in

Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Minimalis

Interiordesign.id

Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Minimalis – Dapur adalah ruangan atau tempat yang digunakan untuk memasak ataupun membuat makanan. Dapur salah satu tempat yang sering berantakan, karena tempat menaruh apa saja setelah memasak.

Oleh karena itu, sekarang banyak dapur yang memiliki model dengan berbagai macam untuk menyimpan barang-barang perlengkapan masak.

Pengertian Dapur Minimalis

Dapur minimalis adalah tepat memasak yang sudah dilengkapi dengan kitchen set secara efektif dan efisien. Dapur minimalis sudah lengkap semua dengan lemari atau laci dapur sehingga tidak repot membuat cantolan atau gantungan.

Dapur akan terlihat rapih apabila mendesain dapur dengan model dapur kekinian, menjadikan masak dengan nyaman dan menyenangkan. Dengan desain yang cantik mood juga akan selalu bagus ketika masak.

Dapur minimalis didesain dengan simple, sehingga desain dapur minimalis ini hanya menggunakan perabotan yang sekiranya hanya diperlukan. Hal ini akan membuat dapur terlihat lebih luas dan rapih, tidak memerlukan ruangan yang luas.

Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Minimalis

Konsep dapur minimalis merupakan sebuah dapur yang dutata dengan efektif, sederhana serta tidak ruwet sama sekali sehingga dapat menciptakan kepuasan tersendiri pada pemiliknya.

Dapur akan ditata se-efektif dan sesederhana mungkin sesuai dengan fungsi utama dapur tersebut. Bukan berarti mempunyai ruangan yang sempit atau menggunakan bahan yang murah, banyak dapur minimalis yang menggunakan peralatan dapur yang mahal serta ruangan yang luas.

Berikut ini beberapa konsep dapur minimalis memasak dengan efektif dan sederhana namun mempunyai kesan modern dan mewah:

Desain Mini Bar Dapur Minimalis Rustic

Dapur Minimalis Sederhana
Layadecor.com

Konsep ini dengan desain rustic yang didominasi oleh warna-warna netral putih dan hitam, sehingga akan menciptakan tampilan modern yang mempunyai ciri khas. Desain rak juga dibuat dengan konsep tradisional yang memberi sentuhan alami dan rustic.

Pencahayaan pada dapur ada beberapa lampu tambahan dan jendela kaca berukuran besar. Tidak hanya membuat tampilam dekorasi ruangan tampak lebih menarik namun juga menciptakan suasana yang nyaman.

Keunggulan konsep dapur minimalis rustic membuat ruangan terasa lebih besar dengan tampilan yang terlihat sederhana namun dengan konsep modern yang elegan. Agar tidak terlihat terlalu polos dapat ditambah tumbuhan hijau dan elemen kayu.

Desain Mini Bar Dapur Minimalis Trendy

Dapur Minimalis Sederhana
Interiordesign.id
Dapur Minimalis Sederhana
Gmcanantnag.net

Konsep dapur minimalis trendy menggunakan pilihan warna-warna beige sebagai warna utama, agar tampilan dapur terlihat terang dengan nuansa yang lebih hangat. Selain itu, dipadukan dengan lantai warna kayu alami selaras dengan warna dinding yang semakin membuat dapur tampak menawan.

Keunggulan dari konsep dapur minimalis trendy ini yaitu:

  • Warna beige merupakan pilihan warna alternative yang dapat menciptakan tampilan netral selain warna putih dan abu. Apabila warna putih atau abu memberi suasan yang lebih menenangkan dan dingin, sedangkan warna beige membuat ruangan menjadi lebih hangat.
  • Warna focal point merupakan warna yang netral, tetapi dapur minimalis jenis ini akan terlihat mencolok. Penggunaan warna netral akan mempercantik ruangan tanpa harus memilih warna yang terang dan kontras.
  • Tata ruang dari daour ini tidak terlalu luas, namun dengan tata ruang serta pemilihan desain furniture yang tepat, suasananya akan terasa nyaman. Hiasan yang dipasang tidak mengambil banyak ruang. Selain itu, furniture yang sederhana akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih leluasa.

Desain Mini Bar Dapur Minimalis Monokrom

Dapur Minimalis Sederhana
Medium.com

Desain monokrom dimulai dengan cat interior ruangan dengan warna hitam, abu-abu ataupun putih. Dapur bertema monokrom biasanya menggunakan perabot dari bahan marmer ataupun granit. Kursi, meja dan kompor sebagai pendukung.

Tips mempercantik dekorasi dengan nuansa berwarna putih atau abu abu:

  • Beri warna tegas. Warna tegas seperti hitam yang menjadi pilihan banyak orang, warna ini untu memberi sentuhan yang elegan pada dekorasi ruangan dengan warna putih maupun abu-abu. Tidak perlu menambahkan warna hitam denganjumlah banyak, hanya beberapa saja seperti di lampu utama atau furniture.
  • Beri motif dan tekstur. Selain warna, motif maupun tekstur penggunaan lantai juga dapat bermotif, furniture dengan tekstur kayu, keranjang rotan dan lain sebagainya. Motif dan tekstur akan memberi sentuhan yang lebih dekoratif pada ruangan dengan keseluruhan berwarna putih.
  • Hindari penambahan warna kontras. Meskipun warna putih dapat dikombinasikan dengan warna lain, ada baiknya menghindari penggunaan warna-warna yang terlalu kontras. Tujuannya untuk menjaga karakter sederhana dari konsep minimalis.

Desain Mini Bar Dapur Minimalis Vintage

Dapur Minimalis Sederhana
Home-designing.com

Dominasi warna putih akan memberi tampilan menjadi cerah dan sederhana. Countertop dengan aksen hitam dan keramik motif akan mempercantik nuansa netral. Selain itu, desain kursi akan terlihat mencolok diantara yang lain.

Desain Mini Bar Dapur Minimalis Nuansa Alam

Dapur Minimalis Sederhana
Home-designing.com

Kombinasi warna putih dan kayu alami akan menciptakan nuasa alami dan terlihat menakjubkan. Meskipun terlihat minimalis namun sangat menawan, jendela kaca membiarkan sinar matahari masuk dan menawarkan pemandangan outdoor yang indah.

 

Desain Mini Bar Dapur Minimalis Estetik

Dapur Minimalis Sederhana
Decoratorist.com

Pada dasarnya tampilan dapur ini didominasi oleh warna putih dan elemen kayu, kemudian lantai bermotif etnik membuatnya lebih menarik. Warna hitam dan putih pada lantai menjaga karakter dari dapur minimalis. Berikut ini tips memilih lantai yang sesuai untuk dekorasi dapur minimalis:

  • Selaraskan dengan elemen lain. Memilih warna lantai yang selaras dengan elemen ruangan. Selain menyesuaikan dengan warna dinding, juga dapat memilih warna lantai dengan warna atap, meja makan, cabinet maupun elemen ruangan lainnya.
  • Tentukan gaya tampilan. Ada dua pilihan yang yang dapat dipertimbangkan yaitu antara menyelaraskan tampilan lantai dengan dekorasi keseluruhan ruangan atau memanfaatkan lantai untuk memberi sentuhan gaya lain.
    Contohnya, mempunyai dapur minimalis menggunakan lantai bercorak klasik namun dengan konsep modern, warnanya yang selarasa dengan warna dinding atap dan cabinet.
  • Jangan lupakan kenyamanan.pemilihan lantai juga penting agar memasak merasa nyaman. Contohnya, lantai yang dipilih harus mudah dibersihkan. Apabila terjadi penumpahan bahan makanan tidak terlalu sulit membereskannya.

Desain Dapur Minimalis Tanpa Mini Bar

Desain Dapur Minimalis Maskulin

Dapur Minimalis Sederhana
Realestate.com.au

Desain furniture dengan tampilan maskulin menjadi focal point yang menawan. Warna-warna maskulin seperti abu dan hitam semakin terlihat elegan dengan kesan modern yang khas. Beberapa furniture dengan tampilan kayu akan menambah sentuhan rustic yang cantik.

Dapur Minimalis Nuansa Kayu Tanpa Mini Bar

Dapur Minimalis Sederhana
Thedesignchaser.com

Sentuhan kayu pada dapur minimalis dengan dominasi warna putih akan terlihat sangat menawan. Sehingga akan memberikan tampilan yang natural dan cukup unik. Untuk memberi kesan yang lebih rustic, tembok pada ruangan didesain dengan tampilan rawa dengan warna putih.

Dapur Minimalis Elegan Tanpa Mini Bar

Dapur Minimalis Sederhana
Tomhowley.com

Desain dengan warna hitam membuat dekorasi dapur tampak elegan dan maskulin. Warna tersebut selaras dengan motif lantai berwarna abu dengan tampilan rustic.

Keramik bermotif kayu mendekorasi sisi-sisi tembok untuk terlihat lebih menarik. Selain itu, atap kaca pada dapur juga berfungsi sebagai sumber cahaya tambahan pada siang hari.

Dapur Minimalis Nuansa Abu Tanpa Mini Bar

Dapur Minimalis Sederhana
Marivondeco.com

Warna abu selalu menjadi pilihan warna yang tepat untuk dekorasi ruangan agar terlihat lebih modern. Warna abu juga menjadi warna utama yang menciptakan tampilan minimalis yang cantik.

Keunggulan tata ruang dan dekorasi dapur minimasli dapat diterapkan sebagai berikut :

  • Penggunaan tingkatan warna. Meskipun warna abu digunakan sebagai warna utama pada dapur ini, akan tetapi penggunaan tingkatan warnanya yang cermat membuat tetap terlihat menawan. Kombinasi warna abu terang dan gelap yang diterapkan menciptakan dekorasi menjadi netral tanpa adanya tambahan warna kontras.
  • Pintu kaca besar. Pintu kaca besar dengan desain yang elegan akan bekerja baik sebagai salah satu sumber cahaya tambahan yang menerangi ruangan.
  • Penggunaan furniture bergaya modern. Apabila memilih warna abu sebagai warna utama, maka furniture dengan desain modern merupakan pilihan yang tepat untuk dekorasinya. Furniture tersebut akan membuat dapur terlihat kekinian.

Dapur Minimalis Dekoratif Tanpa Mini Bar

Dapur Minimalis Sederhana
Housessive.com

Konsep dapur minimalis dekoratif menjadi salah satu sisi dapur yang dihiasi dengan keramik bermotif bata atau subway tile, yang membuat dekorasi tersebut terlihat lebih dekoratif.

Desain dapur yang vintage menggunakan aksen kayu akan memberi sentuhan rustic yang selaras dengan motif keramik pada tembok. Tampilan dapur ini menggabungkan dua style yaitu style modern dan tradisional yang sangat menginspirasi untuk ditiru.

Ada beberapa tips saat menggunakan subway tile untuk dekorasi dapur dengan desain minimalis, antara lain:

  • Memilih warna netral yang cerah. Beberapa subway tile dengan beragam warna dapat dijumpai di pasaran, tetapi ada baiknya memilih warna yang netral dan cerah. Subway tile dengan pilihan warna abu muda atau putih merupakan pilihan terbaik yang nantinya dapat dipertimbangkan.
  • Adanya sentuhan rustic. Dengan tampilan yang menyerupai bata, akan membuat tampilan dekorasi dapur terlihat lebih klasik dan rustic. Sehingga dapat mempercantik dengan menambahkan beberapa elemen rustic yang lain seperti umbuhan hijau maupun kayu. Penggunaan furniture berdesain klasik akan membuat tampilan menjadi lebih menawan.
  • Sesuaikan dengan elemen lain. Menyesuaikan warna dinding dengan atap akan menciptakan tampilan dekorasi yang selaras. Hal ini membuat ruangan tidak sempit meskipun menggunakan subway tile.
  • Pencahayaan yang baik. Adanya cahaya yang mendukung akan menciptakan nuansa ruanan yang dekoratif dengan teksturnya. Oleh sebab itu, pencahayaan memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga tampilan dapur agar terlihat menarik serta suasana tetap nyaman.

Jenis-Jenis Klasifikasi Dapur

Dapur dibagi menjadi beberapa klasifikasi sebagai berikut:

1. Dapur tradisional

Dapur tradisional adalah dapur yang memasak makanan pada umumnya masih menggunakan alat-alat masak tradisional. Alat tradisional berupa semen atau tungku batu dengan bahan bakar arang atau kayu bakar. Selain itu, peralatan masak yang digunakan masih menggunakan kuningan atau tanah liat, belum menggunakan stainless steel seperti peralatan modern seperti sekarang.

2. Dapur modern

Dapur modern adalah sesuatu hal yang relative. Peralatan masak yang digunakan sebagai tolok ukur modernitas suatu dapur. Semakin berkembangnya zaman, peralatan masak terus berevolusi dan berinovasi sehingga setiap harinya semakin canggih.

Maka dapur modern diklasifikasikan sebagai dapur yang tidak menggunakan tungku sebagai alat memasaknya. Hal ini dikarenakan jika dulu kompor gas sudah termasuk modern, saat ini sudah ditemukan kompor listrik, bahkan ada juga yang memakai gelombang mikro.

3. Dapur basah

Dapur basah berguna untuk menyiapkan serta memasak makanan sehari-hari yang cukup rumit serta memakan waktu lama sehingga akan menimbulkan kotor

4. Dapur kering

Dapur kering digunakan untuk memanaskan makanan yang sudah jadi maupun membuat makanan serta minuman yang mudah dan cepat.

Secara umum, bagian terpenting dalam dapur adalah peralatan memasak yang digunakan. Seperti, kompor dan perangkat masaknya. Selain itu, sumer air dan pembuangan harus ada agar dalam melakukan pembersihan bahan makanan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dapur yang lembab akan menimbulkan jamur dan bakteri mudah berkembangbiak serta serangga yang bersarang di dalamnya.

Manfaat Dapur Minimalis

Manfaat mempunyai dapur minimalis banyak sekali. Antara lain sebagai berikut :

1. Menghemat uang dan waktu

Untuk membeli peralatan dapur tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang. Dengan memilih benda- benda yang digunakan saat memasak sehingga dapat menghemat wajtu.

2. Terhindar dari stress

Tanpa banyaknya tumpukan gelas, piring, sendok dan alat-alat dapur yang lain, dapur minimalis dapat membawa suasana tenang dan rasa lapang yang sangat terasa bagi kesehatan penghuninya.

3. Satu barang yang mutifungsi

Dapur minimalis yang efektif akan mencukupi kebutuhan setiap anggota rumah dengan benda-benda yang sudah bisa digunakan oleh setia orang dibandingkan dengan repot menggunakan gelas-gelas yang berbeda saat menikmati minuman yang berbeda.

4. Mudah dibersihan dan ini akan terlihat cantik

Konsep dapur mininalis tidak membutuhkan cara atau perwatan yang maksimal. Bahkan dapur minimalis lebih mudah dibersihkan, karena tidak terdapat tumpukan barang dan dapur yang akan merusak kenyamanan pengguna.

5. Cocok untuk yang hobi makan di luar

Buat yang terlalu sibuk untuk memasak, dapur minimalis sangat cocok karena jarang digunakan.

Tips Membuat Dapur Minimalis

Ada beberapa tips untuk membuat dapur yang minimalis, yaitu :

1. Kenali gaya memasak keluarga

Ada beberapa keluarga yang hobi memasak bersama atau hanya sekedar memanggang kue, namun ada juga yang tidak suka menghabiskan waktu di dapur. Apabila tidak terlalu suka memasak di dapur, maka dapur minimalis dengan kitchen set minimalis menjadi ide yang sempurna bagi sebuah rumah tangga. Tetapi, apabila ada yang hobi memasak, dapat diatur ruangan serta benda-benda wajib yang ada saat memasak di dapur.

2. Setiap dapur akan mempunyai meja bundar

Bedanya dengan dapur minimalis, meja dapur akan senantiasa memberikan ruangan yang terlihat bersih dan bebas dari tumpukan barang, termasuk oven, mircowve, pisau, mesin kopi dan lain sebagainya.

Di meja dapur minimalis akan hanya ada satu atau dua dekorasi yang bergaya minimalis serta mempunyai fungsi sekalian yaitu tempat pot-pot manis serta tempat tissue.

3. Menyusun sesuai dengan kebutuhan

Untuk benda-benda yang jarang diguanakan, sebaiknya disimpan di rak yang tertinggi. Semakin sering sebuah alat dapur digunakan maka, maka akan semakin mudah aksesnya demi kegiatan masak yang efisien.

4. Teliti dalam menyimpan makanan

Di dapur minimalis , harus lebih teliti dalam menyimpan stok makanan termasuk saat pengunaannya. Apabila ada benda- benda yang lama disimpan, maka dapur menjadi rentan akan tumpukan barang serta stok makanan juga rusak.

5. Pilih kualitas, bukan kuantitas

Prioritaskan fungsional yang memang berguna serta tidak hanya untuk fungsi-fungi kecil seperti pencuci sayur khusus atau penyaring telur.

6. Rajin bersih-bersih

Membiasakan untuk selalu membersihkan dapur setelah pemakaian, agar tidak ada tumpukan gelas, piring atau panci kotor, dan dapur akan selalu siap setiap digunakan kapan pun.

Nah, itulah penjelasan tentang Pengertian, Jenis, Konsep dan Manfaat Dapur Minimalis Sederhana. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Pengertian, Jenis, Konsep dan Manfaat Dapur Minimalis Sederhana maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://gramedia.com

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda