in

Buku Tes Psikotes Polri Terbaik

Buku Tes Psikotes Polri dibawah ini dapat bermanfaat bagi Grameds yang akan menjadi tes psikologi. Tes psikologi atau yang lebih kita kenal dengan istilah tes psikotes pada dasarnya adalah salah satu bagian dan tahap perekrutan karyawan di banyak perusahaan, baik itu dari perusahaan BUMN maupun perusahaan swasta, bahkan bisa juga instansi pemerintah seperti CPNS, TNI dan tentunya Polri.

Beberapa orang yang pernah mengikuti tes dan bimbel TNI Polri pasti sudah sangat familiar dengan istilah tes psikotes. Tes psikotes sendiri bisa dikatakan sama dengan tes psikologi, hanya saja dalam proses seleksi masuk TNI dan Polri istilah tes psikologi lebih sering disebut dengan tes psikotes. Maka dari itu, baik istilah tes psikotes maupun tes psikologi memiliki makna yang sama.

Psikotes diselenggarakan sebagai cara untuk mengetahui karakter, sifat, perilaku, kepribadian hingga IQ yang dimiliki seseorang. Pada saat seleksi Tes Polri dan TNI, kamu akan melewati tahap demi tahap dalam mengerjakan soal dari tes psikotes.

Hal ini tentu akan digunakan sebagai penilaian mengenai pendaftar termasuk layak atau tidak layak untuk mengikuti tes selanjutnya.

Rekomendasi Buku Tes Psikotes Polri

1. Wangsit Pawang Soal Sulit TNI POLRI

wangsit pawang soal sulit tni polri

wangsit pawang soal sulit tni polri

Rekomendasi pertama dari Gramedia.com untuk Kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai polisi Republik Indonesia adalah Wangsit Pawang Soal Sulit TNI POLRI. Buku yang dibanderol dengan harga 138.250 ribu rupiah ini diterbitkan oleh Gramedia Widiasarana Indonesia. Dengan tebal mencapai 640 halaman, buku ini sangat cocok untuk persiapan kamu menghadapi tes psikologi masuk POLRI, mulai dari Taruna Akpol, SIPSS, Brigadir Polri, hingga Tamtama.

2. Best Score Tes Masuk TNI Polri Sistem CAT 2021-2022

best score tes masuk tni polri sistem cat 2021 2022

best score tes masuk tni polri sistem cat 2021 2022

Rekomendasi buku tes psikologi untuk masuk Polri yang kedua dari Gramdia.com yang dapat Kamu coba adalah Best Score Tes Masuk TNI Polri Sistem CAT 2021-2022. Buku yang diterbitkan oleh Genta Smart Publisher pada 25 Februari 2021 lalu ini dibanderol dengan harga 160 ribu. Buku setebal 576 halaman ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mendaftarkan diri sebagai polisi karena mengupas secara lengkap tes psikologi Polri.

3. Panduan Sukses Tes Masuk TNI POLRI Sistem CAT

Panduan Sukses Tes Masuk TNI POLRI Sistem CAT menjadi rekomendasi ketiga untuk buku tes psikotes polri yang dapat Kamu coba. Dengan harga mencapai 119.000 rupiah ini, buku ini sangat cocok menjadi teman belajar kamu yang memiliki impian sebagai seorang polisi Republik Indonesia.

Buku yang diterbitkan oleh Genta Smart Publisher pada 1 Januari 2018 lalu ini berisi informasi seputar tes TNI dan POLRI, materi ujian, Psikotes (mulai dari TPA hingga TBS), tes kemampuan akademik. Tidak hanya itu, buku setebal 644 halaman ini juga dilengkapi pembahasan TOEFL secara lengkap sekaligus bonus CD dan aplikasi android.

4. Sistem Kebut Semalam Lolos Tes Masuk TNI Polri

Di rekomendasi buku tes psikotes polri yang keempat terdapat Sistem Kebut Semalam Lolos Tes Masuk TNI Polri. Buku seharga hanya 80 ribu rupiah ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjadi anggota POLRI maupun TNI. Sudah menjadi hal yang umum bahwa POLRI atau TNI merupakan salah satu cara atau bentuk bela negara yang dilakukan secara aktif.

Buku yang diterbitkan oleh Pustaka Widyatama ini diterbitkan pada 10 Oktober 2019 lalu. Dengan tebal mencapai 224 halaman, buku ini menyajikan gambaran terkait tes yang akan dilalui oleh para pendaftar POLRI atau TNI, termasuk tes psikologi. Selain itu, beberapa materi lainnya, yaitu jenis latihan soal, latihan fisik, syarat-syarat yang diperlukan, hingga beberapa hal penting lainnya yang tentu saja akan mempermudah untuk lolos dalam seleksi.

5. Kupas Tuntas Tes TNI/POLRI

Salah satu yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer dengan judul Kupas Tuntas Tes TNI/POLRI merupakan rekomendasi keempat buku tes psikotes polri yang bisa kamu miliki. Dengan harga yang dibanderol total 92 ribu rupiah, buku ini menyajikan taktik dan streategi yang sangat kamu butuhkan untuk melewati berbagai tahap dalam proses tes masuk POLRI, termasuk juga tes psikologi.

Dalam buku yang memiliki jumlah halaman mencapai 208 lembar ini dilengkapi berbagai materi terkait tes masuk POLRI maupun TNI yang bisa kamu pelajari, yaitu kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan parsial, dan semua jenis tes gambar. Selain itu, buku ini juga menyajikan Soal dan Pembahasan Kemampuan Umum secara detail, lengkap, dan sangat mudah untuk dipahami.

Tidak hanya menyajikan materi pengetahuan, buku ini juga memberikan beragam tips dan trik dalam menjalani tes kesehatan masuk POLRI atau TNI. Dalam tes ini diketahui ada lebih dari 30% peserta mengalami kegagalan. Maka dari itu, setiap peserta perlu juga melakukan latihan fisik secara teratur, mulai dari tes lari 12 menit, push up, sit up, pub up, shuttle run, dan tentunya tes renang. Dalam pembahasan ini juga disertai pembahasan mendalam terkait berbagai soal yang diambil dari dari soal asli untuk tes TPA/PSIKOTES TNI-POLRI.

6. Panduan Resmi Sukses Tes TNI POLRI 2020/2021

Meskipun buku ini sudah diterbitkan oleh penerbit Emc pada 4 Februari 2020 lalu, Panduan Resmi Sukses Tes TNI POLRI 2020/2021 ini tetap cocok sebagai salah satu rekomendasi buku tes psikotes polri yang keenam. Dengan tebal halaman mencapai 566 lembar, buku ini sangat cocok untuk menjadi teman kamu belajar sebelum menghadapi penerimaan anggota POLRI atau TNI.

Selain membahas tentang tes psikologi secara lengkap dan mendalam, buku yang dapat kamu beli Gramedia.com dengan harga 168 ribu rupiah ini juga dilengkapi dengan berbagai materi lainya, seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), hingga Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tidak hanya itu, kamu juga akan disajikan panduan terkait tes kesehatan, tes samapta, tes postur, hingga wawancara mental, ideologi, dan tentunya pantukhir.

7. Panduan Wajib Tes Masuk TNI POLRI

panduan wajib tes masuk polri

panduan wajib tes masuk polri

Selanjutnya, rekomendasi buku tes psikotes polri yang ketujuh menurut Gramedia.com adalah Panduan Wajib Tes Masuk TNI POLRI. Buku yang diterbitkan oleh Kompas Ilmu pada 20 Desember 2019 ini dapat dikatakan sebagai salah satu buku tes POLRI terlengkap. Hal ini dikarenakan buku yang memiliki tebal 624 halaman dan harga mencapai 170 ribu rupiah memiliki berbagai materi terkait penerimaan anggota polisi Republik Indonesia. Bagi kamu yang ingin memiliki buku ini, kamu dapat membelinya secara langsung maupun via online melalui toko buku gramedia atau gramedia.com.

8. Drilling Soal-Soal Tes Masuk Polri

drilling soal tes masuk polri

drilling soal tes masuk polri

Drilling Soal-Soal Tes Masuk Polri menjadi rekomendasi buku tes psikotes polri yang terakhir dari Gramedia.com. Naskah drilling soal tes masuk polri ini bisa dikatakan salah satu naskah yang bisa kamu gunakan sebagai panduan masuk polri. Buku yang diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer ini dilengkapi dengan berbagai soal prediksi untuk tes masuk Polri baik di tingkat daerah hingga tingkat pusat.

Meskipun terbitkan pada 8 Februari 2018 lalu, buku yang dibanderol dengan harga 88 ribu rupiah untuk versi cetak dan 119 ribu rupiah untuk ebook ini secara mendalam membahas tentang tes psikotes. Contoh soal untuk tes psikotes dalam buku ini meliputi berbagai kemampuan, mulai dari kemampuan numeric, kemampuan verbal, hingga tes kecermatan dan tes kepribadian bakat dan minat.

Selain berisi paket tes psikotes, buku dengan tebal 170 halaman ini juga menyajikan berbagai paket tes akademik yang terdiri dari soal kemampuan bahasa Inggris, pengetahuan umum dan tentunya kemampuan bahasa Indonesia. Buku ini diketahui sangat cocok untuk membantu persiapanmu dalam menghadapi seleksi masuk polri. Hal ini dikarenakan pembahasan buku ini terbilang detail dengan disertai teknik dan berbagai trik dalam mengerjakan soal secara cepat dan tepat.

Ditambah lagi, buku Drilling soal juga dilengkapi dengan berbagai jenis dari rumus matematika dasar dan kamus mini istilah sinonim dan antonim. Alhasil, buku ini patut menjadi salah satu pilihan teman-teman sebagai bekal mengikuti tes masuk POLRI atau TNI.

B. Tips dan Trik Menghadapi Tes Psikotes Polri

Setelah mengetahui delapan rekomendasi buku tes psikotes Polri, pada bagian ini kamu akan dijelaskan tentang tips dan trik yang bisa dilakukan pada saat menghadapi tes psikotes seleksi masuk Polri. Seperti yang sudah disampaikan di atas, apabila tujuan dari tes psikotes digunakan untuk melakukan pengukuran terkait banyak kemungkinan dari bermacam kemampuan, mulai dari mental hingga semua elemen yang mendukungnya. Hal ini juga berlaku untuk prestasi, kemampuan, kepribadian, intelegensi bahkan fungsi neurologis.

Jadi, bisa dikatakan bahwa tes psikotes bisa dikatakan sebagai rangkaian kegiatan untuk mengetahui gambaran seseorang, mulai dari gambaran kognitif, kondisi emosi, beragam kecenderungan sikap serta berbagai faktor yang mempengaruhi kecenderungan tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa kalian lakukan pada saat mengerjakana tes psikotes Polri, yaitu:

1. Kamu harus memiliki keyakinan yang kuat. Keyakinan yang kuat seseorang bersumber dari tujuan atau harapan yang dimilikinya. Apabila kamu ingin menjadi seorang Polisi Republik Indonesia, maka tentu kamu harus siap berjuang sepenuhnya untuk mewujudkannya. Tentunya, keinginan yang bersumber dari hati akan lebih kuat dibandingkan keinginan yang didorong oleh orang lain.

2. Kamu harus mempersiapkan tubuh agar dalam kondisi sehat dan sangat fit. Maka dari itu, pada saat mendekati hari tes psikotes, kamu diharapkan untuk tidak terlalu capek belajar. Kamu sebaiknya lebih fokus untuk mempersiapkan diri agar lebih tenang dan yakin dalam mengerjakan soal dari tes psikotes. Beberapa orang sering merasa gugup dikarenakan banyak tes yang beruntun sehingga perlu menunggu giliran dalam waktu yang lama.

3. Kerjakanlah tes psikotes dengan jujur. Tes kepribadian pada dasarnya berbeda dengan tes pengetahuan lainnya. Dalam tes psikotes, kamu sebaiknya tidak mencoba untuk mencontek jawaban teman di sebelahmu. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan teman yang kamu anggap pintar, bisa jadi tidak memiliki kepribadian yang sesuai untuk Polri. Polri sendiri merupakan salah satu institusi yang memiliki peran penting untuk bangsa dan negara.

4. Selalu berlatih mengerjakan soal tes psikotes di tempat-tempat yang gaduh. Tempat yang gaduh akan sangat cocok bagi kamu yang ingin melatih tingkat konsentrasi. Hal ini disebabkan pada saat tes psikotes sebenarnya, kondisi ruangan tidak setenang tes lain yang biasa kalian lakukan. Maka dari itu, bagi beberapa orang yang memiliki kebiasaan untuk bekerja di lingkungan yang sepi, bisa dikatakan akan mengalami kesulitan dalam tes psikotes untuk seleksi masuk Polri.

C. Aspek Penilaian Tes Psikotes Polri

Dalam tes psikotes Polri ini, ada beberapa aspek yang bakal diujikan kepada setiap calon polisi Republik Indonesia. Diketahui setidaknya ada empat poin utama dari berbagai aspek tersebut, antara lain yaitu:

1. Faktor kecerdasan

  • kecerdasan umum;
  • kemampuan praktis;
  • kemampuan verbal;
  • kemampuan abstrak.

2. Faktor kepribadian

  • Prososial;
  • Pengendalian diri;
  • Penyesuaian diri;
  • Kepercayaan diri.

3. Faktor minat

  • Prosedural;
  • Pelayanan sosial;
  • Adil;
  • Kebenaran;
  • Demokratis;
  • Humanisme.

4. Sikap kerja

  • Kecepatan;
  • Daya tahan;
  • Ketelitian.

Dalam tes psikotes tersebut diketahui menggunakan sistem penilaian psikologi yang diwujudkan dalam skala 0 sampai 100. Kategori penilaian tes psikotes Polri, antara lain sebagai berikut:

0 – 40 : Kurang sekali;
41 – 60 : Kurang;
61 – 80 : cukup;
81 – 100 : Baik.

Nilai psikologi dinyatakan memenuhi syarat (MS) adalah 61 ke atas, dan tidak memenuhi syarat (TMS) adalah 60 ke bawah.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Buku Tes Psikotes Polri

Written by Emka Umam