in

11 Model Rumah Idaman Minimalis Sederhana yang Perlu Kamu Tahu

Rumah Idaman Minimalis Sederhana – Rumah sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia, sehingga setiap orang akan selalu berusaha untuk memiliki kebutuhan primer papan ini.

Banyaknya orang yang menginginkan untuk memiliki rumah membuat harga rumah setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Harga rumah yang terus mengalami kenaikan membuat sebagian orang sulit untuk memiliki rumah.

Meskipun memiliki rumah memang membutuhkan harga yang cukup mahal, tetapi bukan berarti kamu tak bisa memilikinya.  Saat ini sudah banyak sekali model rumah yang harganya bisa dibilang tidak begitu mahal dan rumah itu lebih dikenal dengan nama rumah minimalis sederhana.

Rumah idaman minimalis sederhana memang memiliki bentuk yang sederhana, tetapi desain dan ukuran dari rumah ini bisa dibilang cukup modern atau lebih dikenal dengan model “kekinian”.

Rumah Idaman Minimalis Sederhana 

Dikarenakan harga rumah minimalis sederhana yang tidak begitu mahal, maka tak heran apabila saat ini banyak orang yang mencari dan ingin memiliki rumah idaman minimalis sederhana. Terlebih lagi bagi sebuah keluarga muda yang baru saja melakukan pernikahan yang ingin memiliki rumah, maka rumah minimalis sederhana ini sangat cocok untuk dimiliki.

[algolia_carousel]

Rumah minimalis sederhana memiliki tipe dan model yang cukup beragam, sehingga bagi kamu atau pasangan keluarga yang ingin membeli rumah memiliki banyak pilihan. Selain itu, rumah minimalis sederhana hampir ada disetiap pasar properti.

Bahkan, bisa jenis rumah yang cukup diminati oleh banyak orang sudah tersedia di perkotaan hingga di pinggiran perkotaan, tinggal disesuaikan dengan biaya membeli rumah yang kamu miliki.

Kalau berbicara tentang harga rumah idaman minimalis sederhana memang tidak begitu mahal, tetapi ternyata bukan hanya itu saja yang membuat rumah minimalis sederhana diminati oleh banyak orang.

Lebih menghemat tempat dan perawatan rumah yang tidak begitu mahal menjadi dua faktor yang membuat rumah minimalis sederhana ingin dimiliki oleh banyak orang terutama bagi pasangan keluarga muda.

Sementara itu, desain dari rumah idaman minimalis sederhana lebih mengutamakan fungsional dari setiap ruangannya dan efisiensi. Namun, bagi para penghuni dari rumah minimalis sederhana, setiap kebutuhan hidupnya tetap bisa terpenuhi.

Meskipun hanya berbentuk minimalis sederhana, tetapi desain interior dan eksteriornya tetap tak kalah keren dari rumah-rumah modern, mulai dari pemilihan warna, pengaturan cahaya, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Rumah Idaman Minimalis Sederhana

Sama dengan rumah-rumah pada umumnya, rumah minimalis sederhana memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa membuat kamu tertarik untuk membeli dan tinggal di rumah ini. Ciri-ciri rumah minimalis sederhana sebagai berikut.

1. Pembatas Ruangan dan Sekat Ruangan yang Minim

Rumah minimalis sederhana yang dikenal dengan ruangan yang cukup luas karena rumah ini jarang sekali memiliki sekat dan pembatas ruangan. Sudah menjadi hal umum kalau sekat dan pembatas ruangan bisa membuat suatu rumah menjadi terlihat sempit. Apabila rumah memiliki sekat dan pembatas ruangan yang cukup banyak, maka rumah tersebut jauh dari konsep rumah minimalis sederhana.

Meskipun tidak ada sekat dan pembatas ruangan, tetapi untuk membedakan suatu ruangan biasanya diberi tanda atau dipisahkan dengan perabotan atau furniture. Pada umumnya, ruangan yang hanya dipisahkan dengan furniture, seperti ruang makan, dapur, dan ruang keluarga. Selain itu, untuk kamar mandi dan kamar tidur tetap dibuat sekat dan pembatas ruangan.

2. Furniture yang Digunakan Sangat Minimalis

Seperti dengan konsep rumah minimalis sederhana, maka furniture dari rumah ini juga minimalis. Dengan furniture yang minimalis membuat ruangan yang ada di dalam rumah terasa lebih luas. Pada umumnya, furniture yang ada di dalam dan di luar ruangan, seperti rak, meja, sofa, dan sebagainya. Setiap furniture akan disesuaikan dengan dekorasi dari rumah minimalis sederhana yang dibangun. Selain itu, furniture pada rumah ini bisa menunjukkan fungsinya dengan maksimal walaupun dengan ketersediaan ruang yang terbilang kecil.

3. Setiap Tata Ruangnya Sederhana dan Modern

Seperti dengan namanya, maka rumah minimalis sederhana memiliki tata ruang yang sederhana, tetapi tetap bergaya modern.  Bentuk yang sederhana bisa diartikan sebagai area penyimpanan yang sederhana, efisien, dinding interior yang sederhana, dan masih banyak lagi. Tata ruang yang menjadi daya tarik dari rumah minimalis sederhana adalah keleluasaan pandangan, sehingga penghuni tidak akan merasa bosan ketika tinggal di rumah minimalis modern.

4. Eksterior yang Sederhana dan Elegan

Ketika membeli rumah pasti kita sangat ingin sekali memiliki eksterior dari rumah itu sendiri. Dengan kata lain, eksterior bisa membuat seseorang tertarik untuk membeli rumah. Nah, eksterior yang ada pada rumah minimalis sederhana bisa dibilang selain sederhana juga elegan. Dekorasi sederhana ini biasanya terlihat dari warna cat yang terlihat bersih dan netral, seperti abu-abu, putih, dan sejenisnya. Selain itu, eksterior dari rumah minimalis sederhana bisanya sudah ada tempat untuk memarkir mobilnya, sehingga semakin memberi nilai tambah modern pada rumah itu.

5. Fungsi dari Jendela Sangat Optimal

Dalam membangun rumah, jendela merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan karena jendela merupakan kunci dari keluar masuknya cahaya matahari. Selain itu, umumnya pada desain rumah minimalis sederhana, setiap di dekat jendela aka nada ventilasi udara, sehingga bukan cahaya matahari saja yang masuk, tetap udara juga masuk ke dalam rumah. Dengan masuknya cahaya matahari dan udara, maka kelembapan udara dalam rumah menjadi sehat karena selalu terjaga.

11 Tipe dan Model Rumah Minimalis Sederhana

Supaya kamu lebih yakin dan lebih mudah untuk memiliki rumah minimalis sederhana, maka bisa menyimak beberapa tipe dan model rumah minimalis sederhana sebagai berikut.

1. Rumah Minimalis Sederhana Tipe 21

Rumah minimalis sederhana
masandy.com

Pada model rumah minimalis sederhana yang bertipe 21 m2 ini biasanya memiliki luas sebesar 21 m2. Panjang dari rumah minimalis sederhana bertipe 21 m2 memiliki panjang dan lebar yang berbeda, misalnya ukurannya sepert 3 x 7 meter. Pada rumah yang bertipe 21 meter persegi ini sangat pas untuk keluarga yang baru saja menikah terutama bagi para pasangan muda.

Biasanya, rumah minimalis sederhana bertipe 21 m2 ini memiliki 1 kamar yang bisa ditempati oleh dua orang. Selain itu, pada ruang tamu dan dapur bisanya akan langsung terhubung satu sama lain, dan satu kamar mandi. Oleh sebab itu, rumah ini sangat cocok untuk pasangan muda yang belum memiliki anak. Apabila kamu ingin menambah kesan minimalis, maka bisa menambahkan beberapa furniture, seperti meja tv, sofa minimalis, dan sebagainya.

2. Rumah Minimalis Sederhana Tipe 36

rumah minimalis sederhana
kompas.com

Rumah minimalis sederhana dengan tipe 36 m2 sebenarnya hampir sama dengan rumah minimalis sederhana bertipe 21 m2, hanya saja pada tipe 36 m2, bangunannya lebih luas. Dikarenakan bangunanannya yang lebih luas, maka jumlah kamar tidur pada rumah tipe ini bukan hanya 1 saja, tetapi ada dua kamar tidur. Selain itu, rumah dengan tipe 36 m2 merupakan tipe rumah yang sering ditemukan pada setiap perumahan.

Ukuran dari rumah bertipe 36 m2 adalah 6 x 6 meter. Jika rumah bertipe 21 m2 sangat pas untuk pasangan yang baru menikah, maka rumah tipe 36 m2 sangat cocok untuk pasangan keluarga yang baru menikah dan sudah memiliki anak. Selain itu, kamar mandi pada tipe ini biasanya ada yang 2 kamar mandi dan ada yang 1 kamar mandi. Terlebih lagi, rumah minimalis sederhana dengan tipe 36 m2, sudah memiliki garasi mobil yang bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan mobil saja, tetapi bisa juga menyimpan sepeda dan motor.

3. Rumah Minimalis Sederhana Tipe 45

Rumah minimalis sederhana
lamudi.com

Di atas dari rumah minimalis bertipe 36 m2, terdapat rumah dengan tipe 45 m2. Kamar tidur pada tipe rumah ini ada tiga, sehingga bagi keluarga yang memiliki dua anak, rumah tipe 45 m2 sangat disarankan untuk dimiliki. Apalagi, ruang makan dan ruang keluarga tidak menjadi satu, sehingga ruangan akan terlihat luas.

Selain itu, pada bagian luar rumah dengan tipe 45 m2 terdapat garasi mobil dan taman kecil. Taman kecil ini bisa mempercantik rumah dan bisa membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman. Oleh sebab itu, rumah minimalis sederhana tipe 45 m2 sesuai dengan kamu yang sangat suka atau memiliki hobi menanam tanaman.

[algolia_carousel page=2]

4. Rumah Minimalis Sederhana Tipe 54

Rumah minimalis sederhana
hargadepo.com

Rumah minimalis sederhana dengan tipe 54 m2 bisa dibilang sebagai rumah dengan kategori kelas menengah. Hal ini disebabkan karena model tipe ini bisa memuat lebih dari dua kamar tidur. Dengan ukuran 9 x 6 meter, maka rumah dengan tipe ini sering sekali dikenal dengan sebutan rumah elegan dengan dekorasi yang minimalis.

Garasi mobil yang cukup luas akan kamu temukan pada ruangan ini. Dengan garasi yang luas itu, kamu bukan hanya bisa menyimpan mobil saja, tetapi bisa juga menyimpan sepeda, hingga motor yang berjumlah dua. Dikarenakan bangunan yang cukup luas, maka harga dari rumah ini bisa dibilang cukup mahal, sehingga hanya sebagian orang saja yang bisa memiliki rumah minimalis sederhana tipe 54 m2.

Tidak hanya itu, bagi sebagian rumah minimalis sederhana dengan tipe 54 m2 ini ada yang ditingkat. Adanya dua lantai atau menjadi rumah tingkat membuat rumah minimalis sederhana tipe ini bisa memuat 4 kamar tidur, dua kamar tidur di atas dan dua kamar tidur di lantai dasar. Bahkan, kamu bisa membuat ruang kumpul keluarga menjadi dua, yaitu ada yang di lantai dasar dan ada yang di lantai atas.

5. Rumah Minimalis Sederhana Tipe 60

Rumah minimalis sederhana
designrumah.co,id

Rumah minimalis sederhana selanjutnya memiliki tipe 60 m2. Adapun ukuran dari rumah tipe ini juga berbeda, misalnya 12 x 5 meter dan ada juga yang berukuran 6 x 10 meter. Dari dua ukuran itu saja, maka bisa kita lihat kalau kamar tidur pada tipe rumah ini bisa berjumlah 4 kamar tidur yang kemudian 3 kamar mandi. Sudah pasti pada tipe rumah minimalis sederhana ini terdapat garasi yang cukup luas.

Bukan hanya itu saja, rumah minimalis sederhana yang memiliki tipe 60 m2 terdapat teras yang terletak di bagian belakang rumah. Beberapa rumah tipe 60 m2 juga memiliki taman yang berukuran sedang yang terletak di bagian depan rumah.

6. Rumah Minimalis Sederhana 120

Rumah minimalis sederhana
hargadepo.com

Rumah minimali selanjutnya adalah bertipe 120 m2. Dari ukuran rumah saja, kita sudah tahu rumah tipe ini dikategorikan sebagai rumah yang memiliki kesan mewah dan elegan. Maka dari itu, rumah tipe ini 120 m2 harganya sangat mahal, sehingga hanya segelintir orang saja yang sanggup memiliki harga rumah dengan tipe ini.

Dikarenakan ukuran tipe rumah minimalis sederhana yang cukup luas, maka kamar tidur yang bisa dibuat berjumlah 3 sampai 4 kamar tidur serta kamar mandi yang bisa berjumlah 3. Kemudian, garasi mobilnya, bukan hanya memuat 1 mobil saja, tetapi bisa memuat 2 mobil. Bahkan, pada garasi mobil itu masih bisa diberi 1 motor. Kalau bicara tentang taman, sudah bisa dipastikan kalau ukuran tamannya cukup lebar, sehingga bisa diberi tanaman dan pepohonan.

7. Model Rumah Minimalis Sederhana Bergaya Monokrom

Rumah minimalis sederhana
sejasa.com

Apabila kamu lebih suka dengan warna cat rumah yang tidak begitu banyak, maka rumah minimalis sederhana dengan gaya monokrom sangat cocok untuk kamu. Warna pada model rumah minimalis sederhana ini umumnya hanya terdiri dari warna putih dan hitam atau abu-abu dan hitam. Dengan warna yang sederhana itulah, model rumah ini banyak peminatnya.

Supaya dekorasi rumah tidak terlihat monoton, maka kamu bisa menambahkan beberapa ornament atau furniture yang bisa diletakkan di luar atau di dalam rumah. Warna yang cenderung netral bisa membuat rumah terkesan memiliki hawa yang sejuk. Selain pada dinding, model rumah minimalis monokrom didukung juga dengan warna atapnya.

8. Model Rumah Minimalis Sederhana Modern 

Rumah minimalis sederhana
cari-kos.com

Zaman yang semakin modern, maka rumah dengan gaya modern akan semakin banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan, model rumah minimalis modern ini sudah menjadi tren hingga saat ini. Model gaya modern biasanya ditunjukkan melalui desain rumah sederhana, tetapi tetap elegan. Pada bagian atapnya, bisa dibentuk berbagai macam seperti atap jenis limas atau atap jenis pelana.

Dari eksterior rumah, seperti pintu, jendela, dan dinding rumah dari model rumah minimalis modern bisa menjadi satu kesatuan, sehingga estetika dari rumah ini bertambah. Supaya rumah minimalis modern lebih menarik, maka bisa diberikan furniture yang sesuai dengan keinginan dan ukurannya.

9. Model Rumah Minimalis Sederhana yang Asri 

Rumah minimalis sederhana
homeshabby.com

Model rumah minimalis sederhana yang selanjutnya juga diminati oleh banyak orang, yaitu model rumah yang asri. Kesejukan sudah pasti akan bisa dirasakan dengan model rumah yang satu ini karena rumah ini memiliki taman yang bisa diberikan tanaman dan pohon kecil. Selain itu, kamu bisa juga menanam tanaman yang bisa digunakan untuk olahan makanan, seperti cabai, daun pandan, dan lain-lain.

Penghuni dari rumah minimalis dengan model asri ini akan nyaman tinggal di rumah karena ketika melihat halaman rumah langsung melihat tanaman-tanaman yang tumbuh. Supaya taman pada model rumah ini lebih bagus, sebaiknya ketika menanam tanaman menggunakan ahli kebun agar penataan tanaman terlihat cantik.

10. Model Rumah Minimalis Sederhana Bergaya Tropis

Rumah minimalis sederhana
arsitag.com

Adanya taman pada suatu rumah pasti akan menambah cantik rumah itu dan membuat suatu rumah semakin sejuk. Model rumah minimalis sederhana dengan gaya tropis sangat sesuai untuk kamu yang sangat suka dengan suka kesejukan dan senang dengan hobi menanam dan merawat tanaman. Pada rumah minimalis dengan model tropis, atapnya lebih sering berbentuk miring atau seperti limas.

Kemudian, dinding dari rumah minimalis model ini terdapat banyak sekali pori yang berfungsi untuk mengalirkan udara dengan lancar, sehingga ruangan akan terasa sejuk. Selain itu, dinding yang digunakan biasanya tidak ada ornamennya supaya nuansa “alamnya” semakin terasa.

11. Model Rumah Minimalis Sederhana dengan Cat yang Beragam

Rumah minimalis sederhana
artikel.rumah123.com

Model rumah minimalis sederhana tak selamanya hanya memiliki 1 jenis warna cat saja, tetapi beberapa rumah minimalis sederhana terdapat cat rumah yang lebih dari satu jenis. Meskipun terdiri dari berbagai macam cat warna, tetapi hanya ada 1 warna cat dominan saja. Pada umumnya warna yang sering digunakan terdiri dari tiga warna, 1 warna utama dan 2 warna pendukung.

Dengan perpaduan cat yang baik, maka rumah minimalis sederhana menjadi akan terlihat lebih keren. Selain itu, warna cat selain diberikan pada tembok diberikan juga pada pintung, jendela, dan lain-lain. Dengan warna cat yang cukup beragam, maka rumah minimalis sederhana dengan model ini sangat pas untuk kamu yang suka dengan warna-warna yang cukup menarik perhatian.

Demikianlah, pembahasan tentang rumah minimalis, mulai dari ciri-ciri hingga tipe dan modelnya. Hal yang perlu digarisbawahi ketika membeli rumah minimalis sederhana adalah biaya yang kamu miliki supaya bisa mendapatkan rumah yang nyaman tanpa memikirkan cara membayar yang sulit.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Rumah Idaman Minimalis Sederhana

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu