in

Ketahui Drama Korea Polisi, Seru dan Menegangkan

Drama Korea Polisi – Saat ini, jika bicara tentang Korea Selatan, pastinya bukan hanya tentang idol group saja, melainkan tak bisa dilepaskan dari film atau serial dramanya. Bahkan, serial drama Korea memiliki beberapa jalan cerita yang menarik, salah satunya adalah drama Korea tentang Polisi. Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui rekomendasi drama Korea Polisi yang sayang untuk tidak ditonton.

Tenang saja, pada artikel ini, kita akan membahas tentang drama Korea Polisi. maka dari itu, tetap simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Rekomendasi Drama Korea Polisi

Drama Korea memang selalu menarik untuk ditonton ya, selain karena penampilan pemainnya, cerita yang ditawarkan juga sangat bervariasi lho grameds. Nah berikut ini ada beberapa rekomendasi drama Korea tentang polisi yang sayang untuk tidak ditonton.

1. You’re All Surrounded (2014)

wikipedia

Drama ini berkisah tentang empat polisi muda yang ditugaskan di tim investigasi kepolisian Gangnam sebagai detektif. Keempat polisi tersebut adalah Eun Dae- Koo (Lee Seung- Gi), Eo Soo- Sun (Go Ara), Park Tae- II (Ahn Jae- Hyeon), dan Ji Kook (Park Jung- Min).

Namun, dari keempat polisi tersebut tidak satupun bertemu dengan Seo Pan Seok (cha Seung Won) yang merupakan kepala tim investigasi 3. Petualangan mereka pun dimulai. Awalnya, keempat detektif muda ini kurang antusias akan pekerjaan barunya mereka. Namun dengan seiring waktu keempatnya belajar dari pengalaman dan kesalahan untuk memecahkan kasus-kasus yang rumit.

2. Signal (2016)

asianwiki

Signal sebagai drama yang digadang-gadang salah satu rekomendasi drama Korea tentang polisi terbaik. Drama ini rilis pada tahun 2016 dan memenangkan penghargaan Baeksang kategori drama terbaik saat itu. Di dalam drama ini mengambil latar belakang dua waktu yaitu masa lalu di tahun 1990- an dan masa kini di tahun 2016.

Drama Signal mengisahkan tentang polisi yang mempunyai pangkat letnan bernama Hae Young (Lee Je Hoon), ia sangat susah untuk percaya dengan orang lain. Kemudian, ia bertemu dengan seorang detektif senior di sebuah kafe, mereka pun terjadi kesalahpahaman. Dari drama ini ada yang menarik, serunya Hae Young terhubung dengan seseorang di masa lalu melalui walkie talkie. Secara diam-diam, kedua detektif lintas waktu ini bekerja sama untuk memecahkan kasus di masa lalu dan masa sekarang, dan masuk pada kategori drama korea polisi yang grameds wajib tonton.

3. Rugal 

wikipedia

Rugal menceritakan tentang Kang Ki Beom (Choi Jin Hyuk) adalah seorang detektif andal yang kalah dalam organisasi kejahatan. Organisasi tersebut bernama Argos. Ada pengorbanan dalam menumpas kejahatan, ia Ki Beom harus kehilangan istri dan anak-anaknya.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. Life on Mars

wikipedia

Pada drama ini menceritakan tentang kasus pembunuhan berantai dan penjelajah waktu. Seorang detektif yang bernama Han Tae Joo (Jung Kyung Ho) mengalami kecelakaan saat berusaha akan menangkap tersangka pembunuhan. Namun, saat ia terbangun dirinya sudah merasa terjebak di masa yang berbeda yaitu tahun 1988.

5. Police University (2021)

asianwiki

Drama ini merupakan salah satu yang grameds wajib tonton, karena menceritakan tentang kerjasama antar mahasiswa kepolisian dan dosennya untuk melakukan penangkapan pemilik judi online terbesar, di mana ternyata kasus tersebut ada di kampus kepolisian.

Kang Soo Hoon merupakan murid Yoo Dong Man, bercerita tentang sekelompok anak muda yang mempunyai tekad berbeda-beda untuk menjadi penegak hukum. Mereka banyak melakukan pelatihan-pelatihan agar sampai ke tahap sana. Drama ini dibintangi antara lain oleh Cha Tae Hyun, Krystal Jung, Jung Jin Young BI4A. persaingan, persahabatan, asmara maupun rahasia lain dapat grameds temukan di dalam drama ini.

6. Mouse (2021)

wikipedia

Mouse juga salah satu drama Korea polisi yang wajib grameds tonton, karena drama ini diperankan oleh Lee Seung Gi. Kisah dari drama ini tentang pihak kepolisian yang harus berhadapan dengan pembunuh serta psikopat yang sudah merajalela. Drama Korea polisi ini termasuk dalam genre thriller karena menampilkan banyak adegan yang menegangkan serta mengerikan.

Drama ini menceritakan tentang seorang detektif bernama Ko Moo-chi yang ditugaskan untuk mengungkapkan kasus pembunuhan berantai di sebuah kota. Tidak sendiri, ia dibantu oleh seorang polisi muda yang mempunyai pangkat opsir berbakat bernama Jung Ba-Reum. Drama Korea ini memiliki plot twist yang mampu membuat dahu penonton mengkerut, lho. Karena penonton harus memperhatikan setiap detail terkecil untuk menemukan pembunuhnya dari awal.

7. Tunnel (2017)

wikipedia

Drama korea polisi selanjutnya adalah Tunnel. Drama ini terinspirasi dari drama pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986. Pada kisah ini banyak korban yang saling berjatuhan, karena semakin intens sang detektif terus dipaksa untuk memecahkan kasusnya dengan segera mungkin. Ternyata, seorang detektif andal yang bernama Park Gwan Ho (Choi Jin Hyuk) ia merupakan sosok yang melakukan apa saja untuk penegakkan hukum.

Saat mengejar penjahat, ia masuk ke dalam sebuah terowongan. Ketika keluar, dirinya berada pada tahun 2017. Namun, setelah berulang kali mencobanya ke tahun 1986, Park Gwang Ho juga sadar bahwa dirinya baru bisa kembali ke masanya jika sudah memecahkan kasus pembunuhan tersebut.

8. Voice (2017)

wikipedia

Voice sebagai drama Korea polisi yang mengisahkan tentang aktivitas seorang detektif di kepolisian Korea Selatan. Seperti signal, drama voice popular hingga mempunyai season 3. Drama voice yang menceritakan tentang seorang perempuan dari kepolisian yang bernama Kang Kwon Joo (Lee Ha Na), ia mempunyai pendengaran yang sangat tajam. Dengan kemampuan yang ia miliki, maka ia dapat menggunakannya untuk mengungkap setiap identitas para pembunuh serta pelaku kejahatan lain. Drama voice ini dirilis sudah sebanyak 4 musim, banyak bukan?

9. Two Cops

asianwiki

Apabila grameds menyukai Jo Jung Suk dan Kim Seon Ho, maka pantang untuk melewati drama Korea polisi yang satu ini. Karena two cops mengisahkan tentang Soo Chang (Kim Seon Ho) yang baru saja keluar dari penjara. Ia mendapat tuduhan sebagai pembunuh.

Cha Dong Tak (Jo Jung Suk) sebagai polisi emosional yang ingin sekali menangkapnya. Namun, keduanya malah tercebur di sungai han dan koma hingga 40 hari.  Di sisi lain, detektif yang galak juga memecahkan kasus-kasus dua kepribadian yang dimilikinya. Dalam drama ini, acting dari Jo Jung Suk patut diacungi jempol karena dapat menampilkan karakter yang berbeda saat bersamaan.

10. Live (2018)

kompas.com

Pada drama ini mengisahkan tentang petugas kepolisian, mulai dari kadet lapangan dan petugas patrol terendah hingga atasan mereka yang termasuk korporat, kapten maupun yang lain. Oleh sebab itu, mereka membentuk tim “Live” di divisi patrol Hongil. Setiap petugas mempunyai kisah dan masing-masing bekerja keras sesuai dengan jabatannya, hingga pekerjaan tersebut merupakan salah satu pekerjaan tersibuk serta penuh tekanan hanya untuk mendapatkan penghasilan. Drama Live masuk ke dalam daftar rekomendasi drama Korea tentang polisi yang cukup keren grameds.

11. Beyond Evil (2021)

wikipedia

Drama ini juga menjadi salah satu rekomendasi drama Korea tentang polisi yang seru. Tokoh yang ada disini bernama Lee Dong Sik sebagai mantan detektif hebat, dia rela harus turun dari jabatan dan ditugaskan ke tempat lain.

Di sisi lain, dia juga merasa bosan karena kota tempat kerja barunya yang sepi. Nah, kehidupannya berubah saat seorang detektif bernama Han Joo Won datang. Han Joo Won sebagai anak dari seorang calon Kepala Kepolisian ditugaskan sebagai atasan Lee Dong Sik.

Kemudian, Han Joo Won ditugaskan di Kantor Polisi Manyang menjadi atasan Le Dong Sik. Mereka mendapatkan permasalahan saat ada kasus pembunuhan keji yang terjadi di kota kecil ini. Dari berbagai petunjuk yang ada, kasus tersebut mengingatkan mereka pada kasus pembunuhan yang pernah terjadi pada 20 tahun sebelumnya.

12. My Name (2021)

kompas.com

Drama ini menceritakan tentang seorang anak yang membalas dendam terhadap kematian ayahnya. Ia terpaksa bergabung dengan kelompok mafia demi untuk membalas dendam serta menyamar menjadi anggota polisi. Pada penyamarannya itu, Yoon Ji Woon bertugas untuk menjadi seorang mata-mata dari mafia yang menjual obat terlarang. Namun, di sisi lain ia harus menghadapi fakta saat dikhianati oleh bos mafia. Ia pun jatuh hati dengan rekannya yang seorang detektif meskipun berakhir dengan tragis.

13. Bad and Crazy (2022)

mydramalist

Drama korea polisi yang lucu ini dirilis akhir tahun pada 2021. Drama ini mengisahkan tentang detektif yang terlibat dalam suatu kasus misterius. Karakter Soo-Yeol seorang polisi yang kompeten dan rela melakukan apapun yang penting hal tersebut menguntungkan.

Sementara itu, ada seseorang yang suka menegakkan keadilan namun terkadang main hakim sendiri ketika bertemu dengan sang detektif. Pada karakter tokoh yang ada di film ini berbeda jauh, sehingga ketika menonton film ini bukan hanya ada unsur komedinya, tetapi juga ada berbagai macam aksi yang menegangkan.

14. Come dan Hug Me

wikipedia

Drama yang satu ini memiliki cerita tentang Chae Do Jin (Jang Ki Yong) yang merupakan seorang anak dari pembunuh yang kemudian ia masuk ke dalam akademi polisi. Namun saat remaja, Chae Do Jin jatuh cinta kepada Han Jae Yi (Jin Ki Joo). Ternyata, diketahui bahwa ayah Chae Do Jin merupakan pembunuh dari orang tua Han Jae Yi. Mereka akhirnya juga berpisah, namun beberapa tahun kemudian keduanya bertemu kembali dan saling membantu untuk menyembuhkan luka masing-masing.

15. Less Than Evil (2019) 

kompas.com

Drama ini diadaptasi dari serial televisi Inggris yang berjudul ‘Luther’ ini tayang pada tahun 2018. Less Than Evil menceritakan tentang Woo Tae Seok, merupakan seorang detektif pira. Namun, ia gagal menangkap seorang psikopat perempuan karena kurangnya bukti-bukti yang ada.

Akan tetapi, tidak disangka-sangka perempuan tersebut akhirnya mau membantu Woo Tae Seok untuk menyelesaikan kasus lain. Drama ini berjumlah 32 episode yang dibintangi oleh Shin Ha Kyun, Lee Sul dan Jo Yi Hyun.

16. Tell Me What You Saw

asianwiki

Drama ini dibintangi oleh Jang Hyuk yang berperan sebagai seorang jenius dan eksentrik yang bernama Oh Hyun Jae, Tell Me What You Saw tayang pada bulan Februari 2020. Oh Hyun Jae kemudian bekerja sama dengan seorang detektif yang mempunyai ingatan fotografis, Cha Soo Young (Choi Soo Young SNSD) dan kepala polisi Hwang Ha Young (Jin Seo Yeon). Ketiganya juga bekerja sama untuk menangkap seorang pembunuh berantai yang sebelumnya dianggap sudah mati.

17. Alice (2020)

asianwiki

Alice mengisahkan tentang seorang detektif polisi bernama Park Jin Gyeom (Joo Won) yang menyelidiki kasus misterius serta menemukan sebuah portal untuk menjelajah waktu. Park Jin Gyeom berusaha untuk mencegah portal tersebut karena menyebabkan hal-hal negatif. Sampai akhirnya, ia bertemu dengan Yoon Tae Yi (Kim Hee Sun) yang di mana mirip dengan ibu dari Park Jin Gyeom yang sudah meninggal dunia.

18. Team Bulldog : Off-Duty Investigation (2020)

wikipedia

Drama yang satu ini diperankan oleh aktor-aktor ternama, seperti Cha Tae Hyun, Lee Sun Bin dan Jung Sang Hoon. Team Bulldog: Off-Duty Investigation mengisahkan tentang seorang detektif yang namanya adalah Jin Kang Ho dan memiliki julukan ‘Bulldog’. Dengan timnya ia yang beranggotakan produser acara tv criminal, mantan profiler criminal, mantan gangster serta mantan petugas otopsi. Jin Kang Ho ini memiliki tugas, yaitu menangkap pelaku dari suatu tindak kejahatan.

Penutup

Ketika menonton drama Korea pastinya akan ada komedi hingga menegangkan. Seperti halnya rekomendasi drama Korea Polisi yang sudah dijelaskan di atas yang di mana ada yang memiliki genre komedi hingga thriller. Maka dari itu, ketika menonton drama Korea Polisi, akan muncul tawa dan juga rasa tegang.

Rekomendasi drama Korea Polisi yang sudah dijelaskan di atas, bisa ditonton di beberapa aplikasi streaming. Selain itu, kamu bisa juga menontonnya bersama dengan teman-teman atau hanya menonton sendiri saja. Demikian pembahasan tentang rekomendasi drama Korea Polisi, semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai akan memudahkan kamu dalam menentukan drama Korea polisi yang akan ditonton.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang Korea, maka bisa mencarinya melalui buku-buku tentang Korea yang bisa didapatkan di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 

Buku Rekomendasi Terkait Korea

Saat ini, perkembangan bahasa Korea bisa dibilang menyebar cukup luas, termasuk di negara Indonesia. Maka dari itu, jika kamu ingin belajar tentang percakapan Korea sehari-hari, maka bisa mempelajarinya melalui buku Sehari Kuasai Percakapan Korea. 

 

Bukan hanya bahasanya saja yang sudah menyebar ke banyak negara, tetapi budaya Korea Selatan juga sudah menyebar ke banyak negara. Jika kamu ingin mengetahui tentang budaya Korea, maka bisa mendapatkannya melalui buku Panduan Bijak Mengenal Budaya Populer Korea: Korean Wave.

 

Berwisata ke Korea Selatan, pastinya sangatlah seru. Nah, bagi kamu yang masih bingung untuk mencari tempat wisata Korea Selatan yang perlu untuk dikunjungi, tak perlu khawatir. Di dalam buku Wisata Hemat Korea ini kamu akan lebih mudah dalam memiliki tempat wisata Korea Selatan yang hemat.

Rujukan:

  • https://www.kapanlagi.com/korea/10-rekomendasi-drama-korea-tentang-polisi-penuh-misteri-ketegangan-setiap-episodenya-b855fc.html
  • https://www.orami.co.id/magazine/rekomendasi-drama-korea-polisi
  • https://id.theasianparent.com/drama-korea-tentang-kepolisian
  • https://www.bing.com/ck/a?!&&p=cd8e2e2d3d7890ddJmltdHM9MTY3NDYwNDgwMCZpZ3VpZD0yYTdiY2U5NC03MjA5LTY0MTMtM2M4ZS1kYzMxNzM5MjY1NGImaW5zaWQ9NTE0Ng&ptn=3&hsh=3&fclid=2a7bce94-7209-6413-3c8e-dc317392654b&u=a1aHR0cHM6Ly9pZC50aGVhc2lhbnBhcmVudC5jb20vZHJhbWEta29yZWEtdGVudGFuZy1rZXBvbGlzaWFu&ntb=1


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.