in

Kandungan Gizi Tomat dan Manfaat Mengkonsumsinya Bagi Tubuh

Kandungan Gizi Tomat – Tomat merupakan salah satu jenis buah sekaligus sayuran yang banyak dijual dengan harga yang relatif murah. Meski harganya murah, tomat kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan untuk kecantikan lho.

Kandungan gizi tomat dipercaya bisa mencegah berbagai masalah kesehatan, misalnya saja penyakit jantung, diabetes, hingga mengontrol tekanan darah. Selain itu, tomat juga bisa dikonsumsi buat Grameds yang lagi diet dan ingin menurunkan berat badan.

Apakah Grameds termasuk penggemar buah tomat? Jika ya, kamu termasuk seseorang yang beruntung. Karena, buah yang satu ini mempunyai banyak kandungan gizi dan manfaat yang positif untuk kesehatan dan kecantikan.

Lalu, apa saja sih kandungan gizi dan manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Kandungan Gizi Buah Tomat

Mengonsumsi buah tomat untuk campuran menu makanan atau jus, sangatlah baik untuk kesehatan lho, Grameds. Dalam 100 gram buah tomat, kamu bisa menemukan berbagai kandungan gizi bermanfaat dan menyehatkan bagi tubuh.

Berikut beberapa kandungan gizi dalam buah tomat:

  • Air : 93 gram
  • Protein : 2 gram
  • Karbohidrat: 3.3 gram
  • Energi : 24 kalori
  • Serat : 1.8 gram
  • Kalsium : 5 miligram (mg)
  • Lemak : 0.7 gram
  • Zat besi : 0.5 mg
  • Natrium : 10 mg
  • Fosfor : 27 mg
  • Tembaga : 0.07 gram
  • Beta-Karoten : 384 mikrogram (mcg)
  • Kalium : 210 mg
  • Karoten total : 320 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1) : 0.07 mg
  • Seng : 0.2 mg
  • Kalsium : 210 mg
  • Vitamin C : 30 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2) : 0.04 mg
  • Niasin : 0.7 mg

Itulah kandungan gizi yang terdapat pada buah tomat. Kamu bisa menambah tomat ke dalam menu makanan harianmu atau membuat jus tomat yang segar.

Ingin tau berbagai kandungan tomat? Dan apa saja olahan dengan bahan dasar tomat? Tak perlu bingung untuk mencari kedua hal itu, karena kamu bisa menemukannya pada buku Tomat si Bulat Bergizi.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

25 resep tomat di dalam buku ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda, untuk lebih sering mengkonsumsi tomat yang sarat gizi ini.

 

Kandungan Gizi Tomat

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Sebenarnya ada banyak jenis tomat yang dibudidayakan dan tersebar dipasaran. Setiap jenis tomat biasanya memiliki ukuran, rasa, warna yang berbeda-beda.

Tomat bahkan sering dimakan secara langsung tanpa diolah, atau bisa dijadikan jus yang menyegarkan. Selain itu, tomat juga bisa sebagai campuran bahan masakan. Dengan mengonsumsi buah tomat ini, kamu bisa mendapat berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan lho!

Berikut ini rangkum beberapa manfaat tomat untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Tomat diketahui mengandung antioksidan berupa likopen, senyawa ini baik untuk pencegahan kanker, ia bekerja dengan menghambat pertumbuhan serta penyebaran kanker. Adapun jenis kanker yang bisa dicegah, seperti kanker prostat, kanker lambung, dan kanker paru-paru

Selain itu, kandungan karotenoid, yakni zat sebagai pemberi warna alami pada buah tomat, dipercaya mampu menghambat penyebaran kanker payudara. 

2. Jantung Lebih Sehat 

Dalam sebuah penelitian, menjelaskan bahwa kandungan beta-karoten dan likopen pada tubuhmu, bisa mempengaruhi resiko kamu terdampak serangan jantung. Makin rendah kadar beta-karoten dan likopen, makin tinggi pula resiko kamu mengalami serangan jantung.

Maka dari itu, dengan makan buah tomat yang kaya akan beta-karoten dan likopen, kamu bisa mendapatkan manfaatnya untuk menurunkan resiko terkena serangan jantung yang mematikan.

Selain itu, senyawa likopen juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, yang menjadi sumber resiko penyakit jantung. Kandungan likopen yang terkandung dalam buah tomat bisa memberikan efek perlindungan pada lapisan pembuluh darah, jadi berpotensi membantu menurunkan resiko pembekuan darah.

3. Mengontrol Tekanan Darah 

Mengonsumsi buah tomat yang kaya kalium, bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Manfaat tersebut bisa didapat dari kandungan kalium pada buah tomat.

Kandungan kalium bisa mengurangi efek natrium yang bisa meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, hal ini bertujuan agar tekanan darah tetap normal.

4. Mengatasi Diabetes

Manfaat lain buah tomat yang bisa kamu dapatkan dari makani buah tomat ini ialah bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian, yang menjelaskan bahwa pasien diabetes tipe-1 yang banyak mengkonsumsi makanan kaya serat, hasilnya mengalami penurunan kadar gula dalam darah.

Sementara itu, untuk penderita diabetes tipe-2 ternyata juga mengalami penurunan kadar lemak dan kadar gula darah. Maka, tak heran bila buah tomat dikatakan bisa mengatasi penyakit diabetes. Sebab, dalam satu gelas jus buah tomat, terdapat setidaknya 3 gram serat. Bahkan, banyak dokter yang menganjurkan untuk mengonsumsi serat 

5. Meningkatkan Fungsi Penglihatan 

Kandungan zeaxanthin dan lutein dalam tomat merupakan nutrisi dan gizi tiap hari sekitar 25 gram hingga 40 gram, untuk orang yang ingin mengatasi penyakit kencing manis.

Zeaxhantin dan Lutein, keduanya merupakan bentuk vitamin A yang bisa mencegah kerusakan pada mata akibat pertambahan umur, seperti degenerasi makula. Kedua senyawa tersebut juga dipercaya bisa mencegah kerusakan mata yang diakibatkan cahaya biru dari komputer maupun ponsel.

6. Menstabilkan Suasana Hati

Tomat juga sebagai sumber asam alfa-lipoat dan asam folat yang baik untuk mengatasi depresi. Kandungan senyawa ini dipercaya bisa menghambat kelebihan asam amino homosistein yang bisa menurunkan produksi hormon penting, sebut saja dopamin dan serotonin.

Kedua hormon ini bisa mengendalikan suasana hati seseorang. Oleh sebab itu, buah tomat sangat baik dikonsumsi agar suasana hati stabil, terutama untuk penderita depresi.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jika kamu sedang mengalami susah buang air besar atau sembelit, kamu bisa mengonsumsi buah tomat ini sebagai solusi mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, kandungan serat dan air pada buah tomat bisa membantu melancarkan pergerakan usus, sehingga kamu lebih mudah buang air besar, sembelit pun teratasi.

Selain itu, zat serat bisa membuat kotoran yang menempel pada usus ikut terdorong keluar, hal ini bisa membantu mengurangi sembelit atau konstipasi. Maka tak heran, jika tomat sering kali disebut sebagai buah pencahar.

Uniknya lagi, buah tomat ternyata bagus dikonsumsi untuk mencegah diare. Oleh karena itu, buah tomat bisa memberi manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Yakni, mencegah sembelit dan mencegah diare. 

8. Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin 

Tahukah Grameds bahwa buah tomat juga mempunyai manfaat kesehatan bagi ibu hamil? Ya, buah tomat tinggi akan asam folat, dimana nutrisi ini umum dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Kandungan asam folat sendiri bermanfaat untuk menjaga janin agar terus berkembang dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

Umumnya, para dokter juga sering menyarankan pada ibu hamil agar mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat, hal ini bertujuan untuk meningkatkan asupan folat dalam tubuh. Meski begitu, tentunya lebih baik mendapatkan asam folat secara alami dari sayuran dan buah, yaitu salah satunya bisa dengan mengonsumsi buah tomat dengan rutin.

Selain itu, mengkonsumsi buah tomat ternyata baik untuk menjaga kesehatan rahim wanita, yaitu bagi yang sedang berencana program kehamilan.

9. Sumber Vitamin Baik

Manfaat buah tomat untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa memenuhi kebutuhan vitamin tubuh. Satu buah tomat terdapat sekitar 40% dari vitamin-C, yang disarankan setiap harinya.

Terlebih lagi, buah tomat mengandung banyak vitamin, seperti :

  • Vitamin A, yang meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan mata.
  • Vitamin K, vitamin yang baik untuk kesehatan tulang kita.
  • Kalium, merupakan nutrisi utama untuk meningkatkan fungsi jantung, menjaga tekanan darah dan kontraksi otot, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah tomat untuk kesehatan yang lainnya yaitu baik untuk menjaga kesehatan tulang kita. Tahukah Grameds jika buah tomat mengandung kalsium dan vitamin-K?

Dalam 100 gram buah tomat mengandung 110 mg kalsium. Kalsium sendiri memberikan manfaat dengan menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Itu berarti tulang kita akan tetap kuat, jika Grameds makan tomat.

11. Membantu Membakar Lemak

Manfaat tomat untuk kesehatan yang lainnya yaitu bisa membantu membakar lemak lho. Jika Grameds sedang diet, inilah saatnya memasukkan buah tomat sebagai bagian dari menu makanan harian kita.

Buah tomat membantu meningkatkan produksi asam amino yakni karnitin, kandungan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan membakar lemak hingga 30 persen, bahkan mungkin lebih. 

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat tomat untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan atau imun  tubuh. Kaya akan kandungan vitamin C, dalam segelas jus tomat segar, sangat baik untuk membantu meningkatkan imun atau kekebalan tubuh kita.

Vitamin-C tersebut juga bisa mengontrol peningkatan hormon stres, jadi Grameds tetap rileks dan membantu tubuhmu tetap sehat dan berenergi.

Nyatanya, buah tomat juga baik untuk anak, jadi jangan ragu untuk memberikan asupan buah tomat kepada anak. Bisa dengan berinovasi dalam membuat menu dari bahan tomat ini. Ketahui lebih banyak seputar resep tomat untuk si kecil melalui buku  Tomat untuk Anak.

Kandungan Gizi Tomat

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan 

Grameds pasti tak asing lagi dengan buah tomat kan? Yup, manfaat buah tomat untuk kecantikan ternyata sangat banyak lho! 

Jadi, Grameds jangan sampai tidak mengonsumsi buah tomat ya!

Pernahkah Grameds merawat kulit memakai bahan alami? Jika pernah, maka buah tomat juga bisa lho dijadikan sebagai produk alami yang bisa menjaga kesehatan kulit kita, terutama wajah.

Tomat memang menyehatkan, sebab kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Tomat juga menjadi sumber segala vitamin, seperti kalium, magnesium, vitamin A, dan vitamin B. Dalam secangkir jus tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C.

Nah, vitamin C dalam produk skincare ini bisa meningkatkan produksi jaringan sel baru yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Jadi, selain segudang manfaat untuk kesehatan, tomat juga berkhasiat untuk dunia kecantikan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak dibawah ini!

1. Mencegah Jerawat Dan Mengecilkan Pori-Pori Kulit 

Manfaat tomat untuk wajah yang pertama ialah dapat mencegah munculnya jerawat dan mengecilkan pori-pori kulit. Jika Grameds punya tipe kulit wajah yang berminyak, mungkin itu karena pori-pori wajahmu cenderung besar. Pori-pori wajah yang besar bisa memicu timbulnya jerawat.

Tak hanya itu, pori-pori yang lebar membuat kamu merasa tidak percaya diri. Apalagi jika ingin memakai makeup, jika pori-pori berukuran lebar, tentu akan terlihat lebih jelas dan tidak rata. Ukuran pori-pori wajah sebenarnya memang tak bisa diubah, tapi tenang saja Grameds! Kamu bisa menyamarkannya, kok. Dan salah satu manfaat buah tomat yaitu untuk menyamarkan pori-pori ini.

Dengan membersihkan wajah dari kotoran, bekas makeup, dan minyak yang menyumbat, maka pori-pori wajah yang terlihat lebar, akan tampak lebih kecil.

2. Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya yaitu bisa memperlambat penuaan dini. Siapa sangka, buah mungil ini bisa melawan penuaan dini kulit wajahmu, lho! Kandungan Antioksidan tomat bisa mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

Sedangkan senyawa likopen secara khusus bisa membantu mencegah perubahan warna pada kulit, kerutan di wajah, tekstur, dan garis-garis halus.

3. Mencerahkan Wajah

Siapa yang tak kesal ketika wajahmu menjadi kusam? Walaupun kita banyak sibuk di dalam rumah, dan selalu berdiam diri dalam rumah, tapi punya wajah kusam tetap membuat kita tidak percaya diri.

Buah tomat ini bermanfaat untuk mencerahkan wajahmu lho. Jika Grameds ingin wajah terlihat cerah dan menghilangkan bintik hitam, Grameds bisa mencoba masker lemon dan tomat! Kombinasi tomat dan lemon ternyata punya sifat pencerah kulit alami yang bisa membantu permasalahan wajah, seperti hiperpigmentasi, meratakan warna kulit, dan memudarkan bekas jerawat.

4. Membuat Kulit Kencang

Manfaat tomat untuk wajah yang lain yaitu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih kencang. Dalam sebuah studi, The British Journal of Dermatology, menjelaskan bahwa kombinasi tomat dan minyak zaitun bisa menjaga tubuh dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, kombinasi keduanya dapat meningkatkan produksi pro-kolagen serta molekul pemberi struktur kulit agar tetap kencang dan terlihat awet muda. Ilmuwan percaya, bahwa senyawa likopen dalam tomat itulah kuncinya.

Konsentrasi tertinggi ketika tomat sudah dimasak, sedangkan minyak zaitun membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dari sistem pencernaan menuju aliran darah.

5. Mencegah Munculnya Komedo

Memiliki komedo memang sangat menggangu ya, Grameds. Apalagi saat kamu sedang mengaplikasikan make-up ke wajah. Tapi tenang, manfaat tomat untuk wajah lainnya yaitu bisa mencegah munculnya komedo.

Bedak atau foundation yang menempel di wajah yang ada komedonya, akan membuat area tersebut menjadi seperti duri landak. Meski dari jauh tidak terlalu terlihat, tetap membuat percaya diri berkurang, dan ingin menyembunyikannya dari orang lain.

Komedo yang membandel bisa dilawan dengan menggunakan masker alpukat dan tomat nih. Manfaat lainnya bisa untuk melembabkan kulit wajah.

6. Kulit Terlihat Segar Dan Elastis 

Manfaat tomat untuk kecantikan yaitu menjaga kulit tetap segar dan menjaga elastisitas kulit. Hal ini karena tomat mengandung likopen, yang berfungsi untuk pembersih wajah.

Kamu bisa mengonsumsi makanan dengan campuran tomat atau mungkin memanfaatkan kulitnya untuk dijadikan masker juga bisa loh. Gunakan masker tomat untuk menyegarkan dan membersihkan kulit wajah.

7. Baik Untuk Rambut

Manfaat tomat tak hanya baik untuk kesehatan kulit, tapi juga bagus buat rambut loh. Mengingat polusi zaman sekarang yang kian parah, hal bisa merusak bagian tubuh kita, khususnya rambut.

Vitamin-A pada tomat bisa melindungi rambut kamu dari kerusakan eksternal, baik polusi maupun paparan sinar ultraviolet.

Nah, itulah segudang manfaat buah tomat kecantikan. Jadi, apa kamu suka makan buah tomat, Grameds?

Mungkin kamu ingin bercocok tanam buah tomat, tapi masih bingung harus mulai dari mana. Kamu tak perlu bingung lagi untuk mewujudkan hal itu karena lewat buku Bercocok Tanam Tomat Untung Melimpah, kamu akan mudah untuk budi daya tomat. Jadi, tunggu apalagi, segera dapatkan bukunya di gramedia.com. 

Kandungan Gizi Tomat

Buah tomat umumnya aman dikonsumsi langsung atau untuk campuran masakan, dan jarang menimbulkan alergi. Tetapi, karena buah tomat juga bersifat asam, sebaiknya batasi jumlah konsumsi buah tomat juga produk olahannya, terutama jika kamu menderita penyakit asam lambung atau sakit maag. Jadi, konsumsi secukupnya ya!

Jika ingin mencari buku seputar resep makanan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan:

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/kandungan-gizi-tomat-yang-bisa-kamu-nikmati

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-tomat-bagi-kesehatan/%3famp=1

https://www.halodoc.com/artikel/berbagai-vitamin-yang-terkandung-dalam-tomat

https://www.alodokter.com/9-manfaat-tomat-buah-yang-disangka-sayur

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-tomat-untuk-kesehatan-yang-menyegarkan-jiwa-raga

https://www.bola.com/ragam/read/4092277/20-manfaat-tomat-bagi-kesehatan-beserta-risikonya-yang-perlu-diwaspadai

Penulis: Veronika Novi

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.