in

16 Rekomendasi Film Hantu Indonesia Terseram, Cocok untuk Menemani Akhir Pekan

Sumber: Kompas.com

Film hantu Indonesia – Di antara banyaknya genre film, genre horror menjadi salah satu genre film yang banyak digemari oleh para pecinta film, bisa jadi kamu salah satu orang yang menyukai genre film ini. Ketika menyaksikan film horor, penonton akan merasakan sensasi yang bermacam-macam, mulai dari tegang, takut, sedih, dan bahkan lucu.

Jika membahas genre film horor, tentu saja identik dengan hantu. Di Indonesia sendiri ada banyak film hantu yang mendapatkan rating bagus. Hal ini dikarenakan film horo hantu Indonesia tersebut berhasil menyampaikan cerita dengan baik sekaligus memberikan sensasi sendiri pada penonton yang membuat nagih.

https://www.gramedia.com/products/sewu-dino?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Film Hantu Indonesia

Bagi Grameds yang ingin uji nyali atau sudah terbiasa dan suka dengan genre film horor, berikut kami sajikan rekomendasi film hantu Indonesia yang cocok disaksikan untuk menikmati waktu akhir pekan.

1. Bangsal 13 (2004)

film hantu Indonesia
Sumber: Wikipedia

Rekomendasi film hantu Indonesia yang pertama adalah film yang rilis pada tahun 2014. Film Bangsal 13 ini menceritakan kisah dari dua sahabat yang dibintangi oleh Endhita Wibisona dan Luna Maya.

Kisah ini bermula ketika tokoh bernama Natasha dan Mina secara tidak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera. Setelah kecelakaan tersebut, Natasha dan Mina membawa Hera ke rumah sakit.

Akan tetapi, seluruh rumah sakit yang didatangi oleh keduanya penuh, sehingga tidak dapat merawat Hera. Dikarenakan keadaaannya darurat, maka pihak rumah sakit akhirnya memutuskan untuk membuka kembali salah satu bangsal yang sudah lama ditutup, yaitu bangsal nomor 13 setelah 20 tahun dikunci.

Dari situlah, berbagai kejadian aneh serta menyeramkan mulai terjadi. Karena bangsal 13 rupanya menyimpan arwah dari seorang suster yang ingin balas dendam.

2. Pocong 2 (2006)

film hantu Indonesia
Sumber: Wikipedia

Film hantu Indonesia yang kedua adalah film hasil recycle dari film Pocong yang sebelumnya tidak lulus sensor KPI. Film hantu satu ini dibintangi oleh Risty Tagor dan Revalina S. Temat. Film Pocong 2 berhasil menyuguhkan aura seram dan menyajikan cerita yang bagus. Bahkan, ketika menonton film ini, kamu akan dibuat kaget di beberapa adegang filmnya.

3. Kuntilanak (2006)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Mendengar judulnya saja sudah membuat bulu kuduk berdiri merinding, apalagi jika menyaksikan filmnya. Film Kuntilanak ini cocok bagi Grameds yang ingin mencari sensasi seram, mistis sekaligus menegangkan ketika menyaksikan film horor. Film Kuntilanak rilis pada tahun 2006 dan dibintangi oleh artis papan atas seperti Ibnu Jamil, Julie Estelle, Evan Sanders, Ratu Felisha dan lainnya.

4. Keramat (2009)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Dibandingkan dengan rekomendasi film hantu Indonesia yang sebelumnya, film Keramat yang dirilis pada tahun 2009 berhasil menampilkan sudut pandang yang berbeda dan menghadirkan situasi yang lebih mencekam untuk para penonton.

Dalam film Keramat, digunakan teknik pengambilan gambar handheld camera yang akan membuat penonton seakan-akan ikut merasakan situasi seram ketika terjadi peristiwa-peristiwa mistis atau menyeramkan.

Ketika menyaksikan film ini, Grameds juga akan mendapatkan beberapa kejutan di tengahnya, sehingga membuat penonton melompat ketakutan. Atau bahkan masih terbayang walaupun sudah selesai menonton film ini.

5. Rumah Dara (2010)

film hantu Indonesia
Sumber: Wikipedia

Film Rumah Dara disutradarai oleh The Mo Brothers yaitu Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel. Film ini dibintangi oleh Shareefa Daanish dan Julie Estelle sebagai tokoh utama dalam film Rumah Dara.

Film hantu Indonesia satu ini rilis pada tahun 2010 dan menceritakan tentang kisah pasangan mudah bernama Adjie dan Astrid dengan ketiga temannya yaitu Alam, Eko dan Jimmie. Mereka berlima terjebak dalam sebuah rumah seorang pembunuh misterius yang bernama Dara.

Mereka berkunjung ke rumah Dara usai menolong seorang perempuan bernama Maya yang mengaku sedang dirampok. Akan tetapi, kebaikan mereka justru membawa musibah.

Setelah mendapatkan jamuan di rumah Dara, yaitu ibu kandung dari Maya, satu persatu dari kelima tokoh tersebut menemui hal janggal ketika malam tiba. Kemudian, dari sinilah peristiwa kejam dari Dara dan Maya pun dimulai.

Film Rumah Dara mengambil sub genre horor yaitu slasher. Sub genre ini lebih berfokus pada penjahat yang pelakunya adalah manusia dan berperan sebagai pembunuh berantai. Berbeda dengan film horor lainnya, film satu ini tidak menampilkan hantu untuk menambah sensasi seram.

6. The Doll (2016)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

The Doll merupakan film hantu Indonesia yang rilis pada tahun 2016 dan salah satu film hantu yang menarik banyak penonton Indonesia. Film satu ini menceritakan tentang sepasang suami istri bernama Anya dan Daniel yang baru saja pindah rumah ke Bandung.

Film The Doll dibintangi oleh Shandy Aulia, Denny Sumargo dan Sara Wijayanto. Film hantu ini menceritakan tentang Daniel yang secara tidak sengaja membawa pulang sebuah boneka dari lokasi proyek tempat ia bekerja. Akan tetapi, boneka yang ia bawa tersebut ternyata tidak seperti boneka biasa. Setelah boneka tersebut masuk ke rumah mereka, kejadian aneh dan peristiwa mistis pun mulai terjadi.

7. Danur (2017)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Film Danur menceritakan tentang sebuah keluarga manis yang berada di Jawa Barat. Film ini menjadi salah satu film hantu terbaik yang wajib Grameds tonton jika Grameds menyukai film horor!

Prilly Latuconsina menjadi pemeran utama yang membintangi film Danur dan berperan sebagai Risa, yaitu seorang gadis indigo yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk-makhluk gaib.

Sejak kecil, Risa selalu merasa kesepian karena ayahnya bekerja di luar negeri dan hanya berkunjung menjenguk Risa setiap enam bulan sekali saja. Sedangkan, ibunya bernama Elly selalu sibuk bekerja sebagai seorang guru.

Karena kesepian, Risa akhirnya memutuskan untuk bermain dengan makhluk gaib tidak kasat mata yang berada di rumahnya. Akan tetapi, ketika ingin memanggil teman bermainnya, Risa justru ikut memanggil energi negatif yang mengganggu ketentraman di dalam rumah Risa.

8. Mata Batin (2017)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompasiana.com

Film hantu Indonesia kedelapan adalah film berjudul Mata Batin yang menjadi film horor yang cukup sukses di Indonesia karena berhasil meraih penonton sebanyak 1 juta penonton ketika pertama kali rilis.

Mata Batin mengisahkan tentang kisah seorang tokoh bernama Alia yang diperankan oleh Jessica Mila. Dalam film ini, mata batin Alia dibuka, sehingga ia mampu melihat makhluk gaib tidak kasat mata yang meminta tolong padanya.

Selain dibintangi oleh Jessica Mila, film Mata Batin juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama lainnya, seperti Denny Sumargo, Bianca Hello dan Citra Orima, aktor dan aktris tersebut membantu menyampaikan kesan menyeramkan dan menegangkan pada film Mata Batin.

Sebagai tambahan informasi, film Mata Batin diangkat dari kisah nyata. Selain itu, film ini juga berhasil menduduki peringkat kedelapan sebagai film Indonesia paling laris pada tahun 2017, saking larisnya, film ini bahkan turut ditayangkan di luar negeri seperti di Malaysia dan Brunei Darussalam.

9. Pengabdi Setan (2017)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Film Pengabdi Setan sempat viral di antara para penikmat film horor di Indonesia. Selain itu, film ini juga memenangkan penghargaan Festival Film Indonesia pada tahun 2017.

Sebagai informasi, film Pengabdi Setan di tahun 2017 merupakan remake prekuel dari film dengan judul yang sama pada tahun 1980 dan disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra berdasarkan pada cerita Subagio S.

Film hantu Indonesia satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga miskin serta malang yang dihantui oleh kematian sang ibunda yang meninggal usai sang ibu terbaring di tempat tidur selama kurang lebih tiga tahun karena suatu penyakit aneh yang membuat tubuhnya lemah.

Setelah kepergian sang ibu, keluarga tersebut mulai mengalami berbagai macam keanehan dan kejanggalan mistis.

https://www.gramedia.com/products/kkn-di-desa-penari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

10. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Rekomendasi film hantu Indonesia kesepuluh adalah film berjudul Sebelum Iblis Menjemput yang menjadi salah satu film horor Indonesia yang menarik banyak minat dari penggemar film horor.

Film ini menceritakan tentang keluarga kecil yang meminta bantuan dukun misterius yang diperankan oleh Ruth Marini. Awal mula petaka datang ketika seorang ayah bernama Lesmana, yang diperankan oleh Ray Sahetapy membuat perjanjian terlarang dengan iblis.

Lesmana ingin mendapatkan kesuksesan dan kekayaan duniawi sebagai seorang pengusaha dan sebagai balasan untuk mewujudkan keinginannya tersebut, Lesmana menumbalkan istrinya yaitu Kinaryosih.

Akan tetapi, setelah perjanjian dengan iblis dan penumbalan sang istri, Lesmana dan keluarganya tidak lantas mendapatkan kesuksesan dan kekayaan dengan mudah seperti yang mereka harapkan. Mereka justru menerima kejadian aneh dan mistis dan menyeramkan.

11. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Perempuan Tanah Jahanam merupakan salah satu film hantu Indonesia terbaik yang rilis pada tahun 2019. Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan muda bernama Maya yang diperankan oleh Tara Basro.

Maya diceritakan melakukan perjalanan ke sebuah desa tempat asalnya dahulu. Maya mengunjungi desa tersebut bersama dengan sang adik dan sahabatnya Dini yang diperankan oleh Marissa Anita.

Kedua saudara tersebut diceritakan harus bertahan hidup dengan berbagai macam cara, termasuk dengan berjualan di tengah pemukiman dan desa terpencil. Meskipun sudah berusaha sekuat tenaga, tetapi kegagalan selalu mengikuti mereka berdua, sebab ada sesuatu hal yang janggal pada desa tersebut.

12. Ratu Ilmu Hitam (2019)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompasiana.com

Kisah pada film Ratu Ilmu Hitam menceritakan tentang sulitnya perjuangan dari seorang penyintas kekerasan seksual untuk meraih keadilan. Film ini rilis pada tahun 2019 dan disutradarai oleh Kimo Stamboel dari naskah Joko Anwar.

Ratu Ilmu Hitam menampilkan bagaimana tokoh Murni yang dibintangi oleh Putri Ayudya akhirnya menggunakan ilmu santet untuk balas dendam pada pelaku kekerasan seksual pada dirinya.

Dari keinginan balas dendam dengan ilmu hitam tersebut, pengalaman tidak mengenakan serta menyeramkan pun terus terjadi.

13. Sunyi (2019)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Film hantu Indonesia yang satu ini cocok bagi Grameds yang ingin menyaksikan bagaimana masa-masa kelam dari para remaja. Film Sunyi rilis pada tahun 2019 dan dibintangi oleh Angga Aldi yang berperan sebagai Alex.

Alex diceritakan bersekolah di sebuah SMA unggulan yang sudah mewajarkan kekerasan fisik serta kekerasan mental atau bullying atas dasar senioritas.

Dalam film ini, anak kelas tiga dianggap sebagai dewa, sedangkan anak tingkat bawah dianggap sebagai manusia dan status dari siswi kelas satu dianggap sebagai seorang budak.

Alex diceritakan berteman dengan Maggie yang diperankan oleh Amanda Rawles dan memiliki nasib yang sama dengan Alex. Maggie membuat Alex mampu bertahan menghadapi situasi penuh tekanan pada SMA tersebut.

Karena kekerasan fisik dan lainnya, SMA tersebut pun diselimuti oleh berbagai kejadian aneh dan mistis yang menghantui para siswanya.

14. Surat dari Kematian (2020)

film hantu Indonesia
Sumber: Indozone.id

Film yang satu ini dinilai cukup relate atau berhubungan dengan kehidupan yang dekat dengan teknologi seperti sekarang. Film Surat dari Kematian rilis pada tahun 2020 dan menceritakan tentang sekelompok mahasiswa di Yogyakarta yang ingin mencari-cari tentang berbagai macam cerita urban legend dari hantu bernama Mbak Rohanna yang berada di Jembatan Perawan, Yogyakarta.

Surat dari Kematian dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama seperti Endy Arfian yang berperan sebagai Zein dan Carissa Perusset yang berperan sebagai Kinan. Mereka berdua harus mengajukan tempat angker di Yogyakarta untuk dijadikan sebagai materi konten YouTube milik mereka.

15. KKN di Desa Penari (2022)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompas.com

Film satu ini tentu saja tidak asing di telinga Grameds atau mungkin Grameds justru sudah menyaksikan film KKN di Desa Penari? Film ini diangkat dari thread di Twitter yang sempat viral. Bahkan, sebelum rilis, film KKN di Desa Penari sudah menarik banyak minat penggemar horor Indonesia dan dinantikan oleh banyak orang.

KKN di Desa Penari harus mengalami beberapa kali penundaan tayang dikarenakan beberapa kendala seperti pandemi Covid-19. Film hantu Indonesia satu ini mengisahkan tentang enam mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN. Keenam mahasiswa tersebut harus melaksanakan KKN di sebuah desa kecil, tokoh-tokohnya adalah Widya, Nur, Bima, Ayu, Anton, dan Wahyu yang harus terjun dan membuat beberapa program untuk KKN.

Mereka tidak pernah menyangka bahwa KKN yang mereka jalankan akan disertai dengan bumbu mistis dan pengalaman tidak biasa. Sebab, desa tempat mereka KKN rupanya bukanlah desa biasa.

Pak Prabu yaitu kepala desa tersebut telah memberikan peringatan pada keenam mahasiswa tersebut agar tidak melewati batas gapura terlarang. Setelah peringatan tersebut, mereka pun mengalami berbagai kejadian aneh ketika berada di desa tersebut.

Bima juga mulai mengalami perubahan sikap dan program KKN yang mereka buat mulai berantakan. Hal ini karena penghuni gaib desa tersebut tidak menyukai kelompok KKN tersebut.

Film KKN di Desa Penari memecahkan rekor sebagai film horor Indonesia paling laris sepanjang masa dan mencapai jumlah penonton sebanyak 6 juta sejak pertama kali tayang pada 30 April 2022 hingga tanggal 16 Mei 2022.

16. Menjelang Maghrib (2022)

film hantu Indonesia
Sumber: Kompasiana.com

Rekomendasi film hantu Indonesia terakhir adalah Menjelang Maghrib yang rilis pada tahun 2022. Film ini menceritakan tentang Thalia, Erlan dan Ahmad yaitu mahasiswa Psikologi yang sedang melakukan penelitian untuk penyusunan skripsi mereka tentang seseorang pasien gangguan jiwa bernama Nina.

Gangguan jiwa yang dialami oleh Nina, membuat dirinya harus dipasung dengan kayu di sebuah pondok kecil. Sebab, Nina sering melakukan berbagai tindakan di luar nalar.

Gangguan yang dialami oleh Nina tersebut, hanya muncul menjelang maghrib, sehingga ia harus dipasung sebelum waktu tersebut. Ketika melaksanakan penelitiannya untuk menyusun skripsi, ketiga mahasiswa tersebut justru terjebak dalam situasi mengerikan dan berbahaya.

https://www.gramedia.com/products/sihir-mesir-ditanah-jawa-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Demikianlah 16 rekomendasi dari film hantu Indonesia yang rilis mulai tahun 2004 hingga 2022. Jika Grameds suka dengan film-film horor atau hal-hal mistis, Grameds juga bisa merasakan ngeri dan tegang yang sama dengan membaca buku-buku horor.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com tentu saja menyediakan buku-buku horor dan mistis bagi Grameds yang menyukai genre horor. Jangan ragu untuk membeli bukunya di Gramedia.com karena bukunya dijamin original dan berkualitas!

Penulis: Khansa

Baca juga:

Written by M. Hardi