in

Berapa Lama Film Tayang di Bioskop? Ada yang Sampai 98 Hari, Apa Saja?

Menonton film di bioskop merupakan salah satu kegiatan yang paling disukai orang-orang karena cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman, keluarga atau pasangan. Berbagai genre film ditayangkan di bioskop secara berkala dalam satu bioskop biasanya terdapat berbagai pilihan film yang bisa kamu pilih. Tentu film-film ini tidak terus ada di bioskop karena harus bergantian dengan film yang nantinya akan naik dan tayang.

Di Indonesia sendiri, bioskop yang terkenal dan jumlahnya banyak ada XXI, CGV dan Cinepolis. Biasanya jika film yang ditayangkan sangat populer maka akan ditayangkan lama di bioskop namun jika film tersebut dirasa kurang laku maka hari penayangan dan jam penayangannya juga akan dikurangi bahkan terpaksa diganti.

Nah grameds, kira-kira berapa lama sih waktu ideal sebuah film tayang di bioskop? Apakah bisa mencapai 1 bulan atau bahkan hanya 2 hari? Nah simak artikel dibawah ini yang akan membahas mengenai berapa lama film tayang di bioskop

Berapa Lama Film Tayang di Bioskop?

sumber: pexels

Jika mengikuti ketentuan normal seluruh bioskop di Indonesia maka biasanya film lokal atau film buatan Indonesia akan mendapatkan jadwal tayang selama 7 hari di bioskop. Yang paling menentukan apakah film tersebut masih bisa tayang adalah jumlah penonton pada hari pertama hingga hari keempat. Jika antusias penonton masih bertambah dan setiap penayangan kursi bioskop dilihat masih penuh maka penayangan bisa lebih panjang namun jika sudah berkurang penontonnya maka harus diganti dengan film lain yang mungkin lebih diminati.

Sedangkan jadwal penayangan untuk film luar atau film hollywood tidak selama film lokal. Untuk film luar Indonesia hanya mendapat jadwal tayang selama 4 hari dengan pantauan jumlah penonton setiap hari. Antusiasme penonton menjadi penentu akankah film akan masih terus tayang hingga jumlah penonton berkurang bahkan habis. Namun jika beberapa hari sudah sepi maka harus siap digantikan.

Faktor Penentu Berapa Lama Film Tayang di Bioskop

sumber: pexels

Grameds, ada faktor-faktor yang menjadi penentu suatu film bisa tayang berapa lama dalam sebuah bioskop. Berikut ini adalah faktor-faktornya :

1. Antusiasme Penonton

Seperti yang kita tahu bahwa target suatu bioskop tentu adalah penonton. Jika selama penayangan sebuah film akan menghasilkan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan penonton dan menyebabkan review positif dimana-mana bahkan film tersebut menjadi viral, artinya potensi film tersebut untuk mendatangkan keuntungan akan lebih banyak.

Bioskop biasanya akan menayangkan suatu film hingga antusiasme penontonnya mereda atau bahkan hingga hilang sama sekali. Mereka akan terus menayangkan poster film terus jika masih banyak penonton yang menonton. Tentu  jika masih banyak peminat maka tidak mungkin jika film tersebut akan tayang 2 hingga 3 bulan. Sejauh ini rekor tayang terlama di bioskop Indonesia awalnya dipegang oleh film “Ada Apa Dengan Cinta 2” dengan tayang selama 91 hari dan saat ini digeser oleh film komedi yang baru rilis tahun 2024 ini yaitu “Agak Laen” dengan 98 hari tayang.

2. Sponsor dari Pemilik Film

Selain jumlah penonton, sponsor film dari pemilik film juga mempengaruhi lamanya sebuah film akan tayang. Meski peminatnya sepi, sebuah film bisa tayang lebih lama dari jadwal normal jika pemilik film ingin mensponsori. Biasanya ini akan terjadi pada film-film dengan budget  yang besar yang diharapkan akan memiliki penonton yang ramai namun nyatanya tidak. Untuk tetap menarik perhatian penonton maka film akan terus ditayangkan agar penonton semakin tertarik menonton.

3. Persaingan Antar Film

Selain itu alasan selanjutnya adalah sebuah film bisa turun lebih cepat dari jadwal biasanya jika hari dan tanggal penayangannya berhadapan dengan film Blockbuster populer seperti Marvel Avenger, atau Avatar. Film-film ini biasanya akan mengorbankan film lainnya dan membuat layar untuk menayangkan lebih banyak. Bukan berarti film yang sedang tayang buruk atau tidak bagus namun minat para penonton akan tergiring ke film Blockbuster. 

FIlm Indonesia dengan Penayangan Terlama

Tidak kalah dengan film-film blockbuster dari luar negeri, namu film-film ini juga berhasil menarik perhatian penonton hingga menayangkan film selama berbulan-bulan. Berikut ini adalah film-film nya

1. Agak Laen

sumber: wikipedia

Film komedi terlaris tahun 2024 ini adalah film Agak Laen yang disutradarai oleh Muhadkly Acho dan Produser Ernest Prakasa, Dipa Andika Nurprasetyo. Film Komedi ini diperankan oleh beberapa komedian seperti Bene Dion, Oki Rengga, Indra Jegel, dan Boris Bokir.

Film Agak Laen ini pertama tayang pada tanggal 1 Februari 2024. Film ini berhasil mengambil antusias penonton sebanyak 1 juta penonton dalam 4 hari penayangan. Bahkan dalam seminggu penayangan jumlah penonton berlipat ganda 2 kali yaitu 2 juta penonton. Dalam penayangan hari ke 10 film ini mendapatkan 3 juta penonton dengan jumlah harian tertinggi mencapai 500.000 orang.

Antusias penonton sangat tinggi karena melihat tingkah konyol dari pemeran yang merupakan petugas rumah hantu yang hampir bangkrut. Setelah 24 hari penayangan film ini melewati 7 juta penonton dan menjadi film komedi terlaris di Indonesia menggeser Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 1.  Hal ini juga membuat film Agak Laen menjadi film terlaris kedua di Indonesia dibawah KKN di Desa Penari. 

Produser Film Agak Laen, Ernest Prakasa berpamitan setelah 98 hari tayang di bioskop dengan memperoleh jumlah penonton sebanyak 9.125.188 penonton.

2. Ada Apa Dengan Cinta ? 2

sumber: wikipedia

Selanjutnya ada film romantis legendaris yaitu Ada Apa Dengan Cinta? yang dibintangi oleh aktris Dian Sastro dan aktor Nicholas Saputra. Film ini disutradarai oleh Riri Riza yang pertama kali tayang pada 28 April 2016. Film ini merupakan sekuel dari film Ada Apa Dengan Cinta? yang pertama kali dirilis pada tahun 2002.

Antusiasme penonton untuk menyaksikan akhir kisah Rangga dan Cinta terus membludak. Seperti yang kita ketahui bahwa film ini dulunya sangat populer dengan kelanjutan ceritanya yang baru dibuat 14 tahun kemudian. Kisah cinta mereka yang “gantung” pada AADC pertama membuat penontonnya penasaran akankah mereka bisa bersama? Penonton yang mengikuti kisah ini dari awal tentu harus menunggu jawabannya selama 14 tahun.

Di akhir penayangan, AADC 2 meraih 3,7 juta penonton dengan total penayangan selama 91 hari. Film ini juga diadaptasi ke dalam novel yang ceritanya sama dengan filmnya. AADC 2 juga berhasil diputar di luar negeri yaitu di Malaysia, Brunei dan Australia.

3. KKN di Desa Penari

sumber: wikipedia

Selanjutnya adalah film horor yang sempat viral karena cerita nya di media sosial X. KKN di Desa Penari adalah film yang disutradarai oleh Awi Suryadi. Film ini dibintangi oleh Tissa Biani, Adinda Thomas, dan Achmad Megantara. Film KKN di Desa penari tayang perdana pada 30 April 2022 setelah batal tayang pada 2020 karena pandemi covid-19.

Antusiasme penonton yang membludak diakibatkan pembatalan tayangan film ini sejak 2020 karena pandemi. Setelah keadaan pandemi membaik maka film ini berhasil naik ke bioskop dan disambut dengan baik oleh para penonton yang penasaran dengan visual dari cerita yang sempat viral di akun X ini.

Film ini juga berhasil ditayangkan di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat. Film KKN di Desa Penari ini pamit dari bioskop setelah tayang selama 75 hari dan meraih 9.233.847 penonton sejak tayang perdana. Angka ini membuat film KKN di Desa Penari menjadi film terlaris sepanjang masa di Indonesia.

4. Susah Sinyal

Selanjutnya adalah film drama komedi yang dirilis pada 21 Desember 2017. Film ini disutradarai oleh Ernest Prakasa. Para pemain film ini adalah Adinia Wirasti, Ernest Prakasa Aurora Ribero, Refal Hady dan Valerie Thomas.Film ini menjadi film terlaris keenam pada tahun 2017 dan meraih jumlah penonton 2.172.512 penonton selama penayangan di bioskop.

Antusiasme penonton meningkat karena film ini menceritakan mengenai kisah ibu dan anak yang sangat mengharukan. Ketika keadaan ibu dan anak yang harus memaksa mereka memperbaiki hubungan yang tidak pernah hangat.

Film ini tayang di bioskop selama 68 hari. Film ini juga sudah diadaptasi dalam bentuk novel yang sama ceritanya seperti di film. Film ini akan memberikan banyak cerita dan pelajaran berharga untuk kamu.

5. Dilan 1990

sumber: watchsomuch

Selanjutnya adalah film drama romantis anak muda yaitu Dilan 1990. Film ini dirilis pada tahun 2018 yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Film ini diangkat dari novel Dilan : Dia adalah Dilanku Tahun 1990. Film ini diperankan oleh Iqbaal Ramadhan menjadi Dilan dan Vanesha Prescilla jadi Milea.

Film ini mengambil latar kota Bandung dan Jakarta dengan suasana romantis anak muda pada jaman 1990. Film Dilan 1990 ini berhasil memiliki jumlah penonton 6.315.664 yang menempatkan film ini sebagai film terlaris sepanjang 2018. Antusias penonton sangat tinggi karena kisah cinta Dilan dan Milea yang manis serta gombalan-gombalan Dilan yang sering digunakan bahkan hingga saat ini.

Film Dilan  1990 tayang di bioskop selama 64 hari di bioskop. Selanjutnya akan ada sekuel dari film dilan ini yaitu Dilan 1991 dan Milea : Suara Hati dari Dilan. 

Penutup

Nah grameds itu dia adalah penjelasan mengenai berapa lama film tayang di bioskop. Apakah grameds sudah tonton semua filmnya? Tentu ada berbagai faktor yang dapat membuat sebuah film tayang dengan jangka waktu yang lama di bioskop. Sebagai penonton kita harus mendukung industri perfilman Indonesia dengan menonton langsung ke bioskop dan jangan menonton film bajakan di website.

Semua rekomendasi buku yang sudah dijelaskan dibawah, bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Devina

 

Rekomendasi Buku Terkait

Novel Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Novel Dilan : Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

button cek gramedia com

“Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore.Tunggu aja.” (Dilan 1990) “Milea, jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu, nanti, besoknya, orang itu akan hilang.” (Dilan 1990) “Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli.” (Milea 1990)

Novel Dilan 2:Dia Adalah Dilanku Tahun 1991

Novel Dilan 2:Dia Adalah Dilanku Tahun 1991

button cek gramedia com

Jika aku berkata bahwa aku mencintainya, maka itu adalah sebuah pernyataan yang sudah cukup lengkap.”” -Milea “”Senakal-nakalnya anak geng motor, Lia, mereka shalat pada waktu ujian praktek Agama.”” -Dilan

KKN Di Desa Penari

KKN Di Desa Penari

button cek gramedia com

KKN di Desa Penari adalah sebuah novel alih wahana dari sebuah utas Twitter yang viral di akun Twitter-nya Simpleman. Novel ini diterbitkan oleh Bukune pada 13 September 2019. Utas horor tersebut diposting pada 24 Juni 2019 dan menjadi viral karena kisahnya yang menarik dan bikin penasaran. Novel ini diambil berdasarkan kisah nyata, namun penulis mengubahnya menjadi cerita fiksi dan tidak ada karakter, kejadian, maupun lokasi yang persis seperti kenyataannya. Hal tersebut dilakukan penulis untuk menghindari sentimen dari beberapa pihak. Meskipun begitu secara keseluruhan eksplor ceritanya asli didapat dari narasumber. Sinopsis Saat motor melaju kencang menembus hutan, Widya mendengar tabuhan gamelan. Suaranya mendayu-dayu dan terasa semakin dekat. Tiba-tiba Widya melihat sesosok manusia tengah menelungkup seakan memasang pose menari. Ia berlenggak-lenggok mengikuti irama musik gamelan yang ditabuh cepat. Siapa yang menari di malam gulita seperti ini? Tiga puluh menit berlalu, dan atap rumah terlihat samar-samar dengan cahaya yang meski temaram bisa dilihat jelas oleh mata. “Mbak… kita sudah sampai di desa.”



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 52 / 58
  • Tidak
    10% 10% 6 / 58


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M