in

15+ Rekomendasi Anime Isekai Terbaik Sepanjang Masa

Genre isekai adalah salah satu genre anime, manga, light novel, atau game yang mengisahkan tentang tokoh utama yang masuk ke dalam dunia paralel atau dimensi lain. Dimana para tokoh yang ada di dalam cerita isekai ini biasanya akan masuk atau terperangkap di dalam dunia game atau ke dunia lain karena terpanggil oleh sebuah sihir. Anime isekai terbaik memang cukup populer belakangan ini, bahkan banyak studio pembuat anime yang sudah banyak memproduksi anime isekai.

Di dalam genre yang penuh dengan tokoh protagonis dan plot harem yang dikuasai, anime isekai ini menawarkan perspektif cerita yang unik. Dimana tokoh utama seringkali adalah orang biasa yang kemudian diangkut ke dunia lain, dimana mereka harus menggunakan akalnya untuk tetap bisa bertahan hidup. Anime isekai ini seringkali mempunyai nada yang lebih serius dibandingkan dengan genre lainnya. Selain itu, karakternya juga harus mengatasi masalah yang tidak mungkin akan terjadi di dunia nyata. Hal itulah yang membuat ceritanya menjadi lebih seru dan menegangkan.

Ada banyak sekali judul anime isekai terbaik dan layak untuk ditonton. Jadi, mungkin akan sangat sulit mengetahui dari mana kita harus mulai menontonnya. Tapi berikut ini kita akan membahas beberapa anime isekai terbaik yang wajib ditonton.

Rekomendasi Anime Isekai Terbaik

Berikut ini, kita akan membahas beberapa rekomendasi anime isekai terbaik dan terpopuler yang pastinya tidak boleh dilewatkan jika kamu memang menyukai genre anime yang satu ini. Seperti yang sudah dibahas di atas, isekai merupakan subgenre anime Jepang, dimana tokoh protagonis akan dipindahkan atau dilahirkan kembali ke dunia lain. Proses perpindahan ataupun kelahiran tersebut kadang kala menjadi sebuah proses yang unik dan lucu, mulai dari terlempar secara tiba-tiba, dipanggil oleh putri dengan menggunakan mantranya, hingga ada yang ditabrak truk kemudian pindah ke dunia lain.

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas genre isekai ini semakin meningkat dan menjadikannya alasan mengapa saat ini anime atau manga dari Jepang didominasi oleh genre isekai. Apabila kamu suka dengan genre ini, maka di bawah ini akan kita bahas beberapa rekomendasi anime isekai terbaik dan terpopuler yang wajib kamu tonton, antara lain:

1. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

Konosuba ini merupakan salah satu anime isekai comedy terbaik yang cukup populer. Ceritanya sendiri menceritakan mengenai Kazuma Satou yang dilahirkan kembali ke dunia lain. Setelah Ia lahir kembali, Ia bertemu dengan Dewi yang bernama Aqua. Kemudian Ia diberikan sebuah pilihan untuk bertahan hidup di dunia baru atau melawan raja iblis yang jahat. Kazuma pun lebih memilih Aqua. Namun, sayangnya Aqua adalah Dewi yang tidak berguna tanpa sihirnya. Tanpa banyak menyesal, Kazuma kemudian memulai petualangannya di dunia baru bersama dengan Aqua dan teman lainnya. Pastinya, sepanjang cerita ini dibumbui dengan adegan lucu dan kocak. Sehingga para penonton tidak akan bosan ketika menonton anime ini.

2. Mairimashita! Iruma-kun!

Mairimashita Iruma-kun merupakan salah satu anime isekai terbaik yang menceritakan tentang remaja yang berusia 14 tahun bernama Iruma Suzuki yang dipindahkan ke dunia iblis karena sebuah kontrak yang dilakukan oleh orang tuanya dengan iblis bernama Sullivan. Sesampainya di dunia iblis, Sullivan menjadi kakek angkat dari Iruma, yang mana semua urusan Iruma di dunia iblis dialah yang mengurus. Adapun tantangan terbesar Iruma di dunia iblis ini adalah menjaga statusnya sebagai manusia. Sehingga Ia tetap bersikap rendah hati diantara teman-temannya di sekolah yang mayoritas adalah iblis.

3. Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu

Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu adalah anime adaptasi dari seri manga karya Yuka Fujikawa dengan menggunakan judul yang sama. Anime isekai ini menceritakan tentang seorang pria yang berusia 34 tahun yang terlahir kembali ke dunia lain sebagai Rudeus Greyrat. Di dunia barunya tersebut, Ia terlahir dari dua orang tua yang sangat menyayanginya. Kemudian, Ia tinggal di dunia yang penuh dengan penyihir. Dalam kesempatan yang kedua itu, Rudeus mencoba untuk menjalani kehidupannya menjadi lebih baik supaya tidak ada penyesalan nantinya. Walaupun di dunia barunya sangat jauh berbeda dengan dunianya yang ada di masa lalu.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

4. Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Re:Zero adalah anime isekai yang kisahnya berpusat pada Natsuki Subaru yakni seorang siswa SMA yang tiba-tiba terbawa ke dunia lain. Karena merasa bingung dan juga asing dengan dunia yang baru didatanginya, hal itu kemudian membuat Subaru terlibat dengan beberapa preman jalanan yang menghajar dirinya. Ketika Subaru berusaha untuk keluar dari situasi yang tidak menguntungkan itu, ada seorang gadis misterius yang bernama Satella datang menyelamatkannya. Karena merasa tertolong, Subaru kemudian menawarkan diri untuk membantu Satella mencari lencananya yang hilang.

Subaru akhirnya berhasil menemukan lencana tersebut, tapi tanpa diketahui oleh Subaru dan juga Satella, mereka ternyata sudah diikuti oleh sebuah kekuatan gelap yang kemudian membuat mereka terbunuh. Akan tetapi, Subaru kembali terbangun pada saat kejadian dirinya diselamatkan oleg Satella. Karena bingung dengan kejadian yang Ia alami, Subaru pun berusaha untuk mencari tahu alasan dirinya terus-menerus mengulang masa lalu.

5. Tensei shitara Slime Datta Ken

Anime sekai yang satu ini diadaptasi dari seri fantasi nobel ringan karya Fuse dan juga Mitz Vah. Tensei Shitara Slime Datta Ken mengikuti cerita Satoru Mikami, yakni pria berumur 37 tahun yang merupakan pekerja kantoran. Suatu hari, Ia meninggal dunia dan kemudian tersadar, Ia sudah bereinkarnasi menjadi sebuah lendir biru di dalam dunia fantasi. Saat ini, Satoru mempunyai berbagai macam keterampilan dan juga kekuatan yang dapat digunakannya, walaupun sekarang sudah bukan lagi seorang manusia. Sampai suatu ketika, Ia bertemu dengan naga raksasa yang bernama Verudora, kemudian menjadi temannya. Akan tetapi, di luar gua tempat Ia berada, ada dunia kejam yang sedang menanti.

6. Ascendance of a Bookworm

Anime yang satu ini dikenal juga dengan judul Honzuki no Gekokujou: Shisho ni Naru Tame ni wa Shudan wo Erande Raremasen. Urano Motsu sangat menyukai buku dan mempunyai keinginan yang tidak ada habisnya untuk membaca buku. Ia hampir memenuhi pekerjaan impiannya untuk menjadi seorang pustakawan. Sampai suatu hari, Ia mengalami kecelakaan. Ketika dia menarik napas terakhirnya, Ia berharap bahwa Ia masih bisa membaca buku lebih banyak lagi di kehidupan berikutnya. Lalu, takdir seakan mendengarkan doanya. Motsu terbangun dan bereinkarnasi menjadi seorang gadis yang bernama Myne. Ia merupakan seorang gadis yang lemah berusia 5 tahun yang hidup di abad pertengahan.

7. Sword Art Online

Di dalam anime Sword Art Online, pemain akan terjebak di dalam MMO virtual reality. Dimana bila mereka mati di dalam permainan, maka mereka juga akan mati di dalam kehidupan nyata. Kisahnya sendiri mengikuti Kirito, yakni salah satu pemain game terkuat. Ketika Ia mencoba menemukan cara untuk bisa melarikan diri dari permainan dan menyelamatkan semua orang yang sudah terperangkap di dalamnya. Sword Art Online
merupakan salah satu anime isekai terbaik dan paling populer sepanjang masa. Anime ini harus ditonton oleh semua penggemar genre isekai dan bahkan untuk mereka yang biasanya tidak menyukai genre ini. Ceritanya sendiri sangat mencekam, karakternya menyenangkan, dan aksinya top-notch.

8. Overlord

Di dalam dunia anime, isekai mengacu pada subgenre dimana karakter mati dan dipindahkan ke dalam dunia lain. Serial anime Overlord ini menceritakan mengenai Momonga, yakni seorang penyihir kuat yang menemukan dirinya terjebak di dalam tubuh avatar dalam game yang Ia mainkan. Di dunia barunya ini, Momonga harus menemukan cara untuk bisa bertahan dan berkembang melawan berbagai rintangan. Overlord sendiri merupakan contoh yang bagus dari anime isekai yang dikerjakan dengan benar. Protagonisnya sangat menarik dan kompleks, pembangunan dunianya juga sangat terperinci dan bisa dipercaya, serta aktinya tanpa henti. Apabila kamu mencari seri isekai yang menarik dan bisa menggugah pikiran, maka Overlord sangat direkomendasikan untuk ditonton.

9. Tate no Yuusha no Nariagari

Tate no Yuusha no Nariagari atau yang dikenal dengan judul The Rising of the Shield Hero merupakan seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Aneko Yusagi. Serial yang satu ini mengikuti kisah Naofumi Iwatani yakni seorang pemuda yang tiba-tiba dipindahkan ke dunia lain dan diberi tugas untuk menyelamatkannya dari kehancuran. Tate no Yuusha no Nariagari merupakan cerita yang ditulis dengan sangat baik dan juga menarik yang akan membuat para penonton ketagihan dari awal hingga akhir. Tokohnya sendiri sangat menyenangkan dan relatable dan adegan aksinya cukup menarik. Apabila kamu sedang mencari anime isekai terbaik untuk ditonton, maka judul ini salah satu yang terbaik.

10. No Game No Life

No Game No Life merupakan serial anime 2014 yang mengikuti kisah dua saudara tiri, yakni Sora dan Shiro. Mereka merupakan gamer luar biasa yang hampir tidak pernah kalah dalam permainan, namun mereka menemukan dirinya di dunia baru yang aneh, dimana permainan adalah segalanya. Oleh karena itu, mereka sekarang harus berjuang untuk menyelamatkan dunia ini dari kehancuran dan menjadi penguasa barunya. Anime yang satu ini sangat bagus untuk para gamer dan non-gamer. Karakternya yang lucu dan ceritanya yang seru akan membuat para penonton tidak merasa bosan saat menontonnya. Apabila kamu sedang mencari anime yang luar biasa, No Game No Life adalah pilihan terbaik.

11. Youjo Senki

Youjo Senki merupakan serial anime yang tayang pada tahun 2017. Kisahnya mengikuti Tanya Degurechaff, yakni seorang gadis muda yang reinkarnasi sebagai tentara di dunia paralel. Tanya merupakan ahli taktik yang sangat terampil dan menggunakan pengetahuannya untuk naik pangkat di militer. Serial yang satu ini sudah dipuji karena karakter dan juga alur cerita yang cukup kuat.

12. Drifters

Di dalam genre yang dipenuhi dengan premis konsep tinggi dan juga dunia yang rumit ini terkadang cerita yang paling sederhanalah yang paling beresonansi. Drifters ini merupakan salah satu dari seri tersebut. Anime ini mengikuti Toyohisa Shimazu yakni seorang samurai yang menemukan dirinya dibawa ke dunia fantasi setelah meninggal dunia dalam pertempuran. Disana, Ia bertemu dengan berbagai tokoh sejarah lain yang juga sudah diambil dari periode waktu mereka dan harus bersatu untuk bertahan hidup di tanah baru yang aneh.

Drifters secara visual memang sangat memukau, dengan animasi cantik yang menghidupkan pertempuran yang kacau. Namun selera humor dan juga hati dari serial ini membuatnya benar-benar istimewa. Semua tokoh yang ada di dalamnya sangat menyenangkan dan interaksi mereka kerap kali lucu. Bahkan, di tengah-tengah semua pertarungan, terdapat lightness pada Drifters yang membuatnya menyenangkan untuk ditonton.

13. Log Horizon

Log Horizon ini merupakan serial anime yang tayang pada 2013. Ceritanya sendiri diatur di dunia virtual Elder Tale, yang sudah diambil alih oleh entitas seperti game yang dikenal sebagai Apocalypse. Sang protagonis, Shiroe, merupakan pemain veteran yang membentuk guild bernama Log Horizon bersama dengan teman-temannya untuk menemukan cara melarikan diri dari dunia maya. Serial yang satu ini dipuji karena pembangunan dunianya yang cukup kompleks dan terperinci serta karakter dan perkembangannya. Shiroe merupakan karakter yang ditulis dengan sangat baik, yang dimulai sebagai penyendiri antisosial namun tumbuh menjadi pemimpin selama seri. Log Horizon ini merupakan contoh bagus dari anime Isekai yang dikerjakan dengan benar.

14. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri

Anime yang satu ini akan membawa para penonton ke dalam dunia fantasi dimana segala sesuatu mungkin saja terjadi. Dari mulai melawan iblis sampai membangun seluruh peradaban, petualangan dalam pertunjukan ini tidak ada habisnya. Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri merupakan salah satu contoh campuran anime isekai yang dikerjakan dengan sangat matang. Ceritanya mengikuti Youji yakni seorang tentara Jepang yang dibawa ke dunia lain setelah sebuah portal misterius terbuka di Tokyo. Youji kemudian dengan cepat menemukan dirinya terjebak di dalam konflik antara dua negara dan harus menggunakan semua pelatihan militernya untuk bisa bertahan hidup.

15. 100-man no Inochi no Ue ni Ore wa Tatteiru

Di dalam dunia anime isekai, terdapat beberapa pertunjukan yang unik seperti 100-man no Inochi no Ue ni Ore wa Tatteiru. Kisahnya mengikuti kehidupan 100 orang yang bereinkarnasi ke dunia fantasi dengan hanya satu tujuan, yakni mengalahkan raja iblis. Akan tetapi, hal ini lebih mudah diucapkan dibandingkan dilakukan dan protagonis pertunjukan harus bekerja sama untuk mencapai tujuan mereka. Yang membuat anime 100-man no Inochi no Ue ni Ore wa Tatteiru menonjol dari anime isekai lainnya yaitu fokusnya pada kerja tim dan juga kerja sama. Protagonis dari anime tersebut terus bekerja sama untuk mengatasi berbagai tantangan. Berkat kerja tim itulah yang pada akhirnya memungkinkan mereka untuk berhasil.

16. Zero no Tsukaima

Zero no Tsukaima merupakan anime isekai yang paling berkesan dan juga dicintai oleh para penggemarnya. Ceritanya sendiri mengikuti Louise yang membuat sebuah perjanjian dengan Saito untuk menjadi familiarnya. Akan tetapi yang membuatnya kecewa adalah Saito dipindahkan ke dunia mereka dari dunia kita dan pada akhirnya menjadi familiarnya. Keduanya harus bekerja sama untuk menemukan jalan pulang sembari menghadiri kelas di Akademi Sihir Tristain yang cukup bergengsi dan mengungkap potensi Louise yang sebenarnya.

Demikian penjelasan mengenai beberapa rekomendasi anime isekai terbaik sepanjang masa. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang anime lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.