in ,

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Organ Tubuh, Kulit, dan Rambut

Sumber: Freepik

Manfaat buah pir – Pir adalah buah manis beraroma ringan yang banyak dinikmati, mulai dari akhir musim panas hingga musim dingin. Buah yang lembut dan renyah ini “dikemas” dengan vitamin, antioksidan, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Buah pir juga dilihat sebagai lambang rezeki, kelimpahan, umur panjang, dan merupakan salah satu buah tertua yang dimakan oleh umat manusia. Meskipun buah pir berasal dari Eropa Selatan, buah ini tersedia di seluruh dunia. Mereka mengandung manfaat besar dan dicintai secara universal!

Ada banyak alasan mengapa kita harus memakan buah pir secara berkala; mereka mengandung banyak nutrisi. Tak cuma itu, buah ini memiliki kegunaan dan manfaat yang berbeda-beda.
Bahkan, buah pir juga enak sekaligus mudah dipadukan ke dalam berbagai kuliner, Grameds.

Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh

https://www.gramedia.com/products/resep-panjang-umur-sehat-sembuh?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Ragam Manfaat Buah Pir

Manfaat Buah Pir
Sumber: Pexels

Buah pir memiliki berbagai variasi. Bahkan, terdapat sekitar 100 jenis buah ini yang ditanam di seluruh dunia, mulai dari Pir Austria, Almond-leafed Pear, dan sebagainya. Adapun, sebuah pir berukuran sedang (sekitar 178 gram) kurang lebih menawarkan nutrisi seperti berikut:

  • Kalori: 101
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 6 gram
  • Vitamin C: 12% dari
  • Nilai Harian atau Daily Value (DV)
  • Vitamin K: 6% dari DV
  • Kalium: 4% dari DV
  • Tembaga: 16% dari DV

Dalam porsi yang sama, juga terdapat folat dalam jumlah kecil, provitamin A, hingga niasin. Sebagai informasi, folat dan niasin cukup penting untuk menyokong fungsi sel dan produksi energi. Sementara itu, provitamin A membantu kesehatan kulit dan kesembuhan pada luka kita, Grameds.

Tak cuma itu, pir juga adalah sumber yang kaya mineral penting: kalium dan tembaga. kalium berperan dalam membantu kontraksi otot dan fungsi jantung, sedangkan tembaga punya peran dalam fungsi saraf, metabolisme kolesterol, dan kekebalan tubuh.

Belum habis, buah-buahan seperti pir pun ialah sumber antioksidan polifenol yang sangat bagus, dapat melindungi kita dari kerusakan oksidatif. Saat memakan pir, pastikan untuk memakan kulitnya juga karena mengandung enam kali lebih banyak polifenol dibandingkan dagingnya!

Manfaat Buah Pir yang Utama

Dengan adanya berbagai kandungan di atas, tentunya buah pir memiliki berbagai manfaat utama. Berikut yang paling penting di antaranya.

1. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Buah pir sangat baik untuk kesehatan ginjal. Rendah sodium, buah ini bisa dimasukkan ke dalam daftar makanan kita yang bisa mencegah penyakit ginjal. Seperti yang kita tahu, penderita penyakit ginjal kehilangan kemampuan dalam menyeimbangkan natrium dan air dalam tubuh, sehingga diet rendah natrium dengan pir dapat mencegah ataupun memulihkannya.

Melansir Healthifyme, terdapat sebuah studi yang membuktikan bahwa pir dapat membantu melindungi pasien dari batu ginjal karena kandungan asam malatnya yang tinggi. Tak cuma itu, buah ini juga punya kandungan sitrat yang tinggi, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus

Sebagai sumber yang kaya serat larut maupun tidak larut, buah pir sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan kita. Setiap pir umumnya mengandung serat sekitar 6 gram, 22 persen dari jumlah yang kita butuhkan setiap harinya.

Serat bekerja dalam menggembungkan dan melunakkan tinja, serta memberi makan bakteri sehat di usus. Prebiotik ini akan meningkatkan pertumbuhan dan kekebalan tubuh yang sehat selama bertahun-tahun.

Sebuah penelitian membuktikan, pir juga adalah sumber serat dan vitamin C yang sangat baik, bersama dengan fruktosa dan sorbitol. Kombinasi nutrisi dalam pir ini meningkatkan kesehatan usus dan mencegah sembelit. Pastikan untuk makan buah pir yang tidak dikupas karena serat utamanya ada di kulit.

3. Sumber Senyawa Tumbuhan yang Kaya

Warna hijau yang tampil pada buah pir hadir karena senyawa tanaman yang dikandungnya. Sementara itu, pir merah mengandung antosianin. Baik senyawa tanaman atau antosianin bermanfaat untuk tubuh kita. Antosianin, dikenal dapat meningkatkan kesehatan dan memperkuat pembuluh darah.

Di India, pir hijau yang paling umum kaya akan lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini akan terkumpul di retina kita untuk mencegah kebutaan, memperlambat proses penurunan penglihatan, dan mencegah berbagai penyakit mata.

4. Sifat Anti-Peradangan

Peradangan jangka panjang atau kronis dapat dicegah dengan makan buah pir, Grameds. Pasalnya, peradangan tersebut membahayakan kesehatan, menyebabkan penyakit jantung, hingga diabetes tipe 2. Pir, yang mengandung antioksidan flavonoid, dapat membantu melawan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Asupan flavonoid yang tinggi telah terbukti melindungi orang dari penyakit jantung dan diabetes karena sifat anti-inflamasinya. Seiring dengan antioksidan, mineral dan vitamin seperti potasium, tembaga, Vitamin C, dan Vitamin K, ini juga akan membantu melawan peradangan.

5. Efek Antikanker

Buah pir terbukti mengandung senyawa yang memiliki sifat antikanker: antosianin dan asam sinamat. Sebagai informasi, diet kaya buah-buahan dapat melindungi kita dari kanker perut, kanker paru-paru, dan kandung kemih. Terlebih, jika menggunakan buah pir.

Tak cuma itu, pir yang kita ketahui kaya akan antioksidan flavonoid juga dapat melindungi dari kanker payudara dan ovarium. Sungguh manfaat yang begitu kaya untuk terus dikonsumsi!

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Makan buah pir dapat menurunkan risiko diabetes, terutama diabetes tipe 2. Sebab, pir kaya akan antosianin dan serat sehingga dapat membantu mencegah diabetes dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Makan lima buah pir atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan kemungkinan menderita diabetes karena kandungan antosianinnya.

Selain itu, kandungan serat juga memperlambat pencernaan, membuat tubuh kita butuh waktu lebih lama untuk memecah makanan dan menyerap karbohidrat. Kandungan serat ini mengatur kadar gula darah.

7. Pir Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Buah pir memiliki banyak manfaat kesehatan untuk jantung. Antioksidan procyanidin dalam pir dapat membuat jaringan jantung menjadi kaku. Selain itu, mengonsumsi buah pir juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Tak hanya itu, kulit pir mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang memiliki tingkat anti-inflamasi dan membantu mencegah penyakit jantung dengan mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol. Mengkonsumsi buah pir secara teratur juga telah terbukti menurunkan risiko stroke.

8. Pir Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Pir rendah kalori, tetapi tinggi air dan serat. Oleh karena itu, makan buah pir dapat membuat kita merasa kenyang, menjadikannya makanan penurun berat badan yang sempurna. Misalnya, dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 12 minggu, 40 orang dewasa kehilangan sekitar 1,1 inci dari lingkar pinggang mereka hanya dengan makan dua buah pir setiap hari. Studi 10 minggu lainnya membuktikan bahwa wanita yang makan tiga buah pir sehari bisa kehilangan rata-rata 0,84 kg dalam tiga minggu.

9. Mudah Dimasukkan ke dalam Diet Anda

Pir tersedia sepanjang tahun. Mereka sangat serbaguna dan kita bisa memakannya sendiri atau dalam smoothie atau oatmeal! Sangat cocok untuk asupan saat berdiet. Kita bahkan dapat memanggang pir menjadi remah, pai, atau kue yang lezat.

Mereka melengkapi sayuran dalam salad atau daging dan ayam di hidangan lain. Rasanya pun akan enak dengan cokelat dan kayu manis.

10. Menurunkan Risiko Reaksi Alergi

Bukti yang cukup lucu mengatakan bahwa pir, jika dibandingkan dengan buah-buahan lain, memiliki kemungkinan reaksi alergi yang lebih kecil saat dimakan. Dengan demikian, pir merupakan salah satu dari sedikit buah yang bisa diberikan kepada bayi.

Namun, bukan berarti buah pir tidak menyebabkan reaksi alergi sama sekali. Alergi buah pir bisa terjadi, tetapi jarang. Biasanya, alergi pir terjadi karena protein dalam pir mirip dengan protein dalam serbuk sari, terutama serbuk sari birch. Jika Grameds mengalami demam dan alergi terhadap serbuk sari birch, bisa juga mungkin mengalami gejala alergi buah pir.

11. Mencegah Osteoporosis

Dewasa ini, masalah tulang sangatlah umum. Untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, sangat penting untuk menjaga pH tubuh dan makanan berkalsium dalam jumlah yang direkomendasikan setiap harinya.

Menjaga pH tubuh dapat dilakukan dengan pola makan yang menyertakan buah setiap hari, khususnya pir. pasalnya, buah ini kaya akan boron yang dapat membantu menyerap kalsium yang telah kita konsumsi dengan mudah.

Opredo Kini Aku Tahu : 100 Buah Dan Sayuran Pertamaku

https://www.gramedia.com/products/opredo-kini-aku-tahu-100-buah-dan-sayuran-pertamaku?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Manfaat Buah Pir untuk Kulit

Setelah mengetahui manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh, tak ada salahnya menyelami manfaat buah yang satu ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mari kita simak bersama!

1. Serat yang Mencegah Kerusakan Kulit

Serat yang banyak terkandung pada pir sangat berperan dalam menjaga kulit agar tetap halus dan lembut. Ini dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah dan mencegah kerusakan kolagen kulit yang disebabkan lonjakan gula yang sering terjadi.

2. Jauhkan Keriput

Selamat tinggal keriput! Tak perlu khawatir akan penuaan dini jika Grameds rutin mengonsumsi buah pir. Pasalnya, buah ini kaya vitamin C, vitamin K, antioksidan yang superefektif, sampai mineral tembaga.

Seluruh elemen ini bisa membantu tubuh memerangi radikal bebas yang berbahaya, sehingga bisa melindungi sel-sel kulit kita dari kerusakan yang parah. pada akhirnya, buah ini akan membantu mengencangkan kulit dan membatasi pembentukan garis-garis halus, khususnya di dekat mata dan area bibir.

3. Merawat Kulit Berminyak

Grameds punya kulit dengan tipe berminyak? Jika demikian, maka buah pir akan sangat bermanfaat. Dengan menghancurkan buah pir dan mencampurkannya dengan krim segar dan madu hingga membentuk pasta dan menggunakannya tiga kali seminggu sebagai masker wajah, kelebihan sekresi kelenjar sebaceous yang ada di kulit akan berkurang dengan signifikan.
Jadilah, kulit yang sehat tanpa minyak berlebih!

4. Kulit Bebas Jerawat

Buah pir akan sangat bermanfaat bagi orang dengan kulit berjerawat. Sebab, buah ini mengandung vitamin vital dan mineral penting dalam tingkat tinggi. Dengan demikian, pir dapat meningkatkan kekebalan kulit dan membuatnya lebih kuat dari dalam.

Akibatnya, kulit akan menjadi mampu melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit lainnya dari dalam.

5. Melembapkan dalam Waktu Lama

Tak hanya bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat, buah pir juga berguna untuk merawat kulit kering hingga bersisik. Pasalnya, pir mengandung humektan alami yang membantu menyeimbangkan kadar air yang normal untuk kulit sehingga dapat mempertahankan kelembapan alami.

Sebab itulah, ekstrak buah ini banyak digunakan dalam pembuatan pelembab kulit. Tak cuma itu, asupan jus pir secara teratur juga bisa membuat kulit menjadi rata dan halus.

6. Lulur Alami yang Efektif

Enzim alami yang ada dalam buah pir membuatnya menjadi bahan penggosok atau scrub alami yang hebat. Grameds dapat dengan mudah menyingkirkan sel-sel kulit mati yang ada di lapisan superfisial kulit dengan mencampurkan buah pir yang dihaluskan ke dalam paket eksfoliasi wajah yang biasa digunakan.

Ekstrak buah ini juga dapat digunakan untuk melembutkan kulit dan mempercepat pergantian sel.

7. Baik untuk Perawatan Bibir

Tahukan Grameds bahwa buah pir sangat baik untuk bibir kita? Penghargaan ini bisa diberikan kepada asam laktat yang ada dalam ekstraknya. Kandungan asam pada buah ini dapat menjaga sel-sel bibir agar tetap sehat dan terhidrasi dalam waktu lama, sehingga bibir kita tampak lembut dan halus meski sedang cemberut!

8. Anti-Peradangan Alami

Sifat anti-inflamasi pir yang berguna untuk tubuh juga bekerja sebagai obat kecantikan. Mengonsumsi buah pir atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstraknya, umumnya tidak menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu, baik untuk kulit dan juga berguna bahkan untuk bayi.

Manfaat untuk Rambut

Rupanya, buah pir juga sangat bermanfaat untuk rambut kita, bagaimana cara kerjanya? Berikut ulasannya.

1. Rambut Sehat

Menjadikan rambut yang tampak sehat adalah manfaat utama pir untuk rambut. Buah ini mengandung alkohol gula alami yang bernama sorbitol atau glucitol, khususnya saat sudah matang.

Kandungan ini dapat memberi nutrisi pada akar rambut, menutrisi kulit kepala, dan menjaga kelembapan rambut agar tetap sehat.

2. Mengurangi Rambut Kering

Pir memiliki sifat pelembab yang cukup kuat, bermanfaat pula untuk mengurangi kekeringan pada rambut. Ia juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Kandungan ini bisa membantu menjaga tiap helai rambut dalam kondisi baik dan sel-sel rambut pun tetap sehat.

3. Kembalikan Kilau yang Hilang

Bila Grameds khawatir dengan rambut yang kusam dan tampak tak menarik, buah pir akan sangat membantu. Salah satu cara menggunakannya adalah menyiapkan masker rambut alami di rumah dengan mencampirkan ekstrak sebuah pir segar dan matang, dua sendok makan cuka sari apel, dan air.

Cara ini akan membantu memulihkan rambut dan menghidupkan kembali rambut yang tampak kusam. Pir di dalamnya juga bisa mengembalikan kilau rambut yang hilang.

4. Pertahankan Rambut Ikal dan Berwarna

Paket perawatan rambut yang mengandung pir dapat membantu mempertahankan ikal dan corak rambut alami kita, Grameds. Cara menggunakannya, yakni dengan menghancurkan buah pir dengan benar, lalu membentuk pasta halus dengan menambahkan minyak kedelai.

Oleskan pasta ini ke seluruh rambut secara merata. Usai satu jam, bilas pasta dengan sampo tipis. Perbedaannya pun akan terlihat dengan mudah!

Tentang Buah Pir

Itulah pir, si buah super dengan berjuta nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan semua orang. Mereka juga sangat penting untuk diet. Meski begitu, jangan lupakan beberapa hal. Misalnya, makan buah pir yang dianjurkan adalah 2-3 kali, dan waktu terbaik untuk memakannya adalah pada pagi hari setelah sarapan.

Grameds juga bisa memakannya di malam hari, tetapi jangan langsung tidur setelahnya. Sebab, gula dan serat yang dikeluarkan buah pir dalam tubuh dapat mengganggu siklus tidur kita. Selain itu, sebaiknya tidak mengonsumsi pir saat perut kosong karena seratnya dapat merusak selaput lendir halus.

Manfaat Buah Pir
Sumber: Pixabay

Buah pir yang segar dan tidak terlalu manis, cocok untuk Grameds yang baru memulai membiasakan diri makan buah-buahan sehari-hari. kaya kandungan dan manfaat, buah yang satu ini bahkan juga cocok sebagai menu diet!

Tafakur Sayur Dan Buah

https://www.gramedia.com/products/tafakur-sayur-dan-buah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kini kita telah mengetahui manfaat buah pir yang beragam bagi tubuh kita., Mengonsumsi buah-buahan termasuk pir dan buah lainnya memang sangat penting untuk menunjang kesehatan kita. Gramedia juga menyediakan buku-buku uterkait buah-buahan yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi, #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi