in

25 Tempat Wisata di Jakarta yang Populer

Jin De Yuan Chinese temple (Vihara Dharma Bhakti) in Glodok, Jakarta Chinatown, Indonesia.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Jakarta yang populer dan wajib kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Jakarta

1. Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa RagunanRekomendasi tempat wisata di Jakarta yang pertama adalah Taman Margasatwa Ragunan. Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu rekomendasi tujuan wisata menarik yang terletak di Jakarta Selatan. Di dalam Taman Margasatwa Ragunan, kamu akan diajak melihat berbagai satwa.

Mulai dari spesies unggas, reptil, mamalia dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, untuk masuk dan menikmati keindahannya tidak perlu merogoh kocek dalam. Tidak sampai Rp. 10.000 kamu sudah bisa berkeliling sepuasnya di Taman Margasatwa Ragunan.

Di dalamnya terdapat Schmutzer, Pusat Primata terbesar di dunia kebanggaan Indonesia. Berbagai jenis primata disini. Berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu tujuan terbaik, terlebih jika mengajak anak kecil.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMIITMII begitu biasa tempat wisata ini disebut, TMII merupakan salah satu pilihan terbaik untuk tempat wisata di Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang memiliki beragam wisata di dalamnya lebih dari satu macam. Tempat wisata yang terletak di daerah Jakarta Timur ini menyajikan beragam wisata, seperti wisata Keong Mas yang di dalamnya terdapat beberapa museum serta teater.

Kemudian TMII juga bisa membawa kamu menjelajah Nusantara dengan berbagai rumah adat yang tersebar di dalamnya yang disebut dengan Anjungan Daerah, yang terdapat 33 Anjungan mulai dari Sabang sampai Merauke. Lalu yang paling terkenal juga ada Istana Boneka yang memiliki halaman luas dan tempat berfoto yang instagramable. Untuk menikmati beragam wisata di TMII ini, kamu hanya dikenakan biaya 25.000 rupiah saja dan apabila kamu ingin berlibur sekaligus belajar dan bermain, TMII bisa menjadi salah satu tempat wisata tujuan kamu di Jakarta.

3. Taman Impian Jaya Ancol

AncolAncol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin menepi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan dan Gedung bertingkat. Tempat wisata yang terletak di Utara Jakarta ini menyajikan kamu beragam wahana serta suasana sejuk untuk berwisata. Ini dikarenakan Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang menyajikan suasana laut dan pantai yang menawan serta cocok untuk kamu yang ingin menikmati suasana pinggir laut di Jakarta.

Untuk bisa masuk kesini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 25.000 rupiah saja dan kamu bisa berkeliling wilayah Ancol sepuasnya. Selain pantai, disini juga menyajikan beragam wahan seperti gondola, wahana air, sea world, faunaland, dan masih banyak lagi yang juga akan menambah biaya jika kamu ingin masuk kesana.

4. Dunia Fantasi

dufanDufan atau Dunia Fantasi menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jakarta yang memiliki beragam wahana di dalamnya. Dufan sendiri merupakan tempat bermain yang lokasinya berada di dalam wilayah Taman Impian Jaya Ancol. Untuk kamu yang ingin datang ke Dufan, kamu akan diarahkan untuk masuk lewat gerbang Taman Impian Jaya Ancol dan baru kamu akan bisa masuk dan bermain wahana di Dufan. Akan tetapi, untuk dapat menikmati dan memainkan wahana di Dufan, kamu perlu membeli tiket lagi dengan harga yang cukup tinggi sekitar 259.000 rupiah per orangnya. Dengan harga yang tidak terbilang murah, Dufan tetap menjadi tempat wisata di Jakarta yang disukai banyak orang, terlebih bagi siapapun yang siap untuk memicu adrenalin dengan mencoba berbagai wahana permainan yang ada.

5. Kota Tua

kota tuaTempat wisata di Jakarta berikutnya yang menjadi rekomendasi adalah Kota Tua. Mungkin tempat wisata Kota Tua sudah tidak asing lagi bagi warga yang sudah lama tinggal di Jakarta. Kawasan wisata di wilayah Jakarta Barat yang dipenuhi dengan Gedung-gedung tua serta museum ini sudah lama menjadi favorit bagi warga Jakarta yang ingin berkunjung dan bermain.

Dengan akses yang mudah untuk bisa kesana, wisata Kota Tua juga tidak dikenakan biaya masuk untuk bisa bermain dan berwisata di dalamnya. Wisata Kota Tua menawarkan berbagai museum seperti, museum Wayang, museum Fatahillah (Sejarah Jakarta), Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan beberapa Museum lainnya yang juga dilengkapi dengan berbagai restoran serta jajanan khas Jakarta yang lebih menambah esensi Jakarta di dalamnya. Kamu hanya akan dikenakan biaya apabila akan masuk ke setiap Museumnya, yang rata-rata juga bersahabat di kantong tidak lebih dari 10.000 rupiah.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Tempat Wisata di Jakarta

6. Jakarta Aquarium

Jakarta aquariumJakarta Aquarium adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang menyediakan wisata bawah laut dengan ditemani oleh ribuan spesies akuatik dan nonakuatik. Terletak di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Aquarium merupakan aquarium indoor terbesar di Indonesia yang menyediakan tempat wisata sekaligus akan dapat membantu kamu untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan laut yang tentunya ditemani dan dipandu oleh penjaga hewan yang sudah berpengalaman.

Jakarta Aquarium juga merupakan tempat wisata di Jakarta yang tidak hanya untuk berekreasi, melainkan juga akan membantu kamu memperkaya informasi dan belajar mengenai kehidupan bawah laut. Bahkan kamu dapat melihat berbagai spesies hewan laut yang tidak hidup di Indonesia, seperti Penguin dan Ikan Hiu. Dengan kisaran harga tiket masuk sebesar 115.000 – 175.000 rupiah kamu sudah bisa menjelajahi Jakarta Aquarium serta wisata bawah laut lainnya.

7. Waterbom Jakarta

waterbom jakartaJika kamu memiliki hobi bermain air dan ingin mencoba berbagai wahana air, Waterbom Jakarta adalah salah satu tempat wisata di Jakarta sebagai pilihan yang tepat untuk kamu. Terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Waterbom Jakarta akan membawa kamu bermain air sepuasnya dengan berbagai wahana yang seru dan memacu adrenalin.

Waterbom Jakarta adalah salah satu dari banyak pilihan waterbom/waterpark yang tersebar di Jakarta yang memiliki konsep yang cocok dengan masyarakat perkotaan, karena memiliki beberapa spot foto yang menarik. Kamu perlu merogoh kocek lebih dalam untuk bisa masuk ke waterbom Jakarta, dengan kisaran 120.000 – 280.000 rupiah kamu sudah bisa menikmati wahana air di Waterbom Jakarta.

8. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

MangroveWisata Alam Mangrove adalah tempat wisata di Jakarta yang menawarkan kamu udara sejuk dengan dikelilingi oleh tanaman Mangrove. Bagi warga Ibukota mendapatkan udara sejuk tanpa polusi sudah pasti merupakan hal yang sulit, maka dari itu Taman Wisata yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini akan membawa kamu menepi sejenak dari wilayah perkotaan.

Jangan salah, Taman Wisata Alam Mangrove tidak hanya menyediakan kamu tanaman mangrove saja, akan tetapi juga akan menjajakan kamu dengan beragam spot foto yang menarik, kamu juga bisa belajar menanam mangrove disini, serta berkeliling menyusuri hutan bakau menggunakan perahu yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang sedikit lebih banyak lagi.

Terakhir kamu juga bisa bermalam disini dengan penginapan yang disediakan ataupun camping ground yang memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk bisa masuk ke dalam Taman wisata ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 15.000 – 35.000 per orang, maka kamu akan bisa berkeliling taman wisata ini.

9. Monumen Nasional

monasSiapa yang tidak tahu Monas atau Monumen Nasional? Tentu kalian semua tahu Monas kan, salah satu tempat wisata yang terletak di pusat Kota Jakarta ini menjadi salah satu daya Tarik wisatawan yang berasal dari dalam maupun luar Jakarta. Monas atau Monumen Nasional adalah tempat wisata di Jakarta yang tidak jarang dijadikan sebagai simbol Kota Jakarta bagi para wisatawan.

Baca juga: 18 Fakta Unik Menara Eiffel Yang Perlu Anda Tahu

Dengan Kawasan yang sangat luas, untuk bisa masuk ke dalam Kawasan Monas sebetulnya kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun. Akan tetapi, jika kamu ingin berkunjung dan naik ke puncak Tugu Monas, kamu akan dikenakan biaya mulai 4.000 – 15.000 saja per orang. Bukanlah harga yang mahal tentunya bagi tempat wisata di Jakarta yang bisa dijangkau dengan beragam akses serta dengan Kawasan dan tempat wisata yang luas.

10. Museum Nasional

museum nasionalMuseum Nasional atau Museum Gajah terletak persis di seberang Monumen Nasional atau Monas di daerah Jakarta Pusat. Di dalam Museum Nasional terdapat terdapat beragam temuan arkeologi, sejarah, etnografi, serta geografi yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Selain itu, di dalam Museum Nasional juga terdapat benda-benda kuno bersejarah yang dikumpulkan dari seluruh Nusantara serta mahakarya setiap daerah di Indonesia, seperti songket dan kain batik. Dengan mengeluarkan 2.000 – 5.000 rupiah kamu sudah bisa melihat peninggalan sejarah bangsa Indonesia dan belajar apa saja yang menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia.

Tempat Wisata di Jakarta

11. Masjid Istiqlal

masjid istiqlalDijuluki sebagai Masjid terbesar se-Asia Tenggara, Masjid Istiqlal menjadi salah satu permata bangunan di Indonesia. Digagas pada 24 Agustus 1951 sekaligus peletakkan batu pertama oleh Presiden Soekarno sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah, seperti Namanya ‘Istiqlal’ yang dalam Bahasa Arab berarti ‘merdeka’.

Kemegahan bangunan menjadi daya Tarik sendiri bagi pengunjung dari berbagai daerah untuk datang serta beribadah di Masjid Istiqlal, hal ini pula yang menjadikan Masjid Istiqlal sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi. Tidak perlu merogoh kantong untuk dapat masuk ke dalam, Masjid yang terletak di Jakarta Pusat ini selalu ramai pengunjung dan jamaah di setiap harinya.

12. Gereja Katedral

gereja katedralTidak lengkap rasanya jika berbicara Masjid Istiqlal tapi tidak menyebut Gereja Katedral sebagai tempat wisata di Jakarta. Dengan lokasi yang berseberangan dengan Masjid Istiqlal, Gereja Katedral juga memiliki daya tarik dari segi bangunan dengan kelebihan seni arsitektur bangunan yang mengagumkan yang membuat banyak orang ramai datang untuk berkunjung. Sebagai tempat ibadah, Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal telah lama dijadikan sebagai simbol toleransi agama yang kuat di Indonesia.

13. Kelenteng Jin De Yuan

Klenteng Jin De Yuan, Glodok, Jakarta
Jin De Yuan Chinese temple (Vihara Dharma Bhakti) in Glodok, Jakarta Chinatown, Indonesia.

Selanjutnya tempat wisata di Jakarta Barat, yaitu Kelenteng Jin De Yuan. Kelenteng ini juga dikenal dengan Kelenteng Kim Tek Le. Sudah berdiri sejak tahun 1650 silam.

Kelenteng ini disebut-sebut sebagai kelenteng tertua yang ada di Jakarta. Kelenteng Jin De Yuan didirikan oleh seorang Letnan asal Tionghoa, yaitu Kwee Hoen. Pada awalnya, Kelenteng ini dinamakan Koan Im Teng.

Kelenteng Jin De Yuan ini selain menjadi tempat ibadah, juga menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta. Bangunannya yang khas dan indah memikat banyak hati masyarakat. Hal itu membuatnya terkenal dan didatangi banyak orang.

14. Museum Tekstil

Museum Tekstil JakartaMasih di daerah Jakarta Barat, salah satu tempat wisata di Jakarta Barat yang lain adalah Museum Tekstil. Sebagai Institusi nirlaba atau lembaga yang memberikan edukasi, salah satu fungsi dari Museum Tekstil ini adalah untuk melestarikan tekstil tradisional yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, ada berbagai macam upaya yang dilakukan dalam melestarikan tekstil di Museum ini. Namun, museum ini tetap dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang ada di Jakarta. Ada beberapa tempat yang bisa dilihat di dalam Museum ini. Seperti Galeri Batik, Kebun Pewarna Alam, Laboratorium, Ruang Pengenalan Wastra dan Toko Oleh-oleh.

15. Pulau Tidung

Pulau TidungTempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah Pulau Tidung. Untuk sebagian orang, nama Pulau Tidung mungkin terdengar masih asing. Akan tetapi, jika menyebut Kepulauan Seribu tentu sudah tidak asing lagi.

Pulau Tidung terletak di sebelah utara kota Jakarta. Tidung adalah salah satu di antara beberapa gugusan pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Kawasan Pulau Tidung memiliki pantai yang sangat bersih dan indah.

Tidak hanya itu, kebersihan Pulau Tidung selalu dijaga. Pemandangan air laut yang jernih juga menjadi daya tarik dari pulau ini. Tidak heran mengapa Pulau Tidung dijadikan salah satu tujuan wisata banyak orang.

Tempat Wisata di Jakarta

16. Pulau Bidadari

Pulau bidadariTempat wisata di Jakarta selanjutnya masih terletak di Kepulauan Seribu. Jika dilihat dari letak geografisnya, Pulau Bidadari berdekatan dengan beberapa pulau. Seperti Pulau Kelor, Pulau Kahyangan, Pulau Ayer dan Pulau Onrust.

Kelima pulau tersebut berada di Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Dahulu, Pulau Bidadari bernama Pulau Puremed yang berarti Pulau Sakit. Menurut sejarah, pada abad ke-17, pulau ini dimanfaatkan sebagai lokasi sebuah rumah sakit.

Sekaligus digunakan sebagai tempat “pengasingan” untuk para penderita lepra atau kusta yang dibangun oleh kolonial Belanda. Setelah Indonesia resmi merdeka, pulau ini terlantar.

17. TeamLab Future Park Jakarta

Team Future Park JakartaTeamLab Future Park Jakarta adalah tempat wisata di Jakarta Selatan, tepatnya di Gandaria. TeamLab Future Jakarta adalah pameran seni yang memanfaatkan teknologi digital di dalamnya. Bagi kamu yang mencari tempat instagramable, tempat ini sangat direkomendasikan.

Konsep kreasi kolaborasi yang diusung di TeamLab Future Park Jakarta adalah menghadirkan sebuah pengalaman kreatif. Serta memungkinkan para pengunjungnya untuk kolaborasi dan menciptakan berbagai karya seni baru.

Dengan kualitas dalam skala internasional, eksibisi ini akan membuat pengunjungnya takjub. Keindahan dan kecanggihannya adalah daya tarik dari Team Future Park Jakarta ini.

18. De Sartika

De SartikeBosan dengan tempat wisata yang gitu-gitu aja? Mungkin kamu belum tahu tentang De Sartika. De Sartika adalah kapal milik Jakarta Phinisi.

Kapan Phinisi De Sartika ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang perlu kamu kunjungi. Kamu bisa merasakan sensasi menaiki kapal dan berlayar singkat. Kapal ini berangkat dari Dermaga Ancol atau Muara Angke.

Kapal ini akan berangkat di sore hari. Hal itu membuat para pengunjungnya dapat menikmati sunset dan keindahan malam melalui kapal ini. Untuk kamu yang ingin mencari suasana baru atau bersantai, De Sartika adalah tempat wisata di Jakarta yang cocok kamu coba.

19. Modern and Contemporary Art in Nusantara (Macan)

Museum MacanTempat wisata di Jakarta ini juga memiliki berbagai kecanggihan di dalamnya. Modern and Contemporary Art in Nusantara ini lebih dikenal dengan sebutan Museum Macan. Museum yang terletak di Jakarta Barat ini resmi dibuka pada tahun 2017 silam.

Museum ini adalah museum seni pertama yang memberikan akses kepada masyarakat untuk melihat karya seni kontemporer dan modern. Tidak hanya menampilkan beragam lukisan yang menarik mata saja. Museum Macan ini juga memajang berbagai instalasi seni karya dari para seniman populer yang ada di dunia.

Banyak karya seni di dalamnya. Selain itu, Museum Macan juga terbilang instagramable. Itulah yang menjadi salah satu dya tarik para pengunjung.

20. Cibubur Garden Dairy

Cibubur Garden DairyCibubur Garden Dairy adalah tempat wisata di Jakarta yang ramah bagi anak-anak. Di dalamnya terdapat peternakan sapi dan kambing. Tidak hanya itu, lahan yang ada di dalamnya banyak mengandung unsur hijau.

Tempat wisata ini sering sekali dikunjungi oleh anak-anak. Mereka akan belajar langsung mengenai peternakan sapi dan kambing. Berbagai kegiatan dapat dilakukan di tempat ini. Mulai dari memandikan sapi, memberi makan sapi dan lain sebagainya.

Umumnya, tempat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata anak sekolah. Mereka akan datang secara bersamaan. Tidak hanya berekreasi saja, tetapi mereka juga akan belajar banyak disini.

Tempat Wisata di Jakarta

21. Ocean Ecopark

ecoparkSalah satu tempat wisata keluarga yang ada di Jakarta, yaitu Ocean Ecopark. Ocean Ecopark ini adalah sebuah lapangan golf. Memiliki luas 34 hektar dan dimanfaatkan sebagai lahan terbuka hijau.

Tempat wisata di Jakarta yang satu ini dikelola oleh pengelola Ancol. Sejak sekitar 2018 lalu, lahan tersebut dikelola dengan menanam aneka tumbuhan yang sudah langka.

Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat aneka satwa, ladang-ladang dan wahana permainan yang cocok untuk anak kecil. Pemukiman ala pedesaan mini juga ada di Ocean Ecopark. Tidak ketinggalan panggung terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai acara kegiatan.

22. Petak Sembilan

petak sembilanPetak Sembilan adalah tempat wisata di Jakarta Barat. Tepatnya berada di daerah Glodok. Tempat ini memiliki unsur Tionghoa yang kental.

Pada saat menjelang Tahun Baru Imlek, tempat ini akan ramai oleh pengunjung. Saat memasuki Petak Sembilan, kita akan disuguhkan oleh budaya Tiongkok. Serasa berada di Negeri Tiongkok.

Pada saat menjelang Tahun Baru Imlek, tempat ini akan ramai. Kita bisa menemui banyak pedagang hiasan. Selain itu, terdapat banyak pedagang makanan khas Tionghoa di dalam wilayah ini. Sangat menyenangkan bukan!

23. KidZania

KidzaniaWisata KidZania adalah tempat wisata di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Senayan. Baik hari libur maupun hari biasa, tempat ini tetap ramai oleh para pengunjung. KidZania adalah tempat wisata yang memiliki konsep edutainment yang cukup unik.

Itulah salah satu alasan mengapa anak-anak akan sangat senang jika bermain disini. Keunikan yang ada di wisata ini adalah sebuah replika kota yang dibangun dalam ukuran kecil. Ukuran tersebut dimaksudkan untuk anak-anak.

Di dalamnya terdapat fasilitas lengkap. Seperti rumah sakit, salon, kawasan industri, fasilitas ritel, supermarket, jalan raya, teater, serta kendaraan yang melintasinya.

24. Setu Babakan

Setu babakanSetu Babakan adalah tempat wisata di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Srengseng Sawah. Setu Babakan adalah sebuah perkampungan budaya Betawi. Di dalamnya akan kita temukan unsur kental mengenai kebudayaan Betawi.

Sama seperti namanya, Setu Babakan adalah sebuah Setu atau danau yang berukuran besar. Di pinggir-pinggir danau terdapat beragam kuliner yang bisa diminati. Mulai dari kuliner khas Betawi, sampai jajanan kaki lima.

Untuk menikmati keindahan Setu Babakan, kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup membayar biaya parkir saja. Saat ini, Setu Babakan juga dilengkapi dengan sebuah tempat untuk pertunjukan.

Tempat tersebut sering digunakan untuk berbagai pertunjukan adat Betawi. Mulai dari kesenian musik, lenong, tarian sampai pencak silat.

25. Flight Experience Gandaria

Flight Experience GandariaTempat wisata di Jakarta yang satu ini mengusung tema yang berbeda. Kamu dapat menikmati sensasi “menyetir” sebuah pesawat di tempat wisata ini. Flight Experience Gandaria terletak di salah satu mall Jakarta, yaitu Mall Gandaria City.

Salah satu tempat wisata di Jakarta ini memberikan kesempatan kepada orang awam di Indonesia mengenai bagaimana cara menerbangkan pesawat. Simulator di dalamnya tidak sembarangan. Bahkan dibuat semirip mungkin dengan pesawat terbang.

Ingin tau seperti apa rasanya menerbangkan pesawat? Tempat wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan kamu.

Baca juga:

Itulah 25 tempat wisata di Jakarta. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Jakarta: A Dining History
Jakarta: A Dining History

tombol beli buku

Kereta Api di Jakarta dari zaman belanda Hingga Reformasi
Kereta Api di Jakarta dari zaman belanda Hingga Reformasi

tombol beli buku

Jakarta Culinary & Hangout Spots
Jakarta Culinary & Hangout Spots

tombol beli buku

Written by Wida Kurniasih