in

5 Film Terbaru yang Dibintangi Jackie Chan

Film Jackie Chan Terbaru – Industri perfilman di dunia terus berkembang secara pesat dan tidak pernah redup. Kehidupan masyarakat selalu dihiasi dengan film di tengah-tengahnya. Sebab, film menjadi sebuah media yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti kebutuhan untuk hiburan, atau juga memperoleh informasi.

Membahas tentang film, Grameds pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok yang satu ini. Jackie Chan, sang bintang film legendaris yang sudah menghiasi layar lebar dan layar kaca masyarakat seluruh dunia sejak tahun 1960-an. Jackie Chan menjadi salah satu selebriti populer yang namanya dikenal masyarakat internasional oleh berbagai kalangan, dari yang tua hingga yang muda.

Bagi Grameds yang masih asing dengan sosok Jackie Chan atau ingin mengenal sosoknya lebih dalam, kita kenalan dulu, yuk! Di bawah ini akan diuraikan profil dan perjalanan karier sang bintang film tersohor itu.

Profil dan Perjalanan Karir Jackie Chan

Wikipedia

Jackie Chan lahir pada 7 April 1954 di Hong Kong dengan nama Fang Shilong. Namun, ia dikenal secara profesional dengan nama bahasa Inggris, yakni Jackie Chan, juga dalam Bahasa Tionghoa sebagai Cheng Long. Jackie Chan merupakan seorang aktor, pembuat film, seniman bela diri, dan juga stuntman Hong Kong. Jackie Chan menjadi populer, karena ia memiliki kemampuan untuk bertarung akrobatik slapstick dan melakukan berbagai aksi inovatif untuk adegan film tanpa bantuan stuntman.

Kemampuannya ini menjadi sorotan, karena berbagai aksi yang mampu dilakukannya adalah kebutuhan untuk film action yang cenderung berbahaya. Berkat kemampuannya ini, Jackie Chan menjadi salah satu bintang film aksi paling populer sepanjang masa. Jackie Chan juga menjadi salah satu tokoh film yang paling dikenal dan berpengaruh di dunia, dengan pengikut global yang tersebar luas di belahan Timur dan Barat.

Jackie Chan sudah berhasil menerima bintang ketenaran di Hong Kong Avenue of Stars dan juga Hollywood Walk of Fame. Sosok Jackie Chan juga sudah menjadi referensi dalam berbagai lagu pop, film, kartun, dan video game. Selain menjadi bintang film, Jackie Chan juga merupakan vokalis terlatih dan juga seorang bintang Cantopop dan Mandopop. Ia telah merilis sejumlah album musik dan menyanyikan banyak lagu tema untuk film-film yang dibintanginya.

Jackie Chan juga dikenal sebagai sosok yang dermawan, yang telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 selebriti paling dermawan oleh majalah Forbes. Pada tahun 2004, Andrew Willis, seorang sarjana film, menyatakan bahwa Jackie Chan mungkin merupakan bintang film paling terkenal di dunia. Pada tahun 2016, Forbes menyatakan bahwa Jackie Chan merupakan aktor dengan bayaran paling tinggi nomor dua di dunia.

Jackie Chan mulai menjadi aktor sejak tahun 1960-an. Pada rentang tahun 1962 hingga 1975, Jackie Chan memulai karirnya sebagai aktor dengan tampil dalam peran kecil, pada usianya yang baru saja lima tahun. Pada usia yang ke-delapan tahun, Jackie Chan tampil bersama sejumlah rekannya yang disebut sebagai “Little Fortunes” dalam film Big and Little Wong Tin Bar (1962).

Pada tahun selanjutnya, aktor cilik ini tampil sebagai figuran dalam film The Love Eterne (1963). Pada 1966, Jackie Chan memiliki peran kecil dalam film King Hu dan Come Drink with Me. Pada tahun 1971, setelah tampil sebagai figuran dalam film kung fu lainnya, seperti A Touch of Zen, Jackie Chan akhirnya dikontrak oleh Perusahaan Film Great Earth milik Chu Mu.

Pada 1972, Jackie Chan berkesempatan untuk tampil dalam film Fist of Fury bersama Bruce Lee, baik sebagai peran tambahan, juga sebagai pemeran pengganti untuk peran penjahat Jepang. Salah satu peran paling ikoniknya dalam film itu adalah adegan pertarungan terakhir di mana Bruce Lee menendangnya, dan dia terbang melewatinya di udara.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pada tahun berikutnya, Jackie Chan tampil lagi di film Bruce Lee lainnya, yakni film Enter the Dragon. Dalam film ini, ia memerankan antek kecil yang terbunuh oleh karakter Bruce Lee. Pada 1974, Jackie Chan juga bekerja sebagai koreografer seni bela diri untuk memainkan peran di film The Young Dragons karya John Woo .

Pada tahun 1976, Jackie Chan menerima telegram dari Willie Chan, seorang produser film di industri film Hong Kong yang terkenal dengan karya koreografi pemeran pengganti Jackie. Willie Chan menawarkannya peran akting dalam film yang disutradarai oleh Lo Wei. Lo melihat penampilan Chan dalam film John Woo Hand of Death (1976) dan berencana membuatnya meniru Bruce Lee dalam film New Fist of Fury.

Nama panggung Jackie Chan pun diubah menjadi Cheng Long, yang secara harfiah berarti “menjadi naga”, untuk menekankan kemiripannya dengan Bruce Lee yang memiliki nama panggung yang bermakna “Lee the Little Dragon” dalam bahasa Cina. Namun, film tersebut tidak berhasil, karena Jackie Chan tak terbiasa dengan gaya seni bela diri Bruce Lee. Terlepas dari kegagalan film itu, Lo Wei terus memproduksi film dengan tema serupa, tetapi dengan sedikit peningkatan di box office.

Terobosan besar pertama Jackie Chan adalah film yang dirilis pada tahun 1978, yakni Snake in the Eagle’s Shadow, yang diambil saat ia dipinjamkan ke Seasonal Film Corporation. Sutradara Yuen Woo-ping memberikan Jackie Chan kebebasan penuh atas pekerjaan akrobatnya. Film ini memiliki genre komedi kung fu, dan terbukti dapat menghibur penonton Hong Kong. Pada tahun yang sama, Jackie Chan juga membintangi film Drunken Master, yang akhirnya mendorongnya meraih kepopuleran.

Pada tahun 1988, Jackie Chan bermain peran bersama Sammo Hung dan Yuen Biao untuk terakhir kalinya dalam film Dragons Forever. Pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, Jackie Chan membintangi sejumlah sekuel yang sukses dimulai dengan Project A Part II dan Police Story 2, yang memenangkan penghargaan Koreografi Aksi Terbaik di Penghargaan Film Hong Kong 1989.

Kesuksesan film ini diikuti oleh Armor of God II: Operation Condor, dan Police Story 3: Super Cop, yang membawa Jackie Chan memenangkan Penghargaan Aktor Terbaik di Festival Film Golden Horse 1993. Pada tahun 1994, Jackie Chan mengulangi perannya sebagai Wong Fei-hung dalam Drunken Master II, yang berhasil masuk ke dalam daftar 100 Film Sepanjang Masa versi Majalah Time.

Sekuel lainnya, Police Story 4: First Strike, membawa lebih banyak penghargaan dan kesuksesan box office domestik, baik untuk film itu sendiri maupun Jackie Chan, tetapi tidak berhasil dengan baik di pasar luar negeri. Pada pertengahan 1990-an, Jackie Chan dinobatkan menjadi bintang film laga paling populer di Asia dan Eropa. Sampai pada  Januari 1995, film-film yang dibintanginya sudah meraup lebih dari 500 juta dollar Hong Kong atau setara dengan 70 juta US dollar di Hong Kong, dan 39 miliar yen atau setara dengan 415 juta US dolar di Jepang.

Terlepas dari kesuksesan internasionalnya, Jackie Chan dinilai tak terlalu sukses di Amerika Utara, karena dia hanya memiliki dua perilisan luas sebagai aktor utama, yakni film The Big Brawl dan The Protector. Walaupun demikian, terdapat pasar video rumahan Amerika Utara yang berkembang pesat untuk film Hong Kong yang dibintangi Jackie Chan pada pertengahan 1990-an.

Jackie Chan menyalakan kembali ambisinya di Hollywood pada 1990-an, tetapi menolak tawaran awal untuk berperan sebagai penjahat di film-film Hollywood untuk menghindari peran tipikal di masa depan. Jackie Chan akhirnya berhasil membangun pijakan di pasar Amerika Utara pada tahun 1995 dengan merilis Rumble in the Bronx di seluruh dunia, dan ia memperoleh pengikut sekte di Amerika Serikat yang jarang terjadi pada bintang film Hong Kong.

Kesuksesan Rumble in the Bronx berujung pada perilisan Police Story 3: Super Cop pada tahun 1996 di Amerika Serikat dengan judul Supercop, yang meraup total 16.270.600 US dollar. Kesuksesan blockbuster besar pertama Jackie Chan datang saat ia beradu akting dengan Chris Tucker dalam film Rush Hour, yakni film komedi aksi sobat polisi tahun 1998. Film Rush Hour ini membuatnya menjadi bintang Hollywood.

Jackie Chan melanjutkan gaya seni bela diri slapsticknya yang dicampur dengan aksi rumit di banyak film lain, seperti sekuel Police Story, serial Armour of God, Project A Part II (1987), Dragons Forever (1988), Twin Dragons (1992), City Hunter (1993), dan Drunken Master II (1994). Pada tahun 2000, Jackie Chan memproduksi serial animasi Jackie Chan Adventures, yang ditayangkan hingga tahun 2005.

Pada tahun 2010, Jackie Chan tampil dalam peran dramatik pertamanya dalam sebuah film Amerika, The Karate Kid, bersama dengan Jaden Smith. Pada tahun 2017, film produksi bersama Tiongkok dan India, yakni Kung Fu Yoga menjadi film terlarisnya di Tiongkok. Dari awal karirnya sebagai aktor sejak tahun 1960 hingga 2021, Jackie Chan telah muncul di hampir 150 film.

Menakjubkan sekali ya Grameds sosok bintang film legendaris ini. Apalagi, dirinya sudah berkarir selama 60 tahun lamanya, dan masih produktif memainkan peran di berbagai film sampai saat ini. Selanjutnya, akan diuraikan 5 film terbaru yang dibintangi oleh Jackie Chan. Simak di bawah ini, ya!

Film Jackie Chan Terbaru

1. Vanguard (2020)

Sumber: IMDb.com

ngan yang disutradarai oleh Stanley Tong. Dalam film Vanguard ini, Jackie Chan beradu peran dengan Yang Yang dan Miya Muqi, di mana ia memainkan peran sebagai Tang Huating, seorang pimpinan perusahaan keamanan swasta bernama Vanguard. Perusahan ini mendapatkan tugas untuk menyelamatkan nyawa seorang putri pengusaha yang menjadi incaran penjahat.

Film ini pada mulanya dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Januari 2020 di China. Namun, perilisan film ini ditunda akibat pandemi Covid-19 yang menimpa negara itu dan juga dunia. Film Vanguard kemudian resmi dirilis pada 30 September 2020 di China, dan tanggal 20 November 2020 di Amerika.

2. Wish Dragon (2021)

Sumber: wikipedia

 

Wish Dragon merupakan film komedi fantasi hasil produksi Sony Pictures Animation yang ditulis dan disutradarai oleh Chris Appelhans. Di film animasi ini, Jackie Chan berperan sebagai produser sekaligus pengisi suara untuk versi Mandarin.

Selain Jackie Chan, film animasi ini juga turut melibatkan sejumlah sosok industri film berpengalaman lain, seperti Jimmy Wong, Constance Wu, Will Yun Lee, Ronny Chieng, John Cho, Natasha Liu Bordizzo, dan Aaron Yoo sebagai aktor, serta Philip Klein dalam produksi musik.

Film Wish Dragon berpusat pada karakter Din Song yang diperankan Jimmy Wong. Din Song adalah seorang mahasiswa kelas pekerja di Shanghai yang memiliki mimpi untuk bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Li Na Wang, yang diperankan oleh Natasha Liu Bordizzo. Teman masa kecilnya ini pindah ke luar negeri sepuluh tahun lalu bersama sang ayah.

Li Na dan ayahnya menjalani kehidupan yang sangat mewah, kehidupan yang sangat berbeda dengan Din Song. Suatu hari, Din Song mendapatkan sebuah teko dari seorang lelaki tua. Teko itu berisikan Long (yang diperankan oleh John Cho), yakni seekor naga yang mampu mengabulkan tiga permintaan dari tuannya.

3. All U Need Is Love (2021)

Sumber: mydramalist.com

 

All U Need Is Love adalah film drama komedi Hong Kong yang disutradarai oleh Vincent Kok. Film ini diproduksi dengan tujuan untuk menyelamatkan industri film Hong Kong di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Film ini diproduksi oleh Raymond Wong dan Eric Tsang, di bawah naungan 10 perusahaan besar film lokal, dan diluncurkan oleh Hong Kong Performing Artistes Guild bersama Federation of Hong Kong Filmmakers.

Film yang satu ini mengangkat tema pandemi, di mana kisahnya bermula saat Hotel Grande di Hong Kong diduga sebagai sumber wabah Covid-19. Maka dari itu, Center for Health Protection memerintahkan untuk mengunci hotel itu sementara dan memberlakukan karantina bagi seluruh tamu di dalamnya selama 14 hari untuk diuji. Di film ini, Jackie Chan memainkan peran sebagai pengawas Unit Operasi Pencegahan Epidemi.

4. Good Night Beijing (2021)

Sumber: IMDb.com

 

Film Good Night Beijing merupakan sebuah film yang disutradarai langsung oleh Jaycee Chan, yakni anak dari Jackie Chan. Namun, pada film ini Jackie Chan hanya tampil sebagai cameo. Selain menampilkan sang ayah, film yang dirilis pada 21 April 2021 ini juga dibintangi oleh Amber Kuo, Bo Lin Chen, dan Chao Jiang. Secara garis besar, film Good Night Beijing menceritakan kehidupan masyarakat perkotaan yang penuh dengan gejolak. Bersama dengan gejolak tersebut, dua sejoli dipertemukan dalam suatu peristiwa.

5. The Diary (2022)

Sumber: IMDb.com

 

The Diary adalah sebuah film yang skenarionya ditulis oleh Jackie Chan sendiri, dan ia juga menyutradarainya. Melansir dari IMDb, film ini direncanakan untuk tayang pada tahun ini, yakni tahun 2022, tetapi belum dirilis hingga saat ini. Film The Diary ini menampilkan banyak aktor dan aktris ternama, seperti Noah Centineo, Kevin Kline, Andy Lau, Tini Stoessel, Kai Wang, Leehom Wang, dan masih banyak yang lainnya.

Film The Diary ini diketahui merupakan perwujudan dari hasrat terpendam Jackie Chan untuk memproduksi film musikal. Film ini berlatar di Tiongkok dan Eropa pada tahun 1930-an. Film ini mengisahkan seorang pemuda yang meninggalkan Shanghai dan pergi ke Eropa untuk bertemu dengan sosok yang dicintainya.

Wah, menarik sekali ya film-film terbaru Jackie Chan ini. Selain kelima film di atas, diketahui juga bahwa terdapat sejumlah film yang dibintangi oleh Jackie Chan, yang direncanakan akan dirilis pada 2023. Beberapa di antaranya, yakni Snafu, Ride On, The Diary, dan Home Operation.

Dari kelima film terbaru Jackie Chan, Grameds sudah nonton yang mana aja nih? Kalau belum ada yang ditonton, kelima film tersebut sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu luang Anda, karena film yang dibintangi Jackie Chan dijamin tidak akan gagal untuk menghibur Anda!

Grameds, sekian artikel 5 film terbaru yang dibintangi oleh Jackie Chan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi yang terbaik dan terlengkap untuk Anda.

Jika ingin mencari buku tentang biografi Jackie Chan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Jackie_Chan https://www.indozone.id/movie/n0sZ1pR/deretan-film-jackie-chan-terbaru-2020-2022-dari-animasi-hingga-musikal/read-all
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Vanguard_(film)
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Wish_Dragon
  • https://en.wikipedia.org/wiki/All_U_Need_Is_Love
  • https://www.imdb.com/title/tt8811742/

Rekomendasi buku:

Who Is Jackie Chan?

 

Buku Jago Beladiri Untuk Pemula

Ide Kreatif Dalam Produksi Film



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.