in

25 Jenis-jenis Mangga Lokal dan Mancanegara yang Nikmat

Sumber: Kompas.com

Jenis-jenis mangga – Ternyata ada banyak jenis buah manga yang dijual di pasaran. Buah yang memiliki banyak penggemar ini memang selalu mengundang selera orang untuk menyantapnya. Apalagi di dalam buah dengan daging berwarna kuning ini mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk tubuh serta memperlancar proses pencernaan.

Jenis mangga sangat beragam, mulai dari yang manis, sedikit asam, bertekstur lembut hingga berserat. Selain itu, daging pada buah mangga secara umum juga tebal – tebal, sehingga akan lebih nikmat menyantapnya.

Buah dan sayuran sebagai sumber nutrisi penting yang sangat baik karena kandungan fitokimianya yang tinggi, seperti senyawa fenolik dan flavonoid yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi buah manga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan gangguan neurodegenerative. Setiap jenis buah manga mempunyai kandungan gizi yang sama, namun masing-masing mempunyai takaran yang berbeda.

Buah manga segar mempunyai kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air : 86,6 g
  • Energy : 52 kalori
  • Protein : 0,7 g
  • Karbohidrat : 12,3 g
  • Serat : 1,6 g
  • Kalsium : 20 mg
  • Fosfor : 16 mg
  • Zat besi : 1,0 mg
  • Natrium : 3 mg
  • Kalium : 140,0 mg
  • Tembaga : 0,33 mg
  • Beta Karoten : 316 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1) : 0,03 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2) :0,01 mg
  • Niasin : 0,3 mg
  • Vitamin C : 12 mg

Jenis-Jenis Mangga Lokal dan Mancanegara

jenis-jenis mangga
Sumber: Kompas.com

Berikut jenis-jenis buah mangga yang dapat kita konsumsi lho Grameds, antara lain sebagai berikut:

1. Mangga Harum Manis

Jenis yang satu ini pasti tidak asing lagi kan? Jenis ini memiliki rasa yang manis dengan aroma yang harum sesuai dengan namanya. Tidak heran jenis harum manis merupakan salah satu yang paling banyak diincar masyarakat.

Mangga jenis ini juga mempunyai bentuk yang lonjong dan ujungnya runcing. Dagingnya pun empuk dan sangat lembut ketika disantap. Di beberapa daerah di Indonesia, jenis mangga harum manis sering disebut dengan mangga gadung.

2. Mangga Apel

Sesuai dengan namanya, bentuk buah mangga ini mempunyai kemiripan seperti buah apel. Aromanya yang wangi dan mempunyai rasa masam membuat buah ini juga banyak digemari.

Biasanya jenis buah satu ini paling nikmat jika dibuat rujak karena rasa masamnya yang menyegarkan. Namun, kini di Indonesia sudah banyak petani yang membudidayakan jenis ini dengan cita rasa manis.

3. Mangga Indramayu

Mangga indramayu ini mempunyai daging buah yang cukup tebal dan rasa yang manis. Tidak seperti jenis lain, mangga indramayu teksturnya kering dan sering dijuluki dengan mangga pelem cengkir.

Ciri lain yang membedakan jenis buah satu ini dengan yang lainnya yaitu aromanya cukup menyengat, daging buah manis, sedikit berair dan berserat.

4. Mangga Manalagi

Bentuk mangga manalagi satu ini memanjang dengan ukuran yang lebih kecil. Rasanya manis seperti mangga harum manis, namun mempunyai tekstur seperti mangga golek yaitu padat dan berserat.

5. Mangga Golek

Mangga golek berasal dari Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, kata golek artinya mencari. Dalam artian, setelah orang mencicipinya maka mereka akan mencarinya lagi.
Mangga ini bentuknya sedikit memanjang dan terdapat bintik-bintik putih kehijauan serta akan berubah menjadi coklat setelah menua. Tekstur dagingnya tebal, empuk dan berwarna jingga cerah.

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-kue-favorit-ala-cafe-all-about-mangga?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-kue-favorit-ala-cafe-all-about-mangga?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Mangga Kweni

Sering juga disebut mangga kuini, mangga jenis ini mempunyai aroma yang sangat khas dan berbeda dari jenis lainnya. Bentuk buahnya juga lonjong dengan ujung yang membulat.
Daging buah jenis kweni cenderung berwarna kuning dengan tekstur berserat, banyak mengandung air serta rasanya yang manis segar. Buah ini sangat cocok dijadikan campuran untuk rujak serut atau sambal nih, Grameds.

7. Mangga Gedong Gincu

Jenis buah ini dibudidayakan di Cirebon dan Indramayu. Mangga gedong gincu mempunyai warna yang paling cantik dari jenis mangga lainnya. Disebut gincu, karena warnanya paling cerah kemerahan begitu juga dengan daging buahnya.

Ciri lain yang paling mencolok dari buah ini selain warnanya adalah bentuknya yang bulat. Tentu saja, daging buahnya manis, tebal dan kenyal. Buah ini sangat nikmat disantap karena memberikan kesegaran dan manis alaminya yang membuat kita tidak cukup jika hanya menyantapnya satu buah saja.

jenis-jenis mangga
Sumber: Kompas.com

8. Mangga alpukat

Sesuai namanya, mangga ini berbentuk terlihat seperti buah alpukat. Ciri lainnya yaitu bijinya gampang dibuang dengan cara mengiris dagingnya secara melingkar, sama seperti kita saat menikmati alpukat.

Daging buahnya juga akan mudah disantap dengan cara dikerok menggunakan sendok. Hal ini karena daging buahnya mempunyai tekstur yang sangat lembut. Untuk diketahui, jenis mangga ini berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur dan merupakan hasil perkawinan silang antara buah mangga dengan mangga madu.

9. Mangga Madu

Sama dengan namanya, buah mangga ini mempunyai rasa manis seperti madu.bentuk buahnya yang bulat, dengan daging buah berwarna kuning tua mirip madu. Daging buahnya cukup harum, sedikit berserat dan tidak banyak mengandung air.

10. Mangga Lalijiwo

Mangga Lalijiwo merupakan jenis mangga yang berasal dari Probolinggo. Bentuk buahnya yang cenderung membulat. Ketika mentah, buah ini mempunyai aroma yang cukup harum. Apalagi jika sudah matang, aromanya semakin semerbak sehingga menggoda siapa pun untuk menyantapnya.
Oleh sebab itu, dinamakan lalijiwo dari bahasa Jawa yang artinya lupa jiwa. Daging buahnya berwarna kuning tua dan rasanya yang manis.

11. Mangga Garifta

Buah mangga ini merupakan salah satu produk unggulan para petani lokal yang berasal dari wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Warna kulit buahnya merah dengan gradasi kuning dan hijau ini adalah hasil dari perkawinan silang dari mangga-mangga lokal yang berkualitas.

Tidak heran jika rasanya sangat manis dan menyegarkan di mulut. Bentuk buahnya sedikit lonjong dengan daging buah berwarna kuning sedikit kemerahan. Tekstur daging buahnya yang lunak, mudah disantap, lumayan berserat dan cenderung harum.

12. Mangga Endog

Nama endog berasal dari bahasa Jawa yang artinya telur. Disebut sebagai mangga endog karena memang jenis buah yang satu ini mirip dengan telur. Bentuk buahnya cenderung bulat sedikit berparuh dan tidak mempunyai lekukan.

Permukaan buahnya juga halus seperti dilapisi oleh lilin serta terdapat juga bintik-bintik kelenjar putih kehijauan. Apabila sudah tua dan matang, buah ini akan berubah menjadi warna kuning pada bagian pangkalnya.

Sementara daging buahnya bertekstur sedikit kasar, mengandung sedikit air dan tidak terlalu harum namun rasanya enak serta manis.

13. Mangga Irwin

Mangga Irwin merupakan jenis buah yang berasal dari Australia dan hasil persilangan dari buah mangga lokal di negara tersebut. Buah ini mempunyai warna merah keunguan dengan rasa sedikit asam dan didominasi rasa manis, serta mempunyai harga yang relatif mahal.

https://www.gramedia.com/products/mengawetkan-buah-buahan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mengawetkan-buah-buahan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

14. Mangga Kiojay

Mangga kiojay dapat dikatakan sebagai salah satu jenis yang terbesar di dunia. Jenis buah yang berasal dari Thailand ini dapat mencapai berat hingga 2 kg lho. Hampir mirip dengan kebanyakan jenis mangga lainnya, aromanya yang cukup harum dan rasanya manis. Sehingga kebanyakan orang menyamakan jenis satu ini dengan mangga harum manis.

15. Mangga Miyazaki

Disebut mangga miyazaki karena buah mangga ini merupakan jenis termahal di dunia. Bagaimana tidak, pembudidayaan jenis satu ini membutuhkan ketelitian dan teknik yang cukup rumit.
Buah yang mencapai harga 63 juta di Jepang ini mempunyai rasa yang sangat manis, tanpa serat, harum dan diklaim sebagai jenis yang terenak di dunia.

16. Mangga Chokanan

Mangga chokanan berasal dari Thailand, mangga ini memiliki karakteristik dengan kulit buah yang berwarna kuning dan terasa manis. Saat buahnya masih muda, rasa dagingnya juga tetap terasa manis.

jenis-jenis mangga
Sumber: Kompas.com

17. Mangga Mahatir

Mangga mahatir berukuran lebih besar dan berasal dari Malaysia. Beratnya dapat mencapai hingga 3 kg dengan tekstur daging yang tebal dan biji yang kecil.

18. Mangga Gandaria

Buah jenis gandaria ini masih satu jenis dengan buah mangga, sehingga masih dapat dimasukkan ke dalam jenis buah mangga. Grameds, dapat menemukan buah mangga gandaria di beberapa daerah seperti di sebagian Pulau Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi dan Papua. Buah mangga gandaria juga dapat tumbuh di daerah lain seperti di negara-negara ASEAN.

Mempunyai ciri buah berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning ke oranye-oranyean ketika buah itu sudah matang. Rasanya manis dengan sedikit rasa masam yang akan menciptakan kesan segar ketika memakan buah tersebut.

Buah ini akan sangat cocok dijadikan rujak atau di jus terlebih dahulu.

Keunikan mangga jenis ini adalah buahnya dapat dimakan tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu, jangan lupa untuk mencucinya ya sebelum menyantap buah ini, Grameds!

19. Mangga Garifta

Mangga garifta merupakan salah satu jenis mangga baru yang dikembangkan oleh para peneliti di Indonesia, tepatnya para peneliti tersebut dari kota Pasuruan. Mangga garifta sendiri dibedakan menjadi empat jenis, yaitu jenis garifta gading, garifta merah, garifta kuning dan garifta orange.

jenis-jenis mangga
Sumber: Kompas.com

Mangga ini juga dinilai lebih unggul dari mangga lain karena rasanya yang lebih manis. Di samping itu, mangga garifta juga mempunyai penampilan yang jauh lebih menggoda karena warnanya.
Sayangnya, mangga garifta saat ini hanya masih dikembangkan dan dibudidayakan di tempat asalnya. Bukan karena tanpa alasan, hal itu dilakukan untuk menjaga keasliannya serta keunikan dari buah mangga itu sendiri. Menurut para pembudidaya mangga garifta, hasil dari buah tersebut bergantung pada jenis tanah serta cuaca yang ada pada tempat tersebut.

20. Mangga Budiraja

Jenis mangga yang mempunyai nama lain mangga raja ini berasal dari daerah Jawa Timur. mangga budiraja mempunyai karakteristik buahnya yang berbentuk lonjong dengan ukuran yang panjang, dengan kulit buah yang berwarna hijau segar.

Selain itu, kulit buah juga relatif tebal serta bertekstur padat, mempunyai aroma yang harum dan manis menjadikan jenis mangga ini menjadi jenis mangga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

21. Mangga Saigon

Mangga dengan jenis Saigon sebagai mangga yang kerap disilangkan dengan mangga jenis lain, karena mangga ini sangat sukar terkena penyakit. Buah dari jenis mangga yang satu ini mempunyai ciri-ciri, yaitu bentuk buahnya yang cenderung bulat dan memiliki bengkok di bagian ujung buahnya. Kulit buahnya layaknya buah mangga pada umumnya yang berwarna hijau jika belum masak dan berubah menjadi kuning jika sudah masak.

Mangga Saigon mempunyai daging buah yang tebal dan aromanya tidak menyengat buah mangga jenis lain. Sehingga, buah mangga jenis Saigon ini lebih banyak disilangkan dengan buah mangga degan jenis lain.

22. Mangga Emperor

Negara asal dari mangga dengan jenis emperor ini berada di Taiwan. Mangga ini mempunyai ciri – ciri buah yang berwarna ungu kehijauan jika mangganya masih mentah dan akan berubah menjadi merah jika buahnya sudah matang, daging buahnya mempunyai rasa manis dan bertekstur lembut. Serta kandungan air di dalam buah mangga emperor ini dinilai cukup banyak.

Mangga emperor mempunyai ukuran relatif lebih besar daripada jenis mangga lainnya, berat satu buah mangga bisa mencapai 3 kg. Karena mempunyai daging buah yang tebal, maka membuat mangga ini dijadikan salah satu jenis mangga yang unggul.

jenis-jenis mangga
Sumber: Kompas.com

23. Mangga Mahatir

Mangga mahatir merupakan salah satu jenis mangga yang dijadikan primadona di negeri jiran Malaysia. Tidak hanya karena ukurannya saja, mangga mahatir mempunyai daging buah yang tebal dengan keistimewaan bijinya yang kecil.

Untuk bentuk pohonnya, tidak terlalu tinggi namun dapat menghasilkan buah mangga berkualitas dan jumbo. Ternyata, mangga mahatir bisa ditanam di halaman rumah, lho garmeds!

24. Mangga Chokanan

Buah ini mempunyai karakteristik daging buahnya yang terasa sangat manis bagaikan madu, memiliki bentuk buah yang lonjong dengan warna kuning. Keunikan lain dari buah mangga jenis ini adalah buahnya dapat dimakan bahkan saat buahnya masih mentah.

Dari sebelum buah itu matang, mangga chokanan mempunyai rasa yang manis. Cara perawatannya juga mudah karena buah ini dapat ditanam dalam pot dengan syarat mendapatkan cahaya matahari yang cukup ya!

25. Mangga Yuwen

Mangga yuwen merupakan salah satu jenis mangga yang baru dikembangkan oleh peneliti di Taiwan. Karena baru dikembangkan membuat mangga yuwen belum banyak dibudidayakan dan membuat harga dari mangga ini relatif tinggi. Dari segi kulit, mangga ini memiliki warna kulit buah yang merah menggoda serta daging buahnya yang relatif tebal dengan biji yang kecil.

Tidak hanya itu saja, daging buahnya juga manis disertai sedikit masam membuat buah ini sangat pantas digemari oleh banyak orang. buah mangga yuwen dapat dimakan secara langsung maupun diolah terlebih dahulu.

https://www.gramedia.com/products/9-tanaman-buah-di-pekarangan-rajin-berbuah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/9-tanaman-buah-di-pekarangan-rajin-berbuah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nah, itulah jenis-jenis mangga. Banyak sekali ya Grameds! Melihat warnanya yang segar tentu jadi ingin segera mengonsumsinya di siang hari yang terik. Apakah Grameds masih bingung dengan jenis-jenis mangga tersebut? Pada intinya, semua jenis mangga mempunyai keunikan serta karakteristik sendiri dan mayoritas buah mangga tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia.

Grameds, bisa membaca buku-buku terkait jenis-jenis mangga dengan mengunjungi koleksi buku Gramedia di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi