in

Sejarah Hip-Hop dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Sumber: Pexels

Sejarah hip-hop – Musik hip-hop merupakan sebuah gerakan norma budaya, adat istiadat yang mulai tumbuh pada sekitar tahun 1970-an. Musik hip-hop ini mulanya dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika serta Latin-Amerika. Hip-hop umumnya adalah perpaduan dari rapping, Dji-ing, breakdance serta graffiti.

Namun, belakangan ini, musik hip-hop juga turut diwarnai dengan beatboxing yaitu suatu cara berbicara yang disuarakan melalui rima yang ritmis dan disertai dengan musik latar yang ritmis pula.

Teknik beatboxing kemudian berkembang sebagai bagian dari musik hip-hop, sebuah cabang kebudayaan yang pada umumnya memiliki empat unsur kunci di dalamnya yaitu rapping/ MCing, scratching atau DJing dengan teknik turntable, breakdancing serta graffiti writing. Ketukan samping atau bassline dari rekaman serta beatboxing pun termasuk salah satu bagian dari musik hip-hop.

https://www.gramedia.com/products/conf-the-legends-of-hip-hop?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-the-legends-of-hip-hop?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Hingga kini, hip-hop masih menjadi salah satu musik yang digemari oleh berbagai kalangan di belahan dunia manapun. Nah, bagaimana sejarah hip-hop dan perkembangannya saat ini? Simak lebih lanjut dalam artikel satu ini ya!

Sejarah Hip-Hop dan Perkembangannya

sejarah hip-hop
Sumber: Pexels

Ada beberapa pendapat yang mengungkapkan bahwa sejarah hip-hop sebenarnya berasal dari kosa kata Afro-Amerika, yaitu hip yang secara harfiah dapat dimaknai sebagai memberitahu atau sekarang serta akhiran hep.

Namun, ada pula pendapat lainnya yang mengatakan bahwa hip-hop adalah sebutan lain dari Bebop. Akan tetapi, menurut Keith Cowboy Wiggins, salah satu anggota dari Grandmaster Flash and The Furious Five, istilah hip-hop sebenarnya terinspirasi ketika ia bercanda dengan temannya yang baru saja bergabung dengan angkatan bersenjata.

Bunyi istilah hip-hop sendiri adalah tiruan dari bunyian dari hentakan kaki para tentara. Pada setiap pementasannya kemudian, Cowboy akhirnya menjadikan kata tersebut sebagai bentuk improvisasi ketika melakukan rapping.

Hal ini, lalu diikuti oleh para musisi hip-hop yang lainnya, termasuk oleh Afrika Bambaataa yang kemudian mempopulerkan istilah hip-hop sebagai nama dari suatu genre musik yang ia bawakan.

Kelahiran dari musik hip-hop tidak hanya sebagai pelengkap genre musik belaka yang mulai ramai dan muncul pada tahun 1970-an. Hip-hop muncul sebagai suatu gerakan musik serta budaya yang tidak terlepas dari keresahan pemuda pada saat itu.

Kisah dari Cindy Campbell menghiasi kelahiran dari musik hip-hop di dunia. Pada tahun 1973, Cindy mengadakan Back to School Party, kemudian dari sinilah Cindy memainkan perannya sebagai seorang promotor dari musik hip-hop pertama di dunia.

Menurut Hip-Hop Education Center, Cindy Campbell bahkan disebut sebagai ibu hip-hop dunia dikarenakan perannya telah menyelenggarakan acara yang kemudian menjadi sejarah dari kelahiran aliran musik hip-hop. Dalam acara tersebut, Cindy mengundang saudara laki-lakinya bernama DJ Kool Herc.

Berkat acara tersebutlah, DJ Kool Herc disebutkan sebagai pendiri dari musik hip-hop. Acara tersebut diselenggarakan di apartemen Cindy yang berada di 1520 Sedgwick Avenue, Bronx New York, Amerika Serikat.

Menurut sumber yang lainnya, Cindy sebenarnya ingin menambah uang tanpa meminta pada orang tuanya, sehingga ia memiliki ide untuk membuat acara di gedung apartemennya di Bronx. Cindy kemudian meminta Herc untuk tampil pada acara tersebut.

Pada mulanya, Kool Herc bukanlah seorang DJ terkenal di New York sebelum pesta tersebut diselenggarakan. Herc kemudian memainkan musik yang berbeda dari DJ umumnya yang ada di New York saat ini.

Herc memainkan potongan musik Funk and Soul, mulai dari The Jimmy Caster Brunch hingga James Brown. Hal yang dilakukan oleh Herc tersebut menjadi yang pertama dan menjadi alternatif bawah tanah dalam dunia disko dan pada akhirnya pesat hingga mencapai pusat kota.

Pesta yang diadakan oleh Cindy kemudian menginspirasi banyak anak muda di Bronx untuk membuat pesta yang serupa. Tanpa pesta tersebut, hip-hop mungkin saja tidak akan menjadi genre musik serta budaya yang cukup besar saat ini. Pesta-pesta setelahnya yang dibuat oleh Cindy kemudian dikenal dengan Pesta-pesta Blok.

Dikutip dari Masterclass, pada sekitar tahun 1970-an ada kolaborasi di antara kelompok pemuda kulit hitam, Latin serta Karibia yang mengadakan Pesta-Pesta Blok. pesta tersebut memainkan musik Funk and Soul.

Acara tersebut turut menampilkan DJ Kool Herc, Grand Wizzard Theodre, Grandmaster Flash serta Afrika Bambaataa. Setelahnya, muncul eksperimen dengan teknik yang berbeda0beda selama pesta.

Contohnya seperti breakbeat, menggaruk, gaya bebas, turntable, toasting dan lainnya. Lalu, teknik tersebutlah yang dianggap sebagai pelopor dari hip-hop dan rap modern saat ini.

Pada tahun 1979, sebuah grup trio bernama Sugarhill Gang merilis sebuah lagu berjudul Rapper’s Delight. Lagu tersebut kemudian mendapat pencapaian besar di Amerika Serikat dan berhasil menduduki tangga lagu 40 besar di Billboard. Saat itulah, hip-hop kemudian menjadi genre musik yang mendapatkan sorotan publik.

Pada tahun 1980-an, perkembangan musik hip-hop semakin kaya seiring dengan eksperimental yang dilakukan oleh para seniman. Pada tahun tersebut pula, drum kit digunakan dalam genre musik hip-hop. Alat yang yang biasa dipakai oleh Roland TR-808 atau biasa disebut dengan nama 808.

Di tahun 1980-an pula, musik hip-hop memiliki lirik metafora. Hip-hop kemudian mulai menyebar di dunia musik internasional pada tahun tersebut terutama di Australia, Inggris hingga Jepang. Artis-artis yang populer pada tahun tersebut adalah Grandmaster Flash dan Furious Five dengan lagunya berjudul The Message.

Pada sekitar tahun 1984, arti hip-hop Run-DMC, LL Cool J dan Beastie Boys mulai memperkenalkan New School Hip-Hop. Lirik lagu yang biasanya digunakan pada era ini banyak mengandung komentar-komentar sosial dan politik.

Musik hip-hop kemudian mencapai masa keemasannya pada akhir tahun 1980-an hingga pada awal tahun 1990-an. Banyak seniman yang lahir dengan inovasi-inovasi baru. Artis hip-hop yang besar pada serta tersebut adalah Public Enemy, Tupac Shakur, Snoop Dogg dan lainnya.

Pada era ini jugalah, sub genre hip-hop pun muncul yaitu sub genre Gangsta Rap. Aliran ini menekankan pada gaya hidup anak-anak muda yang ada di kota. Artis yang terkenal adalah Schoolly D, Ice-T dan NWA.

Hingga pada akhir tahun 1990-an, musik hip-hop menjadi genre musik dan arus utama. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan Lil Wayne, Timbaland, Nelly, Eminem dan artis lainnya.

Lalu pada tahun 1995, Grammy Award menambahkan kategori Album Rap Terbaik. Penghargaan tersebut, diberikan pada Nature dengan album berjudul Naughty.

Hip-hop kemudian memasuki babak baru pada tahun 2000-an dengan berbagai macam eksperimental serta pengaruh dari punk, jazz, indie rock hingga elektronik. Kanye West, Outkast, The Roots pun menjadi artis yang naik daun dan terkenal pada tahun ini.

Perkembangan musik hip-hop pun menjadi semakin pesat dan melahirkan seniman baru dengan keberagaman eksperimental. Contohnya seperti Cardi B, Future, Waka Flocka Flame dan lainnya.

Pada perkembangannya, musik hip-hop diasumsikan sebagai bagian dari seni serta memiliki fungsi untuk mengekspresikan seni visual. Karena itulah muncul graffitti sebagai bagian dari budaya hip-hop.

Di Indonesia, musik hip-hop pada umumnya diperkenalkan pertama kali oleh Benyamin Sueb serta Farid Hardja. Kemudian, musisi hip-hop lainnya pun turut memperkenalkan musik hip-hop pada masyarakat, seperti Iwa-K dan musisi hip-hop lainnya.

Pada era 80-an, ketika anak-anak muda saat itu masih menggemari musik rock, Iwa-K telah mulai bergelut dengan musik rap, sebuah genre musik yang lebih menekankan pada teknik berceloteh dibandingkan menggunakan instrumen musik.

https://www.gramedia.com/products/psikologi-musik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/psikologi-musik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Unsur Musik Hip-Hop

sejarah hip-hop
Sumber: Pexels

Lahir dari wilayah pemukiman kulit hitam di Bronx, Amerika membuat musik hip-hop identik dengan budaya Afrika-Amerika. Meskipun sebagian dari pemukiman tersebut juga dihuni oleh orang-orang keturunan Latin.

Bahkan teknik bernyanyi cepat yang dikenal dengan nama rap, sebenarnya telah ada pada budaya tradisional Afrika serta Jamaika bernama chanting atau berbicara dengan nada serta toasting yaitu bernyanyi dengan mengikuti dentuman bas serta perkusi.

Afrika Bambaataa merupakan salah satu musisi pertama yang menggaungkan musik hip-hop dan mengungkapkan bahwa ada empat unsur penting dalam terbentuknya musik dan budaya hip-hop. Keempat unsur tersebut, hadir ketika musik hip-hop ada dan tetap menjadi identitas tersendiri untuk sejarah hip-hop. Berikut penjelasan dari keempat unsur tersebut.

1. DJ

Meskipun musik elektronik menggunakan alat DJ telah ada sebelum lahirnya hip-hop, tetapi ada banyak inovasi baru dalam teknik yang membuat DJ menjadi identik dengan musik dari Bronx satu ini.

Beberapa di antaranya ialah teknik scratching yaitu memberi suara unik dengan cara menggesekan pinggiran lagu, beat drop yaitu memperlambat nada yang fungsinya adalah untuk menuju bagian intens dari suatu lagu dan fading yaitu sebuah teknik transisi dari satu lagu menuju lagu berikutnya.

Bahkan, teknik-teknik dalam DJ tersebut saat ini masih terus digunakan dalam aliran musik yang lainnya. Contohnya seperti EDM, Pop dan DJ pada umumnya. Para DJ pada aliran musik hip-hop terkenal dengan eksperimen dalam memadukan nada, lagu maupun ketukan.

2. Rap

Rap menjadi ciri khas dari musik hip-hop. Rap juga dianggap sebagai seni ekspresi verbal yang isinya mengenai kritik sosial, ekonomi dan politik. Sering kali, rap juga memiliki lirik positif seperti yang dilakukan oleh musisi bernama NAS.

Uniknya, meskipun rap sering kali terdengar seperti bicara cepat atau ocehan, rap juga bisa memiliki nuansa yang berbeda dan bergantung pada kata yang dilontarkan oleh rapper. Setiap baris dari rap biasanya memiliki rima, menggambarkan bahwa rap ini membutuhkan keahlian khusus untuk menciptakan lirik rap. Di luar dari musik hip-hop, rap juga telah berkembang dan menjadi suatu genre musik.

3. Breakdance

Ketika pertama kali muncul, breakdance menjadi suatu terobosan baru dalam dunia tari yang sebelumnya memiliki peraturan tersendiri pada setiap alirannya. Breakdance pada umumnya memberi kebebasan bagi para penari untuk berekspresi, menjelajahi gerakan unik yang dapat dilakukan oleh tubuh serta menggunakan kostum yang nyaman maupun ekspresif.

Empat gerakan dasar yang ada pada breakdancing ialah downrock, toprock, freezes, dan power moves. Nyatanya, ada banyak sekali variasi dari keempat gerakan dasar dalam breakdance tersebut. Biasanya masing-masing dari penari breakdance yang sering disebut sebagai B-boy atau B-girl membuat koreografi tersendiri dengan nama unik.

4. Graffiti

Graffiti merupakan seni ekspresi yang dituangkan pada suatu permukaan dasar yang mudah untuk dilihat oleh seseorang. Pada umumnya permukaan yang digunakan adalah tembok serta fasilitas umum.

Meskipun telah ada sejak dahulu kala, musik hip-hop berhasil membawa seni grafiti ke level yang berbeda. Penggunaan dari warna dan cat semprot pada setiap karya seni graffiti menambah ramai kesan dari musik hip-hop. Sayangnya, dikarenakan media yang digunakan ialah tembok umum, karya seni ini sering kali dianggap sebagai bentuk dari vandalisme.

Itulah keempat unsur yang ada pada hip-hop dan dianggap sebagai pilar utama yang akan selalu ada pada musik hip-hop meskipun saat ini telah ada banyak subgenre. Salah satu hal yang menjadi persamaan dari musik hip-hop dan sub genre-nya adalah karena unsur-unsur tersebut.

Subgenre Musik Hip-Hop

sejarah hip-hop
Sumber: Pexels

Musik hip-hop juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun terutama pada jenis musik tersebut. Hip-hop pun mulai dikombinasikan dengan jenis musik lainnya seperti reggae, rock, techno dan lainnya. Berikut beberapa subgenre dari hip-hop.

1. Rapcore

Run DMC sempat berkolaborasi dengan grup musik hard rock Aerosmith pada lagu berjudul Walk This Way. kolaborasi ini kemudian sukses dan duduk di nomor satu rap song hit pada Billboard Hot 100.

Selain Run DMC, pada tahun 1987 Beastie Boys pun sukses dengan rap corenya dengan hits berjudul Lincensed to II yang diproduseri oleh Def Jam Records.

2. Electro

Subgenre satu ini memang sedang naik daun beberapa tahun belakang. RUN DMC merupakan pencetus dari subgenre musik hip-hop satu ini. Planet Rock dari Afrika Bambaataa menjadi target bagi Run DMC untuk disisipi oleh irama Electro dan sukses di pasaran.

3. Miami Bass

Miami Bass merupakan salah satu bagian dari hip-hop yang dipopulerkan oleh 2 Live Crew, JJ Fad, DJ Magic Mike serta DJ Laz. Musik satu ini memiliki karakter irama bass yang cukup kuat dengan lirik lagu yang sedikit menyinggung mengenai seks.

4. Hardcore Hip-Hop

Pada sekitar tahun 1990-an, musik dari New York dan East Coast menjadi musik yang cukup keras serta gelap sesuai dengan kehidupan yang terjadi di wilayah tersebut.

Artis pada tahun 80-an akhir seperti EPMD serta Eric B dan Rakin menjadi salah satu artis pendiri dari musik serta irama hardcore hip-hop. Selain artis tersebut, Public Enemy pun turut menyuarakan kreativitasnya dengan menambahkan nuansa kriminal pada setiap lirik lagunya.

5. Trip Hop

Trip hop merupakan genre musik yang terdiri dari musik downtempo elektronik yang berasal dari awal tahun 1990-an di Inggris terutama di Bristol. Istilah ini pertama kali digunakan oleh media musik Inggris dan pers sebagai salah satu cara untuk menggambarkan varian yang lebih experimental dari breakbeat yang isinya adalah pengaruh jiwa, jazz dan funk.

Istilah ini pertama kali digunakan di tahun 1989. Encyclopedia Britannica Online mengklaim bahwa istilah satu ini diciptakan oleh Micmag, yaitu sebuah majalah Inggris yang mengkhususkan pada musik dansa dan digambarkan sebagai pilihan alternatif Eropa pada paruh kedua di tahun tahun 1990-an.

Seiring dengan perkembangan zaman, Trip Hop pun semakin penuh warna dengan kehadiran dari berbagai musisi jazz yang ikut memasukan genre hip-hop dalam musiknya.

https://www.gramedia.com/products/musik-itu-politik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/musik-itu-politik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Penutup

Itulah sejarah hip-hop dan perkembangannya dari masa ke masa. Bagi Grameds yang tertarik dengan seni musik seperti sejarah hip-hop, Grameds bisa mengulik informasinya lebih lanjut dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia.com menyediakan buku-buku seni musik. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Jangan ragu untuk membeli buku di Gramedia karena dijamin berkualitas dan original.

Penulis: Khansa

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi