in ,

Kenali Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Sumber: Pexels

Pekerjaan dengan gaji tinggi – Kebutuhan ekonomi yang terus meningkat menjadikan beberapa orang memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan. Apalagi pada kondisi ekonomi yang seperti saat ini, dimana harga kebutuhan tertentu turut naik menjadikan salah satu alasan juga kalau banyak orang sering kali mencari pekerjaan dengan gaji tertinggi ataupun mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utamanya.

Meski setiap pekerjaan memiliki ukuran besaran gaji yang berbeda-beda, tetapi siapa sangka ada beberapa pekerjaan yang mampu menawarkan gaji dan terbilang cukup fantastis. Tentunya gaji besar akan selaras dengan tanggung jawab yang besar pula.

Selain itu, pekerjaan dengan gaji tertinggi biasanya juga dipengaruhi oleh posisi atau jabatan, bidang pekerjaan, pengalaman kerja atau lama bekerja dalam suatu bidang dan beberapa hal lainnya.

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang ingin mendapatkan gaji besar namun tak tahu apa saja daftar pekerjaan bergaji besar di dunia maupun dalam ruang lingkup Indonesia, maka, Anda bisa mencoba untuk membaca penjelasan yang tersedia di dalam artikel ini.

Sebab, dalam artikel ini akan menjelaskan secara lengkap daftar pekerjaan bergaji besar yang bisa Anda masukkan ke dalam list pribadi.

Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi

1. Ahli Pertambangan

pekerjaan dengan gaji tertinggi
Sumber: Pixabay

Jika bicara tentang gaji besar suatu pekerjaan, mungkin yang terbesit di pikiran kita adalah pekerjaan yang berhubungan dengan dunia pertambangan. Ya, hal tersebut memang benar nyatanya. Dimana dunia pertambangan bisa tawarkan gaji yang cukup fantastis.

Meski begitu, perlu diketahui juga jika tak setiap orang tahu bahwa lowongan di pekerjaan pertambangan ini cukup jarang. Selain itu, untuk bekerja di pertambangan sangat dibutuhkan keahlian khusus.

Adanya kesempatan bekerja dalam bidang pertambangan sangat tergantung dengan keadaan di lapangan. Selain itu, perlu diketahui juga jika seseorang yang bekerja di dunia pertambangan harus siap menerima resiko yang mungkin harus bekerja di area yang begitu jauh dari rumah pribadi.

Meskipun dunia pertambangan menawarkan gaji yang cukup besar, tetapi juga ada risiko-risiko yang mungkin saja sebelumnya belum terpikirkan dipikiran Anda. Dilihat dari jumlah peminat dalam bidang pertambangan, maka peluang kerjanya masih cukup besar dengan gaji yang terbilang menggiurkan sekali.

Upah minimum karyawan di industri pertambangan memiliki kisaran pada angka Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000 untuk level fresh graduate. Sedangkan untuk level karyawan senior memiliki kisaran gaji sekitar Rp10 hingga Rp40 juta rupiah. Wah angka yang cukup besar sekali bukan dalam suatu pekerjaan.

2. Ahli Perminyakan dan Gas

Selain pertambangan, bidang perminyakan juga menjadi salah satu pekerjaan yang mampu menawarkan berbagai posisi dengan gaji yang begitu tinggi khususnya di Indonesia. Lowongan yang biasanya dibuka oleh perusahaan minyak dan gas adalah seperti Ahli Geologi, Petroleum Engineer, dan Engineering Technologist.

Menjadi salah satu bidang pekerjaan yang mampu menawarkan gaji fantastis di Indonesia membuat bidang perminyakan ini diincar oleh banyak orang terutama mereka yang lulusan dari fakultas teknik atau pengetahuan alam. Lalu, untuk besaran gaji dengan level fresh graduate adalah berkisar di antara Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000.

https://www.gramedia.com/products/pola-hubungan-hukum-pemberi-kerja-dan-pekerja-hubungan-kerj?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/pola-hubungan-hukum-pemberi-kerja-dan-pekerja-hubungan-kerj?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Dokter Spesialis

Dalam dunia kedokteran mungkin menemukan standar gaji seorang dokter terbilang cukup sulit. Namun, untuk seorang dokter spesialis diklaim sebagai salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Mengambil studi ilmu kedokteran memang tak mudah, apalagi adanya persaingan yang cukup ketat di setiap perguruan tinggi. Selain dari sisi tanggung jawab yang cukup tinggi, untuk bisa mendapatkan gelar kedokteran juga memerlukan proses yang cukup besar.

Apalagi setelah lulus menjadi sarjana kedokteran juga harus menjalani coass, mereka juga harus menempuh jalur pendidikan pasca sarjana jika memang ingin menjadi seorang dokter spesialis.

Setelah berhasil melewati proses yang panjang dan juga beban tanggung jawab berat tak mengherankan jika posisi dokter spesialis memiliki gaji dengan angka yang cukup fantastis. Rata-rata gaji yang akan didapatkan oleh dokter spesialis di rumah sakit pemerintah adalah berkisar di angka Rp10.000.000.

Lalu, untuk dokter spesialis di rumah sakit swasta mampu memberikan mendapatkan gaji pada angka kisaran Rp50.000.000 rupiah per bulannya.

4. Ahli Konstruksi

pekerjaan dengan gaji tertinggi
Sumber: Pixabay

Pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi infrastruktur memang selalu bisa menawarkan gaji cukup tinggi. Tak heran jika saat ini teknik sipil selalu menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya.

Apalagi pekerjaan yang berhubungan dengan dunia konstruksi infrastruktur tak ada habisnya serta memiliki kebutuhan akan ahli konstruksi terbilang cukup tinggi. Kisaran gaji yang ditawarkan untuk posisi ahli konstruksi dengan berbekal pengalaman kurang dari 5 tahun adalah pada angka Rp7.000.000 hingga Rp15.000.000 rupiah. Kisaran gaji tersebut bisa dibilang sebagai salah satu gaji paling tinggi di Indonesia untuk level pengalaman fresh graduate.

5. HR Atau Head of Human Resources

HR atau Head of Human Resources adalah salah satu posisi pekerjaan yang terbilang cukup krusial di dalam sebuah perusahaan. Dimana dari segi gaji, posisi HR juga sangat menjanjikan. Secara umum, mereka yang bekerja sebagai HR adalah lulusan fakultas psikologi.

Meski begitu, tak jarang, seorang HR juga bisa diduduki oleh mereka yang lulus dari jurusan non psikologi. HR sendiri memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam proses kemajuan sumber daya manusia di perusahaan.

Hal tersebutlah yang mampu menjadikan seorang pimpinan pada divisi tersebut memiliki tawaran gaji yang cukup tinggi. Kisaran gaji yang ditawarkan untuk level manager HR bisa sampai Rp30.000.0000.

https://www.gramedia.com/products/conf-sukses-wawancara-kerja?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-sukses-wawancara-kerja?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Pilot

Berikutnya, ada pilot yang juga sudah bukan rahasia sebagai salah satu pekerjaan yang mampu menawarkan pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Tentunya, kita juga tahu jika setiap pengendara moda transportasi memiliki tingkat resiko masing-masing.

Namun, khusus untuk pilot ternyata memiliki risiko dan tanggung jawab yang cukup berat. Dimana nantinya para pilot secara profesional akan menerbangkan sebuah pesawat yang di dalamnya terdapat ratusan nyata setiap harinya.

Hal tersebutlah yang menjadikan seleksi untuk bisa masuk ke dalam sekolah penerbangan juga cukup ketat. Tak heran jika dalam dunia kerja, pilot adalah salah satu profesi yang mampu menawarkan gaji cukup tinggi. Rata-rata para pilot dalam melakukan penerbangan komersil bisa mendapatkan gaji sekitar Rp20.000.000 hingga Rp40.000.000.

7. Pekerja Bidang IT

pekerjaan dengan gaji tertinggi
Sumber: Pixabay

Berikutnya ada pekerjaan dalam bidang IT yang juga menawarkan gaji cukup tinggi di Indonesia. Tak bisa dipungkiri jika seiring berjalannya waktu dan berkembangnay teknologi mejadikan internet sebagai suatu kebutuhan pokok masyarakat, khususnya bagi mereka yang bekerja dalam bidang yang membutuhkan campur tangan internet.

Perusahaan dalam sektor apapun itu yang ada saat ini pasti membutuhkan jaringan internet atau hal-hal yang berkaitan langsung dengan teknologi. Hal ini bukan tanpa alasan karena teknologi dan internet bisa memperluas jangkauan bisnis dari suatu perusahaan.

Oleh karena itu, tenaga ahli IT bisa dibilang sangat dicari oleh seluruh perusahaan, terutama bagi mereka yang yang bergerak di bidang dengan basis internet. Sementara itu, gaji yang ditawarkan oleh perusahaan untuk ahli IT juga bergantung terhadap pengalaman yang dimilikinya.

8. Content Manager

Selain ahli IT, seorang yang memiliki profesi sebagai content juga memiliki besaran gaji yang cukup tinggi di Indonesia. Saat ini, interaksi yang dilakukan manusia memang begitu besar, bahkan hampir mengalahkan interaksi yang ada di dunia nyata.

Hal ini juga yang mendorong adanya dunia maya bisa menjadi sebuah wadah promosi dengan jangkauan yang lebih luas. Tentunya, proses promosi di dunia maya bisa berlangsung dengan baik jika ada campur tangan dari seorang ahli dalam bidang content manager.

Bahkan, rata-rata seorang content manager di sebuah perusahaan e commerce memiliki usia yang masih muda serta mampu memiliki gaji relatif tinggi. Biasanya, gaji yang ditawarkan untuk profesi content manager berkisar Rp20 juta rupiah dengan pengalaman di atas 5 tahun.

9. Staf Perbankan

Pekerjaan dengan gaji tertinggi yang berikutnya adalah staff perbankan. Bisa dibilang jika setiap tahunnya, bank selalu membuka lowongan pekerjaan baru bagi para lulusan baru untuk bergabung menjadi staff mereka.

Menariknya, tak hanya jurusan perbankan saja yang akan diterima. Terkadang, ada sebuah bank yang tak ragu untuk merekrut pekerja atau staff baru dari jurusan non perbankan. Sedangkan untuk gaji awal yang ditawarkan biasanya berada di angka Rp5.000.000 di awal-awal perekrutan.

Selain itu, ketika seorang staff perbankan bisa memiliki dan mempertahankan kinerja terbaiknya. Biasanya, akan ada kesempatan untuk beralih ke posisi direktur keuangan yang gajinya berada di kisaran angka Rp120.000.000 rupiah.

https://www.gramedia.com/products/conf-etos-kerja-panduan-menjadi-karyawan-cerdas?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-etos-kerja-panduan-menjadi-karyawan-cerdas?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

10. Wirausaha

Wirausahawan adalah salah satu profesi yang menawarkan kisaran gaji cukup tinggi. Meski tak mendapatkan gaji tetap di setiap bulannya, namun wirausahawan memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dibandingkan dari standar gaji yang sudah ada.

Apalagi di era kemajuan dunia digital yang begitu pesat bisa menjadi salah satu faktor pendukung pengembangan bisnis yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, tak heran jika para generasi muda saat ini sudah mulai berani merintis usahanya sendiri.

11. Country Sales Manager

Country sales manager dalam departemen penjualan yang juga merupakan salah satu bagian penting dalam organisasi apapun. Biasanya, seorang country sales manager jika bekerja dengan baik bisa mendapatkan kompensasi selama perjalanan karirnya.

Kisaran gaji seorang country sales manager sekitar Rp113.000.000 hingga Rp175.000.000. Namun, perlu diketahui juga jika kisaran gaji tersebut juga tergantung dari industri, ukuran perusahaan serta volume penjualan yang diberikan kepada perusahaan.

Sedangkan untuk bagian direktur penjualan akan mendapatkan kisaran gaji sekitar Rp113.000.000 hingga Rp175.000.000. Dimana tugas dari seorang direktur penjualan adalah membuat upaya strategis tim penjualan serta memastikan agar tim tersebut mampu memenuhi target penjualan yang diproyeksikan.

12. Corporate Suit

Mereka yang memiliki gelar Chief atau Director biasanya akan mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Seorang CEO di Indonesia akan mendapatkan kisaran gaji sekitar Rp130.000.000 hingga Rp250.000.000 per bulannya. Meski begitu, perlu diketahui juga jika kisaran gaji tersebut biasanya berlaku untuk sebuah perusahaan yang sudah memasuki level unicorn atau berada di atasnya.

13. Head of Risk

Head of risk adalah salah satu profesi dalam suatu perusahaan yang bertugas untuk melindungi sebuah perusahaan dari segala resiko yang ada. Mulai dari risiko keuangan, risiko kepatuhan maupun resiko strategi.

Untuk bisa menjadi seorang direktur risiko atau kepala risiko sebuah perusahaan, maka seorang profesional harus memiliki gelar terkini serta pengetahuan terkait dengan peraturan dan juga regulasi yang terus berubah. Lalu, untuk kedudukan kepala risiko biasanya akan mendapatkan besaran gaji sekitar Rp150.000.000.

14. Marketing Director

pekerjaan dengan gaji tertinggi
Sumber: Pixabay

Pemasaran adalah suatu bagian penting dalam perusahaan untuk bisa mendapatkan klien atau pelanggan baru. Fungsi lain dari pemain sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran merek serta bisa meningkatkan target penjualan.

Seorang profesional yang berada di posisi kepala marketing harus bisa memimpin fungsi dari pemasaran. Tentunya, mereka juga harus inovatif serta memiliki keberanian untuk mencoba hal baru sekaligus terus memahami cara berbicara kepada para pelanggan saat preferensi.

Lalu Untuk besaran gaji yang biasanya diterima oleh para kepala pemasaran adalah sekitar Rp110.000.000 hingga Rp150.000.000.

15. Digital Marketing Strategy

Keberadaan digital marketing strategy bisa membantu membuat strategi pemasaran yang tak lagi hanya berfokus pada media offline saja, namun juga berfokus terhadap media online. Tak heran jika profesi digital marketing strategi masuk ke dalam jajaran pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia.

Digital marketing strategis sendiri adalah posisi umum yang biasanya akan membuat strategi marketing digital dalam suatu perusahaan, mulai dari SEO website, konten media sosial hingga urusan periklanan.

Lalu, untuk kisaran gaji yang dimiliki oleh seorang digital marketing strategi adalah berada di angka Rp8 juta hingga Rp100 juta per bulannya.

https://www.gramedia.com/products/sanitasi-hygienekeselamatan-kerja?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sanitasi-hygienekeselamatan-kerja?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

16. Cyber Security Engineer

Cyber security engineer adalah insinyur yang bergerak dalam bidang keamanan data serta system. Tugas utama dari seorang yang berprofesi sebagai security engineer adalah untuk menjaga sistem keamanan dari suatu perusahaan, menemukan celah keamanan serta melakukan perbaikan jika terjadi suatu kerusakan system atau kebocoran data.

Di Indonesia sendiri biasanya seorang security engineer lebih banyak bekerja secara freelance atau pegawai lepas dengan proyek nasional maupun internasional dengan gaji rata-rata Rp10.000.000 hingga Rp2.000.000.000 per bulannya.

17. Sekretaris Direktur

Berikutnya, ada profesi sekretaris direktur dengan gaji yang tergolong cukup fantastis yaitu Rp50 juta hingga Rp 80.000.000 per bulannya. Biasanya, seorang sekretaris direktur akan diisi oleh perempuan. Hal ini menjadikan posisi sekretaris direktur adalah sebuah pekerjaan yang bergaji tinggi bagi kalangan perempuan.

18. Full Stack Developer

pekerjaan dengan gaji tertinggi
Sumber: Pixabay

Full stack developer adalah salah satu pekerjaan dengan gaji yang cukup besar. Dimana full stack developer adalah suatu pekerjaan yang mencakup pemrograman front end, back end sekaligus dengan database.

Lalu, untuk rata-rata gaji dari seorang full stack developer level junior adalah berada di angka Rp8 juta hingga Rp15.000.000 per bulan. Sedangkan untuk mereka yang sudah di level professional akan mendapatkan gaji rata-rata berada di angka Rp200.000.000 per bulannya.

19. Engineering Director

Terakhir, ada director atau VP of Engineering yang menjadi pemimpin departemen engineering dalam suatu perusahaan. Keberadaan departemen ini adalah untuk merencanakan serta memberikan pengarahan terhadap semua aspek yang berhubungan dengan kegiatan teknik.

Selain itu, profesi ini juga mempekerjakan serta melatih anggota tim baru hingga melakukan pengelolaan proyek dan juga anggaran teknik. Untuk seorang direktur teknik dalam berbagai macam industri akan mendapatkan besaran gaji yang cukup besar yaitu sekitar Rp117.000.000 hingga Rp129.000.000.

Penutup

Nah, itulah beberapa daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi yang ada di Indonesia. Apakah salah satu pekerjaan di atas ada yang menjadi profesi Anda?

Jika, kamu ingin mencari buku tentang dunia kerja, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi