in

85 Rekomendasi Lagu Karaoke yang Enak untuk Dinyanyikan!

Sumber: Pixabay

Lagu Karaoke – Ketika sedang merasa bosan atau merasa penat karena kesibukan sehari-hari yang sudah dijalani, pastinya kita akan mencari kegiatan yang dapat menenangkan pikiran. Pada dasarnya, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dijadikan untuk menghilangkan rasa bosan, salah satunya adalah dengan berkaraoke. Namun, terkadang masih belum ada yang mengetahui rekomendasi lagu karaoke.

Jangan cemas, karena pada artikel ini akan diberikan rekomendasi lagu karaoke yang bisa kamu nyanyikan. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Pengertian Lagu

lagu karaoke
Sumber: Pixabay

Sebelum kita membahas mengenai lagu karaoke, ada baiknya kita akan membahas mengenai pengertian dari lagu itu sendiri. Lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Selain itu, ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

Berdasarkan jumlah yang menyanyikan lagu, lagu dapat dinyanyikan secara solo, berdua (duet), bertiga (trio) atau dalam beramai-ramai (koir). Lirik atau perkataan dalam lagu biasanya berbentuk puisi berirama, namun ada juga yang bersifat keagamaan maupun prosa bebas.

Sementara itu, lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung kepada ukuran yang digunakan. Dalam perkembangan zaman, lagu bukan hanya dapat didengarkan, tetapi bisa dinyanyikan. Lagu yang bisa dinyanyikan biasa juga dikenal sebagai karaoke.

Kegiatan karaoke bisa dibilang menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dipilih orang untuk menghilangkan kepenatan. Di samping terbilang murah dan tidak ribet, bernyanyi dalam ruangan kedap suara memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri tanpa halangan.

Di sana, Anda bisa menyanyikan lagu kesukaan dengan suara lebih keras karena tempatnya juga dibuat dengan kedap suara, tidak bakal ada yang melarang. Selain itu, Anda juga tidak akan terkena masalah bila mengajak teman-teman ikut berteriak, sekali pun tidak ada satu orang saja di antara mereka yang suaranya agak mendingan. Karaoke menjadi salah satu cara yang bisa bikin anda fresh.

https://www.gramedia.com/products/music-hits-1-lagu-populer-terbaik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/music-hits-1-lagu-populer-terbaik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Lagu Karaoke

Mulai dari yang lagu Indonesia terbaik sampai Inggris. Selain lagu genre rock, ada juga yang melow bikin anda tambah galau. Berikut rekomendasi judul lagu karaoke yang enak dan mudah dinyanyikan yaitu:

Lagu Karaoke Indonesia Tahun 2000-an

lagu karaoke
Sumber: Pixabay

Daftar lagu karaoke pertama yang bisa anda jadikan referensi ketika hendak berkaraoke adalah lagu-lagu Indonesia pada sekitar tahun 2000an. Selain cocok untuk dinyanyikan bersama-sama, daftar lagu tersebut bisa membawa kamu ke masa lalu, sehingga ingat akan momen–momen nostalgia. Berikut ini daftar lagu enak karaoke tahun 2000-an, yaitu:

  1. Samsons-Kenangan Terindah
  2. D’MASIV-Cinta Ini Membunuhku
  3. Armada-Buka Hatimu
  4. Peterpan-Kukatakan Dengan Indah
  5. Juliette-Bukannya Aku Takut
  6. NaFF-Akhirnya Ku Menemukanmu
  7. Repvblik-Hanya Ingin Kau Tahu
  8. Ada Band-Karena Wanita Ingin Dimengerti
  9. Andra And The Backbone-Main Hati
  10. Utopia-Serpihan Hati
  11. BCL-Karena Kucinta Kau
  12. Dewa 19-Kangen
  13. Once-Kucinta Kau Apa Adanya
  14. Pilot-Sepanjang Hidupku
  15. Vierra-Rasa Ini
  16. Lyla-Detik Terakhir
  17. Ungu-Cinta Dalam Hati

Lagu Karaoke Indonesia Tentang Cinta yang Sedih

Jenis lagu yang tak boleh kamu lewatkan ketika sedang melakukan kegiatan karaoke adalah agu-lagu cinta yang melow. Lagu dengan genre ini selalu berhasil membuat suasana room jadi lebih hidup, dan tidak melulu sedih seperti lagunya. Berikut ini daftar lagu karaoke yang bisa kamu nyanyikan.

  1. Rossa-Aku Bukan Untukmu
  2. Bunga Citra Lestari-Karena Kucinta Kau
  3. Melly Goeslow-Gantung
  4. Bunga Citra Lestari-Cinta Sejati
  5. Melly Goeslaw-Mungkin
  6. Once Mekel-Dealova
  7. Rossa-Hati Yang Kau Sakiti
  8. Melly Goeslaw-Ada Apa Dengan Cinta
  9. Bunga Citra Lestari-Cinta Pertama
  10. Melly Goeslaw-Ketika Cinta Bertasbih
  11. Rossa-Ayat Ayat Cinta
  12. Rossa-Terlalu Cinta
  13. Bunga Citra Lestari-Saat Kau Pergi
  14. Bunga Citra Lestari-Wanita Terbahagia
  15. Rossa-Terlanjur Cinta
  16. Melly Goeslow-Kubahagia
  17. Rossa-Atas Nama Cinta
  18. Bunga Citra Lestari-Ingkar

Lagu karaoke Menggunakan Lagu Barat dan Lagu Indonesia

lagu karaoke
Sumber: Pixabay

Lagu yang cocok untuk berkaraoke bukan hanya berasal dari lagu Indonesia saja, tetapi bisa juga dari lagu luar negeri. Berikut ini, rekomendasi lagu karaoke lagu barat dan lagu Indonesia.

  1. Kangen-Dewa 19
  2. Anugerah-Sheila On 7
  3. Akad-Payung Teduh
  4. Kemesraan-Iwan Fals
  5. Sepanjang Jalan Kenangan-Tetty Kadi
  6. Akhir Cerita Cinta-Glenn Fredly
  7. Dekat di Hati-Ran
  8. Ku Menunggu-Rossa
  9. Cinta Luar Biasa-Andmesh
  10. Fana Merah Jambu-Fourtwnty
  11. Ku Mau Dia-Andmesh
  12. Ingin Hilang Ingatan-Rocket Rockers
  13. Pura Pura Lupa-Mahen
  14. 11 Januari-Gigi
  15. Menghapus Jejakmu-Noah
  16. Dari Mata-Jaz
  17. Asal Kau Bahagia-Armada
  18. Fix You-Coldplay
  19. I Don’t Want to Miss A Thing-Aerosmith
  20. Lost Star-Maroon 5

Lagu Karaoke Menggunakan Lagu Malaysia

lagu karaoke
Sumber: Pixabay

Lagu Malaysia atau lagu Melayu terkenal dengan lagunya yang mendayu-dayu. Oleh sebab itu, lagu ini cocok untuk dijadikan sebagai lagu karaoke. Selain itu, Lagu melayu, dikenal dengan lirik-liriknya yang disampaikan lewat bahasa ringan, tapi bisa bikin hati pedih juga. Lagu-lagu melayu yang cocok dijadikan sebagai lagu karaoke, antara lain:

  1. Thomas Arya-Dermaga Biru
  2. Exist-Dirantai di Gelangi Rindu
  3. Sting-Adakah Kau Setia
  4. Uks-Di sana Menanti Disini Menunggu
  5. Slam-Gerimis Mengundang
  6. Iklim-Suci Dalam Debu
  7. Screen-Bila Cinta Didusta
  8. Exist-Mencari Alasan
  9. Spoon-Rindu Serindu Rindunya
  10. Achik Spin-Memori Berkasih
  11. Thomas Arya-Bunga
  12. Uks-Cinta Itu Buta
  13. Aerosmith-I Don’t Wanna Miss A Thing
  14. Inka Christie-Cinta Kita
  15. Sting-Kusapu Air Mata Tanda Perpisahan
  16. Iklim-Bukan Aku Tak Cinta
  17. Reza Artamevia-Berharap Tak Berpisah
  18. Iklim-Namun Ku Punya Hati
  19. Aishah-Janji Manismu
  20. Search-Isabella

https://www.gramedia.com/products/koleksi-terlengkap-lagu-dangdut-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/koleksi-terlengkap-lagu-dangdut-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Lagu Dangdut yang Cocok untuk Berkaraoke

Genre musik yang satu ini merupakan keturunan Melayu yang Indonesia “banget” dan jarang bisa ditemui di negara lain. Oleh sebab itu, genre lagu ini sering kali diputar di kondangan atau diputar saat sedang seru-seruan bersama teman-teman.

Ketika menyanyikan lagu dangdut, maka kita akan ikut bergoyang, sehingga suasana menjadi sangat seru. Berikut ini rekomendasi lagu dangdut yang bisa dinyanyikan saat berkaraoke.

Seperti Mati Lampu-Nassar

Nassar adalah penyanyi dangdut dan MC kawakan jebolan ajang pencarian bakat ini emang punya suara khas dangdut yang bagus plus gaya nyentrik saat di panggung. Salah satu lagunya yang bisa bikin tidak berhenti bergoyang adalah Seperti Mati Lampu.

Selain itu, yang paling mengejutkan, ternyata lagu ini diciptakan oleh Pasha “Ungu” yang selama ini dikenal sebagai vokalis grup band pop. Seperti Mati Lampu sendiri bercerita tentang cinta mati yang lama dan seperti tanpa akhir.

Perasaan ini dianalogikan seperti yang anda rasakan saat mati lampu dimana waktu seperti berjalan lama dan tanpa ujung. Pesan lagu yang meng-anak muda plus alunan musiknya yang catchy cocok banget menjadi konten buat anda karaoke.

Jaran Goyang-Nella Kharisma

Lagu jaran goyang dibawakan oleh penyanyi cantik Nella Kharisma, Jaran Goyang bercerita tentang perjuangan mendapatkan hati sang pujaan hati bahkan hingga menggunakan ajian yang bernama Jaran Goyang. Jangan salah paham.

Lagu ini sebenarnya tidak bertujuan untuk mengajari pendengarnya untuk main dukun. Hal ini hanya penggambaran begitu cintanya seseorang pada pasangannya, sehingga ingin memperbaiki hubungan yang semula adem dengan cara apapun.

Dengan aransemen musiknya yang dinamis dan bikin goyang, kurang lengkap rasanya apabila kamu melewatkan lagu ini saat karaokean bareng teman-teman anda.

Kopi Dangdut-Fahmi Shahab

Lagu jadul atau zaman dulu kopi dangdut dari Fahmi Shahab ini masih pada waktu mama papanya masih muda sampai dinyanyikan oleh anaknya masih enak buat karaoke. Dengan irama yang ringan dan mudah diikuti plus liriknya yang santai bikin kamu enjoy ketika menyanyikannya dengan teman-temanmu.

Kopi Dangdut sendiri bisa dibilang salah satu lagu dangdut yang melegenda. Jangankan anda, artis dangdut kekinian pun masih sering menyanyikannya secara on-air di televisi. Oleh sebab itu, rasanya kurang lengkap apabila ketika berkaraoke tidak menyanyikan lagu ini.

Sayang-Via Vallen

Via Vallen adalah penyanyi dangdut yang berasal Jawa Timur dan sukses menembus pasar nasional. Sama seperti Nella Kharisma juga jebolan artis Jawa timur. Namanya sekarang terkenal banget begitu juga dengan lagu-lagu yang dibawakannya. Salah satunya adalah lagu yang berjudul Sayang. Lagu ini memang memiliki aransemen musik yang cenderung kalem mengikuti isi liriknya.

Terlebih lagi, suara Via Vallen yang enak didengar dan juga lagunya cukup terkenal, maka cocok untuk dinyanyikan saat berkaraoke. Lagu Sayang bercerita tentang patah hati yang dialami oleh seseorang yang baru saja berpisah dari kekasihnya.

Lalu, rasa cinta yang masih tersisa membuat dia berharap sang pujaan hati bisa kembali padanya. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa lirik lagu Sayang ini sangat anak muda “banget”.

Masa Lalu-Inul Daratista

Penyanyi senior, Inul Daratista yang sekarang lebih sering dipanggil Bunda Inul ini emang punya suara yang bagus. Lagu-lagunya juga easy listening misalnya saja lagu yang berjudul Masa Lalu. Aliran musik yang diambil pada lagu ini adalah dangdut koplo. Kemudian, di lagu ini Bunda Inul menyampaikan bahwa kita harus move on. Masa lalu biarlah berlalu dan kamu tidak boleh terus-terusan berkubang di cerita lama apalagi yang menyakitkan.

Ketika kamu mendengarkan atau bahkan menyanyikan lagu ini, maka tubuh pun akan ikut bergoyang. Dengan begitu, keseruan dan keasyikan saat berkaraoke akan semakin terasa, sehingga rasa penat pun menjadi hilang.

Ojo Dibandingke-Farel Prayoga

Siapa yang tidak tahu lagu “Ojo Dibandingke” yang dibawakan oleh Farel Prayoga? Lagu itu hingga kini viral di mana-mana, khususnya di TikTok, sehingga lagu ini wajib banget kamu nyanyikan ketika sedang berkaraoke dengan teman-teman. Selain karena sudah diketahui banyak orang, alunan musik dangdut yang dibawa oleh Farel bisa membuat kamu berjoget dengan asyik

Lagu “Ojo Dibandingke” yang di-cover penyanyi cilik ini dibawakan dalam nuansa koplo, sehingga yang mendengarkan akan ikutan bergoyang dengan menyanyi karena mendengar musik itu. Meskipun di-koplo-in, tetapi makna dari lagu itu tetap terasa.

Isi dari lagu ini bisa dibilang cukup sederhana, yaitu ingin menyampaikan kalau janganlah kita membanding-bandingkan pasangan kita dengan orang lain. Biar bagaimanapun, setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing, begitu juga pasangan kamu.

Jual Cinta-Pamela Safitri Duo Serigala

Lagu Jual Cinta merupakan lagu dangdut yang diberi tambahan remix pada lagunya. Lagu “Jual Cinta” yang dibawakan oleh Pamela Safitri Duo Serigala bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu berkaraoke. “Jual Cinta” menjadi salah satu lagu comeback dari artis tersebut setelah vakum selama beberapa tahun. Lagu ini juga merupakan single dari album solo karir member Duo Serigala.

Jika dilihat dari maknanya, “Jual Cinta” tidak mengandung arti yang sebenarnya. Akan tetapi, menceritakan tentang seorang kekasih yang sudah tidak percaya lagi dengan pacarnya karena sering dibohongi.

Pacarnya selalu “main belakang” alias selingkuh dengan perempuan lain. Bahkan, pacarnya itu sampai melakukan “kegiatan dewasa” sama selingkuhannya itu. Pasti double kill banget sakitnya.

Joko Tingkir Ngombe Dawet-Denny Caknan, Cak Percil, dan Cak Sodiq

Lagu berjudul “Joko Tingkir Ngombe Dawet” yang dinyanyikan Denny Caknan, Cak Percil, dan Cak Sodiq belakangan ini lagi viral dan berhasil masuk trending 1 di YouTube Music. Dirilis pada 10 Juli 2022 di kanal YouTube DC Production, lagu ini kini telah ditonton lebih dari 3 juta kali.

Hal itu dirasa wajar karena alunan musiknya sendiri memang sangat asyik untuk dibawa joget. Bahkan, isi lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet sebenarnya berkisah tentang perjuangan seseorang yang sedang berjuang sendirian di perantauan. Ia harus terus bekerja demi masa depan yang lebih baik, terutama untuk menghidupi keluarganya. Oleh sebab itu, lagu ini sangat pas untuk dijadikan lagu karaoke.

Kehilangan-Rhoma Irama

Rhoma Irama memang artis dangdut yang sangat terkenal, apalagi Rhoma Irama dijuluki “Raja Dangdut”. Hal ini dikarenakan lagu dan suaranya sangat enak untuk didengarkan. Selain itu, sebutan “Raja Dangdut” ini berasal karya-karya yang berkualitas karena didalamnya lagunya mengandung pesan yang cukup berharga untuk kehidupan.

Karya Rhoma Irama, kali ini judulnya adalah “Kehilangan” yang terbilang cukup hits di masyarakat. Lagu ini sendiri berkisah tentang seseorang yang sedang dilanda kesedihan lantaran ditinggal sang kekasih. Dalam lagu ini, Sang Raja Dangdut seolah berpesan bahwa sosok seseorang itu baru akan terasa berharga ketika dia sudah tiada atau pergi meninggalkan kita. Meski begitu, sosok yang diceritakan dalam lirik lagu ini tetap berusaha untuk tegar dan segera move on.

Pesan lagu yang bermakna dan juga alunan musik yang asyik, maka lagu ini cocok untuk dijadikan sebagai lagu karaoke.

Pariban dari Jakarta-Suryanto Siregar

Pariban dari Jakarta, dari penggalan judulnya saja, bisa ditebak kalau lagu ini berkaitan dengan unsur Batak. Nah, penyanyinya sendiri memang merupakan orang Batak bermarga Siregar yang bernama lengkap Suryanto Siregar. Pariban sendiri merupakan istilah dalam struktur kekeluargaan di suku Batak. Dalam lagu ini, dikisahkan ada seseorang yang sedang merantau di Jakarta dan jatuh cinta dengan wanita yang ternyata masih merupakan keluarga jauh dari dirinya.

Namun, lagu ini akan terdengar asyik karena berkonsep dangdut elektrik yang memadukan DJ Remix. Di kanal YouTube Sinar Musik Abadi, lagu ini bahkan sudah didengarkan sebanyak puluhan juta kali. Itu artinya, sambutan masyarakat tentang lagu ini disambut baik oleh masyarakat, baik lagi itu didengarkan maupun dibuat karaoke.

Dalam beberapa waktu belakangan ini bisa dibilang kalau lagu ini sangat disukai oleh banyak orang. Padahal, lagu tersebut pertama kali dirilis pada Juli 2020 lalu. Adapun makna lagu ini terasa semakin dalam karena sang penyanyi membawakannya dengan merdu dan penuh penghayatan. Apalagi, ceritanya sangat mewakilkan perasaan seseorang yang dikhianati oleh pasangannya. Maka dari itu, lagu ini sangat cocok untuk dinyanyikan saat berkaraoke.

https://www.gramedia.com/products/kompilasi-lagu-hits-pilihan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kompilasi-lagu-hits-pilihan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Demikian pembahasan tentang rekomendasi lagu karaoke, mulai dari lagu Indonesia hingga lagu dangdut. Karaoke akan lebih seru dilakukan bersama dengan teman-teman. Namun, bagi sebagian orang mungkin saja karaoke lebih pas untuk dinyanyikan secara sendiri.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang lagu-lagu enak untuk karaoke dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi