in

9 Fakta Menarik Kucing Scottish Fold serta Sejarah dan Ciri Khas-Nya!

Sumber: Pexels

Kucing Scottish Fold – Kucing adalah salah satu hewan yang bisa dibilang paling banyak dijadikan peliharaan oleh manusia. Bahkan kucing juga merupakan hewan yang paling mudah ditemukan. Menariknya, kucing di dunia ini memiliki banyak jenis, salah satunya kucing Scottish Fold.

Mungkin bagi kalian yang begitu suka dengan kucing, tidak asing dengan jenis Scottish Fold. Sebab, dilihat dari ciri yang dimilikinya menjadikan kita akan semakin mudah mengetahui jika kucing tersebut merupakan Scottish Fold.

Salah satunya adalah ciri yang terletak pada telinga kucing Scottish Fold. Di mana telinga kecil dan melipat ke depan dan ke bawah bisa memberikan kesan bahwa kucing ini merupakan kucing nakal. Namun, sebenarnya kucing ini memiliki watak manis, setia dan tidak memberikan tuntutan kepada pemiliknya.

Hal tersebutlah yang menjadikan kucing ini terlihat begitu sempurna untuk dijadikan peliharaan. Masih banyak hal menarik yang bisa kita bahas bersama tentang kucing Scottish Fold, seperti mengenai sejarah, kepribadian hingga fakta menarik yang dimiliki oleh kucing ini akan kita bahas bersama dalam artikel ini.

Oleh karena itu, jika kalian ingin lebih tahu tentang kucing ini, bisa banget membaca ulasan dalam artikel ini.

Sejarah Kucing Scottish Fold

Hal pertama yang akan kita pelajari bersama adalah tentang sejarahnya. Scottish Fold merupakan seekor kucing peternakan yang memiliki nama Susie. Dimana kucing tersebut ditemukan pada peternakan McRae dekat dengan Coupar Angus, sebuah kota di daerah Perah dan Kinross, Skotlandia tahun 1961 lalu.

Kucing betina memiliki kulit dengan warna putih serta memiliki telinga dengan bentuk unik dan terlipat. Sedangkan untuk ibu dari kucing bernama Susie merupakan kucing putih dengan telinga lurus. Namun untuk ayah dari kucing tersebut tak diketahui dengan jelas.

Dari situ juga tak bisa diketahui jika kucing Susie merupakan salah satu yang pertama dari jenis kucing Scottish Fold atau memang kucing dengan telinga terlipat memang sudah ada sebelumnya. Susie sendiri memiliki mutasi alami dalam ras Scottish Fold, yang dimana dirinya mewariskan bentuk tubuhnya setelah dari anak kucingnya.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Pada tahun 1963, Susie berhasil melahirkan dua anak kucing dengan telinga yang terlipat juga. Namun, setelah itu Susie akhirnya meninggal karena ditabrak oleh mobil.

Meski begitu, putrinya, kucing dengan nama Snooks melarutkan hidup hingga berhasil mempertahankan garis keturunan sebagai Scottish Fold. Seorang petani bernama William Ross, melihat kucing Snooks yang tak biasa tersebut mampu mengetahui jika kucing tersebut adalah ras baru.

Selanjutnya, William Ross memutuskan untuk berkonsultasi dengan ahli genetika sembari membiarkan kucing Snooks tetap aman di tempatnya. Atas saran dari ali genetika Inggris bernama Peter Dyte, William Ross memulai program perkembangbiakan dengan menggunakan bantuan British Shorthairs dan domestic yang dibesarkan secara acak.

Sejak saat itu, William Ross mulai menyadari jika gen yang bisa mengatur kondisi telinga terlipat memang sangat dominan. Hanya ada satu orang tua kucing yang membutuhkan gen tersebut sebagai pewarisan sifat unik tersebut.

Selain itu, untuk setiap kucing yang memiliki satu Salinan gen telinga lipatan akan bisa melahirkan sekitar 50 persen anak kucing ini. Di tahun yang sama, William Ros melakukan pendaftaran kucing Scottish Fold ke The Governing Council of the Cat Fancy (GCCF).

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-kesehatan-kucing-ras?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-kesehatan-kucing-ras?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Ciri Khas Dari Kucing Scottish Fold

kucing scottish fold
Sumber: Pixabay

Layaknya binatang lainnya, kucing ini juga memiliki ciri khasnya sendiri. Dimana ciri khas yang dimiliki oleh kucing ini akan menjadikannya pembeda dengan kucing jenis lainnya.
Ciri paling mudah untuk mengenali kucing ini adalah pada daun telinganya yang melipat. Selain itu, kucing ini juga memiliki bentuk kepala yang bulat, leher pendek, kaki dengan ukuran panjang sedang pendek dan pada bagian mata akan lebih lembar hingga menjadikannya seperti kucing mainan.

Bahkan, kondisi telinga yang melipat milik kucing Scottish Fold menjadikan dirinya terlihat mirip dengan binatang burung hantu. Sama seperti kucing ras lainnya, telinga kucing Scottish Fold yang terlipat bisa berputar sebagai bentuk respon terhadap suara.

Lalu, kucing Scottish Fold juga bisa tumbuh hingga memiliki berat mencapai 4 atau 6 kilogram yang juga disertai dengan bulu lebat menyelimuti tubuh kucing tersebut. Sebenarnya untuk warna dari kucing Scottish Fold sangat beragam sekali.

Mulai dari kucing Scottish Fold yang berwarna putih, abu-abu, emas hingga perpaduan warna seperti putih dan beberapa warna lainnya lengkap dengan garis ataupun bercak pada bagian seluruh tubuhnya. Memiliki telinga yang unik menjadikannya harus diberikan perawatan khusus pada bagian tersebut dalam proses membersihkan kotoran agar tak menumpuk sekaligus mengurangi resiko terjadinya infeksi bakteri, misalnya tungau pada bagian telinga kucing Scottish Fold.

Kucing Scottish Fold adalah salah satu hewan peliharaan rumah yang begitu pintar, penyayang sekaligus aktif. Pasalnya, kucing Scottish Fold dapat hidup dengan anak hewan lainnya. Meski begitu genetika tak biasa menjadikan kucing Scottish Fold memiliki resiko yang lebih besar terhadap gangguan kesehatan seperti penyakit ginjal polikistik, penyakit sendi, degeneratif dan suatu kondisi yang disebut dengan nama osteochondrodysplasia (OCD), yang mana kondisi tersebut bisa menghambat perkembangan tulang milik kucing Scottish Fold.

https://www.gramedia.com/products/kucing-yang-membawa-berita-duka-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kepribadian Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold merupakan kucing dengan sifat yang begitu cerdas, pemarah,suara lembut serta mudah beradaptasi. Baik itu beradaptasi pada lingkungan baru ataupun adaptasi dengan orang sekitarnya. Kucing Scottish Fold juga cenderung memiliki sifat terikat dengan satu orang dalam keluarga.

Meski kucing Scottish Fold akan membiarkan orang lain untuk menyentuh, membelai hingga memeluk mereka, tetapi ketertarikan utama dari kucing Scottish Fold akan terlihat sangat jelas ketika berada di manusia yang dijadikan pilihan menjadi orang tuanya.

Kucing Scottish Fold adalah salah satu jenis kucing yang suka dengan perhatian. Namun perhatian tersebut harus diberikan dengan cara mereka sendiri. Meskipun sebenarnya kucing Scottish Fold memiliki sifat setia, tetapi kucing ini juga cenderung memiliki sifat tak manja, tak menuntut serta lebih suka berada di sekitar diri pemiliknya daripada dipangku atau digendong oleh pemiliknya.

Meskipun memiliki telinga yang melipat, tetapi telinga dari Scottish Fold akan tetap bisa dalam kondisi ekspresif serta akan berputar ketika mendengarkan maupun ketika dirinya sedang marah. Lipatan pada telinga kucing akan menjadi kurang jelas ketika kucing tersebut sedang keadaan marah maupun ketika mereka sakit.

Perlu diketahui juga jika lipatan pada kucing Scottish Fold juga menjadikannya rentan terhadap tungau maupun infeksi telinga.

Fakta Menarik Dari Kucing Scottish Fold

kucing scottish fold
Sumber: Pixabay

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang kerap menjadi primadona bagi para pecinta binatang. Kucing juga memiliki tingkah yang begitu lucu dan menggemaskan hingga menjadikan pemiliknya terhindar dari kondisi stress dari penatnya pekerjaan ataupun belajar seharian.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kucing memiliki berbagai macam jenis ras. Salah satu kucing jenis ras yang begitu jadi favorit banyak orang adalah kucing Scottish Fold. Dimana kucing ini memiliki keunikan fisik yang bisa kalian baca pada pembahasan sebelumnya.

Selain itu, kucing Scottish Fold juga memiliki beberapa fakta unik lho. Mungkin kalian hanya sekadar suka kucing Scottish Fold tanpa tahu fakta unik yang dimilinya. Lantas apa saja fakta unik dari kucing Scottish Fold? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Kucing Ras yang Berasal dari Skotlandia

Sama dengan nama yang dimilikinya, kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia. Sebenarnya jika dilihat dari asalnya, kucing Scottish Fold berasal dari seekor kucing putih dengan karakteristik bentuk telinga yang melipat ke depan.

Awalnya, kucing putih tersebut bernama Susies dan ditemukan di peternakan sekitaran Coupar Angus di Perthshire, Skotlandia, pada tahun 1961. Lambat laun Susie berhasil melahirkan dua ekor anak dengan pewarisan bentuk telinga.

Salah satu anak betina Susie yang memiliki bentuk telinga melipat diadopsi oleh seorang petani yang bernama William Rose. Berikutnya, William Rose mendaftarkan kucing Scottish Fold ke Governing Council of the Cat Fancy atau GCCF di Inggris pada tahun 1966.

Proses Pengakuan Kucing Ras Scottish Fold

Proses pengakuan Scottish Fold sebagai kucing ras tak bisa berjalan dengan mulus. Pasanya kucing Scottish Fold tak diakui oleh Fédération Internationale Féline atau fife di Eropa. Bahkan Governing Council of the Cat Fancy atau GCCF juga melakukan penarikan kembali pengakuan ras pada kucing tersebut.

Salah satu penyebabnya adalah kondisi telinga melipat milik kucing Scottish Fold bisa memicu terjadinya infeksi, adanya kutu hingga memungkinkan menjadi tuli. Akan tetapi, di Amerika, kucing Scottish Fold dilakukan perbaikan genetik dengan melakukan tindakan mixed dengan kucing jenis British Shorthair and American Shorthair.

Tindakan tersebut mampu menghasilkan kucing ini yang tak memiliki permasalahan seperti yang sebelumnya dikhawatirkan. Hingga saat ini Lembaga telah memberikan pengakuan ras pada kucing Scottish Fold adalah TICA atau (The International Cat Association) dan CFA (Cat Fanciers’ Association).

https://www.gramedia.com/products/kucing-keren-zaman-now?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kucing-keren-zaman-now?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Bentuk Telinga Melipat Menjadikannya Sebagai Ciri Khas

Bentuk telinga dari kucing Scottish Fold yang melipat terjadi karena adanya mutasi genetik dominant hingga mempengaruhi tulang rawan pada bagian tubuh kucing tersebut. Telinga dengan tulang rawan tersebut akhirnya memiliki bentuk melipat ke arah depan.

Biasanya kondisi telinga melipat akan terjadi pada kucing Scottish Fold yang telah memasuki usia lebih dari 21 hari. Ketika kondisi telinga kucing tersebut masih lurus akan dianggap sebagai ketidaknormalan hingga disebut dengan istilah straight ear.

Mampu Duduk dengan Posisi Buddha

Tak hanya memiliki ciri unik saja, pasalnya kucing Scottish Fold juga memiliki kebiasaan unik dalam hidupnya. Salah satunya adalah kucing Scottish Fold mampu duduk dengan posisi dua kaki belakang lurus ke depan dan dua kaki bagian depannya akan berada di atas perutnya. Posisi duduk ini kerap disebut sebagai posisi Buddha. Selain itu, kucing ras Scottish Fold juga memiliki hobi tidur dengan posisi terlentang.

Begitu Cerdas, Ramah, dan Aktif

Kucing Scottish Fold juga masuk ke dalam golongan kucing ramah, cerdas dan aktif. Kucing Scottish Fold juga begitu suka diberikan mainan yang bisa menguji ketangkasannya. Selain itu, kucing ini juga begitu menyayangi orang yang selalu memberikannya makanan serta memberikan mainan pada dirinya.

Tak hanya itu saja, sifat mudah berbaur dengan lingkungan dan makhluk hidup lain disekitarnya juga dimiliki oleh kucing Scottish Fold. Namun, perlu diketahui jika kucing Scottish Fold juga mudah stress dan tertekan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tak membiarkan kucing Scottish Fold merasa kesepian.

Kucing Scottish Fold Tak Bisa Dikawinkan dengan Saudara Sedarah

Kucing Scottish Fold adalah salah satu kucing ras yang tak bisa dikawinkan dengan saudara saudaranya. Hal ini juga yang menjadikan kucing jenis Scottish Fold tak bisa dibicarakan kepada sembarang orang. Sebab, beberapa orang belum begitu tahu jika perkawinan Scottish Fold dengan saudara saudaranya akan bisa menyebabkan kondisi cacat genetika.

Oleh karena itu, para pencinta kucing Scottish Fold dilarang keras untuk mengawinkan kucing tersebut dengan saudara saudaranya. Untuk saat ini, proses kawin kucing Scottish Fold hanya berhasil dengan American Shorthair atau British Shorthair.

Meski begitu, pemacakan dengan ras kucing lain juga bisa memberikan kemungkinan ketidakberhasilan mendapatkan anak dengan jenis Scottish Fold. Namun, karena demi kesehatan kucing Scottish Fold, proses pemacakan memang harus dilakukan sesuai dengan seharusnya agar tak merusak genetik.

Harus Serba Hati-hati Ketika Menggendong Kucing Scottish Fold

Dilihat dari bentuk fisiknya, kucing Scottish Fold memang begitu menggemaskan hingga menjadikan banyak orang yang melihatnya selalu ingin menggendongnya. Namun, ketika kalian menggendong kucing Scottish Fold, sebaiknya lebih hati-hati karena ekor dari kucing tersebut terkadang dalam kondisi kaku hingga bisa menjadikannya kesakitan ketika disentuh.

Akan tetapi, jika kalian memang ingin menyentuhnya agar tahu fleksibilitas dari kucing tersebut, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Jika memang masih ada keraguan, akan lebih baik jika tak mengambil resiko dengan menggendong kucing tersebut. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk perlakukan khusus kepada kucing Scottish Fold tanpa perlu menggendongnya.

Scottish Fold Begitu Diminati Oleh Selebritis

Tahukah kalian jika kucing Scottish Fold begitu disukai oleh artis Hollywood dan musisi Amerika papan atas. Salah satunya adalah Taylor Swift yang memiliki 2 ekor kucing Scottish Fold dengan nama Meredith Grey dan Olivia Benson. Selain itu dua kucing Scottish Fold milik Taylor Swift tersebut kerap menemani keseharianku. Bahkan Taylor Swift kerap photoshoot dengan dua kucing Scottish Fold miliknya.

Kucing Scottish Fold Kerap Ikut Kontes

Scottish Fold bukanlah satu-satunya kucing yang memiliki karakteristik telinga terlipat. Di negara China juga ada jenis kucing dengan kondisi telinga melipat. Namun kucing tersebut tidak sampai pada tahap perkembangbiakan sebagai breed atau trah.

Sampai saat ini hanya ada kucing Scottish Fold yang bisa dipamerkan pada ajang cat show yang telah diselenggarakan oleh CFA. Namun tak semua jenis Scottish Fold bisa ikut dalam ajang tersebut. Hanya kucing dengan triple fold saja yang bisa masuk mengikuti acara tersebut.
Untuk saat ini kucing Scottish Fold juga sudah dibagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari Folded Ear, Straight Ear, Scottish Fold Ukraine, Scottish Fold Shorthair, Scottish Fold Putih, Scottish Fold Kitten, Scottish Fold Abu Abu, Scottish Fold Mix Exotic.

Penutup

Nah itulah rangkuman tentang kucing Scottish Fold yang bisa kalian baca selengkapnya dalam artikel ini. Setelah mengetahui lebih banyak tentang kucing Scottish Fold, apakah kamu tertarik untuk memeliharanya?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang kucing, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.