in

Ketahui Manfaat Mengkonsumsi Buah Markisa

Manfaat buah markisa – Indonesia kaya akan keberagaman, termasuk banyaknya jenis buah salah satunya adalah buah markisa. Markisa adalah buah dengan rasa campuran antara masam dan manis. Maka dari itu, ketika makan buah markisa, kita akan merasa lebih segar. Tidak hanya dikenal dengan rasa segarnya saja, tetapi buah markisa juga dikenal dengan manfaatnya yang sangat banyak.

Oleh sebab itu, buah markisa ini walaupun rasanya yang sedikit masam, tetapi tetap disukai oleh banyak orang. Bahkan, buah yang satu ini juga sangat cocok untuk bagi penderita penyakit tertentu.

Apakah kamu sudah tahu tentang manfaat buah markisa? Nah, jika belum. maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds. Namun, sebelum itu, ada baiknya kalau kita membahas tentang buah markisa terlebih dahulu.

Buah Markisa

pixabay

Jika bicara tentang buah markisa, maka buah ini merupakan salah satu buah yang di mana pohonnya bersifat merambat. Selain itu, buah markisa ini umumnya bisa tumbuh di daerah atau wilayah yang memiliki iklim tropis. Tanaman buah ini dikenal juga dengan nama Passiflora. Lalu, buah ini memiliki daging buah yang lembut dan biji buah yang sedikit keras.

Orang bisa memakan bijinya dan daging buahnya, membuatnya menjadi jus atau menambahkannya ke jus lain dengan ditambahkan sirup dan susu untuk menambah citarasa yang lebih segar. Buah markisa ada banyak manfaat selain rasanya yang menyegarkan. Banyaknya vitamin yang terkandung di dalamnya membuat tubuh menjadi sehat dan segar.

Kandungan nutrisi dari buah markisa yaitu vitamin A, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, serat, vitamin B6 yang tentu saja membuat manfaat buah markisa cukup banyak untuk tubuh. Bahkan, buah yang memiliki rasa masam dan manis ini mengandung banyak sekali antioksidan, sehingga bisa melindungi tubuh secara alami.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka buah ini mampu meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf, serta mengurangi stres dan peradangan pada tubuh. Akan tetapi, Anda perlu memastikan telah mencuci buah markisa secara menyeluruh dan bersih untuk menghilangkan pestisida dan bakteri di kulit buahnya.

Cara Tepat Konsumsi Buah Markisa

pixabay

Pada dasarnya, setiap orang memiliki beberapa cara tersendiri untuk konsumsi buah markisa. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara konsumsi buah markisa yang bisa kamu coba.

  1. Makan buah markisa dengan cara mencampurkannya dengan susu.
  2. Makan buah markisa dengan yogurt.
  3. Menjadikan buah markisa sebagai smoothie.
  4. Mencampurkan dengan susu.

Namun, sebelum mengonsumsi buah markisa, ada baiknya untuk mencuci buah markisa terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar kuman yang ada pada buah markisa bisa hilang. dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat dari buah markisa.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Manfaat Buah Markisa

pixabay

Kandungan nutrisi dalam setiap buahnya sebagai berikut [dalam miligram (mg), satuan internasional (IU), atau gram (g): 229 IU vitamin A, 63 mg kalium, 5 mg magnesium, 5,4 mg vitamin C, 2 mg kalsium, 0,29 mg zat besi, 1,9 g serat. Terdapat beberapa macam-macam dan manfaat buah markisa yang ada di Indonesia, diantaranya yaitu:

1. Dapat Mengatur Kadar Gula Darah

Buah ini yang rendah glikemik sehingga kadar gula menjadi tidak meningkat secara signifikan setelah dikonsumsi. Buah markisa kaya akan serat sehingga markisa dapat menyerap kadar gula secara perlahan dalam aliran darah dan menjaga kadar gula menjadi seimbang.

Buah ini kaya akan pektin sehingga membuat orang yang memakannya menjadi cepat kenyang tanpa menambah asupan kalori. Pada biji buah markisa ada kandungan senyawa yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Di dalam buah markisa mengandung vitamin c dan antioksidan yang sudah berasa pada saat kita memakan buah ini dengan ada rasa asem yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin c tersebut merangsang aktivitas sel darah putih  yang meningkatkan kekebalan tubuh. Pada vitamin c inilah yang kemungkinan badan menyerap lebih banyak zat besi dari makanan untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat segar dan sehat.

3. Menjaga Kesehatan Jantung 

Serat yang terkandung dalam buah markisa dapat membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah sehingga mencegah pengendapan di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan jantung.

Buah markisa banyak mengandung potasium sehingga tekanan darah dapat diatur, melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

4. Menyehatkan Pernapasan

Peranan penting buah markisa dalam mengurangi masalah batuk, pilek, asma dan gejala lain yang mirip flu. Vitamin yang ada dalam buah markisa berkhasiat  membantu mengencerkan dan melonggarkan endapan dahak di dalam dada dan rongga hidung. Sehingga dapat memudahkan dalam pernapasan dan membantu tubuh menghilangkan lendir-lendir.

5. Memperkuat Tulang

Buah yang satu ini mengandung berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Mineral ini berguna sebagai penguat tulang yang membuat tulang kuat dan sehat. Buah ini juga mengandung zat anti-inflamasi yang membantu mengurangi nyeri sendi.

6. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam buah markisa sehingga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Buah ini berguna untuk membantu mencegah pembentukan sel kanker karena mengandung vitamin A dan flavonoid. Buah markisa juga memiliki senyawa chrysin yang memiliki aktivitas antikanker.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya kalau buah markisa ini memiliki banyak sekali manfaat. Maka dari itu, tak sedikit orang yang mengonsumsi buah markisa secara rutin, apakah kamu salah satunya? Dikarenakan banyak yang ingin mengonsumsi buah markisa, maka tak sedikit orang yang ingin menanam buah markisa.

Nah, untuk kamu yang ingin berkebun markisa dan mendapatkan keuntungan, maka bisa membaca buku Meraih Keuntungan dari Berkebun Markisa. Dapatkan segera buku ini di gramedia.com.

https://www.gramedia.com/products/meraih-keuntungan-dari-berkebun-markisa

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah markisa baik untuk kesehatan kulit karena mengandung sumber vitamin A terbaik. Buah markisa juga mengandung vitamin C dan vitamin B yang penting untuk kesehatan kulit. Dari ketiga   kombinasi vitamin ini akan menunda penuaan, menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

8. Menangkal Radikal Bebas

Buah markisa mengandung kaya antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, vitamin C, dan piceatannol. Buah markisa mengandung antioksidan yang berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Paparan radikal bebas secara berlebihan membahayakan tubuh kita dan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker.

9. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat dari buah markisa yang tinggi dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, dalam setiap buah mengandung  sekitar 2 gram serat.

10. Untuk Mencegah Kambuhnya Gejala Asma

Penelitian tentang buah markisa masih sedikit yang meneliti sehingga masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buah markisa secara medis sebagai pengobatan. Seperti untuk pengobatan penyakit asma.

11. Untuk Meminimalisir Penyakit Alzheimer

Buah markisa mengandung banyak antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa untuk membantu memberantas radikal bebas yang berbahaya pada tubuh. Antioksidan tersebut menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan pada tubuh, dapat meningkatkan aliran darah, khususnya otak dan sistem saraf.

12. Untuk Mengurangi Kecemasan

Kandungan buah markisa banyak mengandung magnesium, mineral penting yang diteliti oleh para ilmuwan berguna untuk menurunkan stres dan kecemasan.

13. Untuk Mengatasi Hipertensi

Buah markisa yang di dalamnya terkandung kalium atau mineral ini sangatlah bermanfaat untuk tubuh. Hal ini karena kandungan tersebut bisa menjaga tekanan darah. Kalium berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah serta dapat meningkatkan kualitas aliran darah. Dengan kata lain, buah markisa ini bisa bermanfaat untuk mengatasi hipertensi.

Penelitian yang dilakukan di kulit buah markisa pada tikus dapat digunakan sebagai obat hipertensi. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami efek ekstrak kulit markisa pada kontrol tekanan darah pada manusia.

14. Untuk Membantu Tidur Nyenyak

Pada buah markisa ada kandungan harman, yang mungkin memiliki sifat obat penenang. Pembuktian pada kandungan yang sama anekdotal menunjukkan bahwa buah ini dapat membantu mengobati insomnia dan kegelisahan. Namun, penelitian ini masih perlu banyak penelitian lebih lanjut.

15. Untuk Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada buah markisa ini bisa dibilang cukup banyak. Maka dari itu, buah markisa ini cocok bagi penderita anemia. Hal ini karena dengan mengonsumsi buah markisa secara rutin, maka ketersedian darah merah dalam tubuh bisa terjaga dengan baik.

Dengan begitu, tingkat risiko terkena anemia, bisa berkurang. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi buah markisa?

Anemia adalah penyakit yang mempunyai gejala meliputi kelelahan terus-menerus, sesak napas, pingsan, dan pusing. Meskipun anemia bukan penyakit yang terlalu serius seperti penyakit lainnya, maka hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Buah markisa kaya akan zat besi yang bagus untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah. Vitamin C yang terkandung pada buah markisa dapat membantu penyerapan zat besi tersebut.

16. Sebagai Anti Aging

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah markisa ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya itu, buah markisa juga mengandung beberapa nutrisi lainnya, seperti Vitamin A, Vitamin C, riboflavin, dan karoten.

Antioksidan ini mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas yang dihasilkan oleh sel tubuh tersebut berguna sebagai produk sampingan dan bisa menyebabkan penuaan kulit. Maka dari itu, buah markisa ini bisa dijadikan sebagai anti aging.

17. Untuk Mencegah Kerutan Wajah

Buah markisa juga mengandung vitamin C dan A yang terdapat dalam minyak buah markisa gunanya untuk mengatasi penuaan. Kandungan riboflavin dan karoten dapat membantu untuk menjaga kelembapan pada wajah dan dapat membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga kulit menjadi cerah, sehat dan awet muda.

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah tersebut juga mampu merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit. Sumber kolagen tersebut mampu meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga kulit semakin kencang, kenyal, halus dan awet muda.

18. Membuat Rambut Tampak Lebih Sehat

Minyak buah yang dihasilkan dari biji buah markisa dapat mencegah rambut bercabang, mengurangi rambut rontok dan menguatkan akar rambut. Minyak tersebut dapat meminimalisir dan menghidrasi kulit di kepala sehingga rasa gatal dan ketombe.

Kandungan vitamin B6 dan B2 pada buah markisa dapat membantu sirkulasi pada kulit kepala sehingga menjaga kekuatan folikel rambut sehingga menghasilkan rambut yang lebat dan kuat.

Rekomendasi Buku dan Ulasannya

Mengawetkan Buah-Buahan

Bukan hanya buah markisa saja yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, ada berbagai macam buah yang memiliki manfaat. Tidak hanya itu, buah-buahan juga bisa diawetkan, sehingga tidak bosan ketika mengonsumsi buah. Nah, jika kamu masih bingung bagaimana cara mengawetkan buah, maka bisa membaca buku Mengawetkan Buah-Buahan.

Di dalam buku ini, ada banyak sekali penjelasan cara mengawetkan buah secara rinci dan mudah untuk dipraktikkan. Untuk kamu yang ingin mengetahui cara mengawetkan buah, bisa mendapatkan buku ini dengan klik gambar di bawah ini.

 

Aneka Kulit Buah & Sayuran, Manfaat, dan Cara Pemakaian

Kulit buah dan sayuran ternyata di dalamnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Akan tetapi, terkadang sebagian orang belum mengetahui manfaat kulit buah dan sayuran. Tak perlu khawatir, karena dalam buku Aneka Kulit Buah & Sayuran, Manfaat, dan Cara Pemakaian, pembaca akan mengetahui cara mengolah kulit buah dan sayuran.

Tertarik untuk membeli buku ini? Kamu bisa mendapatkannya dengan klik buku gambar di bawah ini.

 

9 Tanaman Buah di Pekarangan Rajin Berbuah

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau buah memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, sehingga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain membeli, apabila kamu memiliki pekarangan atau kebun, maka bisa menanam buah. Jika masih bingung mencari buku tentang menanam buah, maka kamu bisa membaca buku 9 Tanaman Buah di Pekarangan Rajin Berbuah. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menanam buah di pekarangan?

 

 

Penutup

Pada dasarnya, setiap buah yang ada di sekitar kita memiliki kandungannya sendiri dan umumnya memiliki banyak sekali manfaat. Semua manfaat yang ada pada buah ini baru bisa dirasakan apabila dikonsumsi secara rutin. Namun, kamu juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, karena apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan.

Alangkah baiknya, selain mengonsumsi buah secara rutin terutama buah markisa, kamu juga menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, melakukan olahraga secara rutin, tidur tepat waktu, dan sebagainya. Dengan begitu, kondisi kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik.

Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu Grameds. Setelah membaca artikel tentang manfaat buah markisa sampai habis, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi buah markisa secara rutin?

Jika ingin mencari buku tentang manfaat dari buah-buahan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-markisa/
  • https://www.medcom.id/gaya/read/Obz4wxgK-minuman-segar-asam-dan-manis-es-markisa-persik/
  • https://www.alodokter.com/manfaat-buah-markisa-yang-perlu-anda-ketahui
  • https://www.alodokter.com/manfaat-buah-markisa-yang-perlu-anda-ketahui/
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-markisa
  • https://www.halodoc.com/artikel/manfaat-minyak-buah-markisa-untuk-kulit-dan-rambut-1/
  • https://www.halodoc.com/artikel/tak-hanya-segar-ini-7-manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan/
  • https://rsrizkiamalia.com/tak-hanya-segar-ini-7-manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan/
  • https://infomalukunews.com/19-manfaat-buah-markisa-untuk-tubuh-kita/
  • https://sinarjateng.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1005997362/simak-manfaat-dan-khasiat-markisa-bagi-kesehatan-tubuh
  • https://www.yesdok.com/id/article/khasiat-buah-markisa-bagi-kesehatan-tubuh/?token=not_set


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.