in ,

Daftar Harga Pianika Terbaru, Lengkap dengan Tips Membeli Pianika

Sumber: Pixabay/Pexels

Harga pianika – Grameds, apakah kamu sudah tidak asing dengan alat musik bernama pianika? Pianika merupakan alat musik yang mungkin tampak sekilas mirip seperti piano, keduanya memiliki tuts hitam serta putih yang digunakan untuk memainkan nada.

Akan tetapi yang membedakan antara piano dan pianika ialah pianika termasuk dalam alat musik jenis tiup. Untuk memainkan pianika, pengguna harus meniup langsung atau dapat pula menggunakan pipa yang lentur.

Nah, apa sih pianika, bagaimana cara memainkannya, dan berapa harga pianika di pasaran? Berikut penjelasan lengkapnya tentang pianika serta harga pianika lengkap dengan tips membeli pianika. Simak baik-baik ya, Grameds!

Apa Itu Pianika?

Alat musik pianika atau biasa disebut pula melodia merupakan jenis alat musik tiup. Pada umumnya, dalam pelajaran seni di sekolah, akan diberikan teori maupun praktik langsung untuk menggunakan alat musik satu ini. Alat musik pianika pun masih satu jenis dengan alat musik harmonika.

Akan tetapi pada pianika ada bilah-bilah keyboard seperti piano yang luas dan kurang lebih berukuran tiga oktaf yang dapat menghasilkan melodi pokok serta kontra melodi. Pianika sering kali digunakan sebagai pengiring lagu. Tutsnya seperti piano dan terdiri dari tuts warna hitam serta putih.

Setiap tuts yang ada pada pianika memiliki fungsi yang berbeda-beda, bergantung pada jenis serta warnanya. Untuk dapat memainkan nada kromatis, maka pengguna harus menggunakan tuts yang berwarna hitam, sementara tuts berwarna putih digunakan untuk memainkan nada asli.

Keberadaan alat musik pianika ini baru diakui pada tahun 1950-an, meskipun sebelum tahun-tahun tersebut alat musik pianika telah mulai berkembang. Alat musik satu ini, pertama kali diciptakan oleh Hohner, kemudian seorang komposer musik bernama Steve Reich menggunakan alat musik pianika untuk pertunjukannya yang berjudul Melodica.

Usai digunakan oleh Steve Reich itulah, alat musik pianika kemudian dikenal pula dengan nama Melodika. Pianika kemudian berkembang dengan pesat bahkan hingga masuk ke beragam konser musik.

Trik Cepat Belajar Pianika Dan Recorder Tanpa Guru
Trik Cepat Belajar Pianika Dan Recorder Tanpa Guru

Cara Memainkan Pianika

Apabila diperhatikan, terdapat dua jenis tuts yang ada pada pianika, yaitu tuts berwarna putih serta tuts berwarna hitam. Tuts putih memiliki fungsi untuk memainkan nada-nada pokok atau nada asli, sedangkan tuts yang berwarna hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada kromatis.

Pianika dimainkan dengan cara meniup serta menekan tuts secara bersamaan. Oleh karena itu, pianika disebut pula sebagai alat musik perpaduan seruling serta keyboard.

Untuk menggunakannya, tangan kiri pemain perlu memegang pianika kemudian tangan kanan perlu menekan tuts-tuts sesuai dengan fungsinya, sementara mulut akan meniup alat musik pianika dengan selang atau langsung.

Setelah mengetahui cara kerjanya, pengguna pianika harus mengetahui letak jari-jari dalam tuts yang benar. Sebab, kelima jari pemain harus berada pada tuts yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, ketika memainkan pianika diperlukan pula konsentrasi yang penuh, agar para pemain pianika tidak pecah fokusnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang berusaha memainkan pianika, di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Menggunakan lima jari dalam memainkan tuts-tuts pianika dan masing-masing jari memiliki peran untuk memainkan tuts tertentu.
  2. Ketika meniup pianika, maka sebaiknya nafas rata dan tidak terengah-engah.
  3. Bentuk bagian dari tangan kanan seperti ketika memegang bola, sehingga jari pun akan mampu bergerak lebih leluasa dan bebas.

Ketika memainkan alat musik pianika, bagian tangan memiliki beberapa peran yang terdiri dari sebagai berikut.

  1. Bagian ibu jari memegang nomor 1
  2. Jari telunjuk memegang bagian-bagian tuts nomor 2
  3. Jari tengah memegang tuts pada bagian nomor 3
  4. Jari manis memegang tuts pianika nomor 4
  5. Jari kelingking memegang tuts pianika bagian nomor 5

Maka dapat disimpulkan, bahwa memainkan alat musik pianika sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memainkan alat musik piano atau keyboard. Adanya selang tiup pada pianika lah yang kemudian menjadi pembeda yang cukup mencolok, sekaligus unik pada alat musik pianika.

Meskipun sering disamakan, terlihat sama bahkan cara kerjanya pun hampir sama, pianika dan piano memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Yaitu ketika memainkan pianika, maka pemain harus meniup lebih dahulu dan baru memainkan tuts pianika.

Apabila pemain tidak meniup pianika, maka tidak akan nada yang keluar meskipun pemain menekan tuts-tuts pianika. Selain itu, jumlah tuts yang ada pada pianika pun lebih sedikit apabila dibandingkan dengan piano maupun keyboard.

Daftar Harga Pianika Terbaru

Apabila Grameds ingin mulai belajar menguasai alat musik pianika, maka tentu Grameds harus memiliki alat musik pianika lebih dulu. Tentu pianika yang Grameds miliki untuk latihan tidak perlu memiliki harga yang mahal.

Apabila bingung, Grameds bisa menilik daftar harga pianika terbaru yang bersumber pada Gramedia.com dan beberapa toko online di Indonesia.

1. Harga Pianika Yamaha Asli

Harga pianika dengan merk Yamaha yang asli dan bukan KW dengan tipe P32D mencapai sekitar Rp278.000 dan Grameds bisa mendapatkan pianika dengan merk Yamaha ini berbagai toko online.

Sebelum memutuskan untuk membeli pianika dengan brand, ada baiknya Grameds lebih berhati-hati serta teliti dan melihat ulasan dari para pembeli sebelumnya untuk menghindari membeli barang yang KW atau barang dengan kualitas yang jelek.

Untuk spesifikasi pianika Yamaha ini, pada umumnya memiliki suara yang jernih dan mampu mencapai nada hingga tiga oktaf dengan tuts berjumlah 32.

Selain itu, apabila Grameds membeli pianika Yamaha dengan tipe ini, maka Grameds akan mendapatkan satu paket pianika dengan alat tiup serta selang untuk memainkan pinikanya. Selain itu, pianika Yamaha ini juga anti karat serta anti korosi, sehingga tidak akan mudah rusak.

2. Harga Pianika Marvel

Harga pianika

Selain pianika dengan brand Yamaha, pianika dengan brand Marvel pun juga tidak kalah bagus. Pianika Marvel, memiliki beragam jenis serta setiap jenisnya memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Untuk harga pianika Marvel, dipatok dengan harga Rp135.000 hingga Rp150.000.

Apabila membeli pianika dengan brand ini, maka Grameds akan mendapatkan hardcover pianika yang berwarna biru maupun pink. Untuk kualitas pianika marvel sendiri, tidak jauh berbeda dengan kualitas pianika dengan brand Yamaha.

3. Harga Pianika untuk Anak Sekolah

Selain dua brand sebelumnya, yaitu Yamaha dan Marvel, ada banyak brand-brand pianika lainnya untuk anak sekolah dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Pianika tersebut sering kali digunakan oleh para siswa yang sedang belajar bermain musik maupun berada dalam marching band sekolah.

Harga pianika tiup dari brand master pianika, dapat Grameds beli dengan harga mulai Rp28.000, sedangkan pianika kapok dibandrol dengan harga Rp90.000.

Akan tetapi, ingatlah bahwa harga sebanding dengan kualitas. Dan tentu pianika-pianika tersebut cukup apabila hanya digunakan untuk belajar anak-anak saja.

4. Harga Pianika di Gramedia

Yamaha Pianica P 32 Dn
Yamaha Pianica P 32 Dn

Di Gramedia, selain menjual berbagai macam buku-buku original dan berkualitas, Gramedia juga menjual alat musik pianika. Di Gramedia, brand pianika yang dijual sendiri adalah pianika dengan brand Yamaha yang dibandrol dengan harga Rp420.000 sesuai dengan kualitas dan kelebihan yang ada pada pianika Yamaha.

Pianika Yamaha P 32 Dn memiliki 32 tuts dengan jangkauan nada yang mencapai hingga 3 oktaf. Produk pianika dari Yamaha yang dijual di gramedia.com ini akan menghasilkan suara yang jernih serta menawan dengan tone yang cukup solid.

Tidak hanya itu, pianika Yamaha P32 Dn memiliki tubuh yang solid dan telah dilapisi dengan cat anti karat serta fitur anti korosi. Sehingga pianika Yamaha P32 Dn ini dijamin awet dan tidak mudah cepat rusak. Jika membeli pianika Yamaha P32 Dn, Grameds akan mendapatkan tali panjang untuk pundak, buku panduan serta soft case pianikanya.

harga pianika

harga pianika
harga pianika

Tips Membeli Pianika

Agar tidak bingung dan merasa ragu-ragu untuk membeli pianika demi kebutuhan belajar anak, berikut adalah beberapa tips berbelanja pianika secara daring atau online melalui marketplace kesayangan Grameds.

1. Tidak perlu tergesa-gesa

Ketika berbelanja online atau offline, ada baiknya ketika Grameds tidak perlu tergesa-gesa dan langsung membeli pianika yang pertama kali Grameds lihat.

Ada baiknya apabila Grameds membandingkan pianika satu dengan lainnya dan lebih teliti ketika melihat foto serta deskripsi yang diberikan oleh penjual mengenai pianika yang mereka jual.

2. Membaca kebijakan toko online lebih dahulu

Selain lebih teliti melihat barang, Grameds juga perlu mengetahui kebijakan toko online tempat Grameds berbelanja. Tujuannya, agar Grameds mengetahui cara yang baik ketika barang sampai dalam keadaan kurang baik.

Ketika mengetahui kebijakan toko, Grameds pun menjadi lebih hati-hati dan akan lebih mudah bagi Grameds untuk mengklaim promo maupun kebijakan refund apabila diperlukan.

3. Membandingkan harga pianika

Agar tidak rugi, Grameds bisa membandingkan beragam harga pianika dengan beragam brand dan jenis di satu situs belanja online dengan situs belanja lainnya. Sehingga Grameds bisa mendapatkan pianika dengan kualitas paling baik akan tetapi dengan harga yang paling murah.

4. Mencari tahu reputasi dari toko atau penjual

Ketika berbelanja online di toko online, ada baiknya Grameds mencari tahu reputasi dari toko atau penjual pianika tersebut. Sebab, biasanya toko atau penjual dengan reputasi buruk akan membuat Grameds memiliki pengalaman berbelanja yang buruk.

Contohnya pengiriman yang lama, pelayanan yang kurang baik bahkan hingga barang yang buruk atau rusak bisa diterima oleh pembeli.

Caranya mengecek atau mencari tahu reputasi toko atau penjual, ialah dengan melihat bintang atau hasil review dari para pembeli sebelumnya.

5. Membaca deskripsi produk dengan teliti dan detail

Sebelum memutuskan untuk membeli pianika di salah satu toko online, ada baiknya Grameds membaca deskripsi produk dengan teliti dan detail.

Jangan sampai, ketika Grameds telah check out pianika pilihan Grameds, ternyata pianika yang dijual di toko pilihan tidak satu paket atau tidak menyertakan beberapa barang yang dibutuhkan untuk bermain pianika, seperti selang dan lain sebagainya.

Jago Bermain Piano Otodidak
Jago Bermain Piano Otodidak

Sehingga, Grameds harus membaca dengan teliti deskripsi produk. Apakah produk tersebut tersedia dalam paket yang lengkap, apakah ada cacat produk, apakah produk yang dijual original dan lain sebagainya.

6. Mencari penjual pianika dengan lokasi yang paling dekat

Dengan mencari penjual atau toko pianika dengan lokasi yang paling dengan Grameds, maka Grameds dapat menghemat biaya pengiriman.

Semakin jauh lokasi toko dengan rumah Grameds, maka semakin mahal pula biaya pengirimannya. Selain biaya pengiriman yang mahal, lokasi toko yang jauh juga membuat pengiriman jadi jauh lebih mahal.

7. Mencari penjual pianika yang menawarkan garansi

Demi keamanan serta kenyamanan, ada baiknya apabila Grameds membeli pianika di toko yang menawarkan garansi pianika. Meskipun toko memiliki reputasi yang bagus atau bahkan pianika dengan brand yang bagus, ada baiknya tetap membeli di toko yang memiliki garansi. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa pianika rusak atau ada cacat selama pengiriman dan lain sebagainya.

8. Memilih toko yang menawarkan packing barang yang baik, aman serta disertai dengan asuransi
Hal penting lainnya yang perlu menjadi bahan pertimbangan ketika akan membeli pianika melalui marketplace online ialah dengan memperhatikan packing barang yang dilakukan oleh penjual. Terutama ketika toko penjual berada jauh dari lokasi pengantaran.

Packing barang yang aman akan menjaga barang sampai ke tangan Grameds dalam keadaan yang masih baik tanpa adanya rusak.

Untuk memastikan bahwa packing aman, Grameds bisa melakukan cek pada kebijakan toko, apakah toko melakukan packing dengan menggunakan bubble wrap, apakah toko menyediakan opsi asuransi barang dan lain sebagainya.

Apabila tidak, Grameds bisa menambahkan pembelian bubble wrap untuk packing pianika yang Grameds beli.

9. Memilih metode pembayaran yang aman

Setelah yakin dengan toko, market place, hingga brand pianika yang akan Grameds beli, maka langkah selanjutnya agar belanja online tetap aman dan nyaman ialah dengan memilih metode pembayaran yang aman.

Saat ini, banyak marketplace yang telah menawarkan metode pembayaran yang aman serta mudah. Contohnya via m-banking, bank, minimarket dan lain sebagainya.

10. Memilih toko online yang menyediakan fasilitas rekening bersama

Tips terakhir agar berbelanja pianika secara online dengan nyaman dan aman ialah memilih toko online yang memiliki fasilitas rekening bersama atau rekber atau Escrow.

Sistem kerja dari rekening bersama ini, ialah antara penjual serta pembeli dapat melibatkan pihak ketiga sebagai penengah maupun penampung dana sementara.

Saat ini, toko dengan fasilitas rekber telah banyak. Terutama toko-toko yang terdaftar dalam marketplace. Ketika memilih toko yang menyediakan fasilitas rekening bersama, maka akan lebih mudah bagi Grameds apabila ingin mengajukan pengembalian dana atau pengembalian barang, ketika ada masalah pada barang yang Grameds beli.

Gudang Chord Gitar-Piano-Keyboard
Gudang Chord Gitar-Piano-Keyboard

Itulah ulasan mengenai harga pianika, cara memainkan pianika, hingga tips membeli pianika secara online. Apabila ingin belajar cara memainkan pianika atau alat musik lainnya, Grameds bisa membaca buku-buku terkait yang tersedia di Gramedia.com.

Penulis: Khansa

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi