in

Inspirasi Desain Kamar Mandi Kecil

Kamar mandi merupakan tempat yang pasti dibutuhkan di setiap tempat, merupakan tempat untuk kita membersihkan tubuh, dan yang terpenting untuk melakukan aktivitas yang pasti kita lakukan yaitu membuang air kecil dan besar.

Namun kebanyakan orang kurang memperhatikan pendesainan pada kamar mandi. Padahal melalui desain kamar mandi akan berdampak kepada seseorang yang akan menggunakannya, dimana dampak dari desain kamar mandi bisa membuat seseorang memiliki mood yang berbeda saat melakukan aktivitas membersihkan tubuh.

Pastinya jika memiliki kamar mandi dengan desain yang enak dilihat pasti akan menaikan mood dari orang yang masuk kedalam kamar mandi. Walaupun bisa dikatakan kebanyakan bentuk kamar mandi relatif kecil namun ukuran yang kecil ini tetap bisa digunakan maksimal selayaknya fungsinya untuk membersihkan tubuh dan membuang air, namun selain untuk melakukan fungsinya lebih baik kamar mandi memiliki desain yang “enak dilihat”. Berikut inspirasi untuk mendesain kamar mandi kecil kalian, namun sebelum memilih model-model yang akan dipilih dalam pendesainan kamar mandi kalian harus memperhatikan beberapa aturan – aturan untuk mendesain kamar mandi agar menjadi nyaman juga fungsional nantinya,

Rekomendasi buku: 22 Desain : Kamar Mandi Mungil

Seri Gambar Ruang 3D - 22 Desain Kamar Mandi Mungil

Deskripsi Buku:

Anda pasti setuju, kamar mandi yang bersih dan sehat mencerminkan keapikan rumah dan penghuninya. Karena itu, sudah sepantasnya ruang paling privat untuk membersihkan dan merawat diri ini dibuat dan ditata sebaik mungkin. Selain untuk penghuni rumah, kenyamanan para tamu saat menggunakannya pun patut dipikirkan. Desain atraktif menjadi nilai plusnya.

 

Aturan Dalam Desain Kamar Mandi

 

1. Mempertimbangkan kebutuhan penggunaan

Dimana kalian bisa menyesuaikan kebutuhan penggunaan masing-masing, karena bila diingat kamar mandi merupakan ruangan yang akan digunakan setiap saat untuk kalian sendiri dan juga orang lain. apa orang yang tinggal dalam rumah kalian memiliki anak keci, orang tua, seberapa banyak jumlah yang tinggal sehingga kalian perlu menyediakan tempat penyimpanaan yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

2. Mempertimbangkan keperluaan kedepannya

Kalian perlu memikirkan beberapa hal jika kalian ingin menempati rumah dengan jangka panjang atau hanya sementara. Karena jika kalian akan menempati tempat tinggal kalian untuk waktu yang cukup lama, kalian harus memikirkan tamu yang akan berkunjung ke rumah kalian, sehingga kalian bisa lebih mempertimbangkan hal apa saja yang perlu dan tidak perlu ada dalam kamar mandi, hal yang perlu jika kalian memiliki keluarga yang sudah lanjut usia sehingga kalian perlu menambahkan tiang-tiang untuk penyangga dan memikirkan undakan agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah agar tetap nyaman untuk digunakan semua kalangan usia.

3. Mempertimbangkan penyimpanan yang cukup

Tempat penyimpanan dalam kamar mandi ini perlu untuk dipertimbangkan banyak orang yang melupakan tempat penyimpanan yang memiliki fungsi untuk menyimpan keperluan untuk membersihkan kamar mandi serta penyimpanan untuk kebutuhan dalam aktivitas membersihkan tubuh, dll. Dimana kalian bisa menambahkan hal-hal seperti lemar, rak, kabiner, dll, agar terlihat lebih tertata dan terlihat rapi dan bersih.

4. Mempertimbangan pencahayaan alami

Jika bisa mendapatkan akses pencahayaan alami dari luar seperti jendela di samping atau atas kamar mandi dapat memberikan kesan yang alami di pagi dan siang hari serta menghemat listrik karena tidak memerlukan lampu, hal ini juga membantu memperlambat jamur, lumut yang akan tumbuh dalam kamar mandi.

5. Mempertimbangkan sirkulasi udara yang cukup

Sirkulasi udara dalam kamar mandi harus cukup dan selain pencahayaan alami sirkulasi udara yang cukup ini juga akan memperlambat pertumbuhan jamur dan lumut. Jika kalian tidak bisa mendapatkan pencahayaan alami dengan jendela kalian bisa fokus pada sirkulasi ini, dimana kalian bisa membeli exhaust fan agar melancarkan sirkulasi udara dalam kamar mandi kalian

6. Mempertimbangkan jenis dinding kamar mandi

Dalam pemilihan dinding kamar mandi kalian juga bisa memilih keramik yang akan melindungi dinding kamar mandi karena tahan dengan air dan kelembapan yang tinggi

7. Mempertimbangkan tempat untuk menggantung kebutuhan mandi

Kalian juga harus memperhatikan ruang untuk menggantung peralatan seperti handuk, pakaian, dll yang merupakan keperluan untuk membersihkan tubuh

Setelah mempertimbangkan hal-hal yang harus kalian ketahui sebelum memilih desain kamar mandi sekarang kalian dapat melihat inspirasi untuk model-model yang cocok untuk kamar mandi kecil.

Rekomendasi buku: 62 Kamar Mandi 

Seri Rumah Ide - 62 Desain Kamar Mandi

Model Desain Kamar Mandi Kecil

Ada banyak ragam desain yang bisa kalian pilih, berikut beberapa model desain kamar mandi dengan ukuran kecil, berikut ini contoh-contohnya.

  • Model scandinavian

Model scandinavian merupakan model yang popular dan digemari banyak orang, cocok untuk desain kamar mandi dengan ukuran kecil, akan terlihat modern dan minimalis. Pemilihan warna yang netral. Model desain skandinavia ini muncul pada awal abad ke 20 dan menjalar di tahun 1995. Dimana para desainer dari negara eropa sama-sama memiliki tujuan untuk melakukan inovasi dan modernisasi agar munculnya tren yang fresh dan baru nantinya. Mulai dari sini para desainer dari skandinavia memulai pengembangan pada aspek estetika suatu produk, keindahan, kesederhanaan, kebersihan merupakan konsep utama dari desain skandinavia. Di negara amerika utara dan eropa mulai berkembang dana mulai mempengaruhi melalui pengenalan dan mempopulerkan konsep dari scandinavia ini, di tahun 1995 mulai menyebar secara luas.

Rekomendasi buku: 20 Kamar Mandi : Modern, Natural, Minimalis

Seri Gambar Ruang 3D - 20 Kamar Mandi Modern, Natural, Minimalis

Deskripsi Buku:

“20 Kamar Mandi Modern, Natural, Minimalis dipilih sebagai judul pembuka seri baru ini karena selain peran yang krusial, ruang membilas diri ini sudah “”naik kelas”” menjadi area bergengsi. Tak heran jika tuntutan akan kebutuhan dan tampilan kamar mandi kian beragam, misalnya yang khusus untuk balita atau manula, atau yang dipisahkan areanya berdasarkan pengguna, misalnya untuk suami dan untuk istri.

Ciri Model Skandinavian

Ciri khas dari model skandinavia adalah terinspirasi dari alam dan ilim, dimana memiliki nilai indah, sederhana, dan bersih. Juga memiliki aksesibilitas dimana bahan baku yang diperlukan untuk membentuk model scandinavian ini mudah ditemukan dan bisa digunakan bagi semua kalangan tanpa terkecuali. Hal-hal ini akan terlihat melalui model scandinavia yang memiliki desain-desain sangat dominan, namun juga memiliki ciri khas yaitu,

  • memiliki ikatan kuat dengan alam karena selalu menggunakan bahan dasar kayu yang bisa digunakan untuk mendesain ruangan baik diluar maupun didalam, dan desain ini memiliki ciri khas alami dan hangat. Desain ini berlaku untuk mendesain banyak hal seperti furniture, lantai ataupun langit-langit. Namun penggunaan furniture sangat di minimali agar memiliki kesan yang sederhana
  • fungsi dan nilai estetika diprioritaskan, dimana desain skandinavia ini sangat mengutamakan fungsi dan juga nilai estetika dimana kebanyakan furniture yang digunakan dengan desain skandinavia ini memiliki sifat yang fungsional, tahan lama serta memiliki kesan yang natural.
  • memaksimalkan tata letak furniture, dimana letak  disini menjadi ciri khas dari model skandinavia yang bertujuan memunculkan rasa nyaman dan memaksimalkan tiap ruangan dan cenderung furniture dari model ini minim namun juga detail. Sehingga menghasilkan ruangan dengan warna yang netral

 

  • Model natural namun tetap modern

Kalian bisa mencoba model modern natural ini walau hanya memiliki ruang kecil dengan cara menambahkan tanaman-tanam di dalamnya namun tidak lupa dengan menyandingkan dengan nuansa natural dari tanaman yang bisa kalian letakkan di sudut  kamar mandi dibalut dengan pemilihan keramik dan pemilihan furniture yang modern seperti black splash marmer, bentuk hexagonal, teraso, sisik hitam, dan jika kalian tidak menyukai jenis keramik yang bermotif bisa memilih keramik dengan warna yang natural seperti warna earth tone dan monokrom.

 

  • Model oriental ala negara jepang

Meskipun hanya memiliki ruang yang kecil model oriental dari negara jepang ini. Dengan bermodalkan bahan parket kayu hinoki yang memiliki empat elemen berbeda yakin api (panas, air, udara (uap) dan bumi (kayu). Biasanya ada beberapa hal yang ada dalam kamar mandi ala jepang ini yaitu pohon bambu, hiasan ala jepang, kerikil, lilin aroma terapi serta pemilihan warna dinding yang natura. Jika ruang kamar mandi kecil kalian bisa menambahkan bathup akan menjadi nilai tambah dimana pasalnya hal ini bisa menjadi tempat peristirahatan setelah melakukan aktivitas diluar.

 

  • Model batu alam

Penggunaan batu alam menjadi salah satu desain inspirasi ini akan memberikan suasana yang sederhana dan juga fresh. Penggunaan batu alam disini bisa dijadikan dinding hingga lantai, namun bisa memilih warna-warna cerah untuk perabotan yang berada di dalam kamar mandi sebab warna dari batu alam cenderung memiliki warna yang gelap.

 

  • Model atap kaca

Model atap kaca merupakan salah satu kamar mandi dengan desain yang sederhana dan telah banyak digunakan di berbagai villa. Kamar mandi dengan desain ini pada umumnya digunakan untuk memberikan kesan minimalis.

Keuntungan dari model kamar mandi ini hanya membutuhkan ukuran kecil, dan pada umumnya cocok sebagai pilihan desain kamar mandi di sebuah rumah. Dengan adanya penggunaan atap kaca, kamar mandi dengan desain ini akan memberikan tampilan yang sederhana.

Dengan penggunaan atap kaca tersebut, akan menampilkan keindahan dari pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan tersebut yang secara langsung di dapat dari sinar matahari.

Model atap kaca juga seringkali digunakan oleh berbagai desain rumah yang mengusung tema lebih modern. Grameds dapat memasangkan model ini dengan berbagai warna yang memiliki tone cerah seperti halnya warna putih.

Atau juga, Grameds dapat menggunakan model unfinished pada bagian tembok ruangan untuk memperlihatkan kesan yang lebih modern serta minimalis.

Untuk sentuhan tambahan, kamu juga bisa menambahkan bathtub  yang terbuat dari batu alam. Namun, jika memang ukuran dari ruangan tidak mencukupi, Grameds dapat menambahkan batu alam pada bagian lantai untuk memberikan kesan yang lebih natural.

Rekomendasi buku: 40 : Kamar Mandi Cantik

40 Kamar Mandi Cantik

Deskripsi Buku:

Salah satu cara mudah dalam membentuk tampilan kamar mandi agar lebih menarik adalah dengan mengatur komposisi keramiknya. Tak perlu bingung dan ragu. Buku ini memberikan beragam panduan dan inspirasi penataan keramik agar kamar mandi tampil cantik. Tiap inspirasi dilengkapi dengan gambar kerja (denah, tampak, potongan); spesifikasi motif dan ukuran; hingga estimasi kebutuhan keramik.

Perbedaan Desain Skandinavia dan Minimalis 

Dari berbagai model desain kamar mandi yang sudah dijelaskan diatas, desain skandinavia seringkali disamakan dengan desain minimalis, dimana hal tersebut merupakan pernyataan yang keliru.

Memang pada dasarnya, kedua konsep desain tersebut memiliki konsep dasar yang sama. Namun, perbedaannya sendiri dapat kita lihat pada pemilihan warna serta material yang digunakan.

Pada umumnya, pemilihan warna yang ada pada desain skandinavia menggunakan furnitur yang berfokus pada keseimbangan yang ada diantara bagian mencolok serta menenangkan. Sedangkan, jika kita lihat pada desain minimalis sendiri seringkali pemilihan warnanya menggunakan campuran antara warna cerah dengan tenang.

Terdapat pula perbedaan dari material utama yang digunakan dari kedua desain tersebut yang cukup signifikan. Menurut Elledecor, desain kamar mandi yang menggunakan model minimalis seringkali menggunakan bahan gabungan antara plastik yang tahan karat, krom, serta plastik berpernis.

Dan, jika dibandingkan dengan desain kamar mandi yang menggunakan model skandinavia, bahan yang pada umumnya digunakan adalah bahan organik yang memiliki hubungan dengan alam, seperti halnya kayu yang pada umumnya digunakan pada model kamar mandi ini.

Berdasarkan penjelasan di atas tersebut mengenai dua model kamar mandi yang ada, dapat disimpulkan bahwa karena prinsipnya yang sama dengan berfokus pada tampilan yang sederhana serta tidak mencolok, membedakan kedua desain tersebut menjadi lebih sulit.

Namun, hal tersebut merupakan hal yang wajar bagi kita sebagai pengguna akhir atau yang dapat disebut sebagai end user alias yang memiliki kesukaan atas penampilan interior yang berkesan minimal, sederhana, serta fungsional.

Rekomendasi buku: 75 : Desain Kamar Mandi Favorit

75 Desain Kamar Mandi Favorit

Deskripsi Buku:

Tak lengkap rasanya sebuah rumah tanpa kamar mandi. Ruang ini sangat vital sebagai tempat penghuni rumah membersihkan diri. Tak jarang, kamar mandi juga dijadikan area relaksasi setelah seharian berkutat dengan rutinitas. Ada anggapan di masyarakat bahwa bagus tidaknya sebuah rumah salah satunya tercermin dari interior kamar mandinya.

Tipe desain dari kamar mandi kecil minimalis sederhana

Berikut ini beberapa ada beberapa yang seringkali menjadi tipe saat mendesain kamar mandi dengan model minimalis sederhana. Simak informasi berikut.

  • Desain

Yang menjadi tipe dari kamar mandi minimalis pertama yaitu desain. Pada umumnya untuk mendapatkan kamar mandi dengan tipe minimalis sederhana, kamu harus memilih desain yang tepat menyesuaikan dengan ukuran dari ruangan tersebut.

Patikan beberapa hal mendasar yang harus ada dalam kamar mandi sudah dipikirkan terlebih dahulu, seperti halnya tempat penampungan air serta kloset.

Selain itu, pada model rumah modern juga lebih banyak menggunakan wc duduk beserta shower. Untuk membuat shower yang baik sendiri kamu harus memberikan ruangan tersendiri melalui penggunaan sekat.

  • Perabot

Yang menjadi tipe dari kamar mandi minimalis kedua yaitu perabot. Dimana, pada umumnya untuk mendapatkan kamar mandi dengan tipe minimalis sederhana, kamu harus menyesuaikan ukuran bak penampungan air pada ruangan tersebut.

Jika ingin menggunakan bathtub yang memiliki kesan minimalis juga bukanlah kesalahan. Hal yang terpenting adalah mempertimbangkan ukuran ruangan yang akan dijadikan kamar mandi tersebut terlebih dahulu.

Jika ukuran ruangan yang kamu miliki terlalu kecil, maka bathtub bukanlah pilihan yang tepat. Untuk memberikan kesan lebih luas serta pencahayaan yang lebih besar, kamu juga dapat meletakkan sebuah cermin pada dinding kamar mandi.

Saat ini sendiri, kamu sudah dapat menemukan peralatan yang multifungsi. Seperti halnya, cermin dinding yang juga dapat dijadikan sebagai rak untuk meletakkan perlengkapan mandi.

  • Warna

Yang menjadi tipe dari kamar mandi minimalis ketiga yaitu warna. Dimana, pada umumnya untuk mendapatkan kamar mandi dengan tipe minimalis sederhana, kamu dapat memilih warna terang untuk dinding, lantai, serta plafon ruangan tersebut untuk memberikan kesan lebih luas, bersih, serta rapi.

  • Keramik

Yang menjadi tipe dari kamar mandi minimalis keempat yaitu keramik. Dimana, pada umumnya untuk mendapatkan kamar mandi dengan tipe minimalis sederhana, kamu juga dapat menggunakan keramik di dinding serta lantai ruangan kamar mandi.

Dengan menggunakan keramik lantai kamar mandi dengan tekstur kasar, kamu juga dapat meminimalisir resiko kecelakaan. Jika kamu memang ingin menggunakan keramik dengan tekstur licin, gunakan pada dindin dari ruangan kamar mandi tersebut.

  • Pencahayaan

Yang menjadi tipe dari kamar mandi minimalis kelima yaitu pencahayaan. Dimana, pada umumnya untuk mendapatkan kamar mandi dengan tipe minimalis sederhana, kamu juga dapat menggunakan lampu berwarna putih yang dapat memberikan kesan lebih luas serta bersih untuk sebuah ruangan jika dibandingkan dengan warna kuning maupun redup.

  • Ventilasi

Yang menjadi tipe dari kamar mandi minimalis keenam yaitu ventilasi. Dimana, pada umumnya untuk mendapatkan kamar mandi dengan tipe minimalis sederhana, kamu harus memberikan ventilasi yang cukup di sebuah ruangan kamar mandi agar nantinya tidak menjadi lembab maupun terasa pengap.

Kamu juga dapat menambahkan pewangi ruangan yang dapat digantung agar ruangan kamar mandi yang kamu miliki terasa lebih segar.

Nah, itulah penjelasan mengenai berbagai inspirasi desain kamar mandi kecil yang dapat Grameds gunakan sebagai referensi. Seperti yang dapat kita lihat, terdapat berbagai model desain kamar mandi yang bisa kamu gunakan.

Jika Grameds ingin mencari informasi lebih dalam mengenai desain maupun arsitektur, kamu dapat membaca berbagai buku yang ada di Gramedia yang pastinya mudah dipahami dan kaya akan informasi. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu Grameds. Semoga bermanfaat!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea