in

10 Rempah-Rempah Indonesia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sumber: Pexels.com/Mareefe

Rempah-rempah Indonesia – Tidak bisa dipungkiri, Indonesia memang memiliki tanah yang subur dan dapat ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman yang mengandung segudang manfaat. Salah satu jenis tanaman yang banyak berada di Indonesia adalah rempah rempah. Rempah merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki rasa dan aroma yang cukup kuat.

Rempah-rempah Indonesia adalah sebuah kekayaan utama dari hasil bumi nusantara. Rempah-rempah dari bumi pertiwi ini sudah dikenal di seluruh dunia sejak dahulu kala. Bahkan, banyak negara di dunia mengimpor tanaman ini dari Indonesia.

Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah yang berlimpah hingga menjadikannya sebagai salah satu negara pengekspor rempah terbesar. Menariknya, sejak dahulu juga tanaman rempah ini menjadi salah satu komoditas asli Indonesia yang memiliki harga jual yang tinggi.

https://www.gramedia.com/products/jalur-rempah-nusantara-kisah-aroma-nusantara-pemikat-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jalur-rempah-nusantara-kisah-aroma-nusantara-pemikat-dunia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pada zaman pra kolonial, rempah asli Indonesia sempat menjadi salah satu barang yang paling dicari oleh berbagai negara. Salah satu yang menjadi alasannya adalah karena rempah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai obat yang mujarab bagi beberapa penyakit kronis.

Namun, hal itu tak bertahan lama. Setelah ilmu kedokteran berkembang dan semakin maju, maka pemanfaatan rempah untuk kesehatan pun secara perlahan mulai berkurang.

Saat ini, rempah-rempah Indonesia digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, penggunaan rempah pada masakan sehari-hari tak sebanyak pada masakan tradisional. Jadi, tak heran jika masakan khas nusantara lebih kaya akan cita rasa. Hal ini tak lain karena masakan khas dan tradisional Indonesia masih menggunakan bumbu dan rempah yang beraneka ragam.

Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rempah-rempah Indonesia ini tak hanya dapat digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan saja, tetapi rempah-rempah ini juga menyimpan segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya, rempah-rempah Indonesia ini dimanfaatkan oleh masyarakat pribumi melalui tiga cara, yakni menjadi pengawet, pemberi dan penambah rasa pada makanan, serta menjadi obat tradisional. Pada sektor bisnis, rempah Indonesia digunakan sebagai bahan untuk produk kecantikan dan bahan utama untuk pembuatan parfum.

Rempah-Rempah Indonesia yang Kaya Akan Manfaat

Lantas, apa saja rempah rempah Indonesia itu? Berikut penjelasan mengenai 10 rempah rempah Indonesia dan manfaatnya untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya!

1. Kunyit

rempah rempah Indonesia
Sumber: Honestdocs.id

Kunyit memiliki nama ilmiah curcuma longa. Tanaman ini merupakan jenis tanaman rempah yang telah banyak digunakan sejak lama di Indonesia. Sejak dahulu kala, masyarakat sudah menggunakan kunyit sebagai salah satu bahan masakan dan penyedap rasa.

Kunyit memiliki fungsi sebagai pewarna alami pada makanan. Warna yang dihasilkan dari tanaman ini adalah warna kuning terang.

Selain sebagai salah satu rempah penyedap rasa, kunyit juga digunakan sebagai salah satu bahan baku untuk membuat jamu. Manfaat dari kunyit dalam jamu adalah untuk antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Tanaman berwarna kuning ini memiliki kandungan senyawa kimia berupa curcumin yang memiliki khasiat guna meredakan inflamasi, seperti nyeri dan bengkak. Pengolahan kunyit sebagai jamu yang paling terkenal adalah jamu kunyit asam. Adapun ramuan yang digunakan dalam pembuatan jamu kunyit asam adalah kunyit, gula jawa, dan asam.

Pada masyarakat Indonesia, jamu kunyit asam ini biasa dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sedang tidak sakit, minum jamu ini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamu ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan organ lambung manusia. Di sisi lain, jamu ini juga dapat dikonsumsi oleh perempuan yang sedang dalam masa menstruasi. Ini karena kandungan curcumin pada kunyit yang dapat membantu meredakan nyeri.

Selain itu, kunyit pun memiliki manfaat lain, salah satunya adalah melancarkan pencernaan di usus besar, sehingga dapat membuat pencernaan tetap sehat.

2. Pala

rempah rempah Indonesia
Sumber: Republika.co.id

Pala atau myristica fragrans adalah tanaman yang bermanfaat untuk menambah cita rasa pada masakan. Buah yang berasal dari Pulau Banda di Maluku ini biasa diolah menjadi manisan. Sedangkan, untuk bijinya dapat digunakan sebagai bumbu dalam masakan.

Selain berguna sebagai bumbu masakan, rempah ini juga memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri inilah yang kemudian menjadi komponen campuran untuk membuat parfum atau sabun.
Selain untuk masakan dan bahan membuat sabun, pala juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat pala untuk kesehatan di antaranya adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan, meredakan masuk angin, dan sakit perut. Biji pala juga dipercaya dapat membantu menghentikan diare.

Dalam biji pala, terdapat sebuah senyawa yang bernama myristicin. Senyawa ini diketahui dapat membantu memperbaiki daya ingat dengan cara merangsang kerja saraf dalam otak. Selain itu, kandungan senyawa dalam biji pala ini juga bisa membantu memperbaiki kemampuan konsentrasi seseorang.

Tak hanya sampai di situ, biji pala juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Antibakteri yang terkandung dalam biji pala dapat membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut. Hal inilah yang membuat biji pala dapat mencegah adanya kerusakan pada gigi serta dapat mengatasi bau mulut.

Adapun ramuan yang digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah campuran parutan biji pala dengan minyak oregano.

3. Kayu Manis

rempah rempah Indonesia
Sumber: Resepkoki.id

Kayu manis memiliki aroma dan harum yang khas. Tak heran jika rempah ini sangat terkenal dalam dunia kuliner, khususnya kuliner di nusantara. Rempah ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan, tambahan membuat kue, hingga bahan baku membuat minuman hangat.

Rempah yang memiliki nama latin cinnamomum zeylanicum ini memiliki manfaat untuk menambah kesegaran dan cita rasa pada minuman. Selain itu, kayu manis ini dapat membantu untuk menyembuhkan berbagai infeksi dan penyakit kulit.

Aroma wangi yang ditimbulkan tanaman ini juga dapat menghilang bau badan. Hal ini karena kayu manis memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
Manfaat lain dari kayu manis juga adalah aromanya yang dapat menenangkan dan meredakan perasaan lelah. Kayu manis juga dapat berperan sebagai antijamur, antiseptik, dan antiradang. Selain itu, rempah berwarna coklat ini juga dapat meredakan diare, flu, hipertensi, sakit perut, bronkitis, hingga meningkatkan nafsu makan.

https://www.gramedia.com/products/budi-daya-bisnis-jahe-ala-adi-si-anak-rempah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/budi-daya-bisnis-jahe-ala-adi-si-anak-rempah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

4. Cengkeh

rempah rempah Indonesia
Sumber: Cnnindonesia.com

Cengkeh atau cengkih adalah salah satu tanaman yang sangat diburu oleh bangsa eropa pada zaman dahulu. Hal ini tentu bukan karena tanpa alasan. Cengkeh dipercaya memiliki segudang manfaat yang terkandung di dalamnya, mulai dari analgesik, disinfektan, anestetik gigi berlubang, hingga sebagai penyedap masakan yang begitu lezat.

Tanaman herbal dengan nama latin syzgium aromatica ini memiliki sifat antiseptik, bius lokal, antioksidan, dan antiinflamasi. Cengkeh juga memiliki kandungan senyawa minyak esensial berupa eugenol yang bersifat sebagai anestesi dan antiseptik.

Selain itu, cengkeh juga dapat membantu meredakan sakit perut, menghentikan diare, dan menghilangkan rasa mual. Untuk mendapatkan manfaat dari cengkeh ini, kita dapat mengkonsumsinya dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan mencampur cengkeh dengan air lemon.

Ramuan campuran cengkeh dan air lemon ini diketahui memiliki khasiat guna menyembuhkan rematik, sakit gigi, dan mengurangi peradangan pada nyeri otot. Di samping itu, campuran ramuan herbal ini juga dapat meregenerasi tubuh dan menghilangkan rasa lelah. Ditambah lagi, cengkeh dan air lemon juga dipercaya dapat membantu meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh.

5. Jahe

rempah rempah Indonesia
Sumber: Food.detik.com

Jahe atau zingiber officinale masuk ke dalam keluarga Zingiberaceae yang sangat terkenal. Sedikit mirip dengan kayu manis, jahe juga memiliki aroma yang sangat harum ketika dicium.

Tidak hanya dikenal sebagai bumbu dapur, jahe juga dikenal sebagai tanaman herbal karena khasiatnya yang sangat banyak. Salah satu cara menikmati jahe adalah dengan cara membakarnya lalu digeprek dan dicampurkan dengan segelas air hangat. Minuman herbal ini pun sangat cocok dinikmati ketika hujan turun atau sedang masuk angin karena dapat membuat tubuh merasa hangat.

Bagi sebagian masyarakat, jahe memang sengaja digunakan untuk menghangatkan tubuh. Adapun caranya yaitu dengan dibuatkan sebuah minuman, seperti wedang jahe. Mengkonsumsi wedang jahe dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan meredakan masuk angin.

Sebagian masyarakat juga menggunakan jahe untuk meningkatkan nafsu makan, meringankan rematik, dan mencegah mual. Ramuan jahe ini dapat membantu meringankan rasa mual berlebih pada pagi hari (morning sickness) yang dialami oleh perempuan yang sedang hamil pada triwulan pertama.

Jahe juga dapat membantu meringankan rasa gatal dan mengobati luka dengan cara menumbuk dan mengolesi jahe di sekitar area luka. Bahkan campuran jahe dan garam dapat menjadi penangkal racun dari gigitan ular.

6. Kapulaga

rempah rempah Indonesia
Sumber: Alodokter.com

Kapulaga adalah salah satu rempah yang mahal selain saffron dan vanili. Di Tanah Air, harga kapulaga per kilogramnya menyentuh harga sekitar Rp 45.000 dan akan naik sepuluh kali lipat jika memenuhi kualitas untuk ekspor.

Oleh karena itu, jangan heran jika kapulaga juga ternyata memiliki banyak manfaat. Karena selain bisa digunakan sebagai penyedap rasa masakan, kapulaga juga dapat memberikan khasiat bagi kesehatan yang menjadi alasan mengapa tanaman ini sangat diburu oleh banyak orang.

Dalam sebuah kapulaga, terdapat banyak kandungan mineral seperti, magnesium, zinc, dan lain sebagainya. Zat ini tentu baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Adapun salah satu manfaat dari kapulaga yaitu guna mencegah dan mengatasi infeksi penyakit. Hal ini disebabkan oleh adanya zat yang berperan sebagai antimikroba yang bisa melawan bakteri dan jamur.

https://www.gramedia.com/products/rempah-bumbu-dan-sayuran-kering-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rempah-bumbu-dan-sayuran-kering-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Kencur

rempah rempah Indonesia
Sumber: Bogordaily.com

Kencur selalu memiliki tempat tersendiri di dapur setiap orang. Bersama dengan kunyit, jahe, dan rempah lainnya, kencur juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.

Biasanya kencur digunakan sebagai salah satu bahan racikan jamu. Rempah ini akan ditumbuk hingga halus bersama dengan beras yang kemudian dinamakan sebagai beras kencur.

Khasiat kencur untuk kesehatan sangat banyak. Di antaranya yaitu mengobati radang pencernaan, menambah nafsu makan, hingga memberikan rasa atau sensasi menenangkan dalam tubuh. Selain itu, kencur juga bermanfaat untuk meredakan demam, sakit perut, bengkak, dan encok.

Untuk meredakan bengkak, kencur dicampurkan dengan serai dan garam . Sedangkan, ramuan kencur, gula, garam, beras, dan buah asem digunakan untuk meredakan batuk. Ramuan itu disebut juga dengan nama jamu beras kencur, sebuah minuman tradisional seperti jamu kunyit asam.

Di sisi lain, jamu beras kencur ini pun memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan. Tak jarang, jamu ini juga dikonsumsi oleh anak-anak guna meningkatkan nafsu makannya.

Manfaat kencur juga tengah diteliti lebih dalam oleh para ilmuwan. Kencur dipercaya memiliki manfaat sebagai insektisida yang berguna untuk membasmi nyamuk aedes aegypti, sebuah nyamuk yang menularkan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

8. Biji adas

Biji adas atau dikenal juga sebagai fennel adalah salah satu tanaman yang memiliki khasiat guna mengatur tekanan darah. Tanaman dengan nama latin foeniculum vulgare ini diketahui dapat meningkatkan kandungan produksi nitrit pada air liur. Hal ini dapat membantu untuk menjaga tingkat tekanan darah agar tetap stabil.

Selain itu, tanaman ini juga kaya akan kandungan sumber potasium yang memiliki khasiat guna menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Jika biji adas ini dikonsumsi sesudah makan, maka itu akan membantu mencegah terjadinya gangguan pencernaan dan berbagai masalah perut lainnya.

Biji adas juga mengandung banyak serat, histidin, dan asam amino. Zat ini dipercaya dapat membantu mengobati sembelit, diare, ambeien, dan lain sebagainya.

9. Lada

rempah rempah Indonesia
Sumber: Parapuan.com

Lada disebut juga dengan nama merica. Tanaman ini memiliki khasiat utama yaitu untuk menghangatkan tubuh. Lada juga bisa membunuh parasit serta membantu membuang gas di tubuh.

Lada ini terdiri dari dua jenis, yaitu lada hitam dan lada putih. Lada putih diketahui dapat membantu memperlancar urine. Lada putih juga bisa mengatasi berbagai gangguan penyakit kulit, seperti eksem dan kusta.

Di sisi lain, lada hitam memiliki khasiat untuk mengeluarkan dahak pada saat batuk, memperlancar peredaran darah, serta menangani encok atau reumatisme. Lada hitam juga bermanfaat bagi otak. Tanaman herbal ini dipercaya bisa membantu menurunkan risiko penyakit alzheimer, yaitu suatu penyakit yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan bicara dan berpikir, hingga perubahan perilaku karena adanya gangguan dalam otak.

10. Vanili

rempah rempah Indonesia
Sumber: Yoursay.suara.com

Vanili merupakan rempah dengan aroma yang manis dan kerap dicampurkan ke dalam berbagai jenis hidangan. Hal inilah yang membuat vanili menjadi salah satu rempah yang paling tersohor di antara rempah lainnya.

Pada ratusan tahun lalu, tanaman vanili ini kerap kali digunakan sebagai penambah rasa untuk minuman dan makanan. Saat ini, jika kamu ingin membelinya, di pasaran ada jenis ekstrak vanili yang sudah diolah secara sintetis. Namun, ada juga yang menjual vanili dengan ekstrak alami.
Meski begitu, harga untuk ekstrak vanili yang alami akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan vanili yang diekstrak secara sintetis. Hal ini disebabkan karena vanili merupakan tanaman yang dibudidayakan dengan harga jual yang sangat tinggi.

Harga untuk setiap kilogram vanili dapat mencapai angka Rp650.000. Bahkan, jika kualitas dari vanili ini termasuk sangat bagus dan memenuhi kualitas ekspor, maka harganya akan naik berkali-kali lipat hingga menyentuh angka jutaan.

Dengan harga yang begitu tinggi, tak heran jika dalam dunia kesehatan vanili memiliki banyak manfaat. Salah satu khasiat dari tanaman ini adalah sifatnya sebagai antibakteri dan mengandung antioksidan serta antidepresan.

Dalam sebuah studi pada tahun 1994, aroma vanili bahkan disebutkan dapat menurunkan kadar kecemasan pada pasien yang akan menjalani prosedur MRI guna pemeriksaan kanker. Hal ini pula lah yang menjadi sebab mengapa aroma vanili termasuk ke dalam salah satu jenis parfum yang populer dan disukai oleh orang banyak.

Kesimpulan

Rempah adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang memiliki aroma dan rasa yang begitu kuat. Rempah rempah Indonesia adalah sebuah kekayaan utama dari hasil bumi nusantara yang sudah dikenal di seluruh dunia sejak dahulu kala. Bahkan, banyak negara di dunia mengimpor tanaman ini dari Indonesia.

Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah yang berlimpah ruah. Hal ini pun menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor rempah terbesar dengan rempah yang kualitas tinggi. Sejak dahulu juga, tanaman ini menjadi salah satu komoditas asli Indonesia yang memiliki harga jual yang tinggi.

Rempah rempah Indonesia tentu banyak jenisnya. Setiap rempa pun memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Di antara rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tersebut, adalah kunyit, pala, kayu manis, cengkeh, jahe, kapulaga, kencur, biji adas, lada, dan vanili.

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah penjelasan mengenai 10 rempah rempah Indonesia dan manfaatnya untuk kesehatan. Apakah sebelumnya #SahabatTanpaBatas sudah mengetahui manfaat dari masing-masing rempah tersebut selain untuk bahan penyedap masakan?

Kamu juga bisa mengetahui lebih dalam tentang sejarah rempah-rempah Indonesia dengan membaca buku sejarah rempah yang bisa didapatkan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Raden Putri



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi