in

Contoh Jendela Minimalis dan Mengenal Pilihan Terbaik untuk Rumah

unsplash.com

Contoh Jendela Minimalis – Jendela rumah dapat diartikan sebagai salah satu lubang yang terdapat penutupnya. Biasanya dipasangkan didalam dinding rumah atau bangunan lainnya yang mempunyai berbagai macam bentuk, contohnya berbentuk persegi panjang, segitiga, lingkaran ataupun tak beraturan.

Semakin berkembangnya zaman, jendela rumah dibuat dengan bahan dan kualitas yang bagus. Hal ini karena masyarakat umum sudah banyak yang mengerti tentang kelebihan rumah minimalis, meskipun pada dasarnya fungsi jendela masih tetap sama dan tidak banyak berubah.

Jendela minimalis merupakan jendela yang dibuat secara tepat guna, rapih tanpa mmepunyai banyak ornament serta diletakkan di tempat yang memang diperlukan.

Pembuatan jendela minimalis tidak hanya berfungsi sebagai penghias rumah saja, namun juga untuk sirkulasi udara serta pencahayaan yang sesuai dengan kondisi dan lokasi rumah pemilik.

Fungsi Jendela Rumah

Pada dasarnya fungsi jendela sama yaitu sebagai fasilitas untuk masuknya sinar matahari dari luar ke dalam rumah. Cahaya matahari yang masuk ke dalam berfungsi untuk membantu membunuh bakteri maupun kuman yang ada di dalam rumah. Bakteri atau kuman dapat menyebabkan penyakit bagi para pengguna rumah.

[algolia_carousel]

Selain untuk membunuh bakteri atau kuman, manfaat cahaya matahri sebagai pengganti cahaya lampu listrik agar kedaan rumah bisa terang dan tidak gelap. Sehingga penghuni rumah dapat menghemat biaya pemakaian listrik.

Fungsi jendela rumah yang lain adalah sebagai dekorasi atau pemanis rumah karena tanpa adanya jendela didalam rumah ada sesuatu yang hilang seperti pepatah sayuran tanpa garam.

Manfaat Jendela Rumah

Manfaat jendela sebagai media untuk sirkuas udara yang masuk ke dalam rumah, sehingga keadaan rumah tidak lembab ataupun apek. Jendela dibuka, udara akan bertukar dengan udara di dalam.

Berikut ini manfaat jendela untuk kehidupan sehari-hari :

1. Melihat kondisi di luar ruangan

Jendela yang terbiasa dibuka dapat melihat bebas ke luar ruangan. Hal ini berfungsi untuk mengawasi dan mengamati keadaan diluar ruangan

Dengan adanya jendela, bisa melihat kondisi ruangan aman atau melihat kejadian apa saja yang terjadi di luar ruangan.

2. Sebagai pintu masuk udara dan cahaya matahari

Fungsi jendela mempunyai manfaat yang penting untuk masuknya cahaya matahari, terutama di pagi hari dan siang hari. Dengan masuknya sinar matahari, maka kondisi rumah akan menjadi lebih terang dan ruangan juga tidak membutuhkan cahaya lampu tambahan. Hal ini akan bermanfaat bagi pemakaian listrik yang menjadi lebih murah dan lebih hemat.

3. Sirkulasi udara

Jendela merupakan hal tepenting di ruangan rumah. Jendela dapat membantu memberikan sirkulasi udara pada ruangan, sehingga udara lama yang berada di ruangan dapat ditukar dengan udara baru yang segar dan menyehatkan.

Selain itu, udara lama tanpa adanya sirkulasi menyebabkan kondisi ruangan menjadi lebih apek dan bau tidak sedap. Tentunya sangat mengganggu kesehatan karena dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Dengan membuat jendela maka dapat memanfaatkan serat bambu yang memperbaiki sirkulasi udara masuk melalui cela-cela bambu tersebut.

4. Sebagai emergency exit

Fungsi jendele pada beberapa ruangan seperti kantor dan rumah atau kendaraan yaitu bus dan kereta, jendela sering difungsikan serta dimanfaatkan sebagai emergency exit alias pintu keluar darurat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya, kecelakaan, kebakaran dan berbagai macam kejadian lainnya yang dapat membahayakan nyawa siapapapun di dalam ruangan tersebut.

5. Sumber inspirasi

Dengan melihat pemandangan di luar jendela akan memicu pikiran seseorang menjadi lebih santai dan menjadi lebih rikeks. Ketika sesorang meras rileks, akan menimbulkan dan memunculkan inspirasi pada siapapun.

Inspirasi ini bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan membantu untuk berkarya lebih baik lagi, misalnya membaca buku.

6. Menandakan pemilik rumah tidak ditempat

Manfaat lain dari jendela yaitu menandakan pemilik rumah sedang pergi atau tidak. Hal ini berlaku di lingkungan perumahan. Biasanya, jendela yang terbuka pemilik rumah berada di dalam rumah beitupun sebaliknya.

Selain itu, bermanfaat bagi para tamu yang akan berkunjung. Sehingga para tamu harus melihat keadaan jendela apakah terbuka atau tertutup.

7. Untuk menikmati pemandangan

Untuk melihat pemandangan dapat melalui jendela, tanpa harus keluar dari rumah ataupun membuka pintu terlebih dahulu. Jadi, jendela sangat praktis digunakan terutama yang tinggal pada lokasi dengan pemandangan yang indah.

Dengan menikmati pemandangan akan membantu mengurangi stress karena aktivitas yang dijalani sehari-hari. Manfaat penghijauan berperan dalam kelangsungan hidup, sehingga dapat mengurangi berbagai penyakit karena penghijauan memiliki kadar yang bersih serta jauh dari polusi.

8. Sebagai dekorasi dari suatu rumah

Jendela sebagai dekorasi rumah, karena bentuk jedela bermacam-macam tidak hanya berbentuk kotak tetapi banyak jendela dengan bentuk yang unik dan artistik. Jendela sebagai dekorasi rumah dapat meningkatkan daya tarik dari suatu rumah.

Bagi mereka yang mempunyai jiwa seni, bentuk jendela salah satu dari pengekpresian seni mereka. Misalnya. Kayu jati yang digunakan untuk hiasan jendela.

Ukuran-Ukuran Jendela Minimalis

1. Ukuran jendela ruang tamu

Contoh Jendela Minimalis
umuu_naura.home

Setiap jendela depan dan jendela belakang mempunyai ukuran yang berbeda. Jendela depan alias jendela ruang tamu mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran jendela yang lain.

Karena jendela ini berada di area paling depan harus besar agar akses sinar matahari dan udara lebih leluasa masuk ke dalam rumah.

[algolia_carousel page=2]

Ukuran jendela minimalis sebaiknya sekitar 80 cm x 100 cm. ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan luas ruang tamu.

2. Kusen jendela

Pada saat menentukan ukuran jendela minimalsi, maka juga menentukan ukuran besa kusen jendela, yaitu dengan menyisakan ruang pada bagian kanan kiri dana atas bawah dari jendela untuk kusen.

Ukuran ideal kusen jendela sekitar 6 cm, jadi setiap sisi dikurangi 12 cm untuk ukuran kusen.

Dalam menentukan ukuran kusen jendela, tidak boleh melupakan ukuran kusen pintu serta jendela minimalis.

3. Ukuran kaca jendela

Contoh Jendela Minimalis
Countryliving.com

Dalam mengukur jendela, ukuran kaca jendela juga tidak boleh ditinggalkan. Berapa orang ada yang memilih kaca sebagai bagian dari jendela, namun ada juga yang tidak.

Untuk menentukan ukuran kaca jendela, tentu menyesuaikan dengan ukuran jendela. Akan tetapi memilih jendela dengan ukuran ketebalan minimal 5 mm.

4. Jendela kamar tidur

Kamar tidur salah satu ruangan yang harus mempunyai jendela. Jika tidak ada jendela maka tidak dapat menghirup udara segar.

Ukuran jendela minimalis kamar tidur sekitar 40 cm x 90 cm atau 50 cm x 100 cm atau dapat disesuaikan dengan ukuran kamar.

5. Jendela dapur

m.made-in-china.com

Dapur merupakan ruangan yang memerlukan jendela. Meskipun nantinya mempunyai cooker hood untuk menghisap bau masakan, namun dapur tetap membutuhkan jendela.

Fungsi jendela untuk mengalirkan udara segar dari luar ke dalam rumah da mengeluarkan udara dari rumah.

Untuk ukuran jendela minimalis di dapur sekitar 50 cm x 70 cm, tetapi pemilik rumah dapat menyesuiakan dengan luas dinding yang ada

6. Jendela kamar mandi

Kamar mandi menjadi ruangan yang tidak mempunyai jendela di rumah lantaran masalah pribadi. Karena ruangan yang lembab terkena air setiap hari maka memerlukan jendela.

Ukuran pemasangan jendela kecil di bagian atas kamar mandi dengan ukuran 40 cm x 50 cm.

Ide-Ide dan Contoh Jendela Minimalis

Ada beberapa ide-ide jendela minimalis yang dapat dijadikan referensi antara lain sebagai berikut :

a. Contoh Jendela Minimalis klasik

Contoh Jendela Minimalis
Elastic.co

Jendela klasik adalah pilihan yang tepat untuk mempunyai interior rumah bergaya klasik, contohnya seperti rumah bergaya Eropa. Jendela klasik ini biasanya didominasi oleh warna-warna yang muda, contohnya seperti putih atau warna pastel.

b. Contoh Jendela Minimalis Open Spaces

Contoh Jendela Minimalis
Carminatiserramenti.com

Salah satu ide jendela minimalis yang dapat digunakan di ruang sederhana adalah jendela open spaces. Konsep dari jendela ini membuat ruangan seolah-olah menjadi lebih luas serta multiguna. Model yang digunakan pada jendela open spaces bermodel sliding.

c. Contoh Jendela Minimalis Single Hung

Contoh Jendela Minimalis
Decoraid.com

Kesan yang diberikan pada jendela single hung yaitu berkesan elegan dengan sirkulasi udara yang tepat. Jendela bagian bawah cukup tarik ke depan, sehingga udara dari luar bisa masuk ke dalam rumah. Jendela jenis ini cocok digunakan di dalam ruangan yang berhadapan langsung dengan teras ataupun beranda rumah.

d. Contoh Jendela Minimalis Melengkung

Contoh Jendela Minimalis
Residencestyle.com

Jendela melengkung bisa disebut arched windows. Jendela ini mempunyai desain seperti rumah tradisional namun tidak kuno. Bentuk lengkungan jendela tersebut mempunyai kesan yang halus, terbentuk keseimbangan secara vertikal serta horizontal saat dilihat.

e. Contoh Jendela Minimalis Tinkap atau Casement

Contoh Jendela Minimalis
Deagamdesign.com

Jendela tingkap atau casement mempunyai dua bagian yaitu bagian kanan dan kiri. Jendela ini akan memaksimalkan sirkulasi udara dari luar ke dalam. Pemilik rumah dapat membuka satu sisi saja ataupun sebaliknya.

f. Contoh Jendela Minimalis Hopper

Contoh Jendela Minimalis
Modernize.com

Jendela hopper merupakan pilihan terbaik apabila pemilik rumah menginginkan insulasi udara secara maksimal. Jendela hopper banyak digunakan di luar negeri, umumnya sebagai sumber insulasi pada tiny house.

g. Contoh Jendela Jalousie

Contoh Jendela Minimalis
Modernize.com

Jendela minimalis jenis jalousie jarang ditemukan di zaman modern ini, karena jendela ini lebih sering digunakan oleh orang zaman dahulu. Bentuk dari jendela ini unik. Namun demikian, jendela ini dapat dijadikan sebagai jendela minimalis karena dilengkapi dengan kisi-kisi paraelel yang mudah dibuka dan ditutup.

h. Contoh Jendela Skylight

Contoh Jendela Minimalis
Zephyrthomas.com

Pada umumnya jendela skylight dipasang di atas atap. Tujuan diatas atap untuk menyediakan pencahayaan yang tepat tanpa memperhatikan sirkulasi udara, karena jendela tersebut tidak bisa dibuka atau ditutup.

i. Contoh Jendela Gambar atau Picture Windows

Contoh Jendela Minimalis
Modernize.com

Bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan maupun perkotaan yang asri, nampaknya jendela ini bisa menjadikan sebagai pilihan. Karena keberadaan jendela ini mampu membuat rumah dekat dengan alam maupun lingkungan sekitar.

Karena jendela ini tidak bisa dibuka atau ditutup, maka fungsinya sebagai sumber pencahayaan dan visualisasi lingkungan. Keberadaan jendela ini cocok diletakkan di depan taman yang minimalis.

j. Jendela Clerestory

Theconstructor.org

Jendela clerestory mudah ditemukan di negara Indonesia. Apabila mempunyai rumah bergaya tradisional jendela ini cocok menjadi pilihan. Selain berfungsi untuk pencahayaan, jendela ini juga berfungsi sebagai sirkulator udara di dalam ruangan.

Tips-Tips untuk Memiliki Jendela Minimalis

Adapun tips-tips untuk memiliki jendela minimalis sebagai berikut :

a. Desain jendela minimalis

Pexels.com

Apabila mempunyai rumah yang sederhana bergaya skandinavia, maka jendela degan material seperti alumunium saja sudah cukup. Namun, apabila rumah bergaya tradisional dengan paduan batu alam atau kayu, dapat memilih material kayu untuk rumah minimalis yang akan ditempati.

b. Warna jendela minimalis

Unsplash.com

Agar warna seimbang, maka imbangi antara warna jendela dengan warna dinding. Secara umum, setiap kamar mempunyai model jendela yang berbeda-beda warna bingkai jendela harus sesuai dengan palet warna yang ada dirumah. Contohnya seperti warna dingin yaitu hijau, biru dan abu-abu sangat direkomendasikan.

Akan tetapi, untuk rumah dengan tipe tradisional dapat menggunakan warna hangat yaitu cokelas dan merah. Maka dapat dikoordinasikan dan diperhatikan pilihan warna yang digunakan.

c. Ukuran jendela minimalis

Portatecqc.com

Masing-masing pemilik rumah mempunya selera-selera yang berbeda. Ada beberapa jendela yang menghadao ke halaman tetanga lebih kecil, tetapi jendela yang menghadap ke halaman belakang dibuat lebih besar. Maka, perlu diperhatikan bagaimana ruangan yang akan digunakan dan bagaimana jendela yang akan mendukung kegiatan dengan cahaya matahari yang menerobos.

Selain itu, juga perlu memperhatikan bagaimana jendela di satu sisi rumah ketika terlihat dari luar. Sah-sah saja akan menghilangkan satu jendela dari ruang makan dan menambahkan di dekat ruang tamu.

d. Gorden jendela minimalis

Corpnova.com

Ada beberapa langkah-langkah dalam memilih gorden minimalis yaitu :

  • Vitrase
    Fungsi vitrase sebagai dasar gorden, tetapi juga digunakan sebagai gorden. Karen mampunyai bahan yang tipis, maka tidak memungkinkan untuk dipasang pada ruangan yang lumayan privat.
  • Menentukan model gorden
    Mementukan model gorden ada dua jenis yaitu panel pair dan single panel. Panel pair merupakan model gorden yang umum digunakan oleh masyarakat, tetapi biasanya untuk jendela yang berukuran besar. Sedangkan single panel terdiri dari satu gorden, bisa digunakan untuk jendela yang mempunyai ukuran besar maupun kecil. Biasanya ditemukan pada jendela minimalis.
  • Menentukan sistem pengait gorden
    Saat memasang gorden membutuhkan pengait. Sistem pemasangan manual ada beberap pilihan yaitu menggunakan track, smoke ring adalah pengait gorden yang berbentuk cincin terbuat dari stainless atau besi. Selain itu ada pilihan lain yaitu dengan menggunakan ring atau tap top. Tab top adalah pemasangan gorden yang menggunakan atau dijahit di antara tiang gorden.
  • Menentukan warna dan motif
    Pemilik rumah dapat menentukan warna dan motif gorden sesuai dengan desain rumah yang mencerminkan diri pemilik.

e. Letak jendela

Gruntsmoving.com

Letak jendela akan berpengaruh terhadap pemilihan model, contohnya jendela ruang tamu, jendela kamar dan jendela dapur secara umum mempunyai model jendela yang berbeda satu dengan yang lain. Penempatan jendela yang baik akan mempertimbangkan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara.

Secara umum penempayan jendela yang paling baik sat tidak menerima sinar matahari langsung dan berlebihan, karena akan menimbulkan hawa yang panas. Perlu diperhatikan juga pandangan dari luar jendela saat jendela dibuka.

Nah, itulah penjelasan tentang Manfaat Jendela Minimalis dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Manfaat Jendela Minimalis dalam Kehidupan Sehari-hari maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://gramedia.com

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Contoh Jendela Minimalis

  1. 10+ Model Kanopi Minimalis Terbaru yang Cocok untuk Rumah Idaman 
  2. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya 
  3. Desain Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan 
  4. Buku Desain Rumah Kreatif & Minimalis Best Seller
  5. Daftar Buku Desain Interior 2022 di Gramedia 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda