in , ,

Ragam Rekomendasi Merek Lem Kertas Terbaik yang Bisa Kamu Coba

CekList.ID

Merek Lem Kertas – Dalam kehidupan sehari-hari ini kita bisa dibilang tak bisa lepas dari yang namanya kertas. Terlebih lagi, ketika membuat karya seni yang terbuat dari kertas. Ketika membuat karya seni dari kertas, biasanya kita akan menggunakan lem kertas. Lalu, merek lem kertas yang bagus apa saja? Kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini.

Namun, sebelum membahas tentang rekomendasi merek lem kertas, ada baiknya kita membahas tentang pengertian dan jenis-jenis kertas terlebih dahulu.

Pengertian Kertas

Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya terbuat dari bahan alami dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak, melukis, dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas; misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan.

Dengan terciptanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia pembelajaran atau tulis menulis yang mampu menyumbangkan perubahan besar dalam peradaban dunia. Sebelum kertas ditemukan, bangsa-bangsa dahulu menggunakan loh dari lempung yang dibakar.

Selain itu, berikut sifat-sifat kertas adalah sebagai berikut:

  1. Dapat dibakar dengan mudah
  2. Dapat menyerap air
  3. Dapat dilipat ke segala arah
  4. Dapat dipotong dengan gunting atau pisau
  5. Dapat dirobek
  6. Dapat direkat dengan lem
  7. Dapat ditoreh dengan benda runcing atau tumpul
  8. Dapat digulung dengan penggaris
  9. Dapat diremas dengan tangan
  10. Dapat ditusuk dengan jarum atau benda lainnya yang runcing
  11. Dapat disambung dengan stapler
  12. Dapat dijepit dengan kertas
  13. Dapat dilubangi dengan alat khusus

Jenis-Jenis Kertas

Merek Lem Kertas
Pinhome

Berikut ini jenis-jenis dari kertas adalah sebagai berikut:

1. HVS

Kertas hvs memiliki tekstur halus, putih, dan tipis serta memiliki ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm hingga 100 gsm. Kertas hvs biasanya digunakan seperti pada perkantoran, sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, dan dapat juga digunakan sebagai media kertas untuk buku.

2. Art Paper

Kertas jenis art paper memiliki tekstur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Kegunaan kertas art paper umumnya untuk digunakan seperti brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian-bagian isi buku yang memerlukan gambar.

3. Book Paper

Kertas book paper memiliki tekstur sedikit kasar namun cenderung halus, warna kekuningan, ringan dan tipis. Selain itu memiliki ketebalan mulai dari 55 gsm,70, dan 90 gsm. Untuk kegunaannya yakni untuk Buku yang sifatnya teks saja.

4. Karton BW

Kertas jenis karton bwi memiliki tekstur halus, putih, selain itu memiliki ketebalan 240 gsm. Kegunaan kertas karton bw, umumnya digunakan seperti Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan masih banyak lagi.

5. Jasmine

Kertas jenis jasmin memiliki tekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas di permukaan kertas. Kertas ini biasa umumnya digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan.

6. Art Carton

Kertas jenis karton memiliki tekstur halus,putih, licin, mengkilap, dan tebal. Dan mempunyai ketebalan mulai dari 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kegunaan kertas jenis art carton umumnya digunakan seperti Kartu nama, Cover Buku, Cover Majalah, Company Profile, Poster, Sertifikat, Box Produk, dan Undangan.

7. Concorde

Kertas concorde memiliki tekstur kasar namun sedikit halus, serta memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Pada kertas jenis concorde biasanya digunakan seperti Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan masih banyak lagi.

8. Linen Jepang

Kertas jenis linen jepang bersifat yang halus, licin, selain itu memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depan. Kertas pada kertas jenis linen jepang memiliki ketebalan 240 gsm, dan untuk kegunaanya dapat seperti pembuatan Sertifikat, dan Kartu Nama karena permukaan kertas ini seperti kain.

9. NCR

Kertas jenis ncr memiliki tekstur yang halus, tipis, dan mempunyai partikel karbon. Kertas jenis ncr biasanya digunakan untuk Nota, Bon, Struk,Faktur, Surat Jalan dan masih banyak lagi.

10. Stiker Cromo

Kertas jenis stiker cromo memiliki tekstur licin, halus, mengkilap, dan terdapat lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Jenis kertas stiker cromo biasanya digunakan seperti media promosi yang dapat ditempel pada tempat-tempat tertentu.

11. Buffalo

Kertas jenis buffalo memiliki sifat yang halus, licin dan tebal, selain itu memiliki tekstur seperti guratan kayu. Pada kertas jenis buffalo biasanya lebih banyak digunakan seperti cover jilid, dan beberapa untuk map, dan untuk kartu iuran.

12. Stiker Vinyl

Kertas jenis stiker vinyl merupakan jenis kertas hasil sintetis, dengan ciri yang licin, halus, mengkilap, lentur dan terdapat lapisan lem pada permukaan belakang. Jenis kertas vinyl biasanya banyak digunakan pada bagian motor, mobil, helm, dan masih banyak lagi.

Karakteristik Lem Kertas

Setelah mengetahui pengertian kertas dan juga jenis-jenisnya, maka pembahasan selanjutnya adalah mengenali karakteristik lem kertas.

Untuk membuat suatu karya maupun merekatkan kertas, tentu penting memilih produk lem yang mudah dilepas dengan sejumlah cara untuk pemasangan ulang. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya kenali terlebih dahulu karakteristik dari masing-masing bentuk lem kertas. Berikut penjelasan mengenai lem kertas.

1. Lem Padat Yang Cocok Untuk Bidang Kecil

Lem padat atau batang biasanya berbentuk stik dengan permukaan rata. Jenis lem ini lebih cepat kering jika dibandingkan dengan lem yang teksturnya cair. Kelebihannya terletak pada kemudahan pemakaian, bisa diterapkan pada bidang kecil maupun luas, serta memungkinkan untuk dibawa kemana-mana tanpa takut tumpah isinya. Lem padat banyak digunakan oleh anak-anak untuk membuat kerajinan.

Meski bernilai praktis, lem padat umumnya memiliki daya rekat yang relatif rendah. Bahkan, bila tidak diperlukan lem hingga beberapa kali, daya rekatnya bisa hilang dan media yang direkatkan bisa lepas seiring berjalan waktu. Anda dapat menggunakan lem padat untuk menutup amplop ataupun menempelkan kertas laporan belanja pada buku catatan anggaran bulanan.

2. Lem Roller yang Praktis dan Tidak Perlu Mengenai Tangan

Jika Anda memerlukan lem yang praktis dan berdaya lekat baik, gunakanlah lem bertipe roller. Ada beberapa bentuk lem ini, tapi kami sarankan agar Anda memilih lem roller yang menyerupai correction tape. Tipe lem berikut ini dapat Anda andalkan untuk mengelem secara detail, seperti di bidang-bidang yang sempit.

Lem berbentuk roller memang praktis, tetapi dari segi harga cukup tinggi. Jadi, pertimbangkanlah bila Anda ingin menggunakannya dalam jumlah banyak. Lebih baik menggunakan lem roller hanya untuk merekatkan bidang yang sempit atau bergaris lurus. Saat membeli lem tipe ini, ketahui pula apakah isinya bisa diisi ulang atau tidak. Agar lebih ekonomis, pilihlah yang bisa di-refill.

3. Lem Cair yang Baik Untuk Bidang Luas

Lem cair merupakan bentuk lem paling pertama yang dikeluarkan untuk mengelem bidang kertas. Anda bisa menempelkan kertas berbidang luas dengan lem cair. Umumnya diciptakan dalam botol yang bagian mulutnya berbeda-beda ukurannya, ada yang bermulut besar dan bermulut kecil. Biasanya, lem bermulut besar lebih sulit dikontrol ketika ingin mengeluarkan isinya.

Lem kertas berjenis cair dapat dipakai untuk membuat DIY (Do It Yourself) atau proyek kerajinan tangan lain. Karakteristik dari lem cair adalah butuh waktu cukup lama untuk kering dan bisa membuat media yang dilem mengerut. Akan tetapi, lem cair memiliki daya rekat cukup kuat dan bisa diaplikasikan pada bidang luas dengan mudah.

4. Perlu Perhatikan Portabilitas dari Produk Pilihan Anda

Untuk anak-anak, lem kertas termasuk benda penting yang wajib dibawa ketika sekolah. Di samping itu, untuk pekerjaan kantor, lem kertas juga memiliki kegunaannya tersendiri, seperti menempel memo, catatan kecil, dan sebagainya pada buku kontrol.

Apapun kebutuhan Anda terhadap sebuah lem kertas, pastikan lem kepunyaan Anda mudah dibawa ke mana-mana. Belilah lem yang ukurannya mudah digenggam serta mudah dibawa. Utamakan memilih lem padat atau roller yang tidak rentan tumpah ketika dimasukkan ke tempat pensil.

Untuk keperluan kantor, lem kertas pilihan Anda harus bisa muat di pen stand atau ukurannya sesuai dengan meja kantor. Jika memilih lem roller, pastikan Anda pilih yang paling praktis pemakaiannya.

Rekomendasi Merk Lem Kertas

Berikut ini rekomendasi merek lem kertas sesuai dengan fungsinya:

1. Tombow Pit Power-C Glue Tape

Merek Lem Kertas
Minimaru

Tombow Pit Power-C Glue Tape adalah lem roller asal Jepang yang dapat Anda miliki ketika mengutamakan kepraktisan penggunaan. Pemakainnya mirip seperti menggunakan correction tape.

Cukup dengan ditekan dan digeser, maka lem akan keluar dan siap melekatkan banyak media, terutama yang memerlukan hasil detail.

Misalnya, Anda bisa mengelem tepi amplop atau kertas kado. Dengan lem ini, Anda bisa merekatkan dengan hasil sangat kuat dan rapi namun tidak membuat tangan Anda kotor atau lengket akibat ketidaksengajaan. Anda bisa pula membuat scrapbook berornamen menarik dengan lem ini.

2. Povinal Lem Cair

Merek Lem Kertas
Tokopedia

Povinal adalah merek lem cair yang terkenal di Indonesia Produk ini umum dipilih oleh anak-anak yang hobi membuat prakarya atau kerajinan tangan. Ketika mendapat perintah dari guru untuk membawa lem, umumnya mereka akan membawa lem ini karena relatif terjangkau harganya untuk kalangan anak sekolah.

Lem cair ini juga ideal dipakai untuk keperluan rumahan hingga kantoran. Akan tetapi, lem ini lebih tepat untuk bidang yang luas. Penggunaannya juga mudah, termasuk perataannya. Dengan ujung mulut yang pipih, Anda bisa memanfaatkan bagian tersebut untuk meratakan lem, tangan pun tidak kotor.

3. Giotto Glue Stick

Merek Lem Kertas
Producnation

Giotto Glue Stick mempunyai bentuk padat sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menempel. Berbeda dengan lem padat lainnya, produk ini justru memiliki daya rekat yang tinggi. Selain itu, Anda juga nyaman ketika menerapkan lem ini karena tidak memiliki bau menyengat layaknya lem pada umumnya.

Anak-anak juga aman ketika menggunakan lem ini, termasuk orang dewasa yang berhidung sensitif terhadap aroma menyengat. Walaupun berwujud padat, lem ini dapat dipindahkan ke media dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memutar bagian ujung lalu oleskan pada media yang ingin Anda lekatkan. Begitu saja dan lem pun langsung melekat dengan kuat.

4. UHU Twist & Glue

Merek Lem Kertas
Tokopedia

UHU mengeluarkan seri Twist & Glue yang merupakan lem cair dengan 3 fungsi perekatan, yakni berbentuk titik, garis, dan permukaan rata. Lem ini memiliki mulut berukuran kecil sehingga Anda dapat mengatur pemakaiannya di berbagai bidang.

Baik pada bidang kecil, sedang, dan besar, semuanya dapat dilekatkan dengan baik. Anda dapat mengandalkan lem ini pada banyak media, mulai dari kertas yang umum, hingga gabus, kayu, logam, kulit, porselen, plastik, kaca, hingga foto. Lem UHU berikut dapat diisi ulang serta mudah dibersihkan dengan air hangat.

5. Lem Fox Stik untuk Karton, Kertas, Kain dan Kayu

Lem Fox berbentuk stik ini mudah diatur penggunaannya berkat dikemas dalam ujung menyerupai pipet. Di samping itu, lem ini juga tidak mengandung bahan kimia sehingga aman serta ramah lingkungan.

Saat lem tidak sengaja terkena tangan, Anda tidak perlu khawatir akan efek buruk yang ditimbulkan ketika lem kering di tangan. Berwarna putih, lem ini mampu merekatkan sangat kuat pada bahan material kertas, karton, kain dan bahkan kayu. Jika Anda mencari lem yang tidak membuat kertas tipis mengkerut, Lem Fox Stik satu-satunya pilihan ekonomis dan terbaik!

6. Scotch Purple Glue Stick

Merek Lem Kertas
3M Indonesia

Produk perekat berbentuk padat satu ini memiliki kemasan yang menarik, yaitu warna ungu. Uniknya lagi, warna lem satu ini juga ungu, sehingga akan tampak menarik ketika pertama kali diaplikasikan. Saat lemnya mengering, yang tadinya berwarna ungu akan berubah menjadi transparan.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah lem telah kering sempurna atau belum hanya dengan melihat warnanya. Kemudian, lem padat ini juga berdaya rekat baik serta mudah menempel ke berbagai media. Bagi anak-anak, lem ini aman digunakan karena tidak mengandung toksin.

7. Lem 3M Super 77

Jika Anda ingin menghemat pemakaian lem, Anda bisa menggunakan lem tipe semprot ini. 3M Super 77 mampu merekatkan dengan waktu pengeringan singkat, yaitu sekitar 15-30 detik saja. Apabila Anda tidak punya waktu banyak untuk menunggu lem kering, lem kertas satu ini layak dijadikan pilihan.

Pekerjaan bisa selesai lebih cepat karena kelebihannya tadi. Di samping itu, karena berbentuk spray, maka lem ini bisa menyebarkan partikel lengket ke bidang yang lebih luas. Karena itu, lem ini lebih cocok untuk perekatan media yang cukup luas, seperti kain, kertas, logam, kayu, plastik, isolasi, hingga cardboard.

8. Kokuyo Dot Liner Tape Glue

Kokuyo adalah produsen asal Jepang yang menyediakan lem kertas bertipe roller atau tape. Hadir dalam dua tipe, yaitu permanen dan removable, Anda bisa gunakan berdasarkan kebutuhan. Ketika memilih yang permanen, lemnya melekat sangat kuat sehingga risiko lepas semakin kecil.

Sementara tipe yang dapat dilepas (removable) tidak meninggalkan bekas lengket di tangan. Produk ini ideal penggunaannya untuk mendukung kreativitas Anda, baik dalam membuat scrapbook, crafting, hingga melakukan pekerjaan umum dengan lem lainnya.

9. Kokuyo Dot Liner Stamp

Apabila Anda memerlukan lem berbentuk stamp, mungkin Dot Liner Stamp dari Kokuyo berikut dapat dijadikan pilihan. Walaupun dibandrol dengan harga cukup tinggi, lem ini bisa digunakan hingga 600 kali pengecapan, lho! Belum lagi dengan kepraktisan pemakaiannya, hanya ditekan, lem sudah keluar dengan jumlah yang ideal.

Anda juga bisa lebih menghemat ketika menggunakan lem ini. Di samping itu, lem berbentuk stempel ini juga dapat Anda gunakan sebagai lem roller. Tinggal atur sesuai kebutuhan atau preferensi Anda. Untuk pekerjaan rumahan hingga kantoran, lem ini sangat bisa diandalkan.

10. Castol U-Glue

Apabila Anda mencari lem cair yang berwarna bening atau transparan, milikilah Castol U-Glue. Lem berikut memiliki warna bening dengan daya rekat yang relatif baik. Anda dapat mengaplikasikan lem ini pada sejumlah media, seperti kertas, plastik, keramik atau porselen, kaca kristal, kulit, dan kayu.

Demikian pembahasan tentang rekomendasi merek lem kertas. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga saja kamu jadi lebih mudah dalam memilih merek lem kertas. Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 8 Kerajinan Tangan Bahan Kertas Bekas
  2. Macam Alat Tulis Kantor: Sejarah, Gambar, dan Pendukungnya
  3. Alat Tulis dan Peralatan Kuliah yang Diperlukan
  4. 13 Alat Tulis Wajib untuk Anak Sekolah
  5. Selain Buku, Ini Barang yang Dijual di Gramedia.com

Written by Ananda