Biologi

Urutan Sistem Peredaran Darah Besar

sel darah
Written by Nandy

Peredaran darah besar adalah sirkulasi peredaran darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung.

Sirkulasi peredaran darah terbagi menjadi dua, yaitu peredaran darah besar dan peredaran kecil. Karena di dalam tubuh manusia memiliki dua peredaran darah, maka peredaran darah  manusia disebut dengan peredaran darah ganda.

Urutan Sistem Peredaran Darah Besar

sistem peredaran darah besar

Urutan siklus peredaran darah besar: bilik kiri (4) → aorta (12) → arteri (6) → tubuh (7) → vena (5) → serambi kanan (1).

 

Rekomendasi Buku Terkait Sistem Peredaran Darah Besar

Jantung & Pembulu Darah : Diagnosis, Solusi

Urutan Sistem Peredaran Darah Besar 1

Urutan Sistem Peredaran Darah Besar 2

Jantung adalah organ utama penyokong hidup manusia. Ketika jantung terganggu, maka terganggu pula keberlangsungan hidup manusia. Perlu diketahui, hampir semua kejadian kematian mendadak disebabkan oleh penyakit jantung yang tidak disadari oleh penderitanya.

Agar terhindar dari bahaya penyakit jantung, ada baiknya kita memahami berbagai gejala dan juga pencegahan serta pengobatannya. Buku ini mengupas tuntas berbagai jenis penyakit jantung yang umum dijumpai di masyarakat. Menggunakan bahasa awam yang mudah dipahami, buku ini sangat cocok untuk pembaca yang ingin mengenal lebih jauh mengenai penyakitjantung yang harus diwaspadai.

Oh, Ternyata… Kondisi Darah Mencerminkan Kesehatan!

Oh, Ternyata... Kondisi Darah Mencerminkan Kesehatan!

Urutan Sistem Peredaran Darah Besar 3

 

Kenapa aku mimisan? Kenapa rasanya gatal setelah digigit nyamuk? Kenapa luka tak terus-terusan berdarah? Apakah golongan darah mencerminkan kepribadianmu? Begitu banyak pertanyaan seru tentang darah di sekitar kita. Temukan jawabannya dan seluk beluk tentang darah di buku menarik ini!

 

ALAT PEREDARAN DARAH

Seperti yang kita ketahui bahwa darah tidak akan mengalir tanpa bantuan dari organ-organ peredaran darah lainnya. Darah mampu mengalir di dalam tubuh karena ada mesin pompa, mesin pemompa itu dinamakan jantung. Di dalam tubuh, darah berada di dalam pembuluh-pembuluh darah, baik itu pembuluh darah yang besar atau kecil. Dengan kata lain, darah mengalir melalui pembuluh darah dorongan dari jantung. Berikut alat-alat peredaran darah.

JANTUNG

jantung

Gambar dari Pixabay

Ciri-Ciri Jantung

  • Jantung merupakan pusat dari bagian tubuh manusia karena jantung alat untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung melalui pembuluh darah.
  • Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Jantung itu sendiri terletak pada rongga dada sebelah kiri di antara paru-paru  kanan dan paru-paru kiri.
  • Berat jantung sekitar 300 gram dan jika dipegang kira-kira sekepalan tangan orang dewasa.

 

Bagian-Bagian Jantung

Kenali bagian-bagian jantung yang memiliki fungsi khusus yang berbeda-beda. Namun, setiap bagian memiliki fungsi utama yaitu membantu sistem peredaran darah yang ada di jantung. Berikut bagian-bagian jantung.

banner-promo-gramedia
  • Jantung terdiri dari empat ruang, yaitu
    1. Serambi kiri
    2. Serambi kanan
    3. Bilik kiri
    4. Bilik kanan
  • Dinding jantung bagian bilik mempunyai otot yang lebih tebal daripada bagian serambi karena kerja bilik lebih berat yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Di antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat katup trikuspidalis.
  • Di antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup bikuspidalis.
  • Fungsi dari katup trikuspidalis dan biskupidalis adalah untuk mencegah supaya darah yang masuk ke bilik jantung tidak kembali lagi ke serambi jantung
  • Bilik kiri jantung berfungsi memompa darah bersih yang berasal dari paru-paru untuk dialirkan ke seluruh tubuh.
  • Bilik kanan jantung berfungsi memompa darah kotor dari seluruh tubuh ke paru-paru.
  • Menerima darah bersih dari paru-paru adalah fungsi dari serambi kiri.
  • Menerima darah kotor dari seluruh tubuh adalah fungsi dari serambi kanan.

 

Lapisan-Lapisan Yang Ada Pada Jantung

Jantung memiliki beberapa lapisan yang berfungsi untuk melindungi jantung. Berikut lapisan-lapisan pada jantung.

  • Lapisan Endokardium

Lapisan ini berada pada bagian dalam jantung yang berfungsi melindungi katup jantung dan ruang jantung.

  • Epikardium

Lapisan kedua ini merupakan lapisan yang posisinya ada di bagian paling luar jantung. Hampir semua bagian lapisan ini terbuat dari jaringan ikat.

 

  • Lapisan Miokardium

Otot-otot jantung menyusun lapisan Miokardium dan membantu memompa darah. Lapisan ini berada di bagian tengah jantung.

 

  • PEMBULUH DARAH

Berdasarkan aliran darahnya, pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi atau arteri dan pembuluh darah balik atau vena. Pembuluh darah itu sendiri dapat diartikan sebagai saluran yang didalamnya mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Baik pembuluh nadi atau balik masing-masing mempunyai cabang terkecil yang disebut dengan pembuluh darah kapiler. Pembuluh darah nadi dan pembuluh darah balik bercabang-cabang beberapa kali hingga pembuluh kapiler yang ukurannya sangat kecil. Pembuluh kapiler hanya dapat dilalui oleh satu butir sel darah merah saja.

  • Pembuluh darah nadi (Arteri)

    1. Pembuluh darah nadi mempunyai fungsi membawa darah bersih keluar dari jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh.
    2. Ada dua jenis pembuluh darah nadi, yaitu Aorta atau pembuluh darah nadi yang terbesar dan Arteriol atau pembuluh darah nadi yang terkecil.
    3. Pembuluh darah nadi yang sangat halus dan berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh adalah pembuluh darah kapiler.
  • Pembuluh darah balik (Vena)

Pembuluh darah balik atau vena mempunyai fungsi membawa darah kotor dari seluruh tubuh ke jantung.

Proses mengalir darah dari seluruh tubuh ke jantung melalui pembuluh darah balik. Pembuluh darah balik memiliki dinding yang lebih tipis dibandingkan dengan pembuluh darah nadi. Pembuluh darah balik besar ada dua macam, yaitu pembuluh darah balik besar bagian atas, dan pembuluh darah balik besar bagian bawah. Berikut tugas dari pembuluh darah balik besar bagian atas dan bawah.

  • Pembuluh darah balik besar bagian atas

Pembuluh darah ini memiliki tugas untuk mengembalikan darah dari kepala dan tangan.

  • Pembuluh darah balik besar bagian bawah

Pembuluh darah ini mempunyai tugas mengembalikan darah dari kaki dan badan.

Bukan hanya ciri-cirinya saja pembuluh darah nadi dan balik juga memiliki perbedaan. Agar lebih mudah untuk memahami tentang pembuluh darah nadi dan balik sebaiknya kita mengetahui perbedaan dari kedua pembuluh darah tersebut. Berikut perbedaan pembuluh darah nadi dan balik.

 

No Pembuluh Darah Nadi Pembuluh Darah Balik
1. Dinding pembuluhnya tebal Dinding pembuluhnya tipis
2. Membawa darah bersih Membawa darah kotor
3. Alirannya dari jantung ke seluruh tubuh Mengalir dari seluruh tubuh ke jantung
4. Denyutnya terasa Denyutnya tidak terasa
5. Jika terjadi luka, darah yang muncrat cukup banyak Jika terjadi luka, darah yang muncrat tidak terlalu banyak
6. Tempatnya agak tersembunyi ke dalam Tampak atau terlihat dekat dengan permukaan

 

DENYUT NADI 

Salah satu tempat yang dapat dirasakan untuk menghitung jumlah denyut nadi adalah di dekat pergelangan tangan, di dekat tulang lurus dengan ibu jari. Mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana cara mengukur jumlah denyut jantung atau biasa kita ketahui dengan sebutan denyut nadi. Namun apakah ada yang tahu tentang jumlah denyut jantung atau denyut nadi pada orang dewasa dan anak-anak?

Denyut nadi orang dewasa saat melakukan tidak aktivitas bisa mencapai 70-80 denyutan di setiap menitnya. Ketika beraktivitas jumlah denyutannya bisa mencapai tiga kali lipat atau sekitar 210-240 denyutan setiap menitnya.

Frekuensi denyut nadi yang dimiliki anak-anak ketika tidak melakukan aktivitas antara 90-100 denyut setiap menit. Frekuensi denyut nadi anak-anak saat sedang beraktivitas bisa mencapai tiga kali lipat yang bila dihitung antara 270-300 denyutan setiap menit.

Alat untuk memeriksa denyut jantung berbeda dengan alat untuk menggambar denyut jantung. Pertama, elektroradiograf atau alat yang berfungsi memeriksa denyut jantung. Kedua, nama alat yang digunak untuk menggambar denyut jantung adalah elektrokardiogram.

Penyebab jantung dan nadi berdenyut adalah jantung yang berkontraksi dan berelaksasi. Jantung berkontraksi dan jantung berelaksasi adalah dua hal yang berbeda. Jantung berkontraksi merupakan keadaan jantung ketika memompa darah.  Jantung berelaksasi adalah keadaan jantung saat tidak sedang memompa darah.

 

SIRKULASI PEREDARAN DARAH BESAR

sirkulasi peredaran darah besargambar dari freepik

Sirkulasi peredaran darah terbagi menjadi dua, yaitu peredaran darah besar dan peredaran kecil. Karena di dalam tubuh manusia memiliki dua peredaran darah, maka peredaran darah  manusia disebut dengan peredaran darah ganda.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang peredaran darah besar. Peredaran darah besar atau bisa disebut dengan peredaran darah sistemik.

Peredaran darah besar adalah sirkulasi peredaran darah yang mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Proses sirkulasi peredaran besar berawal dari jantung (bilik kiri) yang memompa darah lalu mengalirkan darah bersih ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung (serambi kanan).

Darah yang dipompa dari jantung dan dialirkan ke seluruh tubuh mengandung oksigen dan nutrisi. Dengan kata lain, darah yang dipompa merupakan darah bersih. Sementara, darah yang berasal dari seluruh tubuh yang kembali ke jantung adalah darah kotor karena membawa zat sisa metabolisme tubuh dan karbon dioksida.

sirkulasi sistem peredaran darah besar

GANGGUAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH

Gangguan sistem peredaran darah ini terbagi menjadi dua kategori. Pertama, gangguan yang berhubungan dengan darah dan kedua, gangguan yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Berikut gangguan-gangguan atau penyakit pada sistem peredaran darah berdasarkan kategori.

  • Leukemia

Pertumbuhan sel-sel darah putih yang tidak normal dan cenderung berlebih disebut dengan gangguan atau penyakit leukimia. Penderita leukimia bisa disebut dengan penderita kanker darah.

Pada penyakit ini jaringan sel darah merah pada tubuh tidak bekerja secara maksimal sehingga membentuk sel-sel darah putih. Akibatnya, jumlah sel darah putih melebihi batas yang sudah ditentukan sedangkan sel darah merah menurun. Dengan banyaknya jumlah sel darah putih dalam tubuh dapat memakan sel-sel darah merah sehingga penderita dapat mengalami anemia akut.

 

  • Anemia

Penyakit anemia adalah keadaan tubuh yang kekurangan hemoglobin. Pada penderita anemia hemoglobin kurang dari batas normal yang sudah ditentukan. Batas normal Hemoglobin atau Hb adalah 12-16% dari sel darah merah. Jumlah sel darah merah normal sangatlah banyak yaitu 5 juta/mm3.

 

  • Thalasemia

Penyakit keturunan dimana tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dan sel darah merah. Akibatnya penderita mengalami anemia.



 

  • AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome)

Penyebab dari penyakit ini adalah virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini menyerang sel darah putih manusia.

 

Pada pengidap penyakit AIDS, sel darah darah putih yang ada di dalam tubuh cepat sekali mati dan tidak berfungsi. Penyebab terjadinya sel darah putih mati dan tidak berfungsi karena penyakit AIDS menyerang kekebalan tubuh manusia. Jika terkena infeksi atau penyakit ringan sistem kekebalan tubuhnya tidak akan bekerja dan penderita bisa mengalami kematian.

 

Gangguan Yang Berhubungan Dengan Jantung dan Pembuluh Darah


  • Penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada jantung. Gangguan itu menyebabkan cara kerja jantung menjadi tidak maksimal. Munculnya penyakit jantung disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab munculnya gangguan pada jantung.

  • Kolesterol yang tinggi

Kolesterol yang berlebihan akan menyumbat pembuluh nadi sehingga menghambat aliran darah.

Kegemukan atau obesitas

  • Tubuh orang yang gemuk atau obesitas menyimpan banyak lemak dan darah di dalamnya banyak mengandung kolesterol dan dapat  menyumbat aliran darah.
  • Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung karena mengandung zat nikotin yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat peredaran darah.

Pada kasus gagal jantung terjadi penurunan kerja atau kontraksi pada jantung. Hal itu menyebabkan volume darah yang ada pada jaringan tubuh menjadi kurang karena jantung tidak bisa memompa darah dalam jumlah yang semestinya.

 

  • Varises

Gejala pada penderita varises adalah pembuluh balik yang melebar atau berkelok-kelok terutama pada kaki. Penyebabnya adalah kaki terlalu lama menopang ketika berdiri. Varises yang terjadi di daerah anus disebut dengan ambeien.

 

  • Tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti faktor keturunan, stres, usia, merokok, dan meminum alkohol.

 

  • Tekanan darah rendah

Penderita penyakit ini biasanya memiliki tekanan darah di bawah normal sehingga pengembalian darah ke jantung berkurang. Penyebab dari penyakit tekanan darah rendah, yaitu perubahan posisi tubuh dari jongkok menjadi berdiri. Maksudnya, saat jongkok darah tertimbun di pembuluh balik pada kaki sehingga proses pengembalian darah ke jantung menjadi tidak cepat.

 

Selain itu, dapat tekanan darah rendah dapat juga disebabkan karena penyakit jantung bisa juga disebabkan oleh volume darah akibat muntaber atau pendarahan. Gejala yang biasa timbul pada penyakit tekanan darah rendah yaitu lesu, pusing, sering pingsan, dan penglihatan berkunang-kunang.

 

MENJAGA KESEHATAN PADA PEREDARAN DARAH 

Ada pepatah yang berbunyi “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Oleh karena itu, pentingnya untuk memperhatikan kesehatan peredaran darah karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan gangguan pada peredaran darah lainnya. Simak penjelasan tentang menjaga kesehatan peredaran darah.

  • Jangan mudah Stres

Stres merupakan salah satu penyebab utama penyumbatan darah. Ketika stres pembuluh darah akan menyempit sehingga darah yang mengalir pada tubuh akan terhambat.

 

  • Berolahraga

Menjaga kualitas oksigen adalah bagian dari menjaga kualitas peredaran darah. Salah satu menjaga kualitas oksigen yaitu dengan berolahraga. Oksigen merupakan zat yang dapat melancarkan peredaran darah. Maka, oksigen yang  cukup dapat membantu pembuluh darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

 

  • Makan makanan yang sehat

Makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan pada tubuh. Alangkah lebih baik lagi makan makanan yang dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi terjadinya penyumbatan darah pada tubuh. Sayuran berdaun hijau, buah delima, buah bit, cabai, kunyit, dan kacang kenari adalah beberapa makanan yang dapat melancarkan peredaran darah.

 

  • Berat badan ideal

Menjaga berat badan agar tetap ideal. Maksud dari berat badan ideal adalah jangan sampai kita memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas karena obesitas dapat menghambat peredaran darah pada tubuh.

 

  • Jangan merokok

Merokok dapat menjadi sumber penyumbatan peredaran darah karena rokok mempunyai kandungan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh dan zat itu bernama nikotin.

 

Kesimpulan

Sirkulasi peredaran darah besar adalah sistem peredaran darah yang mengalir dari jantung lalu ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. Peredaran darah besar berfungsi memompa darah bersih yang di dalamnya terdapat kandungan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan adanya peredaran darah besar tubuh jadi mendapatkan nutrisi dan oksigen.

Peredaran darah mempunyai dua organ atau alat untuk membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Dua organ itu adalah jantung dan pembuluh darah. Dua organ itu harus dijaga dengan baik supaya darah mengalir dengan lancar tanpa adanya penyumbatan. Penyumbatan darah pada tubuh dapat memunculkan beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, varises, tekanan darah rendah, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

 

Menjaga kesehatan agar peredaran darah mengalir dengan lancar ada lima cara, yaitu jangan mudah stres, berolahraga, makan makanan yang sehat, berat badan ideal, dan jangan merokok.

 

Artikel Terkait Sistem Peredaran Darah Besar

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien