in

Review Komik Kaiju No. 8 Karya Naoya Matsumoto

Kaiju No. 8 ditulis dan diilustrasikan oleh Naoya Matsumoto, pria asal Jepang kelahiran 2 Mei 1982. Serial Kaiju No. 8 mulai dipublikasi di aplikasi dan situs web Shonen Jump+ Shueisha pada tanggal 3 Juli 2020. Pada Agustus 2020, Naoya Matsumoto dan Kaiju No. 8 memiliki jadwal publikasi baru, di mana bab baru manga ini diterbitkan setiap minggu selama tiga minggu berturut-turut, diikuti dengan istirahat satu minggu. Shueisha telah mengumpulkan bab-babnya ke dalam volume satu komik individu.

Volume pertama komik Kaiju No. 8 dirilis pada tanggal 4 Desember 2020. Dalam rangka pemasaran manga badu ini, dibuat sebuah video promosi yang disajikan sebagai program berita. Video ini ditampilkan di layar lebar Yunika Vision di Stasiun Seibu-Shinjuku dari tanggal 4 Desember 2020 sampai 10 Desember 2020. Per tanggal 4 Juli 2022, terhitung sudah ada tujuh volume manga Kaiju No. 8 yang berhasil dirilis. Manga Kaiju no. 8 juga telah diterbitkan dalam Bahasa Indonesia oleh penerbit m&c!, tetapi proses penerbitannya masih on going sampai saat ini.

Manga Kaiju No. 8 menempatkan setting ceritanya di negara Jepang. Manga ini bercerita tentang Jepang yang tidak asing lagi dengan serangan monster mematikan, karena negara ini adalah negara dengan tingkat kemunculan kaiju tertinggi di dunia. Angkatan Pertahanan Jepang dibentuk sebagai sebuah organisasi militer yang ditugaskan untuk menetralkan kaiju. Kafka Hibino, seorang petugas pembersihan kaiju dan mayat korban, selalu bermimpi untuk bergabung dengan pasukan pembasmi kaiju itu.

Namun, saat dia mendapatkan kesempatan lain untuk mencapai impian masa kecilnya itu, dia malah mengalami transformasi yang tidak terduga. Kafka Hibino kini berubah menjadi kaiju. Bagaimana dia bisa melawan kaiju, setelah dia menjadi salah satu dari kaiju?! Padahal, Kafka sangat berharap suatu hari nanti dapat menepati janji dengan teman masa kecilnya, Mina, untuk bergabung dengan Angkatan Pertahanan Jepang dan bertarung di sisinya.

Namun, ketika dia keluar menetralkan kaiju sebagai kapten Divisi Ketiga, Kafka terjebak untuk membersihkan sisa pertempurannya. Suatu hari, perubahan aturan mendadak membuat Kafka memenuhi syarat untuk menjadi anggota Angkatan Pertahanan Jepang. Maka itu Kafka memutuskan untuk mencoba bergabung sekali lagi. Kini hanya ada satu masalah, Kafka membuat daftar netralisasi Angkatan Pertahanan dengan nama kode Kaiju No. 8.

Serial manga Kaiju No. 8 diterbitkan secara bersamaan dalam Bahasa Inggris oleh Shueisha di situs web dan aplikasi Manga Plus mereka seperti yang diterbitkan di Jepang, dengan judul Monster #8. Manga ini juga secara bersamaan diterbitkan dalam Bahasa Inggris oleh Viz Media dengan judul Kaiju No. 8. Pada Februari 2021, Viz Media mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan volume pertama Kaiju No. 8 pada musim gugur 2021.

The School Library Journal mencantumkan volume pertama Kaiju No. 8 sebagai salah satu dari daftar 10 manga teratas tahun 2021. Manga Kaiju No.8 juga menempati peringkat ke-3 di Kono Manga ga Sugoi Takarajimasha! 2022, dalam kategori daftar manga terbaik untuk pembaca pria. Serial Kaiju No. 8 ini juga menduduki peringkat ke-2 di Komik Rekomendasi Karyawan Toko Buku Nasional tahun 2022.

Menurut Yuta Momiyama, wakil pemimpin redaksi Shonen Jump+, Kaiju No. 8 bersama dengan Spy × Family, dinyatakan sangat populer dan berkembang sangat baik di layanan Manga Plus. Pada bulan Desember 2020, dicatat bahwa serial Kaiju No. 8 melebihi 30 juta penayangan. Angka ini menjadikan Kaiju No. 8 sebagai seri Shonen Jump+ paling cepat yang mampu mencapai prestasi seperti ini. Selain itu, setiap bab baru yang diterbitkan juga pasti melebihi satu juta penayangan.

Pada Februari 2021, serial Kaiju No. 8 mencapai 70 juta penayangan. Pada April 2021, serial ini mencapai lebih dari 100 juta penayangan. Serial Kaiju No. 8 juga menduduki peringkat ke-10 pada polling “Adaptasi Anime Paling Dicari” ke-5 Anime Jepang pada tahun 2022. Volume pertama seri Kaiju No. 8 terjual 90.831 eksemplar di minggu pertama, dan 69.404 eksemplar di minggu kedua.

Pada Desember 2020, volume pertama Kaiju No. 8 memiliki lebih dari 430.000 eksemplar cetak dan digital yang beredar. Pada Januari 2021, dilaporkan bahwa Kaiju No. 8 menjadi seri manga baru terlaris tahun 2020, padahal hanya dalam jangka waktu 28 hari saja sejak volume pertama diterbitkan. Pada Maret 2021, manga Kaiju No. 8 memiliki lebih dari 1 juta eksemplar yang dicetak secara fisik dan 200.000 eksemplar terjual secara digital. Pencapaian ini menjadikan Kaiju No. 8 sebagai seri Shonen Jump+ paling cepat yang mencapai 1 juta eksemplar dalam sirkulasi, dan 20 hari kemudian mencapai 1,5 juta kopi dalam sirkulasi.

Pada awal bulan Juni 2021, manga Kaiju No. 8 memiliki 2,5 juta eksemplar yang beredar, dan pada pertengahan bulan Juni mencapai 3 juta kopi. Pada September 2021, serial Kaiju No. 8 memiliki lebih dari 4 juta eksemplar yang beredar. Pada Desember 2021, manga Kaiju No. 8 memiliki lebih dari 5,5 juta eksemplar yang beredar. Lalu, pada Maret 2022, manga Kaiju No.8 memiliki lebih dari 6,7 juta kopi yang beredar. Di Prancis, seri Kaiju no. 8 juga menjadi debut manga paling laris di negara itu, dengan penjualan mencapai 22.041 eksemplar dalam minggu pertama.

Sinopsis Komik Kaiju No. 8

Serangan Kaiju melanda dunia, terutama negara Jepang yang menjadi negara paling terpukul oleh bencana ini. Hal ini diakibatkan oleh negara Jepang yang menjadi negara dengan tingkat kemunculan kaiju paling tinggi di dunia. Untuk menjaga keamanan rakyat, Jepang kini memiliki Angkatan Pertahanan Jepang, seperti pasukan elit Pejuang Kaiju yang mengenakan Armor Bertenaga. Pasukan ini akan dikerahkan setiap kali Kaiju menyerang.

Kafka Hibino, seorang petugas pembersihan kaiju dan mayat korban, selalu bermimpi untuk bergabung dengan pasukan pembasmi kaiju itu. Namun, dia tidak dapat mewujudkannya, karena ia melewati batas usia maksimal. Pada suatu hari, seorang anggota baru kru pembersih yang bernama Ishikawa menghukum Kafka, karena ia menyerah pada mimpinya sendiri. Ishikawa kemudian menegaskan bahwa dia akan bergabung dengan Korps.

Dia juga memberi Kafka kabar baik bahwa mereka telah menaikkan batas usia, sehingga Kafka dapat mengajukan permohonan kembali untuk menjadi anggota Korps. Keduanya membentuk ikatan yang kuat dan bekerja sama dengan baik. Begitu kaiju menyerang, Kafka berhasil menahannya cukup lama sehingga Ishikawa kembali bersenjata dan bertarung dengannya sampai Korps Kaiju tiba. Keduanya kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Korps bersama.

Namun, segalanya menjadi lebih rumit saat parasit kecil seperti kaiju muncul di rumah sakit tempat keduanya memulihkan diri. Parasit ini seperti mengumumkan bahwa dirinya menemukan inang baru, dan segera turun ke tenggorokan Kafka. Kafka kemudian berubah menjadi Kaiju seukuran manusia yang mengerikan. Kafka sempat jatuh dalam keputusasaan, karena kini ia percaya bahwa dia benar-benar tidak akan pernah bisa bergabung dengan Korps Kaiju.

Namun, setelah menyelamatkan seorang gadis muda dan ibunya dari laiju yang menyerang, dia mempelajari cara untuk kembali ke bentuk manusianya. Kafka dan Ishikawa bekerja sama untuk menjaga rahasianya dan bergabung dengan Korps, tetapi segalanya tentu tidak akan berjalan mudah. Terutama karena seluruh negara kini sedang mencari monster misterius yang melarikan diri. Monster misterius itu dikenal sebagai Kaiju No. 8, yang tidak lain dan tidak bukan adalah bentuk laiju Kafka.

Lebih buruk lagi jika mengingat bahaya yang berkembang, di mana salah satu kaiju terlibat dalam pekerjaan Korps Pertahanan. Kafka kini harus berusaha lebih untuk mengandalkan kebijaksanaan dan keuntungan dari kekuatan barunya untuk membantu mengubah gelombang perang antara Kaiju dan umat manusia. Ia harus melakukan usahanya itu sambil menjaga rahasia tergelapnya dari yang terakhir.

Kelebihan Komik Kaiju No. 8

Naoya Matsumoto dinilai membuat sebuah terobosan baru yang berbeda dengan kebanyakan, bahkan hampir seluruh manga shonen, melalui penetapan tokoh utama manga ini. Jika biasanya manga memiliki tokoh utama anak kecil atau pria remaja menuju dewasa, manga ini menawarkan kebaruan dengan menghadirkan tokoh utama pria paruh baya. Hal ini menjadi suatu unsur yang dinilai unik oleh para pembaca.

Naoya Matsumoto juga mengemas cerita perjuangan melawan monster yang menegangkan ini dengan menarik. Dalam manga Kaiju No. 8 ini, anda dapat menemukan selingan komedi yang segar dan mencairkan ketegangan dalam kisah ini. Gambar yang diilustrasikan oleh Naoya Matsumoto juga sangat detail dan tentunya bagus. Karakter para tokoh dalam manga Kaiju No. 8 ini juga mampu memikat hati para pembaca.

Manga Kaiju No. 8 versi terjemahan dalam Bahasa Indonesia juga dinilai sudah baik dari sisi kalimat terjemahan dan kualitas gambarnya. Secara keseluruhan, manga Kaiju No.8 ini sangat hidup seru dan menghibur, karena menyajikan dunia fantasi yang unik, dan didukung oleh jalan cerita yang menegangkan serta penuh komedi. Manga ini sangat cocok untuk dibaca saat butuh hiburan di waktu luang anda.

Kekurangan Komik Kaiju No. 8

Secara keseluruhan, alur kisah Kaiju No. 8 ini menarik, tetapi sejumlah pembaca menemukan formula kisah ini cukup klise, di mana seseorang yang ingin menggapai mimpi dan meraih mimpi itu menemukan halangan tertentu. Unsur-unsur dalam manga ini juga dinilai sama dengan manga sejenis, jadi beberapa pembaca merasa tidak diberikan sesuatu yang baru.

Pesan Moral Komik Kaiju No. 8

Melalui kisah ini, kita dapat belajar untuk tidak menilai seseorang berdasarkan stigma atas kelompok yang menaunginya. Seperti Kafka yang kini menjadi salah satu bagian dari kaiju. Kafka yang kini merupakan bagian dari monster, ternyata masih memiliki sifat manusia. Ia masih memiliki akal budi dan tidak memiliki sifat sebagai predator.

Kita seringkali cenderung menilai seseorang berdasarkan stigma yang beredar di masyarakat. Sebagai contoh, stigma yang beredar di masyarakat jika berbicara tentang geng motor adalah anggotanya pasti tidak baik, bandel, suka cari masalah, dan sebagainya. Padahal, geng motor tidak semuanya seperti itu, ada juga yang murni sebagai wadah untuk menyalurkan hobi saja.

Kafka dan Ishikawa juga mengajarkan kita untuk tidak menyerah pada mimpi. Selagi kita berusaha dan percaya kepada diri kita sendiri, mimpi pasti bisa diwujudkan. Maka itu, terus berjuang untuk melakukan yang terbaik. Selain itu, dari hubungan mereka berdua juga kita dapat belajar untuk senantiasa mendukung dan membantu teman kita. Dukungan dari kita sangat penting dalam proses pengembangan diri seseorang.

Nah, itu dia Grameds ulasan manga Kaiju No. 8 karya Naoya Matsumoto. Bagi kalian yang penasaran ingin mengikuti kisah perjuangan Kafka melawan kaiju, yuk segera dapatkan langsung komik ini dengan memesannya di Gramedia.com.

Written by Gabriel