in

Macam Alat Tulis Kantor: Sejarah, Gambar dan Pendukungnya

Macam-Macam Alat Tulis Kantor dan Gambarnya – Benda-benda tertentu pastinya jadi ciri khas di suatu tempat, termasuk kantor. Di sana, kita umumnya pasti menemukan pensil, pulpen, kertas, kalkulator, hingga peralatan kantor lain seperti mesin fotocopy atau printer. Jelas, memiliki peralatan tertentu di kantor memang sangat penting untuk menjalankan bisnis dengan efisien setiap harinya.

Meski begitu, bukan berarti kita asal menambahkan berbagai barang yang tampak cocok terlihat di dalam kantor. Sebab, harus dipastikan pula apakah barang itu cocok untuk jenis pekerjaan dan berkualitas untuk digunakan setiap dibutuhkan. Alat tulis kantor juga perlu disediakan sesuai karakter pekerjaan yang paling sering dilakukan.

Walaupun kebanyakan alat tulis kantor berukuran kecil dan tampak sepele, sebenarnya kehadirannya sangat penting. Bahkan, alat tulis bisa menimbulkan diskusi antara atasan dan bawahan untuk menyesuaikan jenis alat yang harus ada. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih mudah diselesaikan dan kualitasnya pun lebih baik.

https://www.pexels.com/

Pentingnya Alat Tulis Kantor

Seperti biasa. Saat bekerja di kantor, seringkali kita tidak memperhatikan alat tulis dan hanya akan mengambilnya jika diperlukan. Jika ternyata stoknya habis, kita segera membelinya dan me-restock ulang alat tulis tersebut. Jika ternyata ada kesulitan untuk mengadakan alat tulis, kita baru sadar bahwa pekerjaan tidak bisa dilanjutkan.

Inilah alasan alat tulis kantor sangat penting untuk diperhatikan.

Selain itu, ada beberapa hal yang mesti dicatat perihal alat tulis kantor, yaitu:

Kesan Pertama

Banyak orang mengabaikan pentingnya kualitas alat tulis di kantor, dan percaya atau tidak, pilihan alat tulis punya peran besar untuk orang lain menilai tentang kita dan perusahaan kita. Orang-orang benar-benar membuat keputusan berdasarkan kertas yang digunakan untuk surat dan tagihan untuk menentukan apakah kita adalah seorang bisnis profesional atau tidak, dan apakah kita menjalankan bisnis dengan serius.

Pentingnya Penampilan

Saat kita memilih perlengkapan kantor yang berkualitas, orang lain akan tahu bahwa kita menjalankan bisnis yang berkualitas pula. Ini berlaku untuk jenis alat tulis kantor dan barang lain yang kita pesan. Tak cuma soal orang lain, membeli alat tulis berkualitas juga baik untuk moral para pegawai. Tidak ada yang lebih buruk dari pena yang tintanya tak berfungsi atau kertas yang tidak mau masuk ke mesin fotokopi.

Kantor yang Lebih Efisien

Semuanya tampak mengalir lebih baik di dalam lingkungan kantor saat kita menggunakan alat tulis berkualitas. Barang-barang seperti stapler berfungsi saat digunakan dan pena tidak habis di tengah kalimat. Kertas yang dibeli tidak mencoreng tinta dari printer, sehingga surat dan faktur tidak perlu dilakukan berulang-ulang.

Pilihan Ramah Lingkungan

Di era ini, kita sudah bisa memesan alat tulis kantor yang lebih ramah lingkungan. Contohnya, kertas yang telah didaur ulang, pena, spidol, karet gelang, dan banyak hal lain yang jauh lebih ramah lingkungan. Orang-orang juga akan bereaksi terhadap hal-hal seperti itu dan ketika mereka merasa bahwa kita bertanggung jawab, mereka mungkin memilih untuk berbisnis lebih banyak.

Perlengkapan kantor adalah tulang punggung yang dibutuhkan semua kantor agar dapat berfungsi dengan baik. Lingkungan kantor akan terhenti jika kita tidak memiliki barang-barang alat tulis. Itulah betapa pentingnya mereka.

tombol beli buku

Perkembangan Alat Tulis

Kadang, kita hanya sekadar menggunakan dan menikmati cara kerja alat tulis. Padahal, jika dikulik lebih jauh, kita akan menyadari betapa kerennya perkembangan alat tulis sejak zaman dahulu. Sebab, tentunya ada sejarah yang cukup panjang.

Inilah perkembangan alat tulis seiring berjalannya waktu:

1. Batu Tajam

Pernahkah kita membayangkan kegiatan baca-tulis di zaman batu? Tentunya, hal ini sudah ada meski sistemnya berbeda sekali. Dulu, manusia menggunakan batu tajam yang juga dipakai untuk berburu. Dengan itu pula, mereka membuat gambar kehidupan sehari-hari. Caranya? Batu tajam digoreskan ke dinding gua.

2. Pena Jarum

Alat tulis yang satu ini pertama ditemukan pada tahun 1700-an SM oleh orang Yunani. Untuk menggunakannya, pena dari besi, gading, ataupun tulang ini digoreskan pada lempengan kayu yang sebelumnya telah dilapisi oleh lilin.

3. Tinta India

Filsuf asal Tiongkok, Tien Lcheu, berhasil menemukan sistem penggunaan tinta untuk tulisan. Di saat bersamaan, tinta ini juga ramai digunakan di India. Adapun bahan dasar pembuatan tinta ini adalah jelaga asap pohon cemara dan minyak lampu yang dicampur dengan minyak dari kulit keledai dan kelenjar rusa jantan.

4. Pena Bulu

Era Tinta India sudah berakhir. Selanjutnya, pena bulu yang terbuat dari bulu burung ditemukan pada tahun 700 M. Bukan sembarang bulu, pena ini paling berkualitas jika menggunakan bulu burung yang hidup di musim semi.

5. Pensil

Kita pasti mengira pensil dan pulpen datang bersamaan. Namun, tidak begitu kenyataannya. Pensil ditemukan setelah penemuan batu grafit pada 1500 M. Orang-orang mulai menyadari kegunaan batu grafit untuk alat tulis jika dibentuk secara khusus. Pasalnya, tak mungkin menggunakan batu grafit begitu saja dan mengotori tangan jika tidak dilapisi. Jadilah, pensil dengan pelapis kayu.

6. Fountain Pen

Berbeda dengan pulpen biasa, fountain pen tidak perlu ditekan untuk mengeluarkan tinta. Hanya dengan gaya gravitasi, tinta akan keluar menuju mata pena dan kertas. Cara ini membuat tinta kurang terkontrol saat keluar.

Oleh sebab itu, Lewis Waterman, seorang salesman asal Amerika Serikat, membuat inovasi dengan menambahkan lubang udara pada mata pena.

7. Pulpen

Pulpen pertama kali ditemukan oleh Laszlo Biro. Ia menggunakan tinta percetakan yang lebih tebal untuk membuat sebuah pena. Agar tintanya mudah mengalir, Biro menambahkan bola kecil yang bisa berputar dan membawa tinta ke mata pena. Inilah jenis pulpen yang banyak kita gunakan sekarang!

tombol beli buku

Macam-Macam Alat Tulis Kantor

Setelah mengetahui perkembangan alat tulis, kini saatnya menjejerkan berbagai jenis alat tulis kantor yang banyak digunakan saat ini. Berikut ulasannya!

1. Alat untuk Menulis

https://www.pexels.com/

Pulpen dan teman-temannya akan masuk dalam kategori ini, bersama pensil, spidol, dan alat tulis lainnya. Menggunakan berbagai barang ini, tulisan yang dihasilkan akan memiliki karakter berbeda dalam hal tekstur, warna, hingga ketebalannya.

Di kantor, pensil biasa digunakan untuk menggambar coretan atau menandai, merancang laporan hingga data. Hasilnya pun tak akan terlalu tebal dan bisa dihapus dengan mudah. Meski begitu, coretan rak akan terlalu bertahan lama.

Sementara itu, pulpen tentunya lebih berkarakter kuat dan permanen. Alat tulis ini juga lebih banyak dan lebih efektif digunakan dibandingkan berbagai alat tulis lainnya. Untuk spidol dengan berbagai warna berbeda, banyak digunakan bersama papan whiteboard. Biasanya, alat yang satu ini membantu untuk menjelaskan berbagai hal dalam proses presentasi atau rapat.

2. Alat untuk Menghapus

https://www.pexels.com/

Sudah bisa menulis di kantor, tentunya kita juga harus tahu alat untuk menghapusnya. Alat-alat ini akan membantu saat kita ingin memperbaiki suatu kesalahan dalam penulisan. Untuk pensil, biasa digunakan karet penghapus. Sedangkan pulpen, menggunakan correction tape untuk menutupinya. Seperti kita tahu, pulpen punya karakter permanen, bukan?

Untuk memperbaiki dengan lebih rapi, pastinya kita akan memerlukan alat-alat penghapus yang berkualitas baik.

3. Buku atau Notebook

https://www.pexels.com/

Menulis pastilah jadi salah satu kegiatan penting di kantor. Misalnya, menulis laporan, menulis saat presentasi, revisi, dan sebagainya. Pada dasarnya, kegiatan yang satu ini memang penting di segala bidang.

Untuk menulis, diperlukan buku catatan dengan berbagai jenis dan fungsi. Sebagai contoh, ada buku tulis biasa, kwarto, agenda, berbagai ukuran buku gambar, buku akuntansi, dan sebagainya.

4. Kertas

https://www.pexels.com/

Tak hanya buku, kertas satuan pun jadi barang wajib yang mesti ada di kantor. Jenisnya juga beragam, ada HVS, kwitansi, folio, kertas surat, dan lain sebagainya. Terlebih, diperlukan juga tambahan berupa amplop dan map.

Kertas sangat diperlukan karena tak semua penulisan dilakukan di dalam buku catatan. Ada kalanya, tulisan harus dibubuhkan pada bidang yang lebih simpel dan segera dikirimkan atau digunakan. Misal: surat, lembar penting dengan tanda tangan, dan sebagainya.

5. Peralatan Pendukung Lainnya

Hal-hal yang kita bahas sebelumnya adalah alat dasar untuk kegiatan kantor. Untuk lebih menunjang efisiensi pekerjaan, pastinya diperlukan alat tulis pendukung tambahan. Misalnya, ada kalkulator, stabilo, sampai paper clip.

Simak uraiannya di bawah ini:

  • Kalkulator
https://www.pexels.com/

Kalkulator menjadi salah satu alat bantu hitung yang paling diperlukan sejak lama. Meski berupa mesin, alat yang satu ini sudah hadir sejak bertahun-tahun sebelum mesin yang lebih canggih datang, Grameds.

Seperti yang kita tahu, kalkulator sangat berguna membantu perhitungan yang berkaitan dengan pekerjaan. Terlebih, biasanya kita dituntut untuk menghitung cepat dengan angka yang sangat banyak.

  • Stabilo
https://www.pexels.com/

Bukan cuma pekerjaan, alat yang berfungsi sebagai highlight kalimat-kalimat ini bahkan juga sering dipakai untuk anotasi buku biasa, fiksi maupun nonfiksi. Pantas saja, alat ini cukup penting meski sekarang banyak pekerjaan yang dilakukan dari rumah.

Sebab, menandai suatu bagian pekerjaan dengan warna tertentu bisa membuat kita lebih mudah dan cepat menemukannya kembali di saat genting. Sangat berguna, bukan?

  • Sticky Notes
https://www.pexels.com/

Siapa di antara kita yang suka mencatat hal penting dalam selembar kertas saat belajar? Tentunya, hal ini juga kerap jadi kebiasaan positif dalam menjalani pekerjaan. Inilah fungsinya sticky notes, yaitu untuk mencatat hal tertentu dan menempelkannya di tempat yang mudah terlihat.

Kita jadi lebih mudah lirik-lirik untuk menentukan tugas kita selanjutnya, Grameds!

  • Paper Clips
https://www.pexels.com/

Sebelumnya, kita sempat menyinggung alat tulis kantor berupa kertas. Pastinya, akan memusingkan pula jika ada terlalu banyak kertas yang berantakan di meja kerja, bukan? Oleh sebab itulah paper clip diperlukan.

Benda kecil ini dirancang khusus agar mampu menjepit kertas-kertas untuk keperluan yang sama, tanpa harus melubangi atau terlalu merusak kertas. Praktis dan tidak berisiko melukai kita!

  • Penggaris
https://www.pexels.com/

Untuk orang yang bekerja sebagai perancang: busana, arsitektur, dan lainnya, pastilah paham betapa pentingnya penggaris. Tak cuma yang biasa, namun juga penggaris siku-siku dan jenis lainnya.

Alat yang satu ini sangat bisa membantu mengukur panjang dan lebar suatu bidang dengan cepat. Kita juga bisa menggambar garis lurus dan rapi dengannya. Meski tampak sepele, kadang penggaris diperlukan di saat-saat genting!

Peralatan Kantor Zaman Now

Semakin berkembangnya zaman, tentunya alat-alat pun perlahan berubah mengikuti teknologi yang ada. Jadi, tak heran jika kita banyak menemukan alat-alat baru yang lebih canggih untuk digunakan di kantor. Mulai dari komputer hingga proyektor, inilah alat-alat tersebut:

1. Komputer

Bahkan, Grameds bisa saja membaca tulisan ini melalui komputer. Tak heran, alat ini memang menjadi jendela ke berbagai informasi dan pekerjaan di era sekarang. Data perusahaan banyak disimpan di dalam komputer dan pengoperasiann pun jadi lebih mudah.

2. Printer

Printer berguna untuk mencetak dokumen maupun foto, tergantung jenis kertas yang digunakan. Pada awalnya, data dokumen akan diproses oleh komputer dan akan dicetak ke atas kertas melalui printer. Tentu saja, cara kerja ini akan sangat memudahkan pekerjaan kita di kantor karena tidak perlu repot-repot menulis atau menggambar ulang.

3. Mesin Fotocopy 

Mengingat canggihnya printer, pastinya kita juga akan membahas mesin fotocopy. Alat yang satu ini juga memiliki peran besar dalam menunjang pekerjaan di kantor. Apalagi saat kita perlu menggandakan suatu dokumen.

Jadi, Grameds tak perlu mencetak ulang dokumen yang ada dengan printer karena prosesnya akan lebih lama dan boros tinta. Mesin fotocopy akan membuatnya lebih cepat. Mesin yang satu ini pun punya dua macam, yaitu berwarna dan hitam putih.

4. Scanner

Dalam bahasa Indonesia, scanner biasa kita sebut sebagai pemindai. Sesuai namanya, alat ini bertugas memindai benda fisik, khususnya yang berupa dokumen dan menyalinnya dalam bentuk digital. Salinan berupa dokumen PDF atau foto ini pun bisa disimpan di komputer dan digunakan saat diperlukan.

5. Proyektor

Jika dulu kita melakukan presentasi dengan menulis di papan tulis, di zaman ini ada alat yang bisa membantu kita menyiapkan materi tanpa harus pegal-pegal menuliskannya di sana. Sebab, materi akan langsung ditampilkan melalui layar.

Maksudnya, alat berupa proyektor inilah yang akan menciptakan cahaya berpola yang akan terlihat persis seperti materi yang telah kita siapkan di komputer. Bahkan, kita juga bisa menambahkan gerakan animasi agar presentasi tidak berlangsung dengan terlalu membosankan.

tombol beli buku

Kesimpulan

Menyenangkan, bukan, mengetahui macam-macam alat tulis kantor dan gambarnya? Terlebih, kita menjadi lebih paham sejarah alat tulis yang telah digunakan sejak dulu. Grameds, seperti yang kita pahami, perkembangan teknologi sangat berperan dalam kemajuan alat-alat penopang pekerjaan sehari-hari kita.

Alat-alat sederhana seperti buku, pensil, pulpen, penggaris, sampai stabilo pun ternyata bisa berperan penting dalam pekerjaan kita. Mereka akan dibutuhkan di banyak waktu dan kita akan kesulitan jika tidak memilikinya. Tak cuma itu, kita juga bisa memanfaatkan alat tulis tambahan seperti paper clip dan penggaris dengan baik.

Untungnya, selain alat tulis sederhana, ada banyak alat pendukung digital yang memudahkan kita. Terkadang, di saat genting, kita jadi tak perlu menggambar atau menulis ulang dokumen yang ingin digandakan. Cukup gunakan scanner atau mesin fotocopy, maka semuanya bisa beres dengan cepat dan rapi!

Jadi, sudah sepatutnya kita lebih mempelajari lagi tentang teknologi masa depan dan manajemen kantor untuk bisa menciptakan inovasi di masa depan. Melalui Gramedia, kami berkomitmen untuk menyediakan buku-buku terbaik, salah satunya di bidang tersebut.

Sebagai #SahabatTanpaBatas Grameds, kami yakin menumbuhkan minat membaca bisa mengubah masa depan ke arah yang cemerlang. Supaya makin cerdas dan bisa menciptakan alat-alat canggih untuk membantu pekerjaan kita di masa depan, mari menjadi generasi yang gemar membaca!

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Macam Alat Tulis Kantor



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum