in

Review Komik Hanako Si Arwah Penasaran Karya AidaIro

Hanako Si Arwah Penasaran adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh AidaIro. Manga Hanako Si Arwah Penasaran telah diserialkan di majalah manga shonen Square Enix pada edisi Juli 2014 di Monthly GFantasy. Manga ini telah dikumpulkan ke dalam tujuh belas volume komik per bulan Februari 2022.

Manga Hanako Si Arwah Penasaran juga telah dilisensikan di Amerika Utara oleh Yen Press. Pada Juli 2017, Yen Press mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan manga ini secara digital. Pada Juli 2019, Yen Press mengumumkan lagi untuk merilis seri ini dalam versi cetak. Di Indonesia, manga Hanako Si Arwah Penasaran diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo.

Kisah Hanako Si Arwah Penasaran terbilang populer di hampir seluruh negara. Ditambah lagi, kisah ini juga telah diadaptasi menjadi serial televisi anime. Pengumuman adaptasi kisah Hanako Si Arwah Penasaran pertama kali dirilis di Monthly GFantasy edisi April pada 18 Maret 2019. Serial Hanako Si Arwah Penasaran dianimasikan oleh Lerche dan disutradarai oleh Masaomi Ando, dengan Yasuhiro Nakanishi menangani komposisi seri, dan Mayuka Itou mendesain karakternya, serta Hiroshi Takaki yang mengubah musiknya.

Novel The Grumpy

Serial anime Hanako Si Arwah Penasaran tayang perdana dari tanggal 9 Januari 2020 sampai 26 Maret 2020, di TBS, SUN, CBC, dan BS-TBS. Jibaku Shonen Band membawakan lagu tema pembuka serial anime ini yang berjudul “No.7”, sementara Akari Kit membawakan lagu tema penutup seri anime ini yang berjudul “Tiny Light.” Serial Hanako Si Arwah Penasaran dibagi menjadi 12 episode. Funimation telah melisensikan seri ini untuk sebuah simuldub, tetapi setelah Sony mengakuisisi Crunchyroll, seri ini kemudian dipindahkan ke Crunchyroll.

Manga Hanako Si Arwah Penasaran telah mendapat berbagai pujian. Salah satu contohnya, dalam ulasan anime untuk NEO, Alex Jones memuji seri dan karakter manga Hanako Si Arwah Penasaran, karena ide ceritanya sangat menarik dan visual yang unik. Ia membandingkan Hanako Si Arwah Penasaran dengan buku komik yang dihidupkan, memanfaatkan garis tebal, warna cerah, dan proporsi karakter yang berbeda.

Manga Hanako Si Arwah Penasaran mengisahkan tentang adanya rumor tentang tujuh misteri atau lebih yang dikenal dengan nama “Nana Fushigi” di Akademi Kamome. Salah satu dari tujuh misteri itu adalah “Hanako”, hantu yang menghuni toilet wanita bilik ketiga di lantai 3 gedung sekolah lama. Konon katanya, Hanako akan mengabulkan apa pun harapan orang yang memanggilnya.

Di sisi lain, Nene Yashiro, seorang siswi SMA, melibatkan dirinya dengan makhluk supernatural supaya harapannya terkabul. Ia mencoba untuk membuktikan sendiri misteri yang beredar itu. Ini adalah kisah komedi yang menghangatkan hati tentang Hanako, si hantu toilet, dan gadis penggemar misteri!

Gimana Grameds, apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk membaca manga yang masuk ke dalam kategori supranatural ini? Apakah kamu siap mengenal sosok arwah yang menjadi urban legend asli Jepang ini? Supaya Grameds semakin siap untuk mendapatkan komik Hanako Si Arwah Penasaran ini, simak artikel ini sampai selesai ya!

Profil AidaIro – Penulis Komik Hanako Si Arwah Penasaran

Nama AidaIro dikenal sebagai penulis Hanako Si Arwah Penasaran. Banyak orang yang mengira AidaIro adalah satu orang, tetapi anggapan itu salah. AidaIro adalah tim yang terdiri dari Iro selaku penulis kisah, dan Aida selaku illustrator dalam setiap manga yang mereka tulis. Menurut siaran radio Houkago Shounen Hanako-kun dengan aktor suara anime serial ini, Aida dan Iro pertama kali bertemu saat mereka berada di kelas yang sama.

Sebelum mereka menggabungkan nama menjadi AidaIro, diketahui bahwa nama pena Aida sebelumnya adalah Aida Hano, dan nama pena Iro adalah Tokuna Nozomi. Selain Hanako Si Arwah Penasaran, AidaIro juga telah menciptakan berbagai karya klasik lainnya. Beberapa contohnya, yaitu Roh Penjaga Bertopeng Rubah dan novel visual, Narisokonai Snow White atau yang dikenal sebagai Putri Salju Setengah Panggang.

Sinopsis Komik Hanako Si Arwah Penasaran

Novel The Grumpy

Akademi Kamome terkenal dengan rumor tentang tujuh misteri atau keajaiban yang terkait dengan kejadian supernatural. Tujuh misteri ini dikenal dengan nama “Nana Fushigi”. Nene Yashiro adalah seorang siswa sekolah menengah tahun pertama yang menyukai ilmu gaib dan menginginkan seorang pacar. Gadis penggemar misteri ini kemudian mencoba untuk memanggil keajaiban ke-7 yang paling terkenal, yaitu “Hanako-san dari Toilet”.

Dikisahkan, ada satu roh seorang gadis yang diduga menghuni toilet wanita bilik ketiga di lantai 3 gedung sekolah lama. Roh ini dikabarkan dapat mengabulkan keinginan orang yang memanggilnya dengan harga yang tepat. Setelah memanggilnya, Nene menemukan bahwa “Hanako-san” tidak seperti yang dikatakan rumor yang beredar, karena Hanako-san adalah anak laki-laki.

Dengan pergantian peristiwa, Nene secara spiritual terikat pada Hanako dan menjadi asisten roh itu. Nene membantu Hanako menghancurkan supranatural jahat dan mengubah rumor untuk menjaga keseimbangan antara dunia roh dan dunia manusia. Sepanjang perjalanan mereka, Nene belajar tentang hubungannya dengan dunia roh dan rahasia gelap tentang Hanako dan masa lalunya.

Kelebihan Komik Hanako Si Arwah Penasaran

Novel The Grumpy

Manga Hanako Si Arwah Penasaran ini dinilai menarik, karena ide cerita utamanya didasarkan pada urban legend Jepang. Ide cerita Hanako Si Arwah Penasaran ini mengangkat salah satu dari 7 misteri yang konon katanya melibatkan sekolah di Jepang. Siswa sekolah menengah Jepang dan para penggemar anime atau video game Jepang pastinya sudah memiliki pengetahuan akan tujuh misteri ini.

Manga Hanako Si Arwah Penasaran mengambil salah satu dari tujuh misteri tentang sekolah di Jepang, yaitu adanya Hanako-san. Hanako adalah kisah yang cukup umum di Jepang, tentang roh hantu yang menghantui salah satu toilet di kamar mandi perempuan di sekolah. Hanako dikisahkan biasanya memiliki potongan rambut bob dan selalu mengenakan gaun yang sama, dan roh gadis ini sering menangis. Beberapa variasi pada kisah itu berakhir dengan pembunuhannya atau setidaknya kisah menakutkan bagi orang-orang yang mencoba berkomunikasi dengannya.

Para pembaca sangat menikmati dan kagum dengan cara Aida dan Iro bermain dengan ide kepercayaan tersebut dan sedikit mengubah ide tersebut, seperti membuat mitos yang baru Dalam hal ini, AidaIro menunjukkan bahwa legenda yang beredar itu salah, di mana Hanako yang diketahui sebagai roh anak perempuan ternyata merupakan roh anak laki-laki. Lalu, roh yang sedikit nakal dan baik hati ini bisa menjadi sebuah roh yang jahat.

Kisah ini dieksekusi dengan sangat baik, plotnya sangat menarik dan penuh dengan misteri, dan secara keseluruhan sangat manis untuk dibaca. Aida dan Iro menciptakan dan menggambarkan karakter tokoh yang manis dan menggemaskan, meskipun itu adalah sosok hantu. Dinamika interaksi antartokoh juga sangat menarik untuk diikuti. Aida dan Iro juga menyajikan selingan komedi yang membuat kisah supranatural ini menjadi lebih segar.

Secara keseluruhan, manga Hanako si Arwah Penasaran ini adalah kisah supranatural yang unik, menarik, dan manis. Secara visual penampilan Hanako Si Arwah Penasaran ini juga dapat memanjakan mata anda dengan gambar-gambar yang detail dan menggemaskan. Dalam setiap akhir volume ini akan ditutup dengan sebuah misteri yang menimbulkan rasa penasaran yang sangat besar, sehingga membuat anda menjadi tak sabar untuk membaca volume selanjutnya. Komik Hanako Si Arwah Penasaran ini sangat direkomendasikan untuk dikoleksi.

Kekurangan Komik Hanako Si Arwah Penasaran

Selain kelebihan, komik Hanako Si Arwah Penasaran juga memiliki kekurangan. Kekurangan pada komik ini ditemukan berkaitan dengan preferensi pembaca atas gaya ilustrasi AidaIro. Gaya ilustrasi Aida dinilai berkarakter dengan ilustrasi yang kasar. Namun, beberapa pembaca kurang menyukai gaya ilustrasi yang kasar itu, karena menimbulkan kesan tidak rapi.

Pesan Moral Komik Hanako Si Arwah Penasaran

Novel The Grumpy

Melalui komik Hanako Si Arwah Penasaran ini, kita dapat belajar bahwa kekuatan yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik dan bijak tidak akan membawa keuntungan bagimu. Bahkan, kekuatan itu cenderung akan membawamu menuju kehancuran. Sebagai contoh, anda memiliki kekuatan berupa memengaruhi persepsi banyak orang, tetapi kita tidak bijak dalam menggunakan kekuatan itu. Kekuatan itu mungkin akan menguntungkan pada awalnya, tetapi lama kelamaan pasti akan menjadi bumerang yang menghancurkan citra dirimu.

Terdapat sebuat kalimat yang populer di kalangan masyarakat, yaitu ” You Only Live Once (YOLO)” yang berarti anda hanya hidup satu kali. Melalui kisah ini, kita dapat memahami lebih dalam kalimat tersebut, karena terdapat bagian cerita, yang menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa besar anda menyesali perbuatan saat hidup anda atau berharap besar, waktu tidak akan bisa diulang kembali. Ini mengingatkan kita untuk senantiasa berpikir sebelum bertindak, agar kiranya kita dapat memberikan yang terbaik bagi diri kita sendiri ataupun orang lain, dan menghindari penyesalan.

Hanako Si Arwah Penasaran juga mengingatkan kita untuk menjadi diri sendiri. Kita kerap kali memaksakan diri untuk memenuhi ekspektasi orang lain atau mengubah diri menjadi sesuai dengan standar sosial. Hal ini sungguh tidak baik, karena anda melupakan identitas anda sendiri. Jadilah dirimu sendiri dan berbanggalah atas dirimu.

Selain itu, yang dapat kita teladani dari kisah Hanako Si Arwah Penasaran ini terkait dengan sikap rela berkorban. Rela berkorban demi mewujudkan sesuatu yang baik, seperti untuk menjaga semua orang tetap aman. Kita hendaknya juga bisa meneladani sikap ini, dan menjadi seseorang yang tidak egois.

Nah, itu dia Grameds ulasan komik Hanako Si Arwah Penasaran karya AidaIro. Bikin penasaran banget ya sosok Hanako si arwah penasaran dan juga Nene Yashiro si gadis pemberani. Bagi kalian yang ingin segera mengenal Hanako dan Nene, kalian bisa langsung memesan komik Hanako Si Arwah Penasaran ini di Gramedia.com.

Bagi kalian yang sedang mencari buku lainnya, jangan khawatir. Sebab, Gramedia.com juga menyediakan berbagai buku dalam kategori dan genre lainnya, bahkan juga menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap untuk memberikan informasi yang terbaik dan terlengkap bagi anda. Selamat membaca!

Written by Gabriel