in

10 Manfaat Buah Salak serta Jenis hingga Nutrisi yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: Pixabay

Manfaat Buah SalakSalacca zalacca atau dikenal juga dengan buah salak merupakan buah tropis yang menjadi buah asli Indonesia. Pada awalnya, salak ditemukan tumbuh liar di alam Jawa pada bagian barat daya serta Sumatera bagian selatan. Namun, asal usul salak yang pasti belum diketahui.

Seiring dengan berjalannya waktu, salak kemudian banyak dibudidayakan di Thailand, Malaysia serta Indonesia bagian timur hingga Maluku. Selain itu, buah salak juga telah dijual ke Filipina, Papua Nugini, Queensland hingga Fiji. Salak sebagai jenis palma buah yang berbentuk perdu atau hampir tak berbatang berduri banyak, melata serta beranak banyak, tumbuh menjadi rumpun yang rapat serta kuat. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah, membentuk rimpang, sering dan bercabang, pada diameter 10-15 cm.

Buah salak itu sendiri ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apakah kamu sudah mengetahui manfaat buah salak apa saja? Jika belum, maka bisa simak artikel ini, Grameds. Namun, sebelum membahas tentang manfaat buah salak, ada baiknya kalau kita membahas tentang jenis-jenis salak terlebih dahulu.

Jenis-jenis Salak

manfaat buah salak
Sumber: Pixabay

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia, masyarakatnya lebih mengenal salak sekitar 20 sampai 30 jenis. Adapun beberapa jenis salak yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, antara lain:

  • Salak Sidimpuan yang berasal dari Sumatera Utara
  • Salak Condet yang berasal dari Jakarta
  • Salak Pondoh yang berasal dari Yogyakarta
  • Salak Bali yang berasal dari Bali

Nutrisi Buah Salak

manfaat buah salak
Sumber: Pixabay

Setelah membahas tentang jenis-jenis salak, maka pembahasan selanjutnya adalah nutrisi yang terkandung dalam buah salak. Berikut di bawah ini komposisi gizi dalam per 100 g buah salak, dengan Berat Dapat Dimakan (BDD) 93 %, sebagai berikut:

  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Air (Water) : 78.0 gram (g)
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Energi (Energy) : 77 kalori (kal)
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Protein (Protein) : 0.4 g
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Karbohidrat (CHO) : 20.9 g
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Abu (ASH) : 0.7 g
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Kalsium (Ca) : 28 miligram (mg)
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Fosfor (P) : 18 mg
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Besi (Fe) : 4.2 mg.
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Tembaga (Cu) : 0.08 mg
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Seng (Zn) : 0.2 mg
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Beta-Karoten (Carotenes) : 4 microgram (mcg)
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Karoten Total (Re) : 0 mcg
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Thiamin (Vit. B1) : 0.04 mg
  • Komposisi Nutrisi Pada Buah Salak > Vitamin C (Vit. C) : 2 mg

Manfaat Buah Salak

manfaat buah salak
Sumber: Pixabay

Selain rasanya yang manis serta segar, salak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi pada buah ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Berikut di bawah ini manfaat buah salak yang perlu kamu ketahui:

Kesehatan Mata

Manfaat salak cukup baik bagi kesehatan mata. Buah salak juga memiliki kandungan betakaroten yang di mana kandungan tersebut dapat menyehatkan mata. Nah, bagi kamu yang biasa mengkonsumsi wortel untuk kesehatan mata, tak ada salahnya juga untuk mengonsumsi buah salak saat bosan terus menerus memakan wortel.

Kandungan vitamin A bisa juga hanya meningkatkan ketajaman cahaya, baik saat terang maupun gelap (rabun senja). Masalah rabun ini juga bukanlah masalah pada retina mata. Hal ini juga sebabnya, seseorang memerlukan kacamata. Nah, dengan mengonsumsi buah salak bisa memberikan manfaat untuk mengurangi risiko masalah rabun jauh.

Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah salak bagi kesehatan pencernaan sudah diakui sejak zaman dulu. Para orang tua ini sering menyarankan makan buah salak ketika seseorang mengalami gangguan pencernaan. Hal ini bukan tanpa alasan karena buah salak merupakan salah satu buah yang padat nutrisi yang terdiri dari tanin, saponin, kalsium, flavonoid, dan betakaroten.

Selain itu, kandungan tanin juga bersifat anti diare, sehingga salak kemudian akan membantu menyembuhkan penyakit diare atau gangguan pencernaan lainnya. Lebih baik lagi, ketika mengonsumsi salak beserta kulit arinya karena kulit tersebut bisa mengatasi sembelit.

Penguat Daya Ingat

Nilai gizi yang tinggi dalam buah salak ini, kemudian disebut baik untuk otak. Bahkan, kandungan kalium serta pektin yang tinggi dalam salak bisa membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif otak serta meningkatkan daya ingat.

Membantu Mengontrol Diabetes

manfaat buah salak
Sumber: Pixabay

Ternyata, buah salak juga mengandung nutrisi yang kemudian dibutuhkan oleh pengidap diabetes, terlebih lagi bagi orang-orang yang sering mengalami masalah kesehatan dan terkait dengan kolesterol.

Bahkan, dengan kandungan asam asetat serta antioksidan di dalam buah salak yang dibuat dalam bentuk cuka juga memiliki potensi antidiabetik. Itu artinya, kandungan ini juga dapat membantu meningkatkan kerja serta fungsi dari kelenjar pankreas dalam membuat hormon insulin. Jadi, terdapat potensi dari cuka salak sebagai salah satu obat untuk membantu mengontrol diabetes. Oleh sebab itu, bagi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah salak secara rutin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan guna membantu menjaga sekaligus dalam meningkatkan kesehatan organ jantung, tentu kamu harus mengonsumsi makanan kaya kalium, salah satunya ialah buah salak. Kalium juga memiliki peran penting dalam menjaga detak jantung tetap normal dan juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga kerja jantung pun tetap optimal.

Tak hanya itu, kalium juga akan membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, juga mencegah terjadinya batu ginjal, menjaga adanya kepadatan tulang, serta memelihara kesehatan serta fungsi saraf.

Bahkan, buah salak yang memiliki kandungan potasium yang baik serta membuat jantung tetap sehat. Selain itu, jumlah antioksidan serta mineral yang tinggi dalam salak bisa membantu untuk menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan juga dapat membantu pengaturan peredaran cairan di dalam tubuh.

Mencegah Rusaknya Sel Tubuh

Manfaat buah salak yang tak boleh kamu lewatkan diantaranya adalah kandungan beta karoten yang berperan sebagai antioksidan juga membantu melindungi sel tubuh dari terjadinya kerusakan. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Institute of Tropical Biology and Conservation dari Universitas Malaysia Sabah ikut menambahkan bahwa buah salak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Bahkan, dengan kandungan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah tropis lain, seperti diantaranya jeruk, semangka, alpukat, lemon, mangga, pepaya, kiwi, serta pisang. Manfaat ini juga akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan tubuh, seperti diantaranya membantu menangkal virus, melawan sel kanker, serta mencegah terjadinya penuaan dini karena paparan radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salak adalah salah satu buah padat nutrisi yang kemudian membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi yang sangat banyak dan juga mineralnya ternyata bisa membantu untuk menjaga fungsi tubuh.

Jadi,konsumsi porsi salak secara teratur dalam makanan juga akan membantu menyehatkan tubuh sekaligus mencegah kerusakan pada sel.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat salak juga terletak pada kandungan serat yang kaya akan antioksidan yang tinggi, sehingga salak juga menjadi menu diet yang banyak dicari terutama bagi mereka yang kemudian ingin menurunkan berat badan. Dikarenakan terdiri dari kalsium dan karbohidrat, salak juga memberikan energi dan stamina yang diperlukan tubuh saat menjalani diet.

Membantu Mencerahkan Kulit

Manfaat salak lainnya adalah kemampuannya dalam mencerahkan kulit. Hal ini karena di dalam salak terdapat berbagai kandungan vitamin C. Tak hanya itu, senyawa flavonoid pada buah salak juga terbukti sangat efektif dalam menurunkan kadar senyawa pigmen yang kemudian memberikan warna pada kulit.

Membantu Mengontrol Asam Urat

Manfaat terakhir dari buah salak ialah mengontrol kadar asam urat. Salak juga memiliki kandungan yang di mana dapat menghambat terbentuknya enzim xantin oksidase. Enzim ini kemudian berperan dalam produksi asam urat.

Kondisi yang Dilarang Konsumsi Buah Salak

manfaat buah salak
Sumber: Pixabay

Meski buah ini kaya akan serat serta nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan, namun ada beberapa kondisi seseorang yang bisa dibilang tidak dianjurkan untuk makan buah salak. Hal ini karena buah salak bisa memperburuk kesehatannya. Adapun kondisi seseorang yang tidak boleh makan buah salak, yaitu pasien maag dan penderita tifus. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pasien Maag

Buah salak tidak dianjurkan untuk penderita maag. Hal ini karena mengonsumsi buah ini bisa memperburuk kondisi kesehatan bagi si penderita. Kandungan protein, serat pangan, juga karbohidrat yang sulit ini sendiri diproses membuat buah ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diproses di dalam tubuh. Oleh karena itu, akan membutuhkan banyak asam serta proses pencernaannya. Produksi asam lambung yang tinggi inilah yang kemudian akan memicu serangan penyakit maag.

Penderita Tifus

Buah salak juga kerap memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi bagi kamu yang menderita tifus, sebaiknya kamu tidak memakannya. Kandungan seratnya juga akan membuat sistem pencernaan menjadi terganggu dan tentunya akan memperburuk kondisi. Jadi, ketika kamu memiliki kondisi medis tersebut, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi salak.

Pada dasarnya, buah manfaat dari buah salak ini akan bisa dirasakan oleh tubuh selama kita mengonsumsinya secara teratur. Namun, lain halnya apabila kamu makan buah salak secara berlebihan, maka bisa mengganggu kesehatan tubuh. Supaya tidak bosan, maka kamu bisa makan buah salak yang sudah diolah, seperti jus.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah salak juga tidak dianjurkan oleh penderita maag dan tifus karena bisa memperburuk kesehatan. Jadi, ketika sedang menjenguk teman yang sedang menderita penyakit tersebut, sebaiknya jangan diberikan buah salak.

Penutup

Demikian pembahasan tentang manfaat buah salak dan juga nutrisi yang terkandung di dalam buah salak. Semoga semua pembahasan pada artikel ini bisa bermanfaat untuk Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang buah, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Manfaat Buah Salak

Panen Untung Dari Budidaya Salak Intensif

https://www.gramedia.com/products/panen-untung-dari-budi-daya-salak-intensif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/panen-untung-dari-budi-daya-salak-intensif?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buah salak cukup populer di tengah-tengah kehidupan masyarakat dunia dan dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat, baik masyarakat kalangan atas, menengah, maupun kalangan bawah. Oleh karena itu, buah salak memiliki pasaran yang sangat luas dan penjualannya mudah. Berbagai varietas (jenis) salak dapat dikembangkan dan dibudidayakan secara luas untuk mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap buah salak.

Namun, untuk mendapatkan hasil panen salak yang memuaskan, usaha berkebun salak memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai, baik dari aspek teknis (teknik bercocok tanam dan berbagai permasalahannya) maupun aspek non teknis (pemasaran).

Buku ini menjelaskan secara rinci dan lengkap, mulai dari penjelasan aneka manfaat dan varietas salak unggul; teknik pembibitan sendiri maupun dari bibit yang telah siap ditanam; teknik penanaman dan pemeliharaan baik organik dan anorganik; teknik penanganan kesehatan tanaman; panen, pasca panen, dan analisa usaha tani; sampai aneka olahan buah salak.

Panduan Sukses Berkebun Salak Lokal Dan Impor

https://www.gramedia.com/products/panduan-sukses-berkebun-salak-lokal-dan-import?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/panduan-sukses-berkebun-salak-lokal-dan-import?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buah salak sudah sangat populer di tengah-tengah kehidupan masyarakat dunia.. Bahkan, buah salak sudah dikenal oleh masyarakat sejak zaman prasejarah. Buah salak yang memiliki rasa sangat bervariasi, seperti manis, asam, sepat atau kombinasinya ini sudah dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat, baik masyarakat kalangan atas, menengah maupun kalangan bawah.

Oleh karena itu, buah salak tergolong buah yang sudah merakyat. Sehingga dengan demikian, buah salak memiliki pasaran yang luas dan penjualannya mudah. Kondisi ini sangat menguntungkan pekebun salak karena buahnya dapat cepat laku dijual. Berbagai varietas (jenis) salak dapat dikembangkan dan dibudidayakan secara luas untuk mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap buah salak. Namun, untuk mendapatkan hasil panen salak yang memuaskan (maksimal), usaha berkebun salak memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang memadai, baik dari aspek teknis (teknik bercocok tanam dan berbagai permasalahannya) maupun aspek non teknis (pemasaran).

Berkebun salak memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam melakukan pemilihan bibit dan varietas, penanaman, pemupukan, pemangkasan, pemeliharaan, perawatan buah, pengairan, pengendalian, hama dan penyakit, dan pemanenan. Produksi buah dapat ditingkatkan bila hal-hal tersebut dilakukan dengan baik dan benar.

9 Tanaman Buah Di Pekarangan Rajin Berbuah

https://www.gramedia.com/products/9-tanaman-buah-di-pekarangan-rajin-berbuah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/9-tanaman-buah-di-pekarangan-rajin-berbuah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini akan memberi gambaran kepada pembaca untuk memilih buah yang cocok ditanam di pekarangan dengan memperhatikan kondisi ketinggian tempat tinggal dan syarat tumbuhnya. Tidak hanya itu, buku ini menjelaskan cara bertanam tanaman buah di pot dan lahan pekarangan secara langsung dengan memperhatikan keindahan penampilan pekarangan. Di dalamnya dibahas cara perawatan dan pemberantasan hama serta penyakit yang sering menyerang.

Fun Activity Book; Mewarnai Dan Menempel Stiker Buah-Buahan

https://www.gramedia.com/products/fun-activity-book-mewarnai-dan-menempel-stiker-buah-buahan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Teman-teman, kalian tentunya suka makan buah-buahan, kan? Ayo sebutkan nama-nama buah-buahan yang kalian ketahui? Dalam buku ini terdapat 23 jenis buah-buahan dalam dua Bahasa (Indonesia-Inggris) dilengkapi dengan stiker gambar buah-buahan yang menarik dan berwarna. Nah sekarang kita belajar mewarnai buah-buahan, yuk!

Selain mengenal nama-nama buah-buahan, kita juga belajar mengenal warna dan bentuk. Jangan lupa ya, tempelkan stikernya pada kolom stiker di setiap halamannya. Tentunya sangat menyenangkan mewarnai sambil menempel stiker. Banyak sekali manfaat yang didapat dari aktivitas mewarnai sambil menempel stiker ini.

Misalnya mengasah motorik halus dan kreativitas, mengenal perbedaan warna, melatih konsentrasi dan koordinasi mata dan tangan, serta memperkaya kosakata. Dengan begitu buku ini diharapkan menjadi media yang tepat dalam menyalurkan imajinasi dan ekspresi anak. Yuk, kita warnai dan tempelkan stikernya!

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi