in , ,

13 Alat Tulis Wajib Untuk Anak Sekolah

Alat Tulis Wajib Untuk Anak Sekolah – Alat tulis merupakan perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh anak sekolah demi menunjang kegiatan belajar mereka. Tidak hanya sekadar bolpoin, pensil, dan buku saja, ternyata ada banyak lho alat tulis yang tentu saja akan berguna dan justru menambah semangat anak untuk mengikuti pembelajaran.

Meskipun pada saat ini kegiatan belajar-mengajar hanya sebatas daring, tetapi tetap saja para anak sekolah memiliki kewajiban untuk belajar sendiri. Bahkan saat ini tengah ramai ada stationery set yang memiliki warna-warni pastel sehingga secara tidak langsung dapat memotivasi anak untuk belajar, menulis catatan dengan rapi, hingga menghiasnya semenarik mungkin.

Terkadang, catatan yang menarik dan apik tersebut juga diunggah di sosial media mereka dan justru dapat menjadi penyemangat belajar orang lain yang membaca catatan tersebut. Lalu, apa saja ya alat tulis yang wajib dimiliki oleh anak sekolah saat ini? Yuk, simak ulasan berikut ini supaya Grameds mendapatkan inspirasi untuk mencatat materi sekolah dengan estetik!

https://www.pexels.com/

13 Alat Tulis Wajib Bagi Anak Sekolah

1. Buku

Buku adalah peralatan wajib yang harus dimiliki oleh anak sekolah karena menjadi sarana atau media untuk menulis dan mencatat materi. Setiap tahun ajaran baru, biasanya toko alat tulis atau pusat grosir akan mengadakan diskon besar-besaran untuk penjualan buku.

Baik itu buku bergaris, buku kotak-kotak kecil, buku kotak-kotak besar, hingga buku untuk menulis halus (tulisan latin).

Nah, semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula alat tulis buku yang dimiliki oleh sebagian besar anak sekolah. Yap, buku tulis yang mereka gunakan sekarang ini tidak hanya sekadar buku tulis biasa, tetapi berupa binder yang dapat diisi berbagai jenis kertas.

Kelebihan dari penggunaan binder sebagai buku adalah lebih menghemat kertas yang tidak sempat dijadikan catatan materi sehingga dapat digunakan untuk kelas selanjutnya. Selain itu, kertas “isi ulang” dalam binder terkesan lebih menarik, menjadikan anak lebih semangat untuk menulis dan membaca catatan materi.

2. Pensil

https://id.pinterest.com/

Alat tulis selanjutnya adalah pensil. Kelebihan dari penggunaan pensil adalah apabila tulisan tersebut salah, kita dapat menghapusnya dengan penghapus yang telah tersedia. Pada zaman sekarang, pensil tidak hanya yang berbentuk pensil biasa saja tetapi ada juga yang berbentuk mekanik.

Untuk pensil biasa, apabila ujungnya sudah tumpul pasti tidak nyaman untuk digunakan. Maka dari itu, kita harus menyediakan juga rautan pensil. Rautan pensil ini juga memiliki banyak bentuknya, ada yang berbentuk kecil dan sederhana, tetapi ada juga yang berbentuk besar dan rautannya diputar. Bahkan saat ini, ada juga rautan pensil elektrik yang dapat secara otomatis meraut pensil tersebut hingga menjadi runcing.

Untuk pensil mekanik ini lebih efisien karena ujung pensil tidak akan tumpul. Selain itu, kita tidak perlu merautnya karena cukup mengisi ulang “batangan” isi pensil tersebut di tempat yang sudah disediakan. Perlu diketahui bahwa kita harus memilih isi pensil yang berkualitas supaya ketika menulis, ujung pensil tidak terus-menerus patah dan mengganggu konsentrasi belajar.

Nah, setelah membahas pensil, tidak tepat rasanya apabila tidak membahas penghapus. Yap, penghapus adalah alat tulis pelengkap pensil. Untuk memilih penghapus, lebih baik yang memiliki kualitas tinggi supaya ketika menghapus, tulisan tidak akan “meluber” atau bahkan kertas menjadi sobek.

3. Bolpoin

https://id.pinterest.com/

Bolpoin adalah alat tulis yang wajib dimiliki oleh pelajar untuk menulis selain pensil. Bolpoin biasanya digunakan oleh pelajar jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), dan warna yang boleh digunakan ketika proses ulangan dan ujian adalah warna hitam.

Namun, apabila digunakan untuk mencatat materi, tentu saja diperbolehkan menggunakan bolpoin berbagai warna. Hal tersebut supaya dapat memotivasi keinginan di dalam otak untuk semangat menulis dan membaca ulang catatan materi tersebut untuk belajar.

4. Tipp-Ex

Sama halnya dengan pensil yang memiliki penghapus sebagai alat untuk menghapus tulisan yang salah, bolpoin juga memiliki Tipp-Ex. Tipp-Ex atau correction tape adalah sebuah alat tulis yang digunakan untuk menghapus tulisan bolpoin. Sebenarnya, nama alat tulis Tipp-Ex ini besar dari frasa “Mistake Out” yang artinya ‘kesalahan kabur’.

Tipp-Ex memiliki dua macam, yakni yang berbentuk cair dan berbentuk seperti pita kaset.

5. Spidol

Spidol memiliki bentuk yang hampir sama dengan bolpoin, tetapi ujung spidol ini lebih lunak dan isinya kadang lebih “cair” daripada isi bolpoin. Penggunaan spidol biasanya supaya tulisan lebih tebal.

Namun ternyata, spidol juga bisa dipakai untuk menulis catatan materi pelajaran supaya lebih estetik lho! Apalagi spidol ini memiliki beragam warna, tidak hanya warna hitam saja. Menulis dengan menggunakan spidol biasanya mengandalkan teknik lettering. Bagi kamu yang menyenangi hal-hal berkaitan dengan seni gambar pasti tidak asing dengan keberadaan drawing pen. Nah, drawing pen tersebut juga bisa dijadikan sebagai “pengganti” spidol untuk teknik lettering dalam menulis catatan materi pelajaran lho…

6. Stabilo atau Highlighter

https://id.pinterest.com/

Pasti Grameds sudah tidak asing dengan keberadaan stabilo atau highlighter ini. Yap, ini adalah salah satu alat tulis wajib yang dimiliki anak sekolah yang berguna untuk menandai atau menyorot tulisan materi penting di buku.

Perlu diketahui bahwa ternyata stabilo ini sudah ada padanan kata dalam Bahasa Indonesia lho… Ada beberapa opsi, yakni “penyorot”, “penanda warna”, dan “pena penanda”. Meskipun dalam menyebutkan dua kata tersebut masih agak “kagok”, tetapi akan lebih baik jika kita menggunakan padanan Bahasa Indonesia tersebut ya…

Stabilo ini hampir sama dengan spidol yakni memiliki beragam warna yang menarik, terutama warna-warni pastel yang terkesan “kalem” untuk dipandang di sebuah buku catatan.

7.  Sticky Note

https://id.pinterest.com/

Sticky note atau kertas catatan ini memiliki bentuk kecil dan terdapat perekat di bagian belakangnya. Biasanya, sticky note ini akan digunakan sebagai catatan kecil yang berkaitan dengan materi kemudian ditempel di buku pelajaran atau buku catatan.

Keberadaan sticky note ini memang terlihat sepele padahal ternyata sangat berguna bagi pelajar. Apalagi jika sedang mempelajari mata pelajaran yang penuh dengan istilah asing, misalnya Biologi, Kimia, Sejarah, hingga bahasa asing.

Saat ini, sticky note memiliki bentuk yang lucu dan warna menarik sehingga secara tidak memotivasi kita untuk mau menulis catatan dan belajar.

8. Kolase Tape

https://id.pinterest.com/

Kolase tape ini kurang lebih hampir sama dengan selotip, tetapi dalam kolase tape memiliki corak dan warna yang lebih menarik. Selain itu, fungsi antara keduanya juga berbeda.

Kolase tape ini biasanya digunakan untuk menghias bagian atas dari kertas catatan. Memang terlihat sepele tapi jika pandai memanfaatkannya, pasti buku catatan milikmu akan terlihat menarik sehingga kamu akan giat untuk membacanya ulang dan belajar.

9. Kalkulator

https://id.pinterest.com/

Kalkulator adalah sebuah alat untuk menghitung matematika secara sederhana, baik itu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Tidak hanya itu saja, kalkulator juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk menghitung rumus matematik tertentu.

Alat ini tentu saja sangat berguna bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Apalagi, saat ini telah banyak kalkulator yang memiliki bentuk kecil dan sederhana sehingga dapat muat dimasukkan di tempat pensil. Selain itu, pilihan warna yang ditawarkan untuk kalkulator juga saat ini semakin bervariasi, bahkan warna-warni pastel juga ada.

10. Penggaris

https://id.pinterest.com/

Alat tulis selanjutnya adalah penggaris. Pasti Grameds sudah tidak asing dong dengan keberadaan alat tulis yang bentuknya lurus memanjang ini.

Penggaris atau biasa juga disebut dengan mistar, merupakan sebuah alat bantu untuk mengukur dan menggambar bentuk garis lurus. Penggaris ini ternyata mempunyai berbagai macam bentuk tidak hanya berbentuk lurus memanjang saja, tetapi ada juga yang berbentuk segitiga dan berukuran lebih kecil. Selain itu, ada juga penggaris yang dapat dilipat supaya lebih ringkas dan tidak “memakan” tempat pensil. 

11. Jangka

Jangka merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menggambar lingkaran atau busur supaya dapat membentuk bulat secara sempurna. Selain itu, jangka juga dapat berfungsi untuk mengukur jarak, terutama dalam peta.

Alat jangka biasanya sangat dimanfaatkan pada mata pelajaran matematika.

12. Stapler

https://id.pinterest.com/

Stapler adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyatukan sejumlah kertas. Di beberapa daerah, alat ini biasa disebut juga dengan jegrekan, pengokot, atau cekrekan.

Apakah Grameds tahu bahwa stapler dan staples itu ada dua hal yang berbeda?

Yap, orang sering menganggap bahwa stapler itu sama saja dengan staples, padahal sebenarnya tidak.

Jadi, stapler adalah alat yang digunakan untuk menyatukan kertas dan diisi dengan potongan mental kecil berbentuk U. Nah, potongan mental kecil berbentuk U itulah yang disebut dengan stapler. Sederhananya, stapler adalah alatnya, sementara staples adalah isinya.

Saat ini, stapler tidak hanya berwarna abu-abu logam saja, tetapi juga ada beragam warna pastel yang tentu saja lebih menarik. Selain itu, ukurannya juga ada yang lebih kecil dengan fungsi yang sama saja dengan ukuran biasa.  

13. Tempat Pensil

https://id.pinterest.com/

Tempat pensil adalah sebuah tempat khusus untuk menyimpan alat tulis, seperti bolpoin, pensil, penghapus, rautan, isi pensil, tipp-ex, hingga sticky note.

Namun saat ini, telah banyak juga beredar tempat pensil yang mampu memuat berbagai alat tulis bahkan beberapa spidol dan stabilo juga dapat dimasukkan ke dalamnya. Selain itu, tampilannya juga memiliki corak dan warna yang menarik, mulai dari yang terbuat dari bahan kain hingga transparan.

14. Map Kancing

https://id.pinterest.com/

Map kancing atau biasa disebut dengan stopmap adalah sebuah tempat untuk menyimpan berbagai berkas berupa kertas. Map kancing ini tentu saja sangat berguna bagi para pelajar khususnya yang hendak menempuh ujian sebagai tempat menyimpan kertas soal ujian untuk dipelajari saat les atau tambahan pelajaran.

Map kancing ini juga ada yang berbentuk layaknya tas jinjing sehingga tidak harus dimasukkan ke dalam tas.

Nah, itulah beberapa alat tulis yang wajib dimiliki oleh para anak sekolah dalam menunjang proses kegiatan belajar mereka. Untuk mendapatkan alat-alat tulis tersebut bisa melalui online shop atau di toko alat tulis terdekat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Alat Tulis Wajib untuk Anak Sekolah

Written by Rifda Arum