Tapi, tidak usah kecewa karena itu semua tak lebih hanya cobaan dari Tuhan. Selama Sahabat berusaha untuk sembuh dan mensyukuri semuanya pasti akan ada sembuhnya. Berbicara tentang penyakit dan kesembuhan, tentu di dalamnya ada peran penting yaitu obat. Kita tahu obat saat ini banyak sekali di pasaran baik yang berupa kimiawi maupun herbal (alami). Pi

lihan tentu ada di tangan Sahabat dengan segala konsekuensinya. Namun, buku ini hadir untuk memberikan salah satu solusi tentang penyembuhan berbagai penyakit. Karena alam di lingkungan sekitar telah menyediakan yang alami dan tanpa efek samping, kenapa mencari yang berbahaya? Selamat membaca, temukan bermanfaatnya. Salam Sehat!

My Healthy Life: Herbal Dari Kitab Suci

https://www.gramedia.com/products/conf-my-healthy-life-herbal-dari-kitab-suci?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kitab suci agama di dunia bagai samudera ilmu pengetahuan. Ia tak melulu bicara ritual keagamaan, tapi juga bercerita anggur, delima, zaitun, jintan, jahe, lotus, dan kurma, serta manfaatnya. Dalam perjanjian lama disebutkan Nabi Nuh adalah orang pertama di muka bumi yang berkebun anggur Vitis vinifera lalu mengolahnya menjadi wine.

Di perjanjian baru anggur tertulis untuk membersihkan luka. Riset terkini mengungkap anggur mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Pantas profesor gizi terkemuka di sebuah universitas di tanahair menganjurkan anggur bagi penderita gangguan ginjal, gangguan mata, kanker, kolesterol, dan darah tinggi.

Dalam Al Qur’an jahe disebut sebagai minuman surga dan bermanfaat untuk pereda rasa sakit nyeri sendi, pengobat hati, hingga pencegah kanker. Beragam tanaman lain yang tercantum dalam kitab suci agama-agama punya kisah lain yang tak kalah menarik untuk pengobatan.

Herbal Indonesia Berkhasiat: Bukti Ilmiah & Cara Racik Edisi Revisi

https://www.gramedia.com/products/herbal-indonesia-berkhasiat-bukti-ilmiah-cara-racik-edisi-revisi-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah & Cara Racik edisi revisi ini hadir untuk mengakomodir kemajuan-kemajuan di dunia kesehatan yang bermunculan empat tahun setelah Trubus Info kit Vol. 8 Herbal Indonesia Berkhasiat, Bukti Ilmiah & Cara Racik edisi 1 diterbitkan. Total ada 30 herbal yang mengalami penambahan data baru, semua berupa kemajuan di ranah pembuktian ilmiah.

Informasi-informasi baru ini akan melengkapi khasanah pengetahuan yang sebelumnya telah ada di buku ini, meliputi: penelusuran herbal-herbal dunia, kisah sukses bahan alam di dunia farmasi, sejarah jamu Indonesia, 20 cara olah minuman herbal untuk kebugaran, serta karakteristik 130 jenis tanaman berkhasiat obat lengkap dengan ciri khas, bukti empiris, fakta ilmiah, dan resep mengatasi penyakit-penyakit tertentu

Penutup

Itulah pembahasan tentang sirih Cina yang di mana banyak sekali manfaatnya. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengonsumsi atau menggunakan siri Cina. Namun, sebaiknya gunakan sirih Cina secukupnya agar tidak memberikan efek pada tubuh.

Jika kamu ingin mencari lebih jauh tentang herbal, bisa mencari buku-buku herbal di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi