in

10 Negara Dengan Gaji Pilot Tertinggi

https://id.depositphotos.com/stock-photos/

Gaji Pilot – Profesi pilot memang telah dikenal sebagai profesi yang cukup bergengsi. Tak hanya bergengsi, dikabarkan bahwa gaji pilot penerbangan dapat dikatakan sangat fantastis. Secara umum, besaran gaji pilot sebagian besar berganntung pada latar belakang pendidikan, jumlah tahun pengalaman, serta jenis pesawat yang pernah diterbangkan.

https://suneducationgroup.com/

Apabila dilihat, memang besarnya gaji dari pilot memang sebanding dengan biaya pendidikannya yang tidak mudah dan tidak murah.Menurut catatan dari situs detikcom, Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI), Capt. Rama Noya mengatakan bahwa gaji pilot di Indonesia untuk posisi captain berkisar antara Rp38-45 juta.

Sementara, dikutip dari buku dengan jugdul ‘Profesi Awak Kabin Udara:Profesi Idaman Saat Ini’ oleh Arista Atmadjati, menuliskan bahwa rata-rata gaji pilot adalah berkisar pada US$ 80 ribu per tahun. Berarti, apabila dirupiahkan gaji pilot per bulan ialah sekitar Rp 97,3 juta (dengan asumsi kurs 14.600).

Pilot yang bekerja di ranah penerbangan internasional akan mendapatkan gaji lebih apabila dibandingkan dengan piloy yang bekerja di penerbangan domestik. Gaji rata-rata pilot maskapai penerbangan internasional ialah berkisar pada US$145 ribu per tahun. Artinya, gaji pilot yang bekerja di maskapai internasional mendpatkan gaji sekitar Rp 176 juta per bulan.

Selain gaji menarik, pilot pesawat pada umumnya juga akan mendapat beberapa tunjangan, bonus, serta tunjangan seperti akomodasi mewah. Besaran dan jumlah tunjangan yang bisa didapat oleh seorang pilot, tentunya bergantung pada ketetapan maskapainya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan gaji pilot yang bekerja di negara lain?

Daftar 10 Negara dengan Gaji Pilot Tertinggi

Melansir dari situs Naibuzz, berikut daftar negara dengan gaji pilot tertinggi:

1. China

Pilot di China bisa mendapatkan gaji hingga sebesar US$ 25 ribu per bulan atau berkisar US$ 300 ribu setahun. Jika dihitung dengan kurs Rp 14.600,- maka gaji seorang pilot di China dapat mencapai Rp 365 juta per bulan atau kira-kira Rp 4,38 miliar. Disamping itu, mereka juga berhak atas bonus akhir kontrak sebanyak US$80 ribu atau setara dengan Rp 1,14 miliar.

2. Belanda

KLM merupakan sebuah maskapai penerbangan terbesar di Belanda. Dikabarkan bahwa gaji pilot di maskapai tersebut mulai berkidae €50.000 untuk perwira pertama, dan €256.700 untuk kapten yang berpengalaman. Jika dihitung, gaji rata-rata seorang pilot di Belanda bisa berada sekitar €218.500 per tahun atau setara dengan Rp 3,4 miliar (dengan kurs euro Rp 15.600) .

3. Prancis

Air France merupakan salah satu maskapai penerbangan nasional di Prancis dan pilot senior yang bekerja untuk maskapai ini mendapatka sekitar €208.000 atau setara Rp 3,2 miliar per tahun. Jumlah tersebut dihitung setelah terbang dua jam sehari, untuk jarak jauh dan satu setengah jam untuk jarak yang pendek.

4. Irlandia

Ryanair ialah operator paling besar di Irlandia, maskapai itu membayar pilotnya yang berbasis di Dublin dengan rata-rata €15.000 – €200,000 per tahun. Artinya, besaran gaji pilot yang bisa diterima ialah sekitar Rp 234 juta – Rp 3,12 miliar per tahun.

5. Kanada

Gaji awal bagi seorang pilot yang bekerja untuk maskapai penerbangan terbesar Air Canada ialah sekitar CAD 50.000 serta mencapai CAD 62.000. Sedangkan, bagi gaji pilot kapten Boeing 777 dengan pengalaman 12 tahun bisa memperoleh sekitar CAD 300.000 setahun. Dengan kata lain, jika dihitung dengan asumsi kurs Rp 11.400/CAD maka gaji pilot di Kanada dapat mencapai Rp 3,42 miliar per tahun.

6. Qatar

Gaji rata-rata – $220.000

Qatar Airways yakni sebuah maskapai penerbangan milik Qatar yang memiliki kantor pusat di Doha. Gaji tahunan rata-rata untuk pilot mereka ialah $220.000 atau setara dengan Rp3,1 Miliar.

Seorang kapten dapat mrenghasilkan hingga QAR50,000. Pendapatan ini berasal dari gaji pokok yang ditambah dengan tunjangan. Sementara kapten yangh berpengalaman mendapatkan hingga QAR69,000 sebulan.

7. Swiss

Gaji rata-rata – $211.000

Swiss termasuk salah satu negara yang mempunyai kekuatan ekonomi paling besar dunia. Seorang pilot di Swiss dapat menghasilkan antara 4.861 dan 17.600 franc dalam sebulan. Untuk setahunnya, pendapatan pilot dapat mencapai hingga $211.000 (Rp2,9 Miliar).

8. Jerman

Gaji rata-rata – $203,000

Maskapai penerbangan yang paling besar di Jerman adalah Lufthansa dan sudah mempekerjakan lebih dari 5.500 pilot. Gaji tahunan rata-rata untuk pilot dari maskapai tersebut ialah $203,000 (Rp2,87 Miliar).

Pilot yang sudah memiliki pengalaman dapat dengan mudah menghasilkan lebih dari $275.000 dalam setahun.

9. Uni Emirat Arab

Gaji rata-rata – $200,000

Emirates adalah maskapai penerbangan unggulan di UEA. Kapten A380 dan B777 ditawarkan total gaji bebas pajak bulanan sebesar $16.270 atau $200,000 (Rp2,82 Miliar) dalam setahun. Ini terdiri dari gaji pokok, gaji terbang rata-rata dan tunjangan perumahan bulanan.

10. Inggris

Gaji rata-rata – $180,000

Di Inggris ada beberapa maskapai penerbangan terbesar, salah satunya adalah British Airways. Operator besar seperti BA membayar pilot mereka dari £97.000 hingga lebih dari £140.000 (Rp2,7 Miliar) per tahun.

Cara Menjadi Pilot

https://www.liputan6.com/

Untuk bekerja sebagai pilot bukanlah merupakan hal yang mudah. Seorang pilot diharuskan untuk melewati berbagai tahapan untuk bisa membawa pesawat komersil. Berikut cara dan tahapan untuk menjadi pilot.

1. Pendidikan khusus di sekolah pilot

Untuk menjadi pilot, wajib hukumnya untuk mengikuti pendidikan pilot terlebih dahulu. Sekolah pilot dapat ditempuh oleh siapa saja dan tentunya yang memenuhi persyaratan serta telah dinyatakan lolos seleksi terlebih dahulu.

Sekolah pilot memeiliki persyaratan umum yakni harus mempunyai tinggi badan minimal 160 cm, mempunyai kondisi fisik yang sehat, tidak buta warna, dan berbagai persyaratan lainnya. Tak hanya itu, ada juga persyaratan usia yang harus Grameds ikuti serta Grameds perlu mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Jurusan yang dapat diambil untuk menekuni profesi pilot yakni Teknik Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan Manajemen Penerbangan.

Mengutip dari Sekolah-penerbangan.com, durasi sekolah pilot memerlukan waktu selama 1 hingga 2 tahun, bergantung pada fasilitas yang dimiliki oleh sekolah. Apabila sekolah mempunyai fasilitas yang cukup, 1 tahun bisa dapat, tetapi apabila banyak antrian terbang (pesawat latih kurang atau bandara nya antri) bisa sampai 2 tahun.

2. Pilot license

Profesi yang satu ini menuntut adanya keahlian untuk mengendarai pesawat. Apabila ingin menjadi pilot, Grameds harus mengikuti ujian resmi tertulis serta tes terbang yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Apabila Grameds telah dinyatakan lulus dalam ujian, Grameds akan mendapat sertifikasi terbang atau ijazah penerbang (pilot license).

Pilot license adalah surat pengakuan kemampuan sang pilot (kompetensi untuk menerbangkan pesawat dengan tipe atau ukuran tertentu. Lisensi pilot ini mempunyai berbagai macam serta tingkatan yang berbeda-beda. Lisensi penerbangan yaitu PPL, CPL, ATPL, dan ME.

Mengutip dari sekolah-pilot.com, Grameds harus mempunyai sekitar 40-60 jam terbang untuk mendapatkan PPL. Lisensi kedua yakni CPL atau Commercial Pilot license yang mengizinkan seorang pilot untuk menerbangkan pesawat komersil dengan penumpang, dengan batasan waktu serta jarak tertentu.

Jenjang Karir Pilot

Pilot pesawat merupakan salah satu prosesi pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat. Jenjang Karir Seorang Pilot sendiri dimulai dari:

1. Second Officer

Bagi para pilot pemula yang baru saja lulus dari sekolah pilot, pengalaman yang mereka miliki tentu saja masih minim. Maskapai penerbangan tak akan langsung memberikan jam terbang yang berlebihan pada para lulusan baru dikarenakan maskapai tak ingin mengambil risiko yang kemungkinan dapat terjadi. Biasanya, para second officer hanya diperbolehkan membawa pesawat kecil yang nantinya akan tetap didampingi oleh seorang kapten.

2. First Officer

Seorang first officer biasanya telah diperbolehkan untuk mengemudikan pesawat didampingi dengan seorang kapten. Biasanya, mereka membantu kapten mengendalikan laju pesawat dalam bagian navigasi. Terkadang, first officer juga menggantikan posisi kapten saat sang kapten sedang terdapat suatu halangan. Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang first officer diantaranya yakni mempunyai lisensi ATPL dan ME terlebih dahulu

3. Captain

Kapten merupakan jenjang karir yang paling tinggi bagi seorang pilot. Kapten pilot memiliki tugas untuk mengawasi FO ketika sedang menerbangkan pesawat. Kapten juga memiliki tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi selama penerbangan

Ketentuan Profesi Pilot Indonesia

Indonesia telah menerapkan batasan jam terbang bagi oara pilot, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 28 Tahun 2013. Dalam bagian lampiran Peraturan menteri ini disebutkan bahwa seorang pilot dan kopilot dilarang untuk terbang secara berturut-turut lebih dari 9 jam dalam satu hari. Tidak hanya itu saja, batasan perlindungan lembur bagi seorang pilot. Maskapai juga harus memperhatikan variabel durasi kerja pilot dalam kurun waktu yang lainnya. Variabel tersebut ialah tak boleh lebih dari 1.050 jam tahun kalender, lebih dari 110 jam dalam bulan kalender dan lebih dari 30 jam dalam 7 hari yang berurutan.

Pilot bisa bekerja di maskapai penerbangan maupun pesawat komersial, helikopter untuk penyaluran barang dan informasi, maupun pesawat kecil. Berbeda dengan pengemudi moda transportasi yang lain, pilot telah terikat dengan aturan yang lebih spesifik. Kondisi kebugaran pilot bahkan juga diatur di dalam International Civil Aviation Organization (ICAO) Council serta diterapkan dalam International Standard and Recommended Practices atau yang juga dapat disebut dengan SARPs. ICAO menekankan mengenai pentingnya keadaan penerbang atau pilot yang bebas dari rasa lelah.

Daftar Maskapai Penerbangan Indonesia

Ada banyak maskapai penerbangan Indonesia seperti maskapai penumpang, kargo, maupun maskapai penerbangan internasional di Indonesia. Istilah maskapai berasal dari bahasa Belanda yakni Maatschappij yang memiliki arti yaitu perusahaan. Sedangkan penerbangan artinya adalah proses, cara, atau perbuatan menerbangkan.

Pada umumnya maskapai penerbangan Indonesia menyewa atau membeli pesawat terbang untuk menyediakan jasa penerbangan. Lantas, apa saja nama maskapai penerbangan yang ada di Indonesia?

Maskapai Penerbangan Indonesia Khusus Penumpang

Berikut daftar 23 nama maskapai penerbangan Indonesia khusus untuk penumpang yang masih beroperasi, dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara:

  • Garuda Indonesia
  • Trigana Air Service
  • Pelita Air
  • Indonesia AirAsia
  • Lion Air
  • Wings Abadi Airlines
  • Tri-mg Airlines
  • Nusantara Air
  • Indonesia Air
  • Sriwijaya Air
  • Kalstrat Aviation
  • PT Travel Express Aviation Services atau Express Air
  • Asialink
  • My Indo Airlines
  • Jayawijaya Dirgantara
  • Citilink
  • Trnasnusa Aviation Mandiri
  • Batik Air
  • Indonesia Air Asia Extra
  • NAM Air
  • Cardig Air
  • PT Super Air Jet
  • PT Raffles Global Angkasa atau RGA

Maskapai Penerbangan Indonesia Untuk Kargo

Selain untuk mengangkut penumpang, maskapai penerbangan di Indonesia juga ada yang dikhususkan untuk mengangkut kargo atau barang. Di era digital ini permintaan pengiriman barang meningkat pesat seiring dengan budaya masyarakat Indonesia yang mulai senang untuk berbelanja online yang membuat maskapai penerbangan Indonesia untuk kargo turut banyak diminati.

Beberapa maskapai kargo merupakan divisi atau subsidiari dari maskapai induknya. Berikut 53 nama maskapai penerbangan di Indonesia, yakni:

  • Airfast Indonesia
  • Helisgi Air
  • Bali Asian One Air
  • Travira Air
  • Derazona Air
  • Service National Utility Helicopters
  • Alfa Aviation
  • Deraya Air
  • Whitesky Aviation
  • Gatari Air Service
  • Intan Angkasa Air Service
  • Air Pasifik Utama
  • Transwisata
  • Purawisata Baruna
  • Penerbangan Angkasa Semesta
  • Susi Air
  • Aviastar Mandiri
  • Dabi Air Nusantara
  • Bbkfp
  • Premiair
  • Pegasus Air Services
  • Tri Mg Airlines
  • Eastindo Services
  • Amur Indonesia
  • Hevilift
  • PT Jhonlin Air Transport
  • Enggang Air
  • Surya Air
  • Ersa Eastern Aviation
  • Matthew Air
  • Dimonim Air
  • Lion Bizjet
  • PT Komala Indonesia
  • Elang Lintas Indonesia
  • Ena Ama Air
  • Born Indonesia
  • Alda Trans Papua
  • Indo Star Aviation
  • PT Spirit Avia Sentosa
  • Weststar Aviation Indonesia
  • Carpediem Air
  • Smart Aviation
  • PT Altius Bahari Indonesia
  • Semuwa Aviasi Mandiri
  • Rimbun Air
  • Reven Global Airtranspor
  • PT Wisarada Sapanta Utama
  • Flyindo Aviasi Nusantara
  • Jetset
  • PT Volta Pasifik Aviasi
  • Altius Bahari Indonesia
  • PT Zaveryna Utama

Maskapai Penerbangan Internasional di Indonesia

Kemudian di Indonesia juga beroperasi 56 maskapai penerbangan internasional di Indonesia yang berasal dari negara asing. Masuknya maskapai asing di Indonesia ini memiliki tujuan untuk menurunkan harga tiket pesawat yang ada di dalam negeri.

Sebab, beberapa waktu yang lalu harga tiket pesawat di Indonesia melambung tinggi. Oleh karenanya, apabila maskapai penerbangan internasional di Indonesia bertambah dengan masuknya maskapai asing diharapkan harga tiket akan turut makin kompetitif.

Berikut deretan maskapai penerbangan internasional di Indonesia, yakni:

  • Airasia
  • Berhad Flynas Company
  • Scoot Tigerair
  • Jetstar Asia Airways Pte Ltd
  • Etihad Airways
  • Raya Airways
  • Japan Airlines Co Ltd
  • Jetstar Airways Pte Ltd
  • Cebu Air, Inc
  • Shenzhen Airlines
  • Qantas Shanghai Airlines Co Ltd
  • China Eastern Airlines
  • Fly Firefly Sdn Bhd
  • Malaysia Airlines
  • Berhad Virgin Australia International Airlines Pty Ltd
  • Thai Airasia Co Ltd
  • K-Mile Air Co Ltd
  • Turkish Airlines
  • Royal Brunai Sdn Bhd
  • Hongkong Airlines Ltd
  • All Nipon Airways Co Ltd
  • China Southtern Airlines Co Ltd
  • Philipine Airlines Inc
  • Maswing
  • Air New Zealand Ltd
  • Vietnam Airlines Jsc
  • Oman Air
  • Xiamen Airlines
  • Hong Kong Dragon Airlines Limited
  • Asiana Airlines
  • Malindo Airways Sdn Bhd
  • Singapore Airlines
  • Thai Lion Air
  • Eva Airways Corporation
  • China Airlines
  • Thai Airways International Public Company Limited
  • Cathay Pacific Airways Limited
  • Korean Airlines Co Ltd
  • Emirates
  • Klm
  • Saudi Arabian Airlines Corporation
  • Srilankan Airlines Limited
  • Silkair
  • Qatar Airways
  • Federal Express
  • Airasia X Berhad Air
  • China Philipine Airasia Inc
  • Vietjet Aviation Joint Stock Company
  • Ethiopian Airlines Group
  • Rossiya Airlines
  • Uzbekistan Airways
  • Shandong Airlines
  • Cargolux Airlines International
  • A. Terraavia

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien