in

6 Contoh Buah yang Mengandung Vitamin B serta Jenis dan Manfaatnya!

Sumber: Pexels

Buah yang Mengandung Vitamin B – Vitamin secara alami terdapat pada setiap makanan serta dibutuhkan untuk membantu fungsi tubuh. Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh kita, delapan diantaranya kemudian merupakan kelompok vitamin B, atau juga dikenal dengan B kompleks.

Ya, vitamin B merupakan kelompok nutrisi penting yang berperan dalam berbagai organ serta sistem tubuh. Untuk mengetahui buah yang mengandung vitamin B, maka kamu bisa simak artikel ini. Namun, sebelum itu, kita akan membahas manfaat vitamin B terlebih dahulu.

Manfaat Berbagai Macam Vitamin B

buah yang mengandung vitamin b
Sumber: Pexels

Salah satu manfaat vitamin B bagi tubuh adalah membantu menghasilkan energi serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan pada selnya. Di samping itu, masih terdapat banyak sekali manfaat vitamin B lainnya yang sangat penting diketahui.

Vitamin B sendiri terdiri dari 8 jenis dan secara keseluruhan disebut juga sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing jenis vitamin B ini memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar nutrisi tersebut kemudian mudah ditemukan dalam berbagai makanan sehari-hari, terutama di sumber makanan hewani. Berikut di bawah ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari masing-masing jenis vitamin B:

Vitamin B1 (thiamine)

Vitamin B1 bermanfaat menjaga sistem saraf tetap dalam kondisi sehat, dan membantu kinerja metabolisme tubuh dalam menghasilkan nutrisi dan energi. Selain itu, vitamin B1 juga diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi sel juga jaringan tubuh. Jumlah asupan vitamin B1 yang direkomendasikan bagi orang dewasa sendiri adalah sekitar 1,1?1,2 milligram per hari.

Kamu juga dapat melengkapi kebutuhan harian vitamin B1 dari berbagai makanan sehari-hari, seperti diantaranya pada nasi merah, juga roti gandum, pisang, jeruk, kacang-kacangan, dan sereal.

Vitamin B2 (riboflavin)

Asupan vitamin B2 yang tercukupi akan turut berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya di kesehatan kulit, kesehatan mata, dan kesehatan sistem saraf. Selain itu Vitamin B2 juga berfungsi dalam membantu proses pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan.

Selain itu, vitamin B2 juga akan membantu meningkatkan energi. Jumlah kecukupan vitamin B2 yang direkomendasikan pada orang dewasa ialah sekitar 1,1–1,2 milligram per hari. Kamu juga akan mendapatkan sumber vitamin B2 yang baik dari konsumsi kuning telur, susu, konsumsi daging, tuna, ikan salmon, kedelai, kacang almond, dan konsumsi gandum.

Vitamin B3 (niacin)

Manfaat vitamin B3 diantaranya adalah menjaga fungsi sistem saraf, juga menjaga kesehatan kulit, dan membantu tubuh dalam menghasilkan energi. Sumber terbaik vitamin B3 sendiri dapat ditemukan di dalam daging, ikan, serta telur. Jumlah asupan vitamin B3 yang direkomendasikan pada orang dewasa ialah sekitar 14–16 miligram per harinya.

Vitamin B5 (pantothenic acid)

Vitamin B5 ini berperan penting di dalam proses pertumbuhan serta dalam untuk produksi hormon di dalam tubuh. Jumlah asupan vitamin B5 yang direkomendasikan kepada orang dewasa adalah sekitar 5 miligram per hari. Vitamin ini kemudian dapat ditemukan hampir di setiap sayuran, termasuk okra, makanan gandum, dan daging.

Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang juga berfungsi dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga turut berperan untuk mengubah protein dan karbohidrat dari makanan menjadi energi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Adapun jumlah asupan vitamin B6 yang direkomendasikan untuk tubuh orang dewasa adalah sekitar 1,3 milligram per harinya. Vitamin B6 ini juga bisa didapat dari kacang-kacangan, susu, konsumsi kentang, ikan, daging ayam, serta pisang.

Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B7 ini bermanfaat dalam membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, vitamin B7 juga turut berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, kesehatan rambut, kesehatan mata, hati, dan sistem saraf. Vitamin B7 juga adalah nutrisi yang penting selama masa kehamilan guna mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Adapun jumlah kebutuhan asupan vitamin B7 pada tubuh orang dewasa sendiri adalah sekitar 30 mikrogram (mcg) per hari. Kamu bisa mendapatkan vitamin B7 dengan cara mengonsumsi kuning telur, jeroan, konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, kembang kol, pisang, jamur, dan sereal.

Vitamin B9 (folic acid)

Vitamin B9 ataupun asam folat kemudian memiliki peran besar dalam produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan tubuh, terutama janin. Asam folat ini juga merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi pada ibu hamil untuk menurunkan resiko terjadinya cacat lahir tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida, dan mendukung tumbuh kembang janin yang sehat.

Jumlah asupan vitamin B9 yang disarankan pada orang dewasa adalah sekitar 400 mikrogram, sementara pada ibu hamil adalah sekitar 600 mikrogram. Sumber vitamin B9 ini kemudian dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai makanan, seperti diantaranya pada brokoli, kangkung, bayam, buncis, kacang merah, kacang polong, serta sereal.

Vitamin B12 (cobalamin)

Manfaat vitamin B12 diantaranya adalah dalam memproduksi sel darah merah, memproses vitamin B9 (asam folat), juga mengubah makanan menjadi sumber energi, serta menjaga sistem saraf dan imunitas tubuh tetap dalam kondisi sehat. Jumlah asupan vitamin B12 yang diperlukan pada orang dewasa adalah sekitar 4 mikrogram per hari. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B12 dari ikan, daging, susu, keju, dan telur.

Jenis-jenis Vitamin B dan Fungsinya

Vitamin B penting dalam memastikan sel-sel tubuh berfungsi dengan baik. Mereka kemudian akan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi (metabolisme), membuat sel darah baru, serta menjaga kesehatan sel kulit, sel otak, serta jaringan tubuh lainnya.

Terdapat delapan jenis vitamin B, yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri, yaitu diantaranya tiamin (mengandung vitamin B-1), riboflavin (mengandung vitamin B-2), niacin (mengandung vitamin B-3), asam pantotenat (mengandung vitamin B-5), vitamin B-6, biotin (mengandung vitamin B-7), folat (mengandung vitamin B-9), dan vitamin B-12. Terdapat 8 jenis vitamin B dengan fungsi yang berbeda-beda, diantaranya:

  1. Vitamin B1 yang berfungsi membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi, dan menjaga kesehatan kulit.
  2. Vitamin B2 yang berfungsi dalam membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, serta membantu sel-sel tubuh dalam membakar lemak dan menjaga kesehatan kulit.
  3. Vitamin B3 (niacin) yang berfungsi dalam membantu sel-sel tubuh mengubah makanan menjadi energi, dan menjaga kesehatan kulit.
  4. Vitamin B5 (pantothenic acid) yang berfungsi dalam membantu sel tubuh memproduksi asam lemak dan hormon.
  5. Vitamin B6 yang berfungsi dalam membantu tubuh dalam menggunakan serta memproses cadangan gula menjadi energi, dan membantu produksi sel darah merah.
  6. Vitamin B7 (biotin) yang berfungsi dalam membantu produksi asam lemak serta asam amino ketika dibutuhkan oleh tubuh.
  7. Vitamin B9 (asam folat) yang berperan penting dalam proses pembelahan sel, terutama di ibu hamil, sehingga kemudian akan meminimalkan resiko terjadinya kelainan bawaan pada janin.
  8. Vitamin B12 yang berfungsi membantu pembentukan sel darah merah, dan memelihara fungsi saraf.

Contoh Buah yang Mengandung Vitamin B

Contoh Buah Vitamin B: Pisang

buah yang mengandung vitamin b
Sumber: Pexels

Meski buah ini berwarna kuning serta identik dengan kandungan vitamin C di dalamnya, ternyata pisang juga memiliki kandungan vitamin B didalamnya lho! Setiap 100 gram buah pisang ini mengandung tak kurang dari 0,433 mg serta vitamin B6, 0,3 mg vitamin B5, 24 microgram, vitamin B9 (asam folat), dan 0,08 vitamin B2. Kandungan vitamin B yang terdapat pada pisang juga menjadikan buah yang satu ini baik dikonsumsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh, ia juga membantu merawat sistem pencernaan, menjaga fungsi otak, dan membantu produksi sel darah merah.

Contoh Buah Vitamin B: Jeruk

Sama halnya dengan pisang, jeruk identik dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Namun, tahukah kamu jeruk juga ternyata menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin B. Khususnya vitamin B6. Kandungan vitamin B6 pada jeruk ini kemudian mampu memenuhi 5 persen dari total angka kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan. Selain itu, jeruk juga dipercaya mampu merawat kesehatan kulit, hingga meminimalisir berbagai risiko penyakit kardiovaskular seperti diantaranya penyakit jantung.

Contoh Buah Vitamin B: Mangga

https://www.gramedia.com
Sumber: Pexels

Kadar vitamin B dalam setiap 100 gram mangga ini dapat mencapai 0,25 mg. Itulah mengapa buah yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai alternatif yang tepat untuk diberikan kepada si Kecil. Kandungan vitamin B yang terdapat pada buah mangga juga membuat buah yang satu ini memiliki beragam manfaat. Mulai dari penambah energi, merawat mata, juga meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya penyakit kanker sejak dini.

Contoh Buah Vitamin B: Nanas

Memiliki rasa yang menyegarkan, nanas kemudian dapat menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin B di dalamnya. Mengandung vitamin B1 (thiamin), buah nanas kemudian memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Salah satu diantaranya adalah mengoptimalkan daya ingat pada otak.

Contoh Buah Vitamin B: Alpukat

buah yang mengandung vitamin b
Sumber: Pexels

Alpukat sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin B, terlebih lagi vitamin B5. Hal ini karena pada setiap 100 gram buah alpukat, kemudian terkandung sekitar 1,39 mg vitamin B5. Selain vitamin B5, buah dengan warna hijau ini juga mengandung 0,5 mg vitamin B6, 0,1 mg vitamin B1, serta 0,2 mg vitamin B2. Manfaat vitamin B yang terkandung pada alpukat diantaranya adalah membantu proses pertumbuhan, memproduksi sel darah merah, serta membantu mengoptimalkan fungsi otak.

Contoh Buah Vitamin B: Blueberry

buah yang mengandung vitamin b
Sumber: Pexels

Buah beri satu ini juga menjadi salah satu buah yang kaya akan vitamin B di dalamnya. Pada setiap 340 gram blueberry, ter kandungan vitamin B6 sebanyak 5% dari total kebutuhan vitamin B6 harian yang disarankan.

Tak hanya kandungan vitamin B6 saja, blueberry juga mengandung 0,05 mg vitamin B1, dan 0,01 mg vitamin B2 yang semua kandungannya ini sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti diantaranya membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi otak, berfungsi merawat kulit, memperkuat tulang, menjaga fungsi sistem pencernaan, juga meminimalisir risiko penyakit jantung sejak dini.

Kekurangan vitamin B sendiri akan menyebabkan terganggunya berbagai proses metabolisme. Selain itu, penyakit yang dapat timbul dari kekurangan vitamin B diantaranya adalah penyakit beri beri, penyakit dermatitis, diare, serta anemia. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga untuk mengonsumsi vitamin B secara teratur.

Penutup

Demikian pembahasan tentang buah yang mengandung vitamin B dan juga manfaatnya. Semoga semua pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu.

Jika ingin mencari buku tentang resep masakan, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Rekomendasi Buku-Buku terkait Buah-buahan yang Kaya akan Vitamin B

Untung Berlipat dari Budidaya Alpukat Tanaman Multi Manfaat

https://www.gramedia.com/products/untung-berlipat-dari-budi-daya-alpukat-tanaman-multi-manfaat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/untung-berlipat-dari-budi-daya-alpukat-tanaman-multi-manfaat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Indonesia merupakan negara penghasil buah alpukat terbesar kedua di dunia setelah Meksiko. Namun sampai saat ini Indonesia belum tercatat sebagai salah satu negara dari 20 negara eksportir alpukat di dunia. Padahal pasar ekspor alpukat masih sangat terbuka dan Indonesia memiliki banyak varietas unggul alpukat, teknologi budidaya sampai pasca panen tersedia, lahan yang tersedia masih sangat luas serta didukung oleh kondisi agroekosistem yang sesuai untuk pertumbuhan dan produksi alpukat.

Oleh karena itu, pengembangan alpukat unggul dan produktif dalam skala komersial akan dapat mengubah kondisi Indonesia saat ini menjadi negara produsen terbesar sekaligus juga menjadi negara eksportir yang cukup disegani. Buku ini mengungkap banyak hal tentang alpukat mulai dari morfologi alpukat, perilaku pembungaan dan pembuahan alpukat, ras dan varietas unggul alpukat, budidaya dan perbenihan, sampai panen dan pemasarannya, serta manfaat alpukat baik tanaman, daun maupun buah dan bijinya.

Rahasia Sukses Bertanam Pisang: Full Colour

https://www.gramedia.com/products/rahasia-sukses-bertanam-pisang-full-colour?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rahasia-sukses-bertanam-pisang-full-colour?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku yang berjudul Rahasia Sukses Bertanam Pisang ini adalah ditulis oleh Tim Karya Tani Mandiri yang disajikan full color. Buku ini dapat membantu pembaca dalam bertanam pisang yang baik dan benar sehingga menghasilkan pisang yang sesuai standar pasar internasional. Buku ini membahas lengkap mengenai pohon pisang dari awal hingga pasca panen. Sinopsis Pisang merupakan buah-buahan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Buah yang umumnya diproduksi di negara-negara tropis ini, dapat dikonsumsi oleh bayi hingga orang berusia lanjut.

Pemasarannya juga sudah menjangkau seluruh penjuru dunia. Tidak mengherankan jika permintaan akan buah ini tidak pernah surut. Saat ini, Indonesia adalah salah satu produsen pisang terbesar di dunia. Sayangnya, hal ini tidak otomatis menjadikan negara kita sebagai eksportir pisang ter besar. Kendala utamanya adalah kualitas pisang kita kurang memenuhi syarat pasar internasional. Buku ini dibuat untuk membantu menghasilkan pisang yang sesuai standar pasar internasional. Pada buku ini dibahas berbagai seluk beluk tanaman pisang mulai dari pembenihan, penanaman bibit, sampai penanganan panen dan pasca panen yang baik dan benar.

Resep Kue Favorit ala Cafe All About MANGGA

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-kue-favorit-ala-cafe-all-about-mangga?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-kue-favorit-ala-cafe-all-about-mangga?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Mangga adalah buah yang dagingnya tebal, jika sudah matang, umumnya berwarna kuning atau jingga. Rasanya manis, beraroma khas, dan mengandung air.Siapapun kenal lezatnya buah mangga. Khususnya, kelompok Mangifera indica yang terkenal dengan varitas- varitasnya, seperti arumanis, gedong, indramayu, golek, manalagi, apel, dan madu. Bentuk, ukuran, dan warna kulitnya beragam. Dari segi gizi, mangga juga bisa diandalkan.

Antara lain, mangga mengandung karbohidrat sebagian besar dalam bentuk gula-yang menyumbang rasa manis. Sedangkan rasa asam pada mangga disebabkan oleh adanya asam laktat dan sitrat, selain juga vitamin C.Keistimewaan mangga dibanding buah lainnya adalah jumlah kandungan karotennya yang sangat tinggi. Ini dapat dilihat dari warna daging buahnya yang berwarna kuning kemerahan. Betakaroten, juga vitamin C, merupakan antioksidan yang bersifat mencegah timbulnya penyakit degeneratif, khususnya kanker.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah