in

Kamar Aesthetic Korean: Ide Dekorasi Kamar Kekinian ala Korea

unsplash.com

Kamar Aesthetic Korean – Jika Grameds suka menonton drama Korea mungkin kamu sering gagal fokus dengan desain ruangan kamar yang mungil tapi terlihat rapi dan estetik. Lalu, apakah Grameds pernah berpikir untuk mengubah kamar menjadi ala Korea seperti itu?

Memang tidak mengherankan lagi, jika kini banyak sekali informasi yang dapat dicari untuk mengetahui cara mendekorasi kamar aesthetic Korea di sosial media.

Karena memang desainnya yang membuat terlihat suasananya nyaman, simpel dan hangat, hingga kamar aesthetic korean seakan sudah menjadi konsep favorit yang kekinian.

Lalu, bagaimana caranya membuat kamar aesthetic Korean yang menghadirkan suasana baru yang lebih instagramable dan pastinya kekinian untuk dicontoh dengan budget yang ramah di kantong,

Yuk, baca artikel ini sampai habis supaya Grameds bisa mengetahui tentang cara mendekorasi kamar agar bisa tampak seperti kamar aesthetic Korean yang menggemaskan.

Ide Dekorasi Kamar Aesthetic Korean

1. Lampu meja estetik

Kamar Aesthetic Korean
Tumblr.com

Grameds pasti pernah mendambakan kamar aesthetic ala Korean namun tidak ingin terlalu banyak mengubah yang sudah ada ataupun membeli banyak perabotan yang menguras dompet?

Tenang saja, Grameds bisa membeli sebuah side lamp atau lampu meja yang estetik sebagai hiasan di kamar. Side lamp ini bisa diletakkan di meja belajar maupun meja rias. Grameds bisa membelinya di online shop atau toko offline yang ada di sekitar tempat tinggalmu.

2. Furnitur kayu multifungsi

Kamar Aesthetic Korean
Kompas.com

Buat Grameds pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan dekorasi kamar dengan banyak jenis bahan kayu. Contohnya rak kayu, selain banyak fungsinya, ternyata rak kayu di kamar juga bisa menjadi penyekat loh. Dengan begitu kamar terasa menjadi lebih privat dibanding sebelumnya.

Desain kamar aesthetic Korean memang biasanya menggunakan bahan kayu yang simpel dan pastinya multifungsi. Karena desain kamar aesthetic Korean biasanya lebih fokus pada jenis furnitur daripada bentuk yang ada.

Grameds bisa mencoba menggunakan rak dengan desain minimalis yang biasa digunakan sebagai pembatas ruang. Kamar aesthetic Korean yang terlihat hangat memang bisa menarik perhatian, apalagi buat Grameds yang suka sekali nonton drama Korea.

3. Standing mirror

Kamar Aesthetic Korean
Pinterest.com

Cermin yang diberdirikan atau Standing mirror bisa saja diletakkan di sudut kamar untuk menambahkan kesan kamar aesthetic Koreaan, lho. Grameds bisa membeli standing mirror di online shop maupun custom di toko kaca yang Grameds ketahui.

4. Tambahkan tanaman di kamar

Kamar Aesthetic Korean
Kompas.com

Ternyata selain dijadikan dekorasi, tanaman bisa juga untuk menyegarkan suasana di sebuah kamar dan memberikan nuansa yang alami. Oleh karena itulah, di drama Korea tanaman merupakan salah satu elemen kamar yang sering sekali digunakan.

Grameds juga bisa memilih tanaman khusus indoor untuk memudahkan perawatannya, seperti lidah mertua, sirih, sukulen, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk menempatkan di dalam pot dan taruhlah di area yang dapat terkena sinar matahari. Jangan lupa juga untuk tetap menyiramnya sesekali supaya tetap segar. Kalau Grameds ingin terlihat unik, Grameds bisa menggunakan pot yang lucu serta warna yang mencolok.

5. Split level

Kamar Aesthetic Korean
Ragaminterior.com

Apakah Grameds pernah menonton drama Korea berjudul Legend of The Blue Sea? Jika iya, pasti Grameds tahu kamar unik yang berada di loteng. Dengan menggunakan desain split level, kamar Se Hwa ternyata terlihat lebih lapang dan bahkan terlihat unik saat dilihat.

Jika Grameds mempunyai ukuran kamar yang sempit dan langit-langit kamar ternyata cukup tinggi, Grameds bisa menggunakan desain split level kamar aesthetic Korean. Area di bawah tempat tidurnya bisa dipakai untuk rak penyimpanan atau bahkan lemari tersembunyi. Untuk kamar split level biasanya berjarak 1- 3 meter. Tapi bisa juga dibuat lebih rendah, misalnya 30 cm saja.

6. Gaya lesehan

Kamar Aesthetic Korean
Homeshabby.com

Tak jarang saat menonton film/drama Korea, Grameds menemukan konsep kamar lesehan karena ukuran kamar yang kecil dan penghuninya pastinya masih jomblo atau anak-anak.

Meskipun Grameds sudah berpasangan ternyata menerapkan konsep kamar lesehan bisa menjadi salah satu ide yang bagus, lho. Jangan lupa untuk tetap menggunakan furnitur yang rendah supaya bisa mendukung konsep gaya lesehan tersebut. Grameds juga dapat menggantikan kursi yang tinggi dengan sebuah bantalan kursi saja maupun bean bag sebagai tempat duduk yang nyaman.

7. Gaya maskulin

Kamar Aesthetic Korean
Pinterest.com

Ternyata di beberapa drama Korea, setting kamar pemeran pria juga bisa diterapkan di dalam rumah Grameds juga. Contohnya seperti di drama Uncontrollably Fond, kita bisa mengikuti desain kamar Kim Woo-bin yang saat itu berperan menjadi aktor Joon-young. Kamar tersebut terlihat minimalis dengan menggunakan lantai kayu dan furnitur berwarna cokelat gelap yang ternyata membuat kamar Joon-young terlihat simpel sekaligus maskulin.

Untuk lemarinya built in sampai ke langit – langit, contohnya kamar Joon – young, agar kamar terlihat rapi bahkan luas. Grameds juga dapat membuat sebuah ranjang yang menyatu dengan meja samping. Jangan sampai menaruh banyak dekorasi maupun barang di kamar, ya Grameds! Supaya kamar tidak terlihat membosankan, Grameds juga bisa meletakkan satu lukisan maupun foto besar sebagai focal point.

8. Sprei, sarung bantal, dan selimut jangan lupa diubah

Grameds jika bingung harus memulai mendekor kamar mulai dari mana, ternyata yang paling mudah namun bisa membuat tampilan kamar menjadi berbeda dalam seketika adalah kasur atau tempat tidur. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah kasur yang harganya bisa terbilang sangat mahal, Grameds bisa mengubahnya dengan menggunakan sprei, sarung bantal, guling, dan selimut baru yang estetik.

Untuk motifnya, Grameds bisa memilih motif polos atau kotak – kotak atau biasa disebut gingham. Sedangkan untuk pewarnaanya bisa menggunakan warna yang kalem, contohnya abu-abu muda, putih, coklat, hijau, dan warna pastel lainnya. Pilihlah warna dan motif yang sesuai supaya kamar Grameds bisa terlihat menarik dan nyaman.

9. Tambahkan karpet bulu

Kamar Aesthetic Korean
Kompas.com

Saat sedang menonton drama Korea pasti ada beberapa adegan yang dilakukan di dalam kamar. Saat memperhatikan dekorasi yang ada tentu Grameds akan melihat beberapa barang yang selalu ada, seperti karpet. Selain membuat kaki Grameds tidak terasa dingin, ternyata karpet bulu bisa menambah kesan estetik di kamar.

Selain itu, ternyata karpet bisa mendatangkan suasana yang nyaman. Supaya suasana kamar terlihat makin indah, maka jangan lupa untuk memilih material karpet yang berkualitas dan cenderung lembut saat disentuh. Selain itu, pikirkan dengan matang jika ingin menambahkan karpet bulu berwarna putih, meski akan terlihat jelas jika terkena kotoran, tapi sifatnya yang netral membuatnya pasti mudah untuk dipadukan dengan jenis furnitur lainnya.

10. Warna netral untuk dinding kamar

Kamar Aesthetic Korean
Dekoruma.com

Selain dekorasi di lantai, salah satu ciri khas kamar ala korea merupakan penggunaan warna yang bersifat netral, terutama untuk warna dindingnya. Jadi, Grameds pastikan untuk kamar yang saat ini sedang digunakan sudah diwarnai dengan cat yang berwarna netral. Warna netral ternyata bisa memberikan kesan yang bersih dan rapi pada kamar, dan bisa dimanfaatkan dengan mudah untuk pengaplikasi apapun.

Warna netral ini misalnya putih, beige, pastel, bahkan hitam atau abu-abu. Namun, ada beberapa orang yang tidak suka dengan kesan polos. Tenang saja, jika Grameds tidak suka dengan tema polos, kamu bisa menambahkan wallpaper dengan motif favorit dan masih dengan warna netral. Dijamin efek rapi dan bersih tetap akan terlihat.

11. Atur lighting kamar supaya tetap terlihat cerah

Kamar Aesthetic Korean
Pinterest.com

Memperhatikan pencahayaan atau lighting di kamar ternyata bisa mendatangkan suasana seperti yang ada di Korea, lho Grameds. Jika diperhatikan lebih dalam ternyata kamar aesthetic Korean mempunyai ciri khas yang unik yaitu penggunaan cahaya alami dari sinar matahari untuk pencahayaan pada siang hari dan pastinya menghemat listrik juga. Sedangkan untuk malam hari ternyata kebanyakan mereka menambahkan sebuah lampu hias yang cantik dan kesan menarik. Tidak lupa penambahan lampu belajar atau meja dengan bentuk yang unik dan mempunyai cahaya yang cenderung lebih lembut dan hangat.

Jika Grameds ingin mempunyai kamar yang terlihat seperti kamar orang Korea maka bisa juga mengatur posisi kasurnya supaya dekat dan bahkan menempel dengan jendela. Kasur yang dekat dengan jendela ternyata semakin memberikan kesan yang hangat pada kamar. Selain itu memudahkan juga Grameds dalam melihat suasana pagi hari saat matahari sedang terbit.

12. Tema vintage

Kamar Aesthetic Korean
iconickdramas.com

Terakhir, jika Grameds ingin mempunyai kamar aesthetic Korean yang bertema vintage namun ingin tetap terlihat elegan, coba tiru saja kamar Ko Moon – yeong di dalam drama It’s Okay Not to be Okay. Kamar tersebut ternyata sebelumnya ditempati oleh orang tuanya yang dipenuhi dengan gaya furnitur kayu klasik, sehingga menampilkan kesan yang elegan sekaligus terlihat mewah.

Grameds juga dapat menirunya dengan meletakan ranjang empat tiang dan menggunakan partisi dengan balutan motif tradisional, contohnya motif batik kawung. Supaya suasana kamar tidak terlihat terlalu gelap maka Grameds bisa mengombinasikannya dengan kursi maupun meja yang simpel dengan warna beige dan memasangkan sebuah tirai berwarna krem maupun putih.

[algolia_carousel page=2]

Rekomendasi Buku untuk Mendukung Kamar Aesthetic Korean-mu

1. Inspirasi desain interior modern

Perubahan zaman dan pesatnya kemajuan teknologi nyatanya berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan untuk hunian, terutama di daerah perkotaan. Buku Inspirasi Desain Interior Modern ini bisa menjadi salah satu bacaan yang mampu menambah ide dalam merenovasi atau membuat kamar aesthetic Korean menjadi lebih nyaman.

2. Desain Rak dan Lemari Mungil untuk Rumah Minimalis

Interior sangat penting bagi penampilan rumah. Di dalam rumah sebuah tatanan furnitur berpengaruh terhadap suasana hati si penghuni. Buku berjudul Desain Rak dan Lemari Mungil untuk Rumah Minimalis ini menyajikan beragam desain rak dan lemari dengan inovasi terbaru, yaitu rak pajangan, rak buku, rak gantung, rak sepatu, rak tv, juga lemari pajangan.

Di dalam buku ini Grameds dapat menemukan desain rak dan lemari idaman yang bisa menambah kegembiraan dan menghidupkan suasana yang berbeda dalam rumah.

3. 37 Konsep Hunian Tropis

Ada dua prinsip utama yang bisa dijadikan pedoman dalam mendesain rumah, yang pertama yaitu desain rumah harus sesuai dengan iklim di sekitar. Dalam konteks iklim Indonesia yang tropis, maka rumah yang didesain juga harus dapat berhadapan dengan iklim tropis yang cenderung panas, lembap, dan sering turun hujan.

Prinsip kedua yaitu desain maupun bentukan dari rumah yang nantinya akan direnovasi maupun dibangun. Kedua prinsip tersebut dijabarkan secara sederhana dan jelas melalui desain-desain yang terdapat di dalam buku ini.

4. 150 Best Mini Interior Desain

Menampilkan interior yang menunjukkan keindahan dan kesederhanaan desain ruang kecil, adalah volume terbaru dalam seri 150 Best Mini Interior ideas. Buku yang berisikan foto-foto menakjubkan, denah lantai, dan teks yang berwawasan luas ini akan membantu Grameds menemukan bagaimana arsitek dan desainer dari seluruh dunia bekerja dalam ruang sempit untuk menciptakan ruang hidup yang inovatif.

Buku ini juga memprofilkan beragam rumah, mulai dari konstruksi pedesaan dan perkotaan hingga town house dan renovasi. Kita juga bisa memahami bagaimana memanfaatkan dinding, lantai, dan furnitur untuk membuat ruangan kecil tampak besar, dan berbagi metode lain serta trik dekorasi untuk menginspirasi pemilik rumah dan desainer.

Buku ini juga menjelaskan sistem penyimpanan rahasia, furnitur yang dapat diubah, dan perhatian terhadap bahan digabungkan untuk menciptakan rumah yang unik dan fleksibel. Kita bisa mengetahui desain fungsional dan mencolok yang dimaksudkan untuk memaksimalkan ruang paling minimal.

5. Simple Interior Makeover

Mengubah tampilan ruangan tidak selalu harus berbiaya besar dan menghabiskan banyak waktu. Cukup dengan mengganti atau menambahkan beberapa elemen interior saja sudah dapat “menyulap” wajah ruangan menjadi berbeda. Selain menyajikan beragam contoh, buku ini juga memberikan berbagai tips dan trik praktis mendapatkan tampilan dan gaya interior baru lewat beberapa langkah mudah, murah, dan cepat.

Demikian ide dekorasi kamar aesthetic Korean yang bisa Grameds ikuti agar bisa memperbarui suasana kamarmu. Tentunya akan sangat nyaman jika Grameds bisa beraktivitas dengan nyaman di kamar yang kekinian. Grameds bisa mendapatkan buku-buku terkait referensi desain dan interior di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan produk terbaik, supaya Grameds bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Pristia

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Kamar Aesthetic Korean

  1. Daftar Buku Desain Interior 2022 di Gramedia
  2. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya
  3. Kombinasi Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana
  4. Rekomendasi Desain Kitchen Set Modern untuk Dapur Rumah Anda
  5. 15 Contoh Sekat Ruang Tamu Kecil
  6. Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ukuran 7×9 dan 7×12
  7. Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Minimalis
  8. Mengenal Mezzanin dan Contohnya untuk Mempercantik Rumah Idaman

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda