in

Profil dan Daftar Member Red Velvet

Member Red Velvet – Red Velvet adalah girl grup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada 2014. Grup ini memulai debutnya pada 1 Agustus 2014, dengan merilis single digital Happiness, dengan beranggotakan empat anggota, yaitu Irene, Seulgi, Wendy, dan Joy. Pada Maret 2015, Red Velvet menambah satu anggota bernama Yeri.

Red Velvet dianggap sebagai salah satu grup K-pop paling populer di dunia oleh Time dan Billboard. Mereka telah menerima beberapa penghargaan musik, koreografi, dan popularitas, termasuk 2015 Golden Disc New Artist Award dan 2017 Mnet Asian Music Award untuk kategori Best Female Group.

Profil Red Velvet

Red Velvet (RR: Redeubelbet) adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2014. Member Red Velvet terdiri atas lima orang, yaitu Irene, Seulgi, Wendy, Yeri, dan Joy. Mereka memulai karier pada 1 Agustus 2014 dengan merilis single digital “Happiness” dengan formasi awal empat anggota yaitu, Irene, Seulgi, Wendy, dan Joy. Pada Maret 2015, Red Velvet memiliki satu anggota baru, yaitu Yeri. Nama Red Velvet memiliki gabungan arti, dimana red melambangkan warna yang menyala serta bergairah, dan velvet melambangkan citra feminin dan lembut. Dualitas ini tercermin dalam musik dan konsep mereka.

Diskografi berbahasa Korea Red Velvet mencakup dua album studio, satu album penerbitan ulang, satu album kompilasi, dan sepuluh album mini, dua belas di antaranya telah menduduki puncak Gaon Album Chart Korea Selatan. Single hit mereka “Red Flavor” dan “Power Up” mencapai nomor satu di Gaon Digital Chart. Banyak yang lain telah masuk chart di Gaon Digital Chart dan chart Billboard World Digital Song Sales, termasuk “Happiness” , “Ice Cream Cake”, “Dumb Dumb”, “One of These Nights”, “Russian Roulette”, “Rookie”, “Peek-a-Boo”, “Bad Boy”, “RBB (Really Bad Boy)”, “Zimzalabim” , “Umpah Umpah”, “Psycho”, “Queendom”, dan “Feel My Rhythm” . Grup ini juga berkancah di musik Jepang dengan album mini tambahan #Cookie Jar (2018) dan Sappy (2019).

Red Velvet juga berpartisipasi dalam film animasi musikal Trolls World Tour (2020) mewakili troll K-pop, dengan lagu “Russian Roulette” muncul di film tersebut. Sub-unit pertama dari Red Velvet yang beranggotakan Irene dan Seulgi melakukan debut pada Juni 2020 dengan mengeluarkan album mini Monster (2020).

Daftar Member Red Velvet

1. Irene

Irene lahir dengan nama Bae Joohyun pada 29 Maret 1991 (umur 31) di Daegu, Korea Selatan. Sebelum debut dengan Red Velvet, dia tampil dalam beberapa video musik artis-artis S.M. Entertainment, termasuk lagu “1-4-3 (I Love You)” oleh Henry Lau, dan lagu “At Gwanghwamun” oleh Kyuhyun.

Dia bergabung dengan S.M. Entertainment pada 2009 dan dilatih selama lima tahun. Pada 9 Desember 2013, Irene adalah salah satu trainee gelombang kedua yang diperkenalkan sebagai anggota tim pelatihan pra-debut SM Entertainment, SM Rookies, bersama mantan trainee Lami dan sekarang anggota NCT Jaehyun. Dia juga muncul di video musik lagu rekan satu label Henry Lau “1-4-3” beberapa bulan sebelumnya.

Pada 1 Agustus 2014, Irene melakukan debut resminya sebagai member Red Velvet, menjadi pemimpin grup. Pada November 2014, Irene muncul di video musik singel balada Kyuhyun “At Gwanghwamun”.

Pada tanggal 1 Mei 2015 hingga Juni 2016, Irene menjadi presenter untuk acara Music Bank bersama Park Bo-gum. Agustus 2016, Irene memulai karier aktingnya dengan web drama The Female Employees of a Game Company menjadi pemeran utama bernama Ahreum Pada 14 Oktober 2016, telah dipastikan Irene akan membawakan sebuah acara baru bernama Laundry Day.

Pada Maret 2017, Irene bersama dengan aktor Kim Min-jae untuk memerankan dua kekasih dalam video klip SM Station Red Velvet “Would U”. Pada Juli 2019, SM Entertainment mengumumkan bahwa Irene akan berkolaborasi dengan DJ dan produser Korea Selatan Raiden di lagu “The Only”, yang dirilis pada 2 Agustus 2019.

Pada 20 April 2020, SM mengonfirmasi bahwa Irene, bersama anggota Seulgi, akan membentuk sub-unit pertama Red Velvet. Red Velvet – Irene & Seulgi memulai debutnya pada 6 Juli dengan album mereka yang bernama Monster.

Pada 16 Juli 2020, SM mengonfirmasi bahwa Irene akan berakting dalam film mendatang Double Patty, yang akan dirilis akhir tahun itu, tetapi kemudian ditunda hingga Februari 2021. Dia akan memainkan peran Lee Hyun-Ji, seorang calon reporter. Irene juga merilis OST-nya sendiri, berjudul “A White Night”, untuk film tersebut.

2. Seulgi

Seulgi lahir dengan nama Kang Seulgi pada 10 Februari 1994 (umur 28) di Ansan, Gyeonggi, Korea Selatan. Sebelum debut dengan Red Velvet, dia tampil dalam video musik untuk lagu “Fantastic” dari album Fantastic oleh Henry Lau. Dia juga bernyanyi dalam lagu “Butterfly” pada album yang sama. Pada bulan Januari 2015, dia membintangi musikal.

School Oz dari S.M. Entertainment, sebagai tokoh utama, Dorothy. Pada bulan Juli 2016, dia menyanyikan sebuah lagu “Don’t Push Me” bersama Wendy untuk drama KBS2, Uncontrollably Fond. Lalu pada Maret 2017, dia dan Wendy kembali lagi mengisi sebuah lagu “I Can Only See You” untuk drama Hwarang: The Poet Warrior Youth.

Seulgi, bersama enam idola wanita lainnya, berperan dalam Idol Drama Operation Team yang ditayangkan pada tanggal 29 Mei 2017, di mana mereka membuat serial drama mereka sendiri, ‘Let’s Only Walk the Flower Road’, dengan menjadi penulis naskah terakreditasi serta berakting di seri sebagai versi fiksi dari diri mereka sendiri dalam kelompok gadis.

Grup mereka, bernama “Girls Next Door”, juga merilis lagu “Deep Blue Eyes” dan menggelar panggung debut mereka pada 14 Juli 2017 di Music Bank. Pada 27 Oktober, dia bersama dengan Kangta dan Wendy, merilis remake dari lagu 2001 “Doll” oleh Shinhwa’s Shin Hye-sung dan Lee Ji-hoon sebagai bagian dari musim kedua proyek SM Station.

Pada Februari 2018, Seulgi dikonfirmasi sebagai bagian dari pemeran Law of the Jungle di Meksiko. Pada bulan April, Seulgi juga dikonfirmasi sebagai bagian dari pemeran variety show baru JTBC Secret Unnie bersama dengan Sunmi. Seulgi juga tampil di single debut solo Moonbyul “Selfish”, yang dirilis pada 23 Mei 2018.

Pada bulan Juni 2018, Seulgi dan Wendy mengumumkan pembuatan film di Austria untuk episode spesial Battle Trip ke-100 yang bertema ‘The Country I Want to Live in’, yang episode pertama ditayangkan pada tanggal 21 Juli 2018. Pada September 2018, ia merilis single “Wow Thing” sebagai bagian dari mini grup, Station Young, dengan (G) I-dle’s Soyeon, GFriend’s SinB, dan artis solo Chungha. Pada 15 Oktober, Seulgi tampil di singel hip-hop Korea Selatan dan artis R&B Zion.T “Hello Tutorial”, yang mencapai nomor 2 di Gaon Digital Chart.

Pada 12 Februari 2019, Seulgi merilis “Always”, sebuah lagu balada tentang cinta abadi untuk drama tvN The Crowned Clown. Pada 20 April 2020, SM mengonfirmasi bahwa Seulgi, bersama anggota Irene, akan membentuk sub-unit pertama Red Velvet. Red Velvet – Irene & Seulgi memulai debutnya pada 6 Juli dengan album mereka yang berjudul Monster.

Pada 25 Januari 2021, Seulgi tampil dalam video musik TVXQ Yunho “Eeny Meeny”. Pada tanggal 1 Februari 2021, MV komersial Seulgi dan rapper Bewhy untuk kampanye “Born Confident” Volkswagen mereka secara resmi dirilis secara online.

3. Wendy

Wendy lahir dengan nama Son Seungwan pada 21 Februari 1994 (umur 28) di Seongbuk-dong, Seoul, Korea Selatan. Wendy Shon adalah nama Inggrisnya. Pada 2010, dia mengikuti audisi dan menjadi finalis pada acara “Koreaboo: Cube Entertainment Global Auditions 2011”. Dia direkrut oleh S.M. Entertainment setelah mengikuti S.M. Global Audition di Canada.

Pada 14 Maret 2014, Wendy mengisi lagu untuk drama Mimi yang berjudul “Because I Love You”. Wendy juga berkolaborasi dengan rapper Yuk Ji-Dam untuk mengisi lagu “Return” pada drama KBS2 Who Are You: School 2015 Dia merilis lagu lainnya “Let You Know” untuk drama JTBC, D-Day. Pada 1 Agustus 2014, Wendy melakukan debut resminya sebagai member Red Velvet.

Pada 4 Maret 2016, dia merilis lagu duet bersama Eric Nam berjudul “Spring Love” yang merupakan bagian dari projek S.M. Entertaiment SM Station. Pada bulan Juli 2016, dia menyanyikan sebuah lagu “Don’t Push Me” bersama Seulgi untuk drama KBS2, Uncontrollably Fond. Lalu pada Maret 2017, Wendy kembali lagi mengisi sebuah lagu “I Can Only See You” untuk drama Hwarang: The Poet Warrior Youth.

Pada Juli 2018, Wendy berkolaborasi dengan Yang Da-il untuk single “One Summer” yang dirilis pada 2 Juli. Pada bulan Oktober, diumumkan bahwa Wendy akan merilis duet bahasa Inggris dengan penyanyi Amerika John Legend berjudul “Written in the Stars” sebagai bagian dari musim ketiga SM Station, Station x 0 yang akan menjadi keenam kalinya Wendy berpartisipasi dalam proyek acara tersebut. Video musik untuk duet ini dirilis pada 19 Oktober 2018 di YouTube. Pada November 2018, Wendy merilis lagu “Goodbye” untuk soundtrack drama JTBC The Beauty Inside.

Pada Maret 2020, Wendy dikonfirmasi untuk mengambil bagian sebagai pengisi suara utama untuk rilis Korea film animasi DreamWorks Trolls: World Tour. Film ini dirilis pada bulan April. Pada Mei 2020, Wendy berkolaborasi dengan Zico untuk OST The King: Eternal Monarch “My Day Is Full Of You”. Pada November 2020, selain dari OST Red Velvet “Future” untuk drama Start-Up, Wendy memiliki OST solonya “Two Words”.

Pada tahun 2021, Wendy kembali secara resmi sebagai co-host di Mysterious Record Shop. Selain itu, Wendy akan memulai aktivitas solonya dengan merilis album pertamanya pada bulan April, yang sudah dikonfirmasi oleh SM Entertainment.

4. Joy

Joy lahir dengan nama Park Sooyoung pada 3 September 1996 (umur 25) di Seoul, Korea Selatan. Joy secara resmi diperkenalkan sebagai anggota keempat member Red Velvet pada 29 Juli 2014. Dia adalah satu-satunya anggota dari kelompok yang tidak diperkenalkan sebagai bagian dari SM Rookies sebelum debut kelompok. Kelompok ini membuat debut musik mereka dengan single digital “Happiness” pada tanggal 1 Agustus 2014.

Pada 2015, Joy bergabung pada musim keempat reality show We Got Married, di mana dia muncul berpasangan dengan anggota BtoB Yook Sungjae. Dia menerima pengakuan yang signifikan untuk partisipasinya dalam program TV populer dan ditampilkan dalam pictorial solo pertamanya di majalah fashion Korea Ceci, bersamaan dengan pemodelan untuk kosmetik Etude House. Pada tanggal 29 Desember 2015, Joy dan Sungjae memperoleh kemenangan untuk penghargaan Pasangan Terbaik dan secara terpisah memenangkan New Star Award di 2015 MBC Entertainment Awards.

Berikut promosi kelompok untuk mini album kedua Red Velvet yaitu The Velvet, Joy merilis duet dengan Yook pada April 16, 2016 berjudul “Young Love”. Lagu ini memuncak di # 52 di Gaon Singles Chart. Berangkat dari We Got Married pada tanggal 7 Mei, mereka menjadi dikenal sebagai salah satu pasangan terlama dan paling populer dalam sejarah acara. Selama We Got Married ditayangkan, video mereka bersama-sama di YouTube terakumulasi selama 21,3 juta pandangan.

Joy berkolaborasi dengan Lim Seul-ong dalam duet berjudul “Always In My Heart”, sebuah lagu proyek di bawah SM Station SM Entertainment dirilis pada 4 November 2016. Lagu ini menempati posisi # 2 di Soribada, Genie dan Bugs mengalir grafik dan # 10 di Gaon.

Pada tahun 2017, Joy melakukan debut aktingnya sebagai pemeran utama wanita dalam drama berbasis musik TVN The Liar and His Lover. Untuk penampilannya sebagai aktris utama, Joy menerima Penghargaan Pendatang Baru di OSEN Cable TV Awards. Joy juga merilis beberapa OST melalui Stone Music untuk drama tersebut: Yeowooya, I’m Okay, Your Days, Shiny Boy, Waiting For You, dan The Way To Me. Drama ini adalah adaptasi dari manga populer Kotomi Aoki, Kanojo wa Uso o Aishisugiteru.

Pada 2017, Joy juga akan tampil dengan nama samaran Bandabi di acara kontes variety menyanyi King of Mask Singer, di mana dia memenangkan putaran pertama kompetisi. Pada tahun 2018, Joy memulai posisi hosting tetap pertamanya sebagai co-host musim kedua acara variety musik JTBC Sugar Man bersama tokoh TV top Yoo Jae-suk, You Hee-yeol, dan Park Na-rae.

Perombakan itu sukses, dan dinilai lebih tinggi dari musim awalnya. Pada tahun 2018, Joy juga akan membintangi drama keduanya sebagai pemeran utama, MBC’s Tempted, yang secara longgar didasarkan pada novel Prancis Les Liaisons dangereuses, dan merekam OST-nya “OMG!”. Joy menerima banyak nominasi penghargaan untuk penampilannya termasuk: Aktris Terbaik di MBC Drama Awards 2018, dan Penghargaan Popularitas (Aktris Drama) di Penghargaan Seoul.

Pada Juli 2018, Joy terpilih sebagai salah satu pembawa acara variety show baru Lifetime Pajama Friends, bersama Song Ji-hyo dan Jang Yoon-ju. Belakangan tahun itu di bulan Oktober 2018, Joy merilis lagu soundtrack “Dream Me” (dengan Mark Lee) untuk drama KBS The Ghost Detective.

Pada Januari 2019, diumumkan bahwa Joy terpilih menjadi pembawa acara utama program kecantikan terpopuler di Asia, Get It Beauty, OnStyle, dengan mantan pembawa acara Pajama Friends, Jang Yoon-ju. Pada Desember 2019, Joy menjadi satu-satunya anggota wanita dari variety show atletik, Handsome Tigers, bersama Cha Eun-woo, Lee Sang-yoon, dan Seo Jang-hoon.

Pada Maret 2020, Joy merilis OST solonya “Introduce Me A Good Person” untuk soundtrack serial drama tvN Hospital Playlist. Lagu ini mencapai nomor satu di beberapa tangga lagu, nomor lima di Billboard Korea K-Pop Hot 100 Chart, nomor enam di Gaon Digital Chart, dan telah melampaui 487 Juta Poin Indeks Digital di Gaon. Itu dinominasikan untuk Song of the Year Daesang (Grand Prize) dan Best OST Award di Mnet Asian Music Awards, dan untuk Best OST di 30th Seoul Music Awards. Pada Mei 2020, Joy tampil di lagu utama artis R&B Crush, dengan “Mayday” mencapai nomor satu di Genie, Bugs, Soribada, serta puncak Melon R & B / Soul Chart.

5. Yeri

Member Red Velvet ini lahir dengan nama Kim Yerim pada 5 Maret 1999 (umur 23) di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2011, dia direkrut oleh S.M. Entertainment dan diperkenalkan sebagai anggota baru Red Velvet pada 10 Maret 2015. Sejak 9 Mei 2015 hingga 14 November 2015, Yeri menjadi presenter acara musik Show! Music Core di MBC. Yeri terdaftar di Hanlim Multi Art School. Yeri membintangi Music Video milik J-Min yang berjudul Way Back Home.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien