in

Review Komik Spy x Family dengan Berbagai Komedi Lucu di Dalamnya

Komik Spy X Family – Pada tahun 2019, sebuah manga sukses menarik perhatian dunia. Dengan cerita yang menarik dan juga aksi yang memukau, manga tersebut sukses mendominasi pasar. Pastinya, manga ini adalah Kimetsu no Yaiba.

Akan tetapi, pada tahun 2019 juga, sebuah seri manga terbaru dirilis dan berhasil menarik perhatian banyak orang dengan sebuah cerita yang unik namun menyentuh hati. Manga tersebut yaitu Spy x Family.

Komik yang satu ini merupakan karya Tatsuya Endo, dimana cerita manga Spy x Family sebenarnya tergolong sederhana. Yakni seorang super Spy yang bernama Twilight atau Loid harus menyamar dengan membuat keluarga bahagia. Sang anak yakni Anya merupakan seorang esper dan sang ibu yang bernama Yor adalah pembunuh bayaran.

Premis yang disajikan juga cukup menyegarkan, sehingga sukses membuat komik ini menjadi terkesan menarik. Akan tetapi, apa sebenarnya fungsi dari sebuah premis yang unik jika tidak ada eksekusi yang bagus. Tapi untungnya, eksekusi dari komik ini sangat luar biasa.

Dari bab awal, pembaca sudah dibawa ke dalam dunia mata-mata yang penuh dengan aksi milik Twilight atau Loid. Kemudian pada pertama juga pembaca sudah dihadapkan dengan kelucuan dan juga keimutan Anya.

Kombinasi dan kontras antara dua hal tersebut dirancang dengan cerita yang penuh dengan emosi dan juga manusiawi. Suatu hal yang bahkan dari bab awal sudah bisa memikat siapapun yang membacanya.

Kontras antara dunia mata-mata dan komedi ala Slice of Life di dalam komik ini juga berhasil menciptakan sebuah komik yang penuh dengan komedi lucu dan ringan. Sebagai salah satu jenis komik mata-mata, komik yang satu ini mempunyai banyak porsi aksi ala James Bond dan juga komedi ala Eggsy yang memberikan banyak sekali nilai manusiawi dan kesan ringan pada komik ini.

Saat melucu, komik ini akan terkesan sangat lucu, namun saat harus memberikan adegan aksi, komik yang satu ini tidak kalah dengan komik aksi lainnya.

Pastinya, bagian pada komik ini yang tidak dapat dilewatkan untuk dibahas adalah tentang bagaimana sang pengarang sukses merancang semua hal di atas menjadi satu dengan gambar serta pacing yang luar biasa bagus dan nyaman untuk dibaca.

komik spy x family
Sumber: Popbela.com

Adapun poin penting yang ada di dalam komik ini yaitu tentang bagaimana banyak dari komik ini mempunyai gambar atau panel yang sangat cocok dibuat menjadi meme dan disebarkan di media sosial. Sebuah hal yang mungkin saja menjadi salah satu daya tarik dari komik ini yaitu posisinya sebagai salah satu komik yang dirilis secara digital.

Dengan berbagai hal di atas, tak heran bila beberapa orang menilai bahwa komik ini sangat bagus. Selain itu, dengan adanya kelakuan dan tingkah Anya, beberapa pembaca menilai bahwa komik ini juga lucu. Sementara itu, dengan adanya beberapa adegan menyentuh, para pembaca juga menilai bahwa komik ini sangat wholesome. Pastinya, komik spy x family ini merupakan karya yang sangat berkualitas dan sangat direkomendasikan untuk dibaca.

Tentang Komik Spy x Family

Perjalanan Twilight dalam menjalani perannya sebagai kepala keluarga dapat Anda temukan di dalam manga shonen Spy x Family. Per tanggal 4 April 2022 lalu, seri manga web juga sudah dibuat menjadi 9 volume tankobon dan telah terjual sampai jutaan kopi.

Selain sudah terbit ke dalam bahasa Inggris, Spy x Family juga telah hadir dalam Bahasa Indonesia oleh penerbit Elex Media Komputindo dan telah hadir sampai lima volume.

Dalam beberapa tahun terakhir, seri komik Spy x Family menjadi salah satu seri manga terbaik dan paling populer. Tidak kalah dengan di Indonesia, sebab ada banyak sekali penggemar yang sangat menunggu seri komik yang satu ini.

Sekarang Grameds sudah bisa menonton versi animenya yang rilis pada tanggal 9 April 2022 lalu. Pada episode pertamanya, anime ini sudah banyak dibicarakan oleh orang-orang, karena memang para penggemarnya sudah menunggu-nunggu seri anime ini hadir.

komik spy x family
Sumber: Hariane.com

Debut pertamanya tersebut langsung disambut dengan sangat baik dengan berbagai macam tanggapan positif dari para penggemarnya. Mungkin saja, akhir-akhir ini Anda menikmati cerita mengenai aksi melawan iblis dengan kekuatan yang super.

Komik Spy x Family ini akan memberikan sebuah cerita tentang aksi yang lebih fresh, yakni mengenai spionase yang dilakukan oleh agen mata-mata profesional dan Ia harus memuat keluarga dadakan. Dengan balutan komedi dan kehangatan keluarga di dalamnya, komik anime ini sukses membuat para penggemarnya terkesima.

Sinopsis Komik Spy x Family

Agen yang disebut dengan nama Twilight atau Senja merupakan mata-mata utama di Westalia Intelligence Services’ Eastern (W.I.S.E), Ia hidup dengan seringkali berganti identitas.

Dari tugasnya itulah yang berhasil membuatnya harus melakukan berbagai macam kehidupan yang berbeda-beda melalui berbagai penyamaran. Meski demikian, Ia sangat mendedikasikan hidupnya demi kedamaian dunia. Dikisahkan telah terjadi perang dingin antara negara Ostania dan Westalis.

Demi menjaga hubungan yang baik dari kedua negara tersebut, Twilight ditugaskan untuk menyelidiki gerakan dari ketua Partai Persatuan Nasional Ostania, yang bernama Donovan Desmond, yang mana Ia telah membuat rencana berbahaya untuk memperkeruh konflik dan mengancam perdamaian antar dua negara tersebut.

Akan tetapi, Donovan Desmond merupakan seseorang yang sangat hati-hati. Ia penyendiri dan penuh dengan kecurigaan. Sehingga Ia tidak pernah menampakkan dirinya dan hanya akan beraksi di balik layar.

Tak hanya itu saja, Ia juga hanya muncul ketika menghadiri acara pertemuan wali murid yang dilaksanakan oleh sekolah elite tempat anaknya bersekolah, yakni Eden Academy. Acara tersebut juga menjadi tempat pertemuan orang penting di dunia politik dan juga bisnis.

Karena harus menyusup ke acara sekolah tersebut, Twilight harus mempunyai anak dalam waktu seminggu, karena tenggat waktu untuk daftar sekolah hampir selesai. Operasi yang bernama Operation Strix ini membuatnya langsung pergi ke sebuah panti asuhan untuk mengadopsi seorang anak.

Dalam menjalankan misi ini, Twilight mengambil identitas sebagai seorang psikiater yang bernama Loid Forger. Di panti asuhan tersebut, Ia meminta anak yang cerdas berusia enam tahun.

Kemudian, Ia ditunjukkan seorang anak perempuan yang bernama Anya. Ternyata, Anya memiliki kekuatan telepati, dimana Ia bisa membaca pikiran orang lain karena Anya lahir sebagai seorang Esper atau subjek eksperimen.

Sebenarnya, Anya tidak terlalu cerdas dan usianya juga belum menginjak enam tahun. Akan tetapi, Ia tahu tentang apa yang diinginkan oleh Loid Forger. Oleh karena itu, Ia pun langsung membuat Loid terkesima dan memutuskan untuk membawa Anya pulang.

Anya pun mulai dibimbing oleh Loid untuk belajar dan menghafalkan jawaban untuk tes masuk ke sekolah Eden Academy. Bukan hal yang mudah, banyak kejadian yang membuat mereka berdua di ujung tanduk.

Akan tetapi, pada akhirnya Anya berhasil lolos dan masuk ke tes berikutnya, yakni tes wawancara. Tes wawancara tersebut harus dihadiri oleh kedua orang tua Anya, yang mana hal itu membuat Loid membutuhkan sosok ibu untuk Anya. Pastinya, pasangannya itu berperan sebagai istri Loid Forger. Kemudian Ia pun mencarinya melalui data perempuan lajang yang ada di balai kota.

komik spy x family
Sumber: Rotten Tomatoes

Di sebuah toko pakaian, Loid Forger dan Anya tidak sengaja bertemu dengan Yor Briar, yakni seorang pekerja kantoran yang berusia 27 tahun. Orang tersebut tidak pernah mempunyai pasangan dan sedang membutuhkan teman kencan untuk menghadiri pesta dan mengesankan teman-temannya.

Sebenarnya, Yor sendiri bekerja kantoran dengan tujuan untuk menutupi identitasnya sebagai pembunuh bayaran. Perempuan cantik ini dikenal dengan sebutan Thorn Princess atau Putri Duri karena keahliannya dalam bertarung dan membunuh.

Dengan serba mendadak, Loid dan Yor sepakat untuk Yor hadir sebagai sosok ibu untuk Anya dalam tes wawancara dan Loid hadir sebagai pasangan Yor di pesta. Berbagai macam kejadian pun membuat mereka akhirnya sepakat untuk menjadi pasangan, orang tua Anya, dan membentuk sebuah keluarga. Dari sinilah petualangan mereka dimulai.

Review Komik Spy x Family

Pada volume pertama Spy x Family yang dirilis dalam bentuk digital ataupun fisik, seri yang satu ini langsung diserbu oleh para penggemarnya dan terjual sampai 800 ribu kopi. Sampai akhirnya anime ini hadir, terhitung sudah terjual lebih dari 15 juta kopi di seluruh Jepang.

Kemudian di Indonesia sendiri, komik Spy x Family seringkali masuk ke dalam daftar buku best seller atau paling dicari setiap bulannya.

Sementara itu, dalam penghargaan Tsugi ni Kuru Manga pada tahun 2019, Spy x Family berhasil berada di posisi pertama untuk kategori manga web, memenangkan penghargaan Next Manga Award kategori Web Manga pada tahun 2019, dan juga kategori Next Hit pada Tsutaya Comic Awards keempat di tahun 2020.

Sumber: Suara.com

Sedangkan pada guidebook Kono Manga ga Sugoi, pada tahun 2020, Spy x Family dinilai sebagai seri manga terbaik untuk para pembaca laki-laki. Kemudian pada daftar Honya Club’s Nationwide Bookstore Employees’ Recommended Comics of 2020, berdasarkan hasil survei pada sekitar seribuan pegawai toko buku yang ada di Jepang, komik Spy x Family ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam rekomendasinya.

Tak hanya itu saja, Spy x Family juga dinilai sebagai No. 1 Popular Web Comic of 2019, No. 1 Popular Shonen Jump+, dan Signature Work of Jump+. Lalu, Spy x Family juga memperoleh nominasi untuk penghargaan Manga Taisho yang ke-13, Eisner Award, Harvey Award, Da Vinci 21th Annual Book of The Year, dan lain sebagainya.

Seri Komik Spy x Family

Berikut ini adalah beberapa seri komik Spy X Family yang layak Grameds baca.

Spy x Family Vol. 1

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-01?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-01?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Keluarga Forger punya rahasia. Sang ayah adalah agen rahasia terhebat. Sang ibu adalah pembunuh. Sang anak memiliki kemampuan untuk membaca pikiran. Meski mereka hanya keluarga palsu yang saling menyimpan rahasia dari satu sama lain, ternyata ada kehangatan di sana.

Baca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 2

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-02?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-02?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Ujian masuk sudah dijalani, dan Anya berhasil merangkak kembali dari jurang kegagalan untuk menjadi siswi di Akademi Eden yang elit. Tapi di sini berbagai masalah lain kembali datang menghalanginya, dan sebagai akibatnya misi Twilight juga kian terancam gagal. Tapi keluarga palsu mereka tetap bahagia. Ada ayah, ibu, lalu paman yang seram dalam berbagai artian.

Baca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 3

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-03?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-03?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Adik Yor ternyata adalah anggota polisi rahasia. Menyadari hal ini, Twilight mulai curiga pada istri palsunya. Apakah keluarga pura-pura ini bisa dia percayai? Tentu saja, seorang agen rahasia tidak boleh percaya pada siapa pun. Kemampuan Anya untuk sanggup mendapatkan 8 Stella sebelum batas waktu juga mencurigakan, bahkan mengkhawatirkan.

Baca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 4

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-04?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-03?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Para teroris ingin membuat perang kembali pecah antara timur dan barat. Untuk itu, mereka berencana untuk menggunakan bom anjing untuk membunuh Menteri dari Westalis. Tapi salah satu anjing yang mereka gunakan menarik perhatian Anya. Kenapa, anjing yang baru pertama kali bertemu itu bisa tahu keluarga Anya?

Baca dan Koleksi Sekarang!

Spy x Family Vol. 5

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-05?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-04?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Anggota keluarga Forger bertambah dengan Bond, si anjing yang bisa meramal masa depan. Tentu saja, pasangan suami istri Forger tidak tahu sama sekali tentang hal kecil itu. Misi tetap berlangsung seperti biasa, dan semuanya tetap bergantung pada Anya yang terus gagal, baik dalam berteman maupun berprestasi.

Baca dan Koleksi Sekarang!

Kurang dari seminggu Loid Forger akhirnya berhasil membuat keluarga palsunya. Kemampuan masing-masing anggota keluarga yang tak biasa membuat kocak perjalanan mereka dalam menjalani aksi spionase.

Hidup bersama keluarga palsu ternyata mampu membuat mereka saling memahami sebagai orang yang “awam” dengan cara berkeluarga, bahkan kesan keluarga hangat malah melekat dalam diri mereka.

Namun, apakah rahasia mereka akan saling terungkap? Apakah rencana Loid Forger akan berhasil? Dan jika mereka mengetahui latar belakang mereka masing-masing, apakah hal ini akan menghancurkan rencana Loid Forger alias Twilight?

Grameds dapat mulai menjajaki berbagai komik Spy X Family yang bisa diperoleh di Gramedia.com. Jangan pernah takut untuk langsung mengoleksi semua serinya, sebab akan ada banyak promo spesial untuk Anda. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Baca juga:

Written by M. Hardi