in

Harga Kitchen Set Per Meter Sesuai Bahan (Multipleks, Blokteak, MDF)

Pexels.com

Harga Kitchen Set Per Meter Sesuai Bahan – Ruang dapur akan terlihat lebih sempurna ketika diberikan beberapa furniture di dalamnya. Salah satunya adalah adanya dukungan kitchen set. Baik itu ruang dapur dalam ukuran terbatas maupun lebar, kebutuhan akan kitchen set memang tampak begitu diperlukan.

Banyak banget lho fungsi dari kitchen set jika diterapkan pada ruangan dapur. Selain itu bahan pembuatan dari kitchen set sendiri sudah mulai beragam. Bahkan setiap bahan bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana pribadi Anda.

Artinya, meski dana Anda terbilang terbatas. Namun sebenarnya masih bisa digunakan untuk membeli kitchen set. Dimana nantinya setiap bahan atau material pembuatan kitchen set selalu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Menariknya semakin lama, desain dari kitchen set selalu beragam lho. Nah jika Anda bingung menentukan desain rekomendasi kitchen set. Maka penjelasan pada artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan desain kitchen set.

Pengertian Kitchen Set

Istilah kitchen set memang sudah lama digunakan untuk furniture khusus dapur. Bahkan kepopuleran dari furniture kitchen set sendiri juga semakin meningkat pesat. Secara mudahnya, kitchen set adalah sebuah tempat penyimpanan peralatan dapur.

[algolia_carousel]

Saat ini banyak kitchen set yang terbuat dari berbagai macam pilihan material. Menariknya setiap materi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi sebelum Anda memutuskan memilih kitchen set. Sebaiknya pahami betul bagaimana karakteristik dari setiap material kitchen set.

Selain itu, kitchen set juga dibagi menjadi dua tipe. Tipe kitchen set yang bisa bertahan pada dapur basah dan tipe kitchen set yang hanya bisa digunakan untuk dapur kering.

Penggunaan kitchen set juga bisa dipadupadankan dengan meja makan atau meja bar. Lalu sentuhan lampu dan furniture pendukung lain juga bisa memberikan kesan yang berbeda dari dapur tersebut.

Ciri-Ciri Kitchen Set dengan Kualitas Terbaik

Sebenarnya untuk ciri-ciri dari kitchen set terbaik bisa dilihat dari karakteristik atau kelebihan dan kekurangan dari setiap material yang digunakan. Pasalnya setiap perbedaan material yang digunakan untuk membuat kitchen set selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Terlepas dari itu kondisi kekuatan, warna, ketahananan terhadap serangan air, minyak dan panas juga perlu diperhatikan. Akan lebih baik jika kitchen set yang Anda pilih bisa memiliki kekuatan yang cukup kokoh, tahan serangan air, minyak dan panas.

Selain itu kitchen set tersebut harus bisa berguna sesuai dengan fungsinya dan memiliki dimensi yang cocok dengan ukuran ruangan dapur.

Harga Kitchen Set Sesuai Bahan

Material Kitchen Set

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dalam proses pembuatan kitchen set selalu memiliki bahan material yang berbeda-beda. Bahkan karakteristik dari setiap material yang digunakan untuk membuat kitchen set juga berbeda.

Perlu diketahui juga jika harga dari setiap material pembuatan kitchen set juga terlihat begitu variasi. Hal ini juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda untuk menyesuaikan pembelian kitchen set sesuai dana yang dimiliki.

Nah mungkin beberapa dari Anda masih ada yang belum tahu jenis material apa saja yang digunakan untuk membuat kitchen set sekaligus kisaran harga yang ditawarkan. Agar Anda semakin mengetahui beberapa jenis material dan harga kisaran dari kitchen set. Maka penjelasan yang ada di bawah ini akan lebih mempermudah Anda untuk mengetahui hal tersebut.

1. Multiplek

Multiplek adalah salah satu material yang digunakan untuk membuat furniture seperti kitchen set. Dimana material multiplek ini juga kerap disebut dengan nama plywood. Bisa dibilang juga material multiplek adalah yang paling baik dibandingkan material lain yang digunakan untuk membuat furniture seperti kitchen set.

Bahan dasar pembuatan material multiplek adalah kulit kayu berlapis yang nantinya akan disusun dan dilakukan prosess pressing bertekanan tinggi. Banyak kayu yang bisa dibuat menjadi material multiplek seperti kayu meranti yang terkenal karena kekuatan dan ketahanannya.

Material multiplek sendiri memiliki ketebalan yang beragam. Mulai dari 3 hingga 18 millimeter. Harga dari material multiplek juga begitu bervariatif.

Kelebihan

Multiplek merupakan salah satu material yang tahan terhadap serangan air. Dimana hal ini karena tekstur dari material multiplek begitu rapat. Tak heran jika kitchen set yang terbuat dari material multiplek selalu diterapkan pada area dapur basah.

Penyusunan bahan baku material multiplek dibuat lebih kokoh di bagian luar dibandingkan pada bagian dalam. Hal tersebut agar material multiplek tidak mudah ditekuk dan tetap tahan dari kondisi pemuaian.

Setidaknya jangkauan waktu ketahanan dari material multiplek adalah selama 10 tahun lamanya.

Kekurangan

Karena material multiplek memiliki karakteristik kekuatan yang begitu tinggi. Maka harga yang ditawarkan juga juga terbilang cukup tinggi.

2. Blockboard

Berikutnya ada material blockboard, dimana material ini hampir sama dengan dengan multiplek. Akan tetapi jika dilihat lebih detail lagi, material blockboard dan multiplek sebenarnya memiliki perbedaan.

Perbedaan dari kedua material tersebut sebenarnya pada bagian penyusunan bahan baku. Dimana penyusunan potongan kayu untuk material multiplek adalah secara vertikal. Sedangkan untuk material blockboard adalah disusun secara horizontal.

Sama halnya dengan material multiplek, material blockboard juga bisa dibuat dari berbagai kayu. Sebagai contohnya adalah kayu sengon laut. Dimana beberapa kelebihan dari kayu sengon laut terletak pada kekuatan atau daya tahan terhadap serangan air.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh material blockboard adalah dari segi ketahanan terhadap serangan air. Jika dibandingkan dengan material multiplek, harga dari material block jauh lebih terjangkau.

Sehingga jika Anda memang ingin memiliki kitchen set tahan terhadap serangan air namun dengan dana terbatas. Ya material blockboard bisa jadi salah satu alternatif yang digunakan.

Kekuarangan

Meski terbilang tahan lama, namun material blockboard masih saja memiliki ketahanan yang jauh di bawah material multiplek.

[algolia_carousel page=2]

3. MDF

MDF atau Medium Density Fiberboard adalah satu material yang bisa digunakan untuk membuat furniture seperti kitchen set. Pembuatan material MDF sendiri adalah dari serbuk kayu yang mengalami proses pressing bertekanan tinggi.

Kelebihan

Mulai dari harga sebenarnya material MDF terbilang lebih terjangkau. Selain itu tekstur luar yang diberikan oleh material MDF juga terbilang lebih halus. Menariknya material MDF juga begitu presisi ketebalannya dan juga lebih fleksibel.

Hal inilah yang membuat material MDF lebih mudah ditekuk dan tampak begitu fleksibel.

Kekurangan

Tak tahan terhadap serangan air adalah salah satu kekurangan dari material MDF. Maka dari itu ketika Anda memutuskan menggunakan kitchen set dengan bahan MDF. Maka sangat disarankan untuk diletakkan pada dapur kering.

4. HPL

HPL atau bisa disebut dengan High Pressure Laminate adalah salah satu material pelapis paling luar dari furniture seperti kitchen set. Material HPL sendiri terbuat dari resin dan decorative paper.

Menariknya adanya material HPL pada sebuah furniture seperti kitchen set akan terlihat lebih berwarna. Hal ini dikarenakan material HPL memang memiliki pilihan warna yang tampak beragam.

Kelebihan

Selain memiliki banyak pilihan warna, material HPL juga begitu mudah untuk digunakan. Tak hanya itu saja, pasalnya material HPL juga aman terhadap lingkungan dan mudah untuk dibersihkan.

Dari segi harga, kitchen set dengan material HPL dibandrol dengan harga yang cukup kompetitif.

Kekuarangan

Meski memiliki pilihan warna yang cukup beragam. Namun untuk tahap finishing yang diberikan, material HPL terbilang masih kalah dengan jenis lain seperti cat duco.

5. Decosheet

Tak hanya HPL saja, namun material decosheet juga memiliki bentuk lembaran. Namun material yang digunakan untuk membuat material decosheet adalah plastik dengan ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan material HPL.

Tak jarang material decosheet kerap digunakan untuk membuat furniture kitchen set dapur kering.

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki oleh material decosheet pada furniture kitchen set adalah lebih fleksibel dan tidak mudah mengelupas.

Kekurangan

Agar material decosheet bisa bertahan dengan lama diperlukan pengerjaan dan perawatan terbaik. Sebab kekurangan dari material decosheet adalah ketika tidak dikerjakan dan dirawat dengan baik bisa lebih muda mengelupas.

6. Cat Duco

Terakhir ada material cat duco yang bisa digunakan juga dalam pembuatan furniture kitchen set. Namun dari segi harga yang diberikan, cat duco adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis material lainnya.

Namun di luar itu semua tampilan yang diberikan oleh kitchen set dengan material cat duco selalu lebih elegan. Selain itu material cat duco juga terbilang cukup tahan lama. Meskipun memang dalam proses pembuatannya juga membutuhkan waktu.

Kelebihan

Material cat duco mampu memberikan dua tipe pilihan yaitu tipe glossy dan doff. Selain itu material cat duco juga kerap mendapatkan inovasi seperti marmet dan juga granit.

Kekurangan

Salah satu kekurangan dari material cat duco adalah dari segi harga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika harga dari material cat duco terbilang cukup mahal dibandingkan dengan beberapa material lain.

Harga Kitchen Set Sesuai Bahan

Kisaran Harga Kitchen Set Per Meter Sesuai Bahan (Multipleks, Blokteak, MDF)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika setiap bahan atau material yang digunakan untuk membuat furniture kitchen set selalu memiliki harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga tersebut biasanya dipengaruhi oleh kelebihan dan kekurangan dari setiap material yang ada.

Kebanyakan perhitungan harga material pembuatan furniture kitchen set adalah per meter. Di bawah ini adalah beberapa kisaran harga dari furniture kitchen set sesuai dengan bahan yang digunakan.

  1. Furniture kabinet frame dengan bahan multiplek dengan finishing HPL akan dibandrol dengan kisaran harga Rp 2 juta per meter.
  2. Furniture kabinet frame dengan bahan blockboard dengan finishing HPL akan dibandrol dengan kisaran harga Rp. 1,8 juta per meter.
  3. Furniture kabinet bawah dengan bahan multiplek akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 2 juta per meter.
  4. Furniture kabinet bawah dengan bahan blockboard akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,8 juga per meter.
  5. Furniture kabinet atas dengan bahan multiplek akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,8 juta per meter.
  6. Furniture kabinet atas dengan bahan blockboard akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,6 juta per meter.
  7. Furniture top table dengan bahan marmer atau granit akan dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1.3 jt per meter.

Itulah beberapa kisaran harga dari furniture kitchen set yang dibuat dari berbagai macam bahan berbeda. Namun perlu diketahui juga jika setiap tempat penjualan atau pembuatan furniture kitchen set selalu memiliki perbedaan harga.

Maka dari itu lebih baik jika Anda membandingkan antara satu tempat dengan tempat lain. Hal ini juga akan mempermudah Anda dalam mendapatkan harga yang terbilang cukup terjangkau. Namun setidaknya beberapa contoh kisaran harga di atas bisa sedikit membantu perkiraan dana yang dibutuhkan dalam membeli atau membuat furniture kitchen set.

Rekomendasi Desain Kitchen Set

Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum membeli furniture kitchen set adalah mengetahui desain yang akan digunakan. Nah mungkin saja Anda memiliki kebingungan untuk memilih desain kitchen set yang akan digunakan.

Hal tersebut wajar saja karena memang saat ini sudah banyak rekomendasi desain kitchen set yang bisa dilihat pada halaman pencarian internet. Namun beberapa rekomendasi desain kitchen set yang ada di bawah ini mungkin saja juga bisa lebih membantu Anda.

1. Desain Kitchen Set Nuansa Putih

Harga Kitchen Set Sesuai Bahan
pinterest/livedesain.com

Penerapan unsur putih juga bisa digunakan untuk pilihan warna desain kitchen set lho. Seperti gambar di atas, Anda bisa melihat penerapan nuansa putih yang tampak begitu eksotis. Baik pada bagian furniture kabinet bawah maupun atas sama-sama menggunakan warna putih.

Bahkan desain kitchen set ini tampak begitu simpel dan cocok banget untuk ruangan dengan kondisi ukuran terbatas. Selain itu pemilihan peletakan dengan konsep letter L tampak begitu membuat ruangan menjadi terasa lebih lebar.

2. Desain Kitchen Set Sentuhan Abu-Abu

Harga Kitchen Set Sesuai Bahan
pinterest/Ana

Pada desain yang kedua ini, Anda bisa melihat jika penerapan kabinet yang digunakan adalah pada bagian bawah. Meski hanya bagian bawah, namun fungsi dari kabinet tersebut tetap bisa bekerja dengan baik.

Pasalnya ukuran ruangan dari kabinet tersebut tampak begitu banyak. Hal ini juga akan mempermudah Anda menempatkan perabotan dapur. Sedangkan untuk pengganti kabinet atas bisa dibuat sebuah rak terbuka.

Pada rak terbuka tersebut, Anda dapat menempatkan furniture lain seperti tanaman hias atau sebuah foto. Konsep dinding dengan bentuk ornament hexagon tampak begitu mempercantik ruangan dapur tersebut.

3. Desain Kitchen Set Elegant

Harga Kitchen Set Sesuai Bahan
pinterest/marblebuilderdirect.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika desain kitchen set bisa dilakukan finishing dengan tema marmer. Nah pada gambar di atas, Anda bisa melihat jika penerapan marmet yang diselaraskan dengan nuansa putih bisa memperjelas kesan elegan.

Penggunaan warna putih pada kitchen set dan sentuhan marmer pada bagian meja makan tampak begitu cantik. Bahkan sentuhan warna abu-abu pada kursi juga bisa menjadi unsur pendukung yang paling pas.

Tambahkan lampu menggantung dengan jumlah ganjil agar kesan elegan juga bisa lebih terasa. Jika Anda memimpikan sebuah ruang dapur dengan kitchen set dengan tema elegan. Maka desain ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Nah meski Anda sudah membaca beberapa poin penting tentang desain kitchen set. Namun agar lebih paham lagi kalian bisa membaca buku dengan judul “Seri Gambar Ruang 3D-15 Desain Kitchen Set Elegan” ciptaan Imelda Akmal Architecture Writer Studio.

Harga Kitchen Set Sesuai Bahan

Buku ini pertama kali dirilis pada tahun 2013 lalu dan diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka utama dengan jumlah halaman sebanyak 84 lembar. Nah dengan membaca buku “Seri Gambar Ruang 3D – 15 Desain Kitchen Set Elegan” Anda akan lebih mudah mendapatkan inspirasi desain kitchen set. Baik itu yang elegan, minimalis, maupun sederhana bisa Anda dapatkan di sini selengkapnya.

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Desain Kitchen Set Modern untuk Dapur Rumah Anda
  2. Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk
  3. 15+ Contoh Desain Kolam Ikan Minimalis
  4. Inspirasi Konsep Desain Warung Kecil Depan Rumah
  5. Desain Kolam Koi Minimalis 
  6. Mengenal Fasad Rumah dan Contoh Fasad Rumah Minimalis 
  7. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya
  8. Minimalism: Gaya Hidup Minimalis yang Lekat dengan Anak Muda

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda