in

Pemeran Shang Chi: Profil, Perjalanan Karier dan Perannya di Film Shang Chi

Grameds, apakah kamu tahu film terbaru dari marvel studios yang berjudul Shang Chi and the Legend of the Ten Rings? Film ini berhasil mencuri perhatian publik loh. Posisi film ini terus mendominasi di puncak Box Office Amerika Serikat hingga beberapa bulan. Film ini dirilis dan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 30 September 2021. Film ini merupakan garapan sutradara Destin Daniel Cretton.

Adapun yang membuat film ini menjadi spesial adalah karakter Shang-Chi yang merupakan superhero dari Asia yang pertama yang dikeluarkan oleh Marvel. Karakter ini diperankan oleh Simu Liu yang merupakan aktor Kanada yang berdarah Cina. Dalam film nya menceritakan Shang Chi yang akan menghadapi masa lalu dan ambisi ayahnya yang merupakan pemimpin kelompok kriminal The Ten Rings.

Selain menceritakan superhero pertama di Asia, film ini ternyata juga menghadirkan soundtrack yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Indonesia, Grameds. Tiga penyanyi asal Indonesia, Rich Brian, NIKI Zefanya, dan Warren Hue dipercaya mengisi soundtrack film Shang Chi and the Legend of the Ten Rings.

Ada sebanyak 18 buah lagu yang menjadi soundtrack dari film Shang-Chi.Niki, Rich Brian, dan Warren Hui diketahui menyumbangkan suara mereka untuk sembilan lagu dalam album tersebut. Di antaranya Always Rising, Lazy Susan, Every Summertime, Foolish, Clocked Out!, Act Up,, Run It, Swan Song, dan Warriors.

Selain ada Simu Liu, Marvel Studios juga merekrut dan menghadirkan sederet aktor Asia yang lain seperti Awkwafina, Michelle Yeoh dan Meng’er Zhang. Apakah grameds penasaran dengan biodata mereka semua? Simak artikel dibawah ini ya grameds.

Pemeran Shang Chi

1. Simu Liu

sumber : pinterest.com

Simu Liu lahir pada tanggal 19 April 1989 di Heilongjiang, Tiongkok dan pindah ke Kanada saat berusia 5 tahun. Saat ini dia berumur 32 tahun. Ia merupakan aktor yang memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat dan TInggal di Toronto, Kanada.

Selain menjadi aktor simu liu juga dikenal sebagai penulis, pemeran pengganti dan pembuat film Tionghoa-Kanada. Dalam film Shang Chi, Simu Liu berperan sebagai Shang Chi itu sendiri yang dikenal sebagai ahli dalam menggunakan senjata beladiri seperti gun, nunchaku dan jian.

Simu berkuliah selama 2 tahun di Universitas Ontario Barat dan menuntut ilmu keuangan dan akuntansi di Sekolah Bisnis Ibey selama 2 tahun. Ketika selesai berkuliah, dia bekerja sebagai akuntan di Deloitte Touche Tohmatsu sebelum akhirnya diberhentikan dan memutuskan untuk memilih pekerjaan lainnya seperti aktor.

Ia memulai debutnya di dunia perfilman saat menjadi pemeran tambahan di Pacific Rim pada tahun 2013 sebelum akhirnya ia menjadi pemeran utama di film Shang-Chi.

Simu Liu juga meraih penghargaan dan masuk dalam beberapa nominasi seperti Canadian Screen Awards dan ACTRA Award pada tahun 2017 untuk karya nya yaitu Blood and Water. Pada tahun 2017 ia bersama rekannya di Kim’s Convenience memenangi ACTRA Awards for Outstanding Ensemble pada tahun 2017.

2. Awkwafina

sumber : pinterest.com

Awkwafina lahir dengan nama Nora Lum pada tanggal 2 Juni 1988 di New York, Amerika Serikat. Dia adalah seorang rapper dan pemeran asal Amerika Serikat. Ia mulai dikenal pada tahun 2012 lewat lagunya yaitu “My Vag” dan menjadi viral di Youtube nya.

Dalam film shang chi, awkwafina berperan sebagai Katy Chen yang merupakan teman dekat Shang Chi saat masih duduk dibangku SMA dan menjalani hidupnya sebagai keturunan Tionghoa yang bertahan hidup di San Fransisco.

Kemudian, ia merilis album pertamanya dengan nama Yellow Ranger pada tahun 2014 dan muncul di acara MTV Girl Code tahun 2014 sampai 2015. Album keduanya In Fina We Trust dirilis pada tahun 2018.

Kemudian, ia mulai memerankan film sebagai pemeran pendukung dalam film Neighbors 2 : Sorority Rising pada tahun (2016), Ocean’s 8 pada tahun 2018, Crazy Rich Asian pada tahun 2018 dan Jumanji : The Next Level pada tahun 2019. Kemudian ia juga menjadi pemeran utama dalam film drama komedi The Farewell pada tahun 2019.

Selain itu dia juga memenangkan penghargaan Golden Globe untuk Aktris Terbaik – Film Komedi atau Musikal, menjadikannya sebagai perempuan berdarah Asia pertama yang memenangkan Penghargaan GOlden Globe di kategori pemeran utama. Ia juga dinominasikan untuk kategori Pendatang Baru dan Aktris Terbaik Critic’s Choice Movie Award dan memenangkan Aktris Terbaik Penghargaan Satellite.

3. Meng’er Zhang

sumber : pinterest.com

Meng’er Zhang lahir pada tanggal 22 April tahun 1982 di Nanjing, Cina. Ia adalah putri dari seorang aktor dan perancang panggung, Zhang tumbuh dan mengabdikan diri pada seni teater dan mengikuti jejak ibunya. Sebelum menjadi artis profesional dan memerankan banyak film, ia sempat banyak membintangi panggung dan produksi musik di Nanjing.

Shang Chi adalah film yang menjadi awal debutnya di Hollywood. Sebelumnya, dia bahkan tidak mengetahui tentang peran yang akan dimainkan untuk wanita yang bisa berbicara bahasa Mandarin dan Inggris. Setelah menjadi pemeran Shang Chi ia dilatih secara intensif dalam pelatihan seni bela diri akrobat.

Dalam film Shang Chi Meng’er Zhang berperan sebagai Xialing yang merupakan adik dari Shang Chi. Dalam film nya ia menjadi pendekar wanita yang dingin, cerdik dan tangguh. Ia merasa bahwa hidupnya akan terganggu ketika sang kakak datang secara tiba-tiba di hadapannya. Dia memiliki trauma masa kecil yang membuatnya semakin kuat.

4. Tony Leung Chiu Wai

sumber : pinterest.com

Tony Leung Chiu Wai lahir pada tanggal 27 Juni 1962 di Hong Kong. Pada tahun 1982 setelah ia lulus dari kursus latihan stasiun televisi TVB, Tony Leung menjadi aktor dan terkenal akan peran-peran komedinya di TV dan film. Selama kariernya, dia telah menunjukkan kemampuan berperannya dalam sekitar 60 film.

Leung mendapatkan atensi internasional untuk pertama kali melalui film tahun 1989 yaitu A City of Sadness yang memenangi Piala Singa Emas Venesia. Sudah banyak film-film yang ia perankan mulai dari peran yang paling terkenal sebagai polisi yang kesepian dalam Chungking Express pada tahun 1994, kemudian menjadi ekspatriat Tionghoa yang tinggal di Argentina dalam Happy Together pada tahun 1997 dan memerankan sebagai korban selingkuh yang tertindas dalam In the Mood for Love pada tahun 2000.

Dalam film Shang Chi ini, Tony berperan sebagai Wenwu yang merupakan ayah dari Shang Chi yang mengajarkan anaknya untuk menjadi pembunuh sejak kecil. Wenwu sendiri adalah seorang pemimpin organisasi the Ten Rings yang sangat kuat dan juga berkuasa.

5. Fala Chen

sumber : pinterest.com

Fala Chen adalah artis yang lahir pada 24 Februari 1982 di Chengdu, Cina. Dia adalah aktris Tionghoa-Amerika. Siapa yang menyangka bahwa paras nya yang cantik ternyata sudah hampir berkepala empat? Fala Chen memulai karirnya sebagai model, pembawa acara, dan aktris.

Sebelum dia masuk ke industri film, ia adalah mahasiswa jurusan pemasaran dan bisnis internasional di Sekolah Bisnis Goizueta Universitas Emory dan dia menyampingkan karirnya di TV ketika ia memenangkan runner up pertama di Miss Chinese International Pageant pada tahun 2005.

Ia mulai dikenal melalui perannya dalam serial drama TVB Hong Kong termasuk Steps, No Regrets, Triumph in the Skies II dan Live of Omission. Pada tahun 2018, ia sempat menulis, menyutradarai dan membintangi film pendek Passinger. Fala Chen membuat penampilan Hollywood pertamanya di mini seri HBO The Undoing pada tahun 2020 dan kemudian membintangi film Shang CHi pada tahun 2021.

Dalam film Shang Chi, ia berperan sebagai Ying Li yang merupakan istri dari Wenwu dan yang pastinya adalah ibu dari Xiang Ling dan Shang Chi. Di film ini, ia digambarkan sebagai seorang ahli bela diri yang tidak mengandalkan kekuatan fisik namun ketenangannya. Dalam memerankan perannya di film shang chi ia bahkan rela belajar bela diri salah satunya adalah berlatih tai chi.

6. Michelle Yeoh

sumber : pinterest.com

Yeoh Choo Kheng atau biasa dikenal dengan Michelle Yeoh adalah aktris dan penari berkebangsaaan Malaysia. Ia lahir pada 6 Agustus tahun 1962 di malaysia. Ia mulai dikenal saat perannya dalam film aksi Hong Kong yang membawanya dalam popularitas di awal 1990-an. Siapa yang sangka bahwa wajah yang cantik ini ternyata memiliki umur yang sudah 60 tahun loh Grameds.

Ia mulai dikenal dalam film barat berkat perannya dalam film James Bond pada tahun 1997 dan film bela diri berbahasa Mandarin Crouching Tiger, Hidden Dragon yang menjadikannya masuk nominasi sebagai aktris terbaik dalam penghargaan BAFTA di tahun 2000.

Dalam film Shang Chi ini, ia memerankan karakter sebagai Ying Nan yaitu saudari ibunya Shang Chi. dia adalah pemimpin dan pejuang Ta Lo yang disegani. Di Film Shang Chi, ia membantu kedua bersaudara ini untuk mendapatkan kekuatan mereka dan membuka pikiran tentang siapa mereka yang asli.

7. Benedict Wong

sumber : pinterest.com

Bagi Grameds pecinta marvel studios, pasti sudah mengenal aktor yang satu ini karena ia juga berperan dalam film Doctor Strange garapan marvel studios. Benedict Wong lahir dan dibesarkan di Inggris, ia lahir pada tanggal 3 Juli 1971 dan saat ini sudah berumur 50 tahun.

Wong sudah berkarier semenjak tahun 1992 hingga saat ini. Ia memulai karirnya dalam serial televisi lokal dengan beberapa peran kecil waktu itu. Wong mulai bermain film layar lebar sejak tahun 200 pada film Kiss Kiss (Bang Bang). Wong juga mulai terkenal dalam film layar lebarnya sebagai Bruce Ng pada film The martian (2015) dan masih ada beberapa film yang ia bintangi seperti Johnny English Reborn pada tahun 2011, Hummingbird pada tahun 2013 dan Annihilation pada tahun 2018.

Kemudian, Benedict Wong mulai mendapatkan tawaran dari Marvel Studios pada tahun 2016 untuk perannya sebagai wong dalam film Doctor Strange yang kemudian muncul juga dalam film Shang Chi.

Shang-Chi diceritakan menyusul adiknya di sebuah tempat pertarungan yang berlokasi di Makau. Tidak disangka, Wong menjadi salah satu peserta pertarungan, melawan Abomination, dan menjadi pemenangnya. Enggak hanya muncul sekali, Wong kemudian muncul lagi di bagian akhir film dan adegan mid credit. Wong diceritakan merupakan salah satu anggota kamar taj yang memiliki kemampuan ilmu sihir.

8. Ben Kingsley

sumber : pinterest.com

Sir Ben Kingsley lahir pada tanggal 31 Desember 1943 yang merupakan seorang aktor berkebangsaan Inggris yang dilahirkan dengan nama Krisna Branji. Ia sudah memerankan banyak film dan juga acara TV semanjak tahun 1982 hingga saat ini.

Ben adalah aktor lawas Marvel yang hampir terlupakan. Ben Kingsley berperan sebagai Trevor Slattery dari film Iron Man 3. Pada film Iron Man 3 karakter mandarin diperankan oleh Ben Kingsley dan ternyata pada ending film filmnya mandarin yang muncul merupakan tipuan dan bukan sosok mandarin yang asli. Ia bernama Trevor Slattery yang kemudian masuk ke dalam penjara dan bertemu dengan Jackson Norriss yang merupakan salah satu agen Ten Rings

Di film Shang Chi, Trevor kembali muncul sebagai tawanan The Mandarin yang telah ditahan selama bertahun-tahun dan memiliki peran penting dalam rencana Shang-Chi menghentikan ayahnya dari membebaskan makhluk mitos bernama The Dweller.

9. Andy Le

sumber : pinterest.com

Andy Le dalam film Shang Chi ini berperan sebagai Death Dealer yang juga aktor yang ahli dalam martial arts dan memiliki kewarganegaraan Vietnam. Dalam film Shang Chi ini ia adalah prajurit andalan Wen Wu ayah Shang Chi yang juga merupakan mantan mentor Shang Chi ketika ia masih berlatih bersama Ten RIngs pada masih kecil.

Ia merupakan petarung tangguh yang memiliki penampilan seperti ninja dengan muka yang ditutupi dengan topeng yang menyerupai topeng tradisional Tiongkok. Dia adalah mantan agen M16 yang berkhianat dan bekerja sebagai anak buah Fu Manchu, ayah Shang Chi dan terkenal sering melakukan misinya dengan cara yang brutal.

10. Florian Munteanu

sumber : pinterest.com

Florian Munteanu adalah aktor Jerman berketurunan Rumania. Ia lahir pada 13 Oktober 1990. Ia dikenal karena peran pertamanya di Bogat, sebuah film Jerman-Rumania pada tahun 2016. Terobosan aktingnya datang pada tahun 2018 ketika ia memerankan Viktor Drago dalam serial drama olahraga Creed II.

Kemudian, Munteanu bergabung dengan line up musim 3 untuk serial drama sejarah Netflix Viking : Valhalla. pada tahun 2021 ia mendapat peran juga di film Marvel Studios yaitu dalam film Shang Chi.

Dalam film Shang Chi ia berperan sebagai Razor Fist yang merupakan prajurit Wen Wu yang paling setia. Razor Fist menemukan tujuan hidupnya di organisasi Ten Rings. Di Ten Rings ia mudah menempati posisi tinggi karena kekuatan dan kebrutalannya.

Razor Fist memakai lengan prostetik yang berbentuk pisau raksasa dan memiliki ketajaman yang sangat tajam seperti silet. Ia memiliki kekuatannya meliputi ahli bela diri yang menggunakan pisau raksasa sebagai pengganti tangannya.

Nah grameds itu dia adalah penjelasan singkat mengenai pemeran Shang Chi yang sangat memukau dengan masing-masing aktingnya. Apakah grameds sudah menonton film Shang Chi?

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang fiksi atau buku lainnya, maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.