in

Rekomendasi Film Romantis Korea yang Wajib Ditonton Bersama Pasangan

Film romantis Korea – Saat ini, dunia hiburan Korea memang tengah digemari oleh masyarakat luas, terutama masyarakat Indonesia. Bukan hanya musiknya, tetapi serial drama hingga filmnya pun tak pernah kehilangan penggemar atau sepi peminat. Terlebih, untuk film yang bergenre romantis.

Memang tak dapat dimungkiri jika film romantis Korea selalu memberikan kesan yang manis dan romantis terhadap para penggemar dan penonton setianya. Selain bisa memainkan perasaan penonton, film romantis Korea juga selalu memiliki alur yang menarik untuk disaksikan.

Menonton film romantis Korea memang sangat menyenangkan. Apalagi jika film romantis tersebut ditonton bersama pasangan atau orang terkasih, pasti rasanya semakin membahagiakan. Selain itu, menonton film juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang merasa tak sanggup menyelesaikan drama atau series yang memiliki banyak episode.

Di sisi lain, kisah cinta yang disuguhkan juga kerap kali membuat para penonton film Korea terbuai selama cuplikan film ditayangkan. Belum lagi, jalan cerita yang unik dan kemampuan akting para aktris dan aktor idola yang mengesankan menambah nilai tambah bagi film romantis Korea ini.

Biasanya, film Korea selalu memiliki ragam cerita yang menarik dan berbeda dari film biasanya. Tak hanya itu, unsur khas dari film Romantis Korea juga selalu menampilkan konflik keluarga atau pekerjaan yang ditampilkan secara apik oleh para sineasnya.

Film genre ini juga sangat ahli dalam membangun basis penggemar yang kuat dengan alur cerita yang sensasional, konsep yang segar, serta romansa yang intens. Dengan demikian, maka hal ini tentu menambah permainan emosi bagi para penonton setianya.

Film Korea memang unggul dalam semua genre. Namun, film Korea yang bergenre romantis layak untuk mendapatkan banyak pujian karena kisahnya yang unik dan mampu membuat penonton penasaran. Di sisi lain, dalam film romantis Korea juga kerap kali mengangkat romansa dramatis, roansa atipikal, komedi romansa, dan lainnya yang membuat film tersebut semakin banyak diminati masyarakat.

Lantas, apakah ada rekomendasi film romantis Korea yang wajib ditonton bersama pasangan? Tentunya ada. Apa saja? Simak informasinya berikut ini, ya! Check this out!

Rekomendasi Film Romantis Korea

1. Film Sweet and Sour

Sumber: Imdb.com

Sutradara: Lee Gaebyok

Pemeran: Jang Kiyoung, Chae Soobin, Krystal Jung

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Tanggal Rilis: 4 Juni 2021

Durasi film: 1 jam 41 menit

Kalau kamu ingin menonton film romantis Korea yang masih terbilang baru tayang, maka film Sweet and Sour adalah salah satu pilihan yang tepat. Sebagaimana film dengan genre romantis lainnya, film yang diperankan oleh mantan member f(x), Krystal Jung, ini juga berkisah tentang cinta segitiga yang sulit ditebak. Seperti judulnya, film Sweet and Sour ini juga menyajikan kisah cinta yang manis dan asam bagi para tokohnya.

Bercerita tentang seorang laki-laki bernama Jang Hyuk yang diperankan oleh Jang Kiyoung, dia memiliki obsesi untuk bisa sukses dalam hal percintaan dan kariernya. Pada awalnya, Jang Hyuk menjalin hubungan yang cukup serius dengan seorang perempuan bernama Da Eun yang berprofesi sebagai perawat.

Mereka awalnya dikenal sebagai pasangan yang selalu romantis dan manis. Namun, kisah cinta keduanya mulai berubah ketika Jang Hyuk harus dipindahtugaskan oleh atasannya ke kota lain. Jang Hyuk yang ingin segera mapan pun sering menghabiskan waktunya di kantor dan tidak pulang ke Da Eun.

Kisah cinta Jang Hyuk dan Da Eun pun semakin berantakan setelah kehadiran orang ketiga dalam hubungan mereka. Karena tanpa diduga, Jang Hyuk terpikat oleh rekan sekantornya Bo Yeong, diperankan oleh Krystal Jung.

Film Sweet and Sour ini memberikan alur tentang kisah cinta yang awalnya berjalan manis namun kemudian berubah menjadi asam. Kendati demikian, alur cerita dari film ini terbilang cukup sulit untuk ditebak. Jadi, kalau kamu berniat untuk menontonnya, pastikan untuk lebih teliti pada setiap detail filmnya, ya!

2. Film On Your Wedding Day

Sumber: Imdb.com

Sutradara: lee Soekgeun

Pemeran: Kim Young Kwang, Park Bo Young

Tanggal Rilis: 22 Agustus 2018

Durasi film: 1 jam 50 menit

Rekomendasi film romantis Korea yang selanjutnya adalah sebuah film yang berjudul On Your Wedding Day. Menurut berbagai sumber, setelah resmi dirilis di layar lebar, film ini sukses menarik perhatian para pencinta film Korea.

Bercerita tentang cinta pandang pertama, film ini dimainkan oleh Kim Young Kwang yang berperan sebagai Woo Yeon. Dia adalah siswa tahun pertama di sekolah menengah yang menghabiskan sebagian waktu belajarnya untuk berkelahi dengan teman-temannya. Bahkan, dia tidak memiliki ketertarikan untuk belajar sebagaimana tugas dirinya yang seharusnya.

Namun, hal tersebut tidak bertahan lama. Semua berubah ketika suatu hari, di sekolah tersebut hadir seorang siswa perempuan pindahan bernama Seung Hee yang diperankan oleh Park Bo Young.

 

Pada waktu itu, Woo Yeong langsung merasakan jatuh cinta kepada Seung Hee pada pandangan pertama. Namun sayangnya, perasaan tersebut tidak dirasakan oleh Seung Hee. Dia sama sekali tidak memiliki ketertarikan kepada Woo Yeon.

Tetapi, demi menghindari sebagian siswa laki-laki pengganggu, akhirnya Seung Hee dan Woo Yeon membuat semacam sebuah kesepakatan untuk berpura-pura berpacaran. Woo Yeon berjanji untuk selalu menjaga Seung Hee. Selain itu, Seung Hee juga meminta Woo Yeon untuk berhenti berkelahi.

Demi menuruti permintaan Seung Hee itu, Woo Yeon pun menepati janjinya dan hubungan mereka mulai berkembang dan berubah menjadi sebuah kisah romantis. Semua berjalan lancar hingga suatu hari Seung Hee pergi dan menelepon Woo Yeon untuk berhati-hati. Kisah mereka pun terpaksa kandas.

Beberapa waktu kemudian, keduanya pun kembali bertemu ketika Seung Hee tengah melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Yuk, langsung saja tonton filmnya di aplikasi streaming film favoritmu.

3. Film Architecture 101

Sumber: Imdb.com

Sutradara: Lee Yongjoo

Pemeran: Han Gain, Eom Taewoong, Lee Jehoon, Bae Suzy

Tanggal Rilis: 22 Maret 2012

Durasi film: 1 jam 58 menit

Film Architecture 101 menjadi salah satu rekomendasi film romantis Korea yang wajib untuk kamu tonton, baik ditonton sendirian atau bersama teman dan pasangan. Secara garis besar, film ini menceritakan tentang pertemuan kembali sepasang cinta pertama pada waktu dan situasi yang telah jauh berbeda dengan masa lalu.

Dikisahkan, suatu hari seorang arsitek bernama Seung Min yang diperankan oleh Eom Taewoong didatangi oleh cinta pertamanya saat kuliah, Seo Yeon, yang diperankan oleh Han Gain. Pada awalnya, Seung Min tidak mengenali perempuan tersebut. Namun, lama kelamaan, dia pun menyadari jika kliennya tersebut adalah Seo Yeon, kekasihnya di masa lalu.

Kala itu, Seo Yeon memang datang sebagai klien dari jasa arsitek Seung Min. Dia meminta laki-laki tersebut untuk mengerjakan sebuah proyek renovasi rumah di pulau Jeju. Meski sempat ragu, tetapi akhirnya Seung Min menerima tawaran pekerjaan tersebut. Namun ternyata, proyek ini justru membuka kembali ingatan masa lalu mantan sepasang kekasih yang pernah terjebak cinta itu.

Pada 15 tahun yang lalu, Seung Min muda yang diperankan oleh Lee Jehoon adalah seorang pemuda yang naif dan memulai pendidikan arsitekturnya di perguruan tinggi. Pada kelas Arsitektur 101, dia bertemu dengan Seo Yeon muda, diperankan oleh Bae Suzy. Keduanya pun mengerjakan proyek kelas tersebut bersama hingga akhirnya muncul benih-benih cinta di antara mereka.

Saat menonton film ini, kamu akan disuguhkan pada dua kisah dan dua latar. Yaitu kisah cinta dan kisah patah hati Seung Min dan Seo Yeon pada masa lalu dan pada masa kini hingga akhirnya mereka harus menghadapi pilihan yang sulit. Hal ini jugalah yang menjadi poin tambah dan keunikan dari film Architecture 101. Sebab, penonton akan dibawa hanyut dalam kisah cinta pertama tokoh yang manis dan pahit.

4. Film Be With You

Sumber: Imdb.com

Sutradara: Lee Janghoon

Pemeran: Son Yejin, So Jiseob, Bae Yooram

Tanggal Rilis: 6 April 2018

Durasi film: 2 jam 12 menit

Film Be With You adalah sebuah film romantis Korea yang diadaptasi dari Novel dan film Jepang dengan judul yang sama, Be With You. Film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Woo Jin, diperankan oleh So Jiseob, yang harus membesarkan anaknya seorang diri setelah istrinya meninggal dunia.

Namun, secara mengejutkan, saat awal musim hujan Woo Jin kembali berjumpa dengan sosok perempuan yang mirip dengan mendiang istrinya, Soo Ah, yang diperankan oleh Son Yejin. Hal yang membedakan sosok tersebut dengan sang istri adalah perempuan tersebut berada dalam kondisi hilang ingatan. Dia bahkan tidak mengenali status pernikahan dan anaknya.

Film ini pun kemudian menampilkan kilas balik dari percintaan Woo Jin dan Soo Ah pada masa SMA. Sayangnya, kebersamaan mereka berjalan singkat karena Soo Ah yang harus pergi meninggalkan keluarganya di penghujung musim hujan.

Kisah cinta orang dewasa yang disajikan dalam film ini tidak hanya romantis, tetapi juga penuh pesan yang mengharukan. Oleh karena itu, tak heran jika film ini berhasil menduduki puncak Box Office Korea dengan mengumpulkan 1 juta penonton hanya dalam 7 hari.

5. Film The Beauty Inside

Sumber: Imdb.com

Sutradara: Baek Jongyeol

Pemeran: Park Seojoon, Han Hyojoo, Juri Euno

Tanggal Rilis: 11 September 2015

Durasi film: 2 jam 7 menit

Jika kamu ingin menonton film romantis yang memiliki unsur komedi, maka film The Beauty Inside ini dapat menjadi pilihan. Film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Woo Jin, diperankan oleh Park Seo joon, yang mengalami penyakit aneh pada tubuhnya. Pasalnya, setiap harinya dia akan bangun dalam tubuh yang berbeda.

Karena keanehan pada tubuhnya ini, Woo Jin pun memutuskan untuk bekerja di rumah sebagai seorang pengrajin furniture. Semuanya berjalan lancar hingga suatu hari dia jatuh cinta kepada seorang perempuan bernama Yi Soo, diperankan oleh Han Hyo Joo, yang merupakan reseller produk furniturnya.

Pada awalnya, Woo Jin hanya ingin memendam perasaannya karena tidak ingin perempuan itu bingung dengan kondisinya. Namun, dia akhirnya memberanikan diri untuk mendekati Yi Soo ketika dia terbangun dalam wujud pria tampan atau Park Seo Joon dan menyatakan perasaannya.

Masalah datang ketika suatu hari Yi Soo mengunjungi Woo Jin di rumahnya. Dia akhirnya harus mengetahui rahasia besar kekasihnya yang selama ini disembunyikan. Lalu, apakah hubungan mereka akan terus berlanjut?

6. My Sassy Girl

Sumber: Hancinema.net

Sutradara: Kwak Jaeyoung

Pemeran: Jun Jihyun, Cha Taehyun, Kim Inmun

Tanggal Rilis: 27 Juli 2001

Durasi film: 2 jam 3 menit

Film romantis Korea yang satu ini dijuluki sebagai film komedi romantis Korea terbaik sepanjang masa. Bahkan, dengan statusnya sebagai film blockbuster, film ini sukses menarik perhatian industri film di berbagai belahan dunia untuk membuat remake-nya, termasuk Indonesia.

Film ini mengisahkan tentang kisah cinta mahasiswa yang memiliki kepribadian kaku bernama Kyun Woo, diperankan oleh Cha Taehyun. Dia bertemu dengan seorang perempuan yang sering berbuat sesuka hati yang tak disebutkan namanya, yang diperankan oleh Jun Jihyun.

Kisah ini dimulai ketika perempuan tersebut bertemu dengan Kyun Woo di sebuah kereta bawah tanah. Tanpa diduga, gadis itu pun mengungkapkan rasa cintanya kepada Kyun Woo dan pingsan tepat setelah mengatakan kata-kata cinta.

Pertemuan tak sengaja dua sejoli itu kemudian berlanjut hingga akhirnya mereka resmi menjadi sepasang kekasih. Meski disertai dengan lika-liku, namun pasangan yang terbilang aneh ini tetap mampu memberikan kesan yang romantis dan menggemaskan.

7. Always

Sumber: Imdb.com

Sutradara: Song Ilgon

Pemeran: So Jiseob, Han Hyojoon, Kang Shinil

Tanggal Rilis: 20 Oktober 2011

Durasi film: 1 jam 48 menit

Film romantis Korea yang satu ini dikenal juga dengan judul Only You. Film ini bercerita tentang Jang Cheol Min, yang diperankan oleh So Jiseob, seorang mantan petinju yang kini justru bekerja sebagai seorang penjaga pintu parkir.

Dikenal sebagai sosok yang misterius, suatu hari Jang Cheol Min bertemu dengan telemarketer tunanetra bernama Ha Junghwa yang diperankan oleh Han Hyojoo. Seketika, Ha Junghwa merasa jika dirinya memiliki ikatan dengan Jang Cheol Min. Dia pun akhirnya selalu mencari Jang Cheol Min jika mengalami kesulitan, dari hal besar hingga hal sepele sekalipun.

Hal yang menjadi menarik adalah, alih-alih merasa direpotkan, Jang Cheol Min justru merasa tak keberatan. Lambat laun, benih-benih cinta pun muncul diantara mereka. Bercerita tentang kisah cinta yang tulus dan penuh pengorbanan, film ini sangat mampu menguras emosi para penontonnya.

8. A Moment To Remember

Sumber; Imdb.com

Sutradara: Lee John H

Pemeran: Jung Woosung, Son Yejin, Baek Jonghak

Tanggal Rilis: 5 November 2004

Durasi film: 1 jam 57 menit

Rekomendasi film romantis Korea yang terakhir adalah A Moment to Remember. Film yang diadaptasi dari serial televisi Jepang berjudul Pure Soul ini bercerita tentang kisah cinta antara Su Jin, yang diperankan oleh Son Yejin, dan Choel Su, yang diperankan oleh Jung Woosung.

Keduanya manusia yang jatuh cinta ini sejatinya memiliki latar belakang yang berbeda. Su Jin yang berasal dari keluarga kaya akhirnya memutuskan untuk jatuh cinta kepada Choel Su, seorang mandor kasar sebuah konstruksi.

Mereka pun akhirnya menikah dan hidup bersama. Namun, alur cerita kemudian berubah ketika Su Jin didiagnosa menderita penyakit alzheimer. Pasalnya, dia bisa saja kehilangan memori indah saat bersama dengan sang suami tercinta. Cerita pun semakin mengharukan ketika Choel Su memutuskan untuk selalu menemani Su Jin dan selalu berada di sisinya.

Kalau kamu mau menonton film ini, jangan lupa sediakan tisu, ya. Karena, emosimu akan dikuras ketika melihat perjuangan dua orang yang saling mencintai ini.

Kesimpulan

Film romantis Korea memang selalu bisa menjadi tontonan yang menyenangkan untuk para pecinta film layar lebar. Ceritanya yang unik, romansa yang intens, serta konsep yang segar membuat film Korea bergenre romantis ini banyak digandrungi oleh seluruh masyarakat, termasuk Indonesia.

Pada penjelasan di atas, terdapat beberapa rekomendasi film romantis Korea yang wajib untuk ditonton bersama pasangan. Dari film yang bergenre komedi romantis yang mengocok perut hingga film drama romantis yang mampu membuat kamu meneteskan air mata, sangat cocok untuk kamu tonton guna mengisi waktu luang agar lebih menyenangkan.

Nah, itu dia rekomendasi film romantis Korea yang bisa #SahabatTanpaBatas tonton. Semoga Bermanfaat, ya!

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang Korea, maka kamu bisa mendapatkanya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri

  • Sumber:
  • https://www.idntimes.com/korea/kdrama/nurul-huda-rahmadani-1/film-romantis-korea-yang-ada-adegan-ranjangny
  • https://www.kapanlagi.com/korea/6-rekomendasi-film-korea-romantis-bikin-baper-cocok-ditonton-bareng-pasangan-di-hari-valentine-93bbdf.html
  • https://www.detik.com/bali/berita/d-6424919/25-judul-film-korea-romantis-yang-bisa-ditonton-bersama-pasangan
  • https://id.theasianparent.com/film-korea-romantis


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma