in

Review Komik Black Clover Karya Yuki Tabata

Black Clover adalah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yuki Tabata. Komik ini telah diserialisasikan di majalah Weekly Shonen Jump Shueisha sejak 16 Februari 2015. Volume pertama manga Black Clover diterbitkan pada tanggal 4 Juni 2015. Komik Black Clover terbagi menjadi 32 volume per April 2022.

Manga Black Clover merupakan seri kedua Tabata di Weekly Shonen Jump. Seri pertamanya berjudul Hungry Joker, yang 24 babnya telah dimuat di majalah dari 12 November 2012 sampai 13 Mei 2013, sebelum akhirnya dibatalkan. Pada bulan April 2022, diumumkan bahwa seri Black Clover akan memasuki masa jeda selama tiga bulan untuk mempersiapkan bab-bab terakhirnya. Shueisha telah mengumpulkan seluruh bab komik ini ke dalam volume individu.

Pada tanggal 9 Februari 2015, Viz Media mengumumkan bahwa mereka akan menerbitkan tiga bab pertama dari seri manga Black Clover ini di majalah digital Weekly Shonen Jump sebagai bagian dari program “Jump Start” mereka di Amerika Utara. Pada tanggal 30 Maret 2015, Viz Media juya mengumumkan bahwa seri Black Clover akan bergabung dengan line-up mingguan mereka. Dimulai dengan penerbitan bab 4 pada tanggal 6 April.

Rencana untuk merilis seri Black Clover yang dicetak ini diumumkan selama panel mereka tergabung di di New York Comic Con pada tanggal 9 Oktober 2015. Shueisha mulai membuat simulasi serial Black Clover ke dalam Bahasa Inggris di aplikasi dan situs web Manga plus pada Februari 2019. Manga Black Clover juga telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia pada Januari 2019 oleh penerbit Elex Media Komputindo.

Manga Black Clover juga telah diadaptasi menjadi animasi. Kisah Black Clover pertama kali diadaptasi menjadi animasi video asli diproduksi oleh Xebec Zwei, dan dirilis pada 2017. Kemudian, kisah ini juga diadaptasi menjadi serial televisi anime yang diproduksi oleh Pierrot, dan ditayangkan di Jepang di TV Tokyo mulai dari Oktober 2017 sampai Maret 2021. Kisah Black Clover juga diadaptasi menjadi film anime yang kini sedang dalam masa produksi. Film ini direncanakan akan tayang perdana pada tahun 2023.

Manga Black Clover memiliki spin-off yang berjudul Asta’s Journey to Wizard King atau dalam Bahasa Jepang, yaitu Asta-kun Mah?tei e no Michi. Spin-off manga komedi ini diilustrasikan oleh Setta Kobayashi. Manga ini dirilis pada 2 Februari 2018 di Saikyo Jump karya Shueisha. Manga spin-off ini juga telah dikumpulkan dalam satu volume komik.

Pada 30 September 2018, diproduksi sebuah video game yang diadaptasi dari manga Black Clover. Video game ini berjudul Quartet Knights, yang diluncurkan di aplikasi Sh?nen Jump+ pada tanggal 7 Oktober 2018. Melihat dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa manga Black Clover ini adalah salah satu manga yang sukses. Kesuksesan ini dapat dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang diraih manga ini.

Black Clover berada di peringkat #3 pada “Komik Rekomendasi Karyawan Toko Buku Nasional” oleh situs web Honya Club pada tahun 2016. Lalu, volume pertama Black Clover mencapai posisi ke-23 di tangga lagu mingguan Oricon manga, dengan pencapaian jumlah penjualan 38.128 eksemplar. Kemudian, volume 2 Black Clover menduduki posisi ke-17, dengan terjual sejumlah 61.918 eksemplar.

Volume 3 komik Black Clover juga menempati posisi ke-17, dengan penjualan mencapai 80.462 eksemplar. Volume 4 mencapai posisi ke-13, dengan terjual 93.866 eksemplar. Lalu, volume 5 menempati posisi ke-15, dengan terjual 108.503 eksemplar. Volume 6 Black Clover melesar ke urutan 11, dengan mencapai penjualan 118.783 eksemplar.

Pada bulan Januari 2019, manga Black Clover telah memiliki 7 juta eksemplar yang beredar di seluruh dunia. Lalu, pada Maret 2021, manga Black Clover yang telah beredar lebih dari 12 juta kopi. Pada Mei 2021, manga ini memiliki lebih dari 15 juta kopi yang beredar. Pada Juli 2021, Black Clover yang beredar mencapai lebih dari 16 juta kopi. Kemudian, pada Januari 2022, jumlah peredaran manga ini mencapai lebih dari 17 juta kopi.

Cerita Black Clover berpusat pada Asta, seorang anak laki-laki yang lahir tanpa kekuatan sihir. Sedangkan, dunia tempat tinggalnya adalah sebuah dunia di mana sihir merupakan segalanya. Hal ini tentunya ia sembunyikan dari orang-orang di sekitarnya. Asta memiliki cita-cita menjadi “Raja Penyihir” yang merupakan pemimpin para penyihir, demi membuktikan bahwa dirinya memiliki kekuatan, sekaligus memenuhi janji kepada temannya.

Lalu, tantangan awal yang sangat penting dan harus lebih dulu dilaluinya dengan sukses adalah “Ujian Masuk Ordo Kesatria Sihir”! Di sinilah kisah pergulatan Asta dan sihir dimulai! Asta bertarung dengan sesama penyihir dari Banteng Hitam.

Profil Yuki Tabata – Penulis Komik Black Clover

Sumber foto: myanimelist.net

Yiki Tabata lahir di Prefektur Fukuoka, Jepang. Yuki Tabata mulai bekerja di industri manga pada usia 20. Sebelum meluncurkan seri manganya sendiri, Yuki Tabatas sempat bekerja sebagai asisten Toshiaki Iwashiro selama tujuh tahun. Pada tahun 2011, Yuki Tabata memasuki one-shot Hungry Joker di Golden Future Cup [ja], dan berhasil mendapatkan tempat pertama dalam penghargaan tersebut.

One-shot ini kemudian diubah menjadi sebuah serial penuh, yang ditayangkan di Weekly Shonen Jump dari 2012 hingga 2013. Setelah Hungry Joker selesai, Yuki Tabata menerbitkan one-shot lainnya yang berjudul Black Clover, di Sh?nen Jump Next!!. One-shot ini kemudian diubah juga menjadi serial penuh, yang memulai serialisasi di Weekly Shonen Jump pada tanggal 16 Februari 2015.

Sebelum fiksi ilmiah one-shot Hungry Joker secara singkat diserialkan di majalah Shueisha Weekly Shonen Jump, Yuki Tabata sempat menganggap manga ini sebagai kegagalan yang sebagian besar disebabkan oleh karakter utamanya. Menurut dia, karakter utamanya sangat berbeda dengan karakter penulisnya, di mana tokoh utama itu pendiam dan gelap. Setelah pembatalan serial itu, teman-temannya menyarankan Yuki Tabata untuk mengembangkan sebuah cerita dengan energi protagonis, bahagia, dan beruntung yang lebih mirip karakter dirinya.

Lalu, Yuki Tabata mulai mengerjakan one-shot bertema fantasi Black Clover ini. Setelah penerbitan manganya, Yuki Tabata ditugaskan sebagai editor baru dari Tatsuhiko Katayama. Kemudian, Shueisha mengambil serial Black Clover untuk diserialisasi penuh. Proses produksi mingguan untuk Black Clover melibatkan konsultasi Yuki Tabata dengan Katayama selama beberapa hari pertama, untuk membahas thumbnail bab tersebut manga ini.

Konsultasi ini menghabiskan hari-hari yang tersisa untuk menyusun cerita yang sebenarnya. Yuki Tabata memuji dirinya sendiri, karena ia mampu membuat garis besar kasar dan mengakhiri bab Black Clover tepat waktu. Sementara Katayama membantunya untuk mengisi konten dan mengoreksi. Pada awal serial Black Clover diterbitkan, Yuki Tabata mengaku hanya tidur rata-rata tiga jam setiap harinya, karena stres.

Namun, setelah adaptasi anime Black Clover mulai ditayangkan, ia mampu meningkatkan waktu tidurnya menjadi enam jam setiap harinya. Lalu, mulai pada volume ketujuh Black Clover, ia tidak menggunakan alat digital dalam penyusunannya. Yuki Tabata lebih memilih tinta dan toning “analog” tradisional dengan menggunakan tangan. Yuki Tabata tetap termotivasi selama jangka panjang manga, karena ia mengetahui pembaca setianya menantikan bab baru setiap minggu.

Perjuangan Yuki Tabata tentunya tidak sia-sia. Pada paruh pertama tahun 2017, Black Clover berhasil menjadi manga terlaris ke-28 di Jepang. Pada tahun selanjutnya, seluruh waralaba media Black Clover menjadi waralaba media terlaris ke-24 di Jepang. Serial Black Clover ini juga telah diadaptasi menjadi beberapa bentuk, salah satunya adalah serial televisi anime.

Sinopsis Komik Black Clover

Serial ini berpusat pada Asta, seorang anak yatim piatu yang ditinggalkan orang tuanya untuk dibesarkan di panti asuhan. Ia dibesarkan bersama temannya yang geenama Yuno. Setiap orang di negeri yang ditempati Asta dilahirkan dengan kemampuan dalam bentuk kekuatan magis. Sedangkan, Asta lahir tanpa sihir, dan malah berfokus pada kekuatan fisik.

Sebaliknya, Yuno terlahir sebagai anak ajaib yang memiliki kekuatan magis yang luar biasa. Yuno memiliki bakat untuk mengendalikan angin. Asta memiliki keinginan untuk menjadi Raja Penyihir berikutnya. Ia ingin menjadi figur otoritas kedua setelah raja Kerajaan Semanggi.

Asta dan Yuno, keduanya mengembangkan persaingan persahabatan. Yuno mendapatkan grimoire empat daun legendaris yang dipegang oleh Raja Penyihir pertama kerajaan. Grimoire empat daun merupakan grimoire yang langka, yang biasanya hanya diberikan kepada penyihir paling besar.

Meskipun Asta tidak memiliki kekuatan sihir, ia berhasil memperoleh grimoire lima daun misterius yang berisi pedang elf misterius dan anggota ras iblis tanpa tubuh yang menggunakan anti-sihir langka. Setelah itu, Asta dan Yuno masing-masing bergabung dengan pasukan Ksatria Sihir sebagai langkah awal untuk memenuhi ambisi mereka.

Asta bergabung dengan Banteng Hitam di bawah pimpinan Yami Sukehiro bersama dengan Noelle Silva. Sementara Yuno menjadi anggota Fajar Emas. Mereka berdua memulai berbagai petualangan sambil bersaing dengan kelompok ekstremis yang disebut Mata Matahari Tengah Malam.

Kepemimpinan dalam kelompok tersebut dimanipulasi oleh iblis dalam membalas ketidakadilan yang dilakukan Kerajaan Semanggi terhadap Peri pada saat pendiriannya. Ksatria Sihir kemudian menghadapi Triad Gelap Kerajaan Spade, dengan Asta dan Yuno mempelajari pengaruh iblis mereka dalam kehidupan mereka. Lalu, mereka juga mempelajari rencana Triad Kegelapan untuk sepenuhnya mewujudkan iblis ke dunia mereka.

Kelebihan Komik Black Clover

Kisah yang disajikan Yuki Tabata ini dinilai sangat menarik. Black Clover mampu membawa para pembacanya ikut masuk ke dalam dunia fantasi penuh sihir. Tentunya, kisah ini mampu membuat anda penasaran untuk mengulik lebih lanjut kelanjutan kisah Asta dan Yuno.

Ilustrasi yang digambar Yuki Tabata juga sangat bagus. Yuki Tabata mampu menggambarkan karakter para tokoh yang gemas. Para pembaca sangat menikmati tampilan visual dari komik ini.

Kekurangan Komik Black Clover

Komik Black Clover ini mengandung unsur yang terkait dengan kepercayaan, seperti sihir, iblis, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini mungkin tidak cocok bagi sebagian orang yang menentangnya.

Pesan Moral Komik Black Clover

Dari sosok Asta, kita dapat belajar untuk senantiasa tidak menyerah dalam segala situasi. Meskipun anda memiliki kelemahan, meskipun anda berbeda dari mayoritas orang, anda harus tetap teguh. Anda harus berjuang untuk melampaui diri anda pada saat ini.

Asta juga pernah mengatakan bahwa jika anda kehilangan harapan pada satu titik kehidupan, anda hendaknya terus berjalan. Sebab, dengan tetap berjalan, anda akan mendapatkan harapan dan semangat hidup yang baru.

Asta juga mengingatkan kita untuk menjaga dan melindungi apa yang berharga bagi anda. Entah itu barang atau orang terkasih anda.

Gimana Grameds, penasaran akan dunia sihir yang ditinggali Asta dan Yuno? Yuk langsung dapatkan segera komik Black Clover karya Yuki Tabata ini di Gramedia.com.

Written by Gabriel