in

Ketahui Kandungan Gizi Buah Manggis Hingga Manfaatnya

Kandungan gizi buah manggis – Grameds pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat buah manggis untuk kecantikan dan kesehatan, bukan? Rasanya yang manis dan sedikit asam menjadikan buah ini memiliki keunikan tersendiri dan disukai oleh semua kalangan, sebab sangat cocok dimakan dalam kondisi cuaca yang panas.

Buah manggis atau dalam nama latin Garcinia mangostana ini adalah buah yang tumbuh di iklim tropis dengan cita rasa yang manis dan sedikit asam. Keberadaan buah manggis di Indonesia memang mudah ditemui, harganya pun cukup terjangkau. Manggis tak hanya tumbuh di Indonesia lho, tapi telah banyak dibudidayakan di Negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Manggis punya ciri khas tersendiri, yaitu kulit yang keras dan cukup tebal, dengan warna ungu kehitaman. Daging buah manggis berwarna putih dan beruas-ruas seperti jeruk. Meski harganya terjangkau dan mudah ditemukan di pasaran, tetapi buah manggis ternyata menyimpan banyak gizi yang menyehatkan tubuh, lho.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ada juga potensi khasiat manggis untuk kecantikan lho, Grameds. Penasaran? Yuk, simak ulasan seputar buah manggis selengkapnya di bawah ini, Grameds!

Kandungan Gizi Buah Manggis

pixabay.com/PIRO4D

Beragam kandungan gizi buah manggis bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi harian dan meningkatkan kesehatan tubuh. Termasuk Grameds yang berniat menurunkan berat badan.

Beberapa tahun belakangan, khasiat kulit buah manggis ini menjadi sangat populer, hingga banyak bermunculan produk berbahan extrak manggis ini, biasanya juga digunakan sebagai obat herbal. Nyatanya, tak hanya kulit manggis, tapi seluruh bagian manggis ini mengandung nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari Data KPI atau Komposisi Pangan Indonesia, berikut ini rincian kandungan nutrisi atau gizi dari buah manggis dari per dari 100 gram, yaitu :

  • Air : 83 gram
  • Protein : 0,6 gram
  • Karbohidrat : 15,6 gram
  • Energi : 63 cal
  • Abu : 0,3 gram
  • Fosfor : 12 miligram
  • Lemak : 0,6 gram
  • Serat : 1,5 gram
  • Kalsium : 8 miligram
  • Zat besi : 0,8 miligram
  • Seng : 0,1 miligram
  • Niasin : 0,3 miligram
  • Kalium : 61,9 miligram
  • Natrium : 10 miligram
  • Tembaga : 0,10 miligram
  • Vitamin B1 : 0,03 miligram
  • Vitamin Cn: 5 miligram
  • Vitamin B2n: 0,03 miligram

Selain kandungan mineral, vitamin, dan berbagai nutrisi lain di atas, buah manggis juga mengandung zat xanthones, yakni senyawa bioaktif pada tanaman yang bersifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Adapun jenis senyawa xanthones yang terdapat pada buah manggis yaitu gartanin. Selain punya efek antioksidan, senyawa gartanin tersebut juga punya efek anti-jamur, anti inflamasi, bahkan anti-kanker yang kuat.

Ingin tau khasiat kulit manggis untuk apa saja? Tapi, masih bingung harus mencarinya di mana. Nah, dalam buku Khasiat Fantastis Kulit Manggis ini, pembaca akan tahu lebih banyak manfaat kulit manggis.

Buku ini akan mengupas berbagai hasil penelitian mengenai manfaat manggis bagi kesehatan, mulai dari efek antiradang, antivirus, antimikroba, antikanker, antidiabetes, hingga mencegah penyakit jantung. Juga dilengkapi resep makanan sederhana berbahan manggis yang bisa dibuat sendiri di rumah, serta pengetahuan tentang buah-buah “saudara” manggis yang juga mempunyai khasiat sehat.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan

Tak hanya daging buahnya saja, tapi kulit manggis juga telah terbukti khasiatnya untuk kesehatan lho. Apa saja manfaatnya?

Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan yang perlu grameds tahu:

1. Sumber Antioksidan Tinggi 

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yaitu buah manggis sebagai sumber antioksidan yang tinggi dan vitamin yang banyak. Peneliti membuktikan bahwa manggis memiliki senyawa polifenol alami, dengan sebutan xanthone yang cukup melimpah. Senyawa xanthone ini adalah zat aktif sebagai sumber antioksidan tinggi dan juga bersifat anti-kanker.

Bahkan, senyawa xanthone ini melebihi kekuatan vitamin E dan vitamin C. Yang mana xanthone memiliki sifat menciptakan efek anti-inflamasi, termasuk mampu menghambat proses penuaan lho.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat terkenal lainnya dari buah manggis yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Penelitian dari Journal of medicinal food, menjelaskan bahwa, tikus yang diberi ekstrak manggis kemudian mengalami penurunan berat badan dengan signifikan, dibandingkan tikus yang tidak mengonsumsinya.

Namun, penelitian pada manusia juga menyatakan, jika seseorang mengonsumsi sekitar 270 ml jus buah manggis 2 kali dalam sehari akan mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah. Para peneliti juga menyakini bahwa efek anti-inflamasi dari zat xanthone tersebut bisa mengurangi peradangan pada penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Mencegah Kanker

Banyak penelitian menyatakan bahwa buah manggis ampuh mencegah penyakit kanker. Khususnya pada kulit manggis yang berperan utama yang dikatakan bisa mencegah penyakit kanker tersebut.

Senyawa xanthone inilah yang berperan dalam melawan penyebaran dan perkembangan sel-sel kanker. Hasil studi ini memang sangat diharapkan dalam dunia medis. Tapi, masih diperlukan penelitian lanjutan sebagai bukti klinis, jika buah manggis bisa mencegah penyakit kanker.

4. Kadar Gula Darah Lebih Terkontrol 

Berbagai penelitian terkait manfaat buah manggis memang banyak, salah satunya yaitu bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini karena peranan senyawa xanthone dan serat yang cukup tinggi pada buah manggis.

Studi tersebut pun menemukan fakta bahwa seseorang yang mengalami obesitas, jika mengonsumsi sekitar 400 mg ekstrak manggis akan mengalami penurunan resistensi insulin. Hal ini karena resistensi insulin merupakan faktor utama kadar gula darah tinggi sampai tahap diabetes.

5. Sebagai Anti-inflamasi Beberapa Penyakit 

Manfaat buah manggis lainnya yaitu buah manggis punya sifat anti peradangan atau anti-inflamasi pada beberapa penyakit tertentu. Hal ini karena buah manggis tinggi akan senyawa xanthone.

Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan diyakini mampu mencegah dan menurunkan resiko terkena penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes, dan termasuk kanker. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah manggis juga bisa membantu meredakan peradangan pada tubuh.

Hal ini akan membantu mencegah obesitas. Makanan yang berserat tinggi juga mengandung bakteri baik untuk usus dan melepas zat yang menurunkan resiko peradangan ke seluruh tubuh.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah manggis lainnya yaitu untuk mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium, mangan, tembaga, dan magnesium yang melimpah pada buah manggis bisa membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil.

Kalium bisa menghilangkan efek negatif yang akan timbul akibat kelebihan asupan natrium (garam). Manggis juga bisa mengurangi kadar kolesterol secara signifikan, sehingga tekanan darah tetap terkontrol. Selain itu, kandungan mineral ini juga bisa menjaga kesehatan jantung, menurunkan resiko terkena jantung koroner, dan menjaga detak jantung tetap normal.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Buah manggis tinggi serat dan vitamin C, yang keduanya penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C punya sifat antioksidan dan berperan dalam meningkatkan fungsi sel kekebalan. Tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

Sementara itu, kandungan serat berperan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dimana kesehatan pencernaan juga sangat penting dalam kekebalan tubuh manusia.

Tak hanya serat dan vitamin C, ada juga senyawa bioaktif sebagai sifat antibakteri. Senyawa ini bisa membantu melawan bakteri jahat dan berbahaya, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

8. Mengobati Radang Sendi

Beberapa penelitian di laboratorium menggunakan hewan menemukan bahwa buah manggis mempunyai efek anti-inflamasi yang cukup kuat. Oleh sebab itu, manggis bisa membantu mengurangi peradangan atau rasa nyeri, khususnya pada penderita radang sendi (arthritis). Senyawa bioaktif xanthones dalam buah manggis bisa melawan peradangan sekaligus melindungi semua organ tubuh, termasuk persendian.

  1. Meredakan Gangguan Menstruasi

Kram perut ketika menstruasi adalah yang paling sering dialami kaum wanita. Biasanya, kram perut ini sangat intens, sehingga menjadi masalah karena sangat mengganggu aktivitas.

Xanthone dalam buah manggis yang bersifat anti-inflamasi dapat membantu meredakan gangguan menstruasi secara alami yang cukup efektif. Selain itu, juga berperan mengurangi tekanan pada tubuh yang mengalami stres atau tegang.

Akar buah manggis juga memiliki khasiat yang dipercaya bisa dijadikan obat herbal untuk mengobati berbagai keluhan nyeri dalam tubuh seperti, linu pada panggul, radang sendi, termasuk kram dan nyeri saat menstruasi.

10. Baik Untuk Pencernaan

Buah manggis merupakan salah satu buah yang tinggi serat. Sehingga, jika kamu mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup, tentu hal ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan, dan terhindar dari gangguan pada sistem pencernaan.

Konsumsi serat harian yang disarankan yaitu sekitar 19-38 gram per hari, jika terpenuhi, maka bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Tentu hal ini juga harus diimbangi dengan mengonsumsi serat dari sumber makanan lain, misalnya sayuran.

11. Meningkatkan Fungsi Otak dan Menjaga Kesehatan Mental

Tidak berkhasiat untuk kesehatan jantung, beberapa penelitian pun menemukan jika buah manggis mempunyai manfaat dapat meningkatkan fungsi otak dan menjaga kesehatan mental dengan mengurangi peradangan pada tubuh.

Senyawa antioksidan dalam buah manggis, yakni zat xanthones bisa berfungsi menjadi pengobatan tambahan untuk gangguan skizofrenia dan bipolar. Selain itu, penelitian juga menyebut, bahwa gejala depresi dapat berangsur membaik ketika mengonsumsi ekstrak buah manggis. Bahkan disebutkan, efeknya hampir sama seperti obat antidepresan.

Ingin tahu segudang manfaat dari buah manggis untuk kesehatan? Tenang, kamu tak perlu bingung lagi untuk mencari informasi itu. Hal ini karena kamu bisa mendapatkannya pada buku Seri Apotek Dapur: Sehat Tanpa Obat Dengan Manggis. Buku ini berisi berbagai manfaat dan hal-hal penting yang berkaitan dengan buah manggis, terutama kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan.

Khasiat Buah Manggis untuk Kecantikan

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buah manggis juga memiliki khasiat untuk kecantikan dan rambut kamu, lho! Jadi, tak heran, kini telah banyak produk skincare dan obat-obatan herbal yang terbuat dari ekstrak manggis di dalamnya. Berikut penjelasannya:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah manggis untuk kecantikan yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama bagi Grameds yang punya masalah kulit seperti kerutan di wajah, jerawat, dan tanda penuaan dini lainnya.

Kerusakan kulit yang diakibatkan paparan sinar ultraviolet bisa berakibat fatal seperti terserang kanker kulit. Manggis mengandung senyawa xanthone dan juga bersifat antimikroba dan antibakteri yang bisa menurunkan resiko terserang berbagai penyakit kulit. Caranya yaitu dengan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Manggis yang kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi, mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit yang biasanya disebabkan paparan radikal bebas dan juga stres.

Tak hanya itu, vitamin C yang tinggi dalam buah manggis juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Buah manggis telah lama digunakan sebagai bahan herbal untuk mengobati jerawat, lho, Grameds.

Grameds yang punya masalah kulit, khususnya jerawat pasti sangat tidak percaya diri dan sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan ekstrak kulit manggis lho. Bagaimana caranya? Kamu bisa menemukan caranya dengan membaca buku Atasi Jerawat dengan Ektrak Kulit Manggis

2. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut Baru

Bagi Grameds yang mengalami penipisan rambut, atau bahkan hampir botak, buah manggis bisa menjadi solusinya lho. Apa itu benar?

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor di University Melbourne menjelaskan manfaat ekstrak perikarp yakni lapisan pada dinding buah manggis yang berserat-serat, ditemukan jika lapisan tersebut mengandung zat atau senyawa yang berkhasiat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

Efek Samping Buah Manggis

pixabay.com/GoPlaces

Meskipun banyak penelitian yang telah membuktikan banyaknya manfaat buah manggis, baik untuk kesehatan maupun kecantikan, akan tetapi, untuk sebagian orang yang mengalami kondisi medis tertentu, ada yang harus menghindari buah manggis ini, misalnya diabetes atau tahap penyembuhan luka.

Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa xanthone yang terdapat dalam suplemen buah manggis bisa  menghambat proses pembekuan darah. Koagulasi atau pembekuan darah merupakan proses dimana mencegah pendarahan terjadi secara berlebihan ketika pembuluh darah terluka.

Trombosit dan protein dalam plasma, keduanya bekerja sama dalam menghentikan pendarahan yang terjadi dengan membentuk gumpalan di bagian luka. Karena senyawa xanthone dalam buah manggis sangat tinggi. Untuk itu, disarankan agar tidak mengonsumsi manggis ini jika Grameds dalam tahap penyembuhan luka.

Seseorang yang rutin atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, disarankan juga untuk menghindari buah manggis ini. Lalu, gimana jika ibu hamil atau menyusui ingin mengonsumsi manggis segar atau suplemen manggis?

Sebenarnya, mengonsumsi buah manggis saat hamil atau menyusui tidaklah mengapa, pada dasarnya buah manggis memang kaya akan gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Tapi, keamanan mengonsumsi buah manggis khususnya dalam bentuk suplemen saat hamil atau menyusui masih sangat terbatas. Jadi, sebaiknya Grameds konsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi suplemen ekstrak manggis.

Kesimpulan 

Buah manggis termasuk buah mudah didapatkan di Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa memperoleh manfaat buah manggis di atas dengan mengonsumsi buahnya langsung. Selain itu, buah ini pun dinilai aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Oleh karena itu buah manggis juga baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui selama dalam porsi wajar.

Namun, ada baiknya kamu menghindari makan buah manggis dalam bentuk kalengan atau jus, terutama jika kamu menderita diabetes. Sebab, buah manggis dalam produk tersebut telah banyak mengandung gula tambahan, hal ini justru harus dihindari khususnya untuk penderita diabetes ini.

Mengonsumsi buah manggis dalam bentuk suplemen herbal atau jus akan berbahaya bagi kesehatan sebagai orang dengan kondisi tertentu. Misalnya pada penderita kanker, sebab mengonsumsi suplemen ekstrak buah manggis mungkin dapat menggangu pengobatan atau terapi kanker yang sedang dijalani.

Oleh sebab itu, Grameds sebaiknya membatasi jumlah manggis ketika ingin mengkonsumsinya, supaya tidak berlebihan. Selain itu, bila Grameds ingin mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak manggis, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Meski buah manggis menyehatkan tubuh, tapi suplemen yang mengandung ekstrak buah tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, tanyakan dulu kepada dokter, apalagi untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Grameds!

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan :

https://www.halodoc.com/artikel/apa-saja-manfaat-mengonsumsi-buah-manggis

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-buah-manggis/%3famp=1

https://www.alodokter.com/manfaat-buah-manggis-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-buah-manggis

https://www.google.com/amp/s/www.tokopedia.com/blog/manfaat-buah-manggis-hlt/amp/%3futm_source=google&utm_medium=organic

https://www.google.com/amp/s/www.viva.co.id/amp/gaya-hidup/kesehatan-intim/1455124-manfaat-buah-manggis

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah