Biologi

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (1)
Written by Nandy

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui – Jalanan macet di jam sibuk itu seolah sudah biasa. Rasanya kita tak lagi merasa aneh dengan pemandangan itu. Jumlah kendaraan motor yang meningkat dari tahun ketahun meningkat. Kalau sudah begini seolah jalan makin menyempit dan tak pernah muat dilewati sejumlah kendaraan.

Apa yang mengkhawatirkan dari kondisi itu? Selain ketidaknyamanan, pencemaran sudah pasti jadi sesuatu hal yang tak bisa dihindari. Apalagi coba? Penggunaan bahan bakar pasti meningkat. Padahal bahan bakar minyak tak bisa diperoleh dalam jangka waktu setahun dua tahun.

Perlu ratusan, ribuan atau jutaan tahun hingga bahan bakar bisa terbentuk. Sedihnya semakin lama bahan bakar itu semakin menipis loh,  padahal bahan bakar merupakan salah satu sumber daya alam yang tak bisa diperbaharui.

Hmmm sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui itu apa ya? Kita bahas disini yuk.

 

Pengertian Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat diperbaharui

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (1)

Sebelum membahas sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui lagi, kita  harus mengerti dulu sumber daya alam itu apa sih?

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh dari sumber daya alam adalah komponen biotik dan komponen abiotik

Komponen biotik adalah komponen makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Komponen abiotik adalah komponen yang bukan makhluk hidup. Komponen abiotik seperti seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.

Nah, sumber daya alam itu terbagi dua. Ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Kita bahas lebih dalam yuk.

 

A. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 1adalah sumber daya alam yang keberadaannya melimpah di alam. Kita mudah memperolehnya karena sumber daua alam ini dapat tersedia dengan cepat. Selama manusia bijak dalam menggunakannya, maka sumber daya alam ini akan selalu tersedia.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah:

1. Tanaman dan hewan.

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (1)

Selama lahan pertanian masih tersedia dan masih banyak yang mau mengolahnya maka bahan pangan aman. Begitupun hewan, Selama masih banyak peternak yang mau bertahan dengan ternaknya maka stok daging tak akan hilang. Kita akan tetap merasakan nikmatnya potongan daging di atas piring yang dimasak ibu.

 

2. Air dan udara

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (1)Air akan tetap mengalir jika manusia menjaga sumbernya,air akan cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari selama manusia tidak boros. Air terasa sulit didapat di musim kemarau ya kan?

Begitupun udara. Selama udara tak tercemar,udara bisa jadi sumber kehidupan manusia. Namun jika udara sudah tak sehat maka selain nafas tak enak, penyakit pun mengancam.

Selain tanaman dan hewan, air dan udara juga merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Alam menyediakan melimpah, selama manusia benar-benar menjaganya.

 

B. Sumber Daya alam yang tidak dapat Diperbaharui.

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (5)Pengertian sumber daya alam yang tidak dapat dipengaruhi adalah sumber daya alam yang jika habis maka tidak dapat tersedia dalam waktu yang singkat. Perlu jutaan tahun agar bisa dibentuk atau dihasilkan kembali. Penggunaan sumber daya alam ini sangat cepat sementara proses tersedia kembalinya sangat lambat, karena proses pembentukannya yang panjang.

Bukan tak mungkin sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ini pada akhirnya akan habis. Padahal ketergantungan kita pada sumber daya alam yang satu ini cukup tinggi , nah loh gimana dong?. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan tambang seperti logam, atau minyak bumi dan batu bara penghasil bahan bakar.

 

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku
  • majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan


Sifat Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (5)Mengapa sumber daya dikatakan tak dapat diperbaharui, ternyata alasannya adalah sifat sumber daya alam tersebutlah penyebabnya.

Sifat-sifat sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui diantaranya:

  1. Waktu untuk terbentuk kembali lama sekali loh, biasa ratusan atau puluhan tahun.  Kalau sampai habis manusia tak dapat memperoleh dengan segera. Kalau pesan pre Order atau PO-nya entah kapan
  2. Proses pembentukannya bergantung pada lingkungan sekitar. Kalau Suasana lingkungan tak mendukung bisa jadi tak bisa terbentuk lagi.
  3. Proses pembentukan bergantung pada lingkungan geologis yang tak bisa sembarangan. Ada syarat dan ketentuan tertentu, begitu kalau kata iklan ya.

 

Contoh sumber daya alam Yang Tak Dapat Diperbaharui.

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (1)Memangnya apa saja sih sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? Wuih banyak lah, dan kita menggunakannya setiap hari nyaris di setiap lini kehidupan.

Berikut adalah beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

1. Mineral dan Logam

2. Emas

Emas atau Aurum memiliki simbol Au. Emas merupakan logam yang biasa diidentikkan dengan kekayaan. Konon Hanya orang-orang berkantong tebal yang menimbun emas. Tampilan emas yang  kemilaunya bisa mempercantik perhiasan dan digandrungi kaum hawa. Selain cocok untuk perhiasan emas juga disimpan sebagai investasi. Harganya yang terus meroket membuat emas cocok untuk mendatangkan keuntungan

Emas atau aurum memiliki dengan sifat fisik lembek, mengkilap, kuning dan berat. Emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa. Emas dihasilkan melalui  proses magmatisme atau pengkonsentrasian di permukaan.

Beberapa endapan terbentuk dari proses metasomatisme kontak dan larutan hidrotermal, sedangkan pengkonsentrasian secara mekanis menghasilkan endapan letakan (placer).

3. Besi

Besi merupakan logam yang sering kita temukan. Di rumah, dijalan di gedung dan dibangunan lain. Bahkan besipun memainkan peranan penting dalam tubuh makhluk hidup loh!

Besi bersama oksigen molekuler dalam hemoglobin dan mioglobin; kedua senyawa ini merupakan  protein pengangkut oksigen untuk makhluk bertulang belakang atau vertebrata.

Fakta-Fakta tentang Besi:
  • Besi memiliki lambang Fe yang diambil dari nama latin ferum.
  • Besi jadi unsur yang banyak ditemukan di bumi berdasarkan massa.
  • Besi juga membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi.
  • Besi bahkan menjadi unsur keempat terbesar pada kerak bumi.

Keberadaan besi  yang melimpah disinyalir karena melimpahnya produksi akibat reaksi fusi dalam bintang bermassa besar. Akibatnya, nikel radioaktif adalah unsur terakhir yang diproduksi sebelum keruntuhan hebat supernova. Keruntuhan tersebut menghamburkan prekursor radionuklida besi ke angkasa raya.

Kebayang dahsyatnya ya?

 

4. Alumunium

Aluminium menjadi logam yang tak kalah populernya dari emas dan besi. Aluminium mampu menghantarkan listrik sehingga merupakan konduktor listrik yang baik. Sifat aluminium juga  ringan dan kuat.  Al menjadi konduktor yang baik juga buat panas.

Aluminium bisa  ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat dan diekstrusi menjadi batangan dengan bermacam-macam penampang. Aluminium tahan korosi.

Uniknya lagi dari alumunium dia bersifat amfoter dia bisa bersifat asam atau basa.

Karena sifatnya yang aduhai maka banyak produk yang menggunakan aluminium

Seperti  dalam kabel bertegangan tinggi. Secara luas juga digunakan dalam bingkai jendela dan badan pesawat terbang.

Mau mencari alumunium  di rumah? Gampang sekali karena di dapur kita temukan di panci. Di luar rumah juga bertebaran, ada di botol minuman ringan, tutup botol susu dsb. Aluminium juga digunakan untuk melapisi lampu mobil dan compact disc.

 

5. Intan

Intan adalah benda berharga mineral yang secara kimia memiliki bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya

Intan berada dari dalam perut bumi yang digali . Proses penambangannya bisa baik secara manual maupun dengan mekanisasi. Kini bahkan banyak para penambang intan sudah menggunakan mekanisasi, yaitu dengan mesin penyedot untuk menyedot tanah yang sudah digali.

 

6. Bahan Bakar Fosil

Sampai detik ini bahan bakar fosil masih menjadi primadona dalam konsumsi bahan bakar. Mengapa disebut bahan bakar fosil, karena bahan bakar ini berasal dari pelapukan fosil jutaan tahun silam bahkan saat manusia mungkin belum ada.

 

7. Minyak Bumi

Minyak bumi terbentuk sejak jaman dahulu kala dimana pengaruh geologi organisme hidup yang tertimbun berjuta-juta tahun lamanya bersama organisme laut yang disebut plankton.

Endapan yang terus menebal dan adanya pengaruh suhu serta tekanan yang tinggi diikuti terjadinya aktivitas biokimia pada akhirnya membentuk petroleum (minyak). Minyak bumi adalah campuran dari berbagai jenis hidrokarbon dengan sedikit Nitrogen, belerang, dengan komponen terbesar dalam minyak bumi yaitu alkana dan sikloalkana

Memisahkan minyak mentah menjadi bahan bakar melalui proses destilasi bertingkat alias penyulingan. Minyak bumi ini terdiri dari komponen-komponen yang memiliki titik didih berbeda beda. Melalui cara ini setiap komponen akan memisahkan diri  ketika titik didihnya tercapai.

 

8. Batu bara

Batu bara adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya karbon, hidrogen dan oksigen

Pembentukan batubara tidak bisa sembarangan memerlukan kondisi-kondisi tertentu dan hanya terjadi pada era-era tertentu sepanjang sejarah geologi.

Zaman Karbon, masa pembentukan paling produktif ,kira-kira 340 juta tahun yang lalu , di mana hampir seluruh deposit batu bara (black coal) yang ekonomis di belahan bumi bagian utara terbentuk.

Materi pembentuk batubara diantaranya :
  • Alga terjadi Zaman Pre-kambrium hingga Ordovisium dan bersel tunggal
  • Silofita ada di zaman Silur hingga Devon Tengah, merupakan turunan dari alga.
  • Pteridofita umur Devon Atas hingga Karbon Atas. Materi utama pembentuk batu bara berumur Karbon. Tumbuhan tanpa bunga dan biji, berkembang biak dengan spora dan tumbuh di iklim hangat
  • Gymnospermae dimulai dari Zaman Permian hingga Kapur Tengah. Tumbuhan heteroseksual, biji terbungkus dalam buah, semisal pinus, mengandung kadar getah (resin) tinggi.
  • Pteridospermae serupa gangamopteris dan glossopteris merupakan penyusun utama batu bara
  • Angiospermae Zaman Kapur Atas hingga kini. Jenis tumbuhan modern, buah yang menutupi biji, jantan dan betina dalam satu bunga, kurang bergetah dibanding gymnospermae sehingga, secara umum, kurang dapat terawetkan.
Proses pembentukan batu bara

Proses perubahan sisa-sisa tanaman berubah jadi gambut hingga batu bara dinamakan dengan istilah pembatu baraan (coalification).

Secara singkat ada 2 tahap proses pembentukan batubara , yakni:

  • Tahap Diagenetik atau Biokimia,

Tahap ini  dimulai pada saat material mulai tanaman terdeposisi hingga lignit akhirnya terbentuk. Komponen utama yang berperan dalam proses perubahan ini adalah kadar air, tingkat oksidasi dan gangguan biologis yang bisa mengakibatkan proses pembusukan (dekomposisi) dan kompaksi material organik juga membentuk gambut.

  • Tahap Malihan atau Geokimia, tahap ini meliputi proses perubahan dari lignit menjadi bituminus dan akhirnya antrasit.

 

9. Material Radioaktif/ nuklir

Material radioaktif adalah material yang dapat memancarkan-sinar-sinar radioaktif dengan  sendirinya.Sinar-sinar radioaktif seperti alfa beta dan gama. Materi yang dengan unsur radioaktif yang ditemukan di lingkungan, seperti uranium , thorium dan plutonium serta produk peluruhannya, seperti radium dan radon.

Di kerak bumi materi radioaktif sangat rendah, jumlahnya melimpah ketika manusia melakukan aktivitas penambangan minyak dan gas. Jadi materi radioaktif ini hadir sebagai limbah industri, namun bisa dimanfaatkan lagi. Materi radioaktif ini bermanfaat di banyak bidang seperti  kedokteran atau pertanian.

 

10. Air Akuifer

Air tanah tersimpan dalam akuifer. Akuifer adalah lapisan di dalam tanah yang mampu menampung dan meloloskan air. Lapisan akuifer memiliki formasi batuan yang dapat melepaskan air dalam jumlah banyak. Air yang keluar dalam jumlah banyak lalu membentuk mata air

 

Sumber Daya Kekal

sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (5)Sumber daya yang kekal adalah sumber daya yang akan selalu ada dan tak akan habis. Berikut adalah sumber daya yang tidak akan habis.

1. Energi matahari

Bagi negara beriklim tropis energi matahari begitu melimpah. Penelitian akhir-akhir ini terus mengembangkan teknologi yang memanfaatkan cahaya matahari. Dari mulai kompor hingga kendaraan bermotor.

2. Panas bumi

Perut bumi memiliki panas bumi. Energi panas bumi ini melimpah ruah. Akibatnya harganya ekonomis dan tentu saja ramah lingkungan.

Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi menjadi salah satu negara yang kaya panas bumi. Panas bumi bisa digunakan menjadi pembangkit listrik

3. Angin

Energi yang satu ini begitu melimpah. Negara  belanda bahkan memanfaatkan betul kekuatan angin ini melalui kincir anginnya. Ketika angin dihubungkan dengan generator, atau turbin maka listrik pun bisa dihasilkan

4. Air

Air merupakan sumber daya yang melimpah ruah di bumi ini. Sebagian besar bumi kita malah terdiri dari perairan. Air memiliki energi potensial yg bisa dimanfaatkan menjadi sumber listrik

5. Biomassa

Energi ini memanfaatkan tanaman hidup, pohon mati atau serpihan kayu

 

6. Gas alam

Gas alam harganya lebih ekonomis dibandingkan gas yang dihasilkan dari minyak bumi.

 

7. Energi pasang surut

Pasang surut air laut pasti terjadi, dan ternyata mampu menghasilkan energi yang lebih maksimal dibanding energi listrik namun sayang harganya mahal

Sekian pembahasan tentang sumber daya alam yang yang tidak dapat diperbaharui, semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan mengingatkan kita untuk selalu bijak menggunakan energi. Selamat belajar!.

Buku Terkait Sumber Daya Alam

Pengelolaan Sumber Daya Laut&Hutan: Perspektif, Kebijakan

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 2

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 3

Indonesia mempunyai sumber daya laut dan hutan berlimpah, tetapi belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaannya pun kurang memperhatikan aspek keberlanjutan. Akibatnya, keberlanjutan SDA itu pun terancam, termasuk penyediaan kebutuhan hidup generasi mendatang. Melalui pengelolaan yang baik, SDA itu sebenarnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, masyarakat nelayan dan mereka yang bermukim di sekitar hutan, masih banyak terperangkap dalam kemiskinan akibat pemanfaatan SDA sering hanya mengedepankan aspek ekonomi semata, sementara aspek sosial dan ekologi kurang menjadi prioritas. Dalam konsep pembangunan berkelanjutan, ketiga aspek itu harus mendapat perhatian berimbang agar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat, baik generasi sekarang maupun yang akan datang. Buku ini mengungkap persoalan sekitar pengelolaan sumber daya laut dan hutan dari sisi perspektif, kebijakan, dan permasalahan pengelolaan sumber daya yang terjadi di beberapa daerah

Hukum Laut Konservasi Sumber Daya Ikan Di Indonesia

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 4

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 3

Tuntutan pengelolaan laut dan pemanfaatan sumber daya ikan secara lestari serta peran manusia yang berhubungan langsung dengan sumber daya ikan sangat diperlukan Manusia merupakan salah satu unsur dari lingkungan hidup, tetapi perilakunya memengaruhi kelangsungan sumber daya alam dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Agar upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan sumber daya ikan, guna menjamin keberadaan, ketersediaan, dan kesinambungan tetap terjaga dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya ikan, diperlukan kerja sama antar-negara yang dituangkan dalam perjanjian internasional. Lemahnya penegakan hukum dalam konservasi sumber daya ikan oleh pemerintah Indonesia, salah satunya disebabkan tidak tegasnya penerapan sanksi hukum perikanan, sehingga memengaruhi perlindungan konservasi sumber daya ikan. Mengakibatkan keberadaan, ketersediaan jenis-jenis ikan, serta keanekaragaman genetik ikan akan punah. Selain itu kecenderungan pemerintah lebih mendahulukan kepentingan ekonomi dibandingkan dengan pemanfaatan berkelanjutan dari jenis-jenis ikan serta terpeliharanya keanekaragaman genetik ikan. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama semua pihak dalam pengelolan perikanan yang bertanggung jawab berdasarkan asas: manfaat, keadilan, kebersamaan, kemitraan, kemandirian, pemerataan, keterpaduan, keterbukaan, efisiensi, kelestarian, dan pembangunan yang berkelanjutan. Buku ini disusun sebagai salah satu literatur yang digunakan dalam pembelajaran matakuliah Hukum Laut dan Hukum Perikanan. Buku ini mengkaji beberapa perjanjian internasional di bidang hukum laut dan perikanan serta implementasinya dalam hukum nasional Indonesia. Buku ini menjelaskan Wilayah Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Pengaturan Konservasi Sumber Daya Ikan, Penegakan Hukum pada Konservasi Sumber daya Ikan dan Partisipasi Masyarakat dalam Konservasi Sumber Daya Ikan yang Mendukung Terwujudnya Kelestarian Sumber Daya Ikan, Semoga kehadiran buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat yang tertarik mempelajari hukum laut dan hukum perikanan.

Ensiklopedia Mini: Alam Semesta

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 6

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui 3

Buku ini menjelaskan benda-benda yang ada di ruang angkasa kita. Mulai dari Matahari dan planet-planet di Tata Surya, Asteroid, penjelajahan ruang angkasa, dan berbagai hal unik dan menarik yang ada di ruang angkasa.

Artikel Terkait Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Sumber:

  • wikipedia.org/wiki/Sumber_energi
  • wikipedia.org/wiki/Emas
  • wikipedia.org/wiki/Besi
  • wikipedia.org/wiki/alumunium

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Leave a Comment