in

Ketahui Rekomendasi Warna Keramik Kamar Mandi Yang Bagus

Warna keramik kamar mandi yang bagus – Nah, jika bicara tentang dekorasi rumah, tak bisa dilepaskan dari yang namanya keramik. Dengan pemilihan keramik yang tepat, akan membuat suatu ruangan menjadi terlihat lebih kece. Salah satu ruangan yang perlu diperhatikan dalam pemberian keramik adalah kamar mandi.

Dengan memerhatikan dan memilih keramik yang tepat, maka kamar mandi pun akan terlihat lebih menarik. Namun, bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui secara pasti warna keramik kamar mandi yang tepat. Tenang, artikel ini akan mengulasnya lebih jauh.

Namun, sebelum membahas akan hal itu, ada baiknya, kita membahas pengertian keramik terlebih dahulu. Jadi, tetapi simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Pengertian Keramik

DWilliam/Pixabay.com

Kata keramik berdasarkan asalnya adalah dari Yunani adalah ‘keramos‘ yang berarti periuk atau belanga yang dibuat dari tanah liat yang dibakar. Berdasarkan kamus ensiklopedia, definisi keramik adalah suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya.

Sebelum merenovasi kamar mandi, ada baiknya Grameds mempertimbangkan luas kamar mandi yang sesuai dengan modelnya dan elemen-elemen apa saja yang akan ditaruh di kamar mandi tersebut. 

Keramik kamar mandi mempunyai beragam motif, warna dan pola yang bisa Anda atur sesuai keinginan dan tentunya juga sesuai dengan keuangan yang dimiliki. Untuk mencari warna keramik kamar mandi yang bagus merupakan keadaan yang susah susah gampang.

Lalu, yang paling harus diperhatikan dan menjadi penting dalam pemilihan warna keramik pada saat hendak membangun kamar mandi. Pemilihan warna keramik kamar mandi banyak sekali ukuran, warna dan desain yang bagus untuk anda pilih.

Nilai estetika juga mempengaruhi kamar mandi anda yang bagus dan nyaman. Bagus tidaknya kualitas materialnya juga mempengaruhi kualitas kamar mandi anda. Sebab, kamar mandi itu identik dengan lembab jadi pilihlah material yang awet, tidak licin, tidak menyerap air dan mudah dibersihkan.

Setelah semua itu dilakukan, maka kemudian Grameds bisa mulai memilih motif dan warna lantai. Kriteria tersebut mempengaruhi kepribadian anda untuk diusung menjadi tema kamar mandi anda. Contohnya lantai polos berwarna putih menggambarkan karakter pemilik yang tenang, simple, bersih, rapi, dan minimalis.

Lantai yang bermotif mencerminkan bahwa pemiliknya menunjukkan ketertarikan penghuninya terhadap hal tertentu. Sedangkan lantai bermotif monokrom mencerminkan kesukaan pemiliknya terhadap warna hitam dan putih dan gaya klasik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Warna Keramik Kamar Mandi Yang Bagus

Sumber: Pixabay.com/AnnaHang

Buat Grameds yang ingin membuat atau merenovasi konsep kamar mandi, berikut pilihan-pilihan warnanya yang bagus yaitu:

  • Keramik Kamar Mandi Warna Putih

Putih adalah warna yang netral karena bisa dikombinasikan dengan warna apa saja cocok. Sehingga warna putih terkesan bersih dan cerah untuk kamar mandi. Warna putih juga dapat membuat ruangan terlihat lebih besar berkat efeknya yang dapat memantulkan banyak cahaya.

Dengan begitu, kamar mandi ini terlihat mainstream. Jika warna putih dikombinasikan dengan biru maka akan terlihat istimewa dan berbeda dari biasanya. Dan hasilnya kamar mandi anda menjadi sangat luar biasa dan lebih estetik.

  • Keramik Berwarna Hitam

Warna hitam dapat memberikan kontras yang mencolok serta kesan elegan pada ruangan. Terlebih lagi, apabila warna kamar mandi dikombinasikan dengan dinding batu alam, maka akan terlihat elegan seperti marmer dan granit.

Tambahkan jendela besar yang berfungsi sebagai ventilasi kamar mandi, memberikan pencahayaan yang baik dan supaya sirkulasi udara bisa berganti sehingga bau kamar mandi bisa dielakkan.

Warna keramik hitam bisa dikombinasikan dengan warna emas supaya tampilannya makin mewah dan elegan. Untuk aksesorisnya gunakan saja rak gantungan kamar mandi dari bahan kuningan untuk mendapat warna emasnya.

  • Keramik Warna Abu-abu

Warna abu-abu merupakan warna yang bagus untuk kamar mandi minimalis dan mewah. Warna ini dapat digunakan pada dinding dan lantai kamar mandi sehingga terlihat mewah, elegan dan anti-mainstream.

  • Warna Pink yang Feminim

Keramik kamar mandi dengan warna pink menjadi bagus sehingga ruangan tersebut akan lebih cerah, berwarna, dan terlihat menggemaskan. Warna ini sangat cocok untuk anda yang tertarik dengan tema girly.

Kalau Anda memilih kombinasi pink sebaiknya jangan memilih warna yang kontras. Jika keramik pada kamar mandi  warna pink muda maka kombinasi sebaiknya warna pink tua agar terlihat saling mengikuti.

  • Keramik Kamar Mandi Warna Kuning

Keramik kamar mandi warna kuning adalah warna yang bagus dan anti mainstream. Warna yang mencolok ini ternyata bisa memberi nuansa ceria sehingga  semakin bersemangat untuk mandi!

Kamar mandi warna kuning memberi kesan estetik dengan dekoratif yang cocok. Tinggal memberi cermin yang digantung yang kekinian dan lebih estetik. Kesan dari warna kuning dapat menjadikan kamar mandi terasa lebih segar, lebih hidup, dan juga menjadi pusat perhatian.

  • Keramik Hijau

Memilih warna hijau untuk keramik kamar mandi akan menciptakan kesan adem dan lapang. Warna hijau adalah warna yang bagus dan adem yang  menghadirkan nuansa alami pada ruangan anda.

  • Warna Krem yang Minimalis

Warna cream merupakan jenis warna netral. Dengan memilih warna netral, maka akan memudahkan Anda dalam menata ruangan serta usaha dalam mengkombinasikan keramik warna cream dengan warna lainnya dari furnitur atau aksesoris lainnya.

  • Kamar Mandi Warna Coklat

Pixabay.com/DWilliam

Jika Anda memilih warna cream pada kamar mandi, maka akan memberikan kesan yang simple dan tetap elegan. Warna cream juga sangat mudah untuk dipadukan dengan warna lainnya serta menjadi salah satu elemen dekorasi pelengkap kamar mandi.

Kombinasi dari warna cream untuk kamar mandi bila dikombinasikan dengan warna keramik coklat, baik untuk lantai maupun dinding kamar mandi, sehingga dapat memberikan kesan klasik dan menyegarkan mata.

Warna keramik kamar mandi yang bagus dan cocok banget untuk membangun konsep desain interior  secara menyeluruh. Contohnya jika di pasang keramik kamar mandi berwarna coklat.

Carilah warna coklat yang mendekati warna kayu, bahkan kalau bisa yang memiliki motif guratan kayu. Pasti kamar mandi anda akan terlihat lebih natural dan estetik. Anda pun bisa makin nyaman berada di dalam kamar mandi yang penuh dengan kehangatan.

  • Keramik Kamar Mandi Warna Biru

Jika Anda memilih keramik kamar mandi  berwarna biru, maka akan memberikan kesan yang lebih fresh dan nyaman. Jika warna biru digunakan pada lantai maupun dinding kamar mandi maka dapat memantulkan cahaya yang indah saat tersorot lampu maupun sinar matahari.

  • Estetik dengan Keramik Mozaik Warna Pastel

Warna pastel ini adalah warna favorit untuk desain kamar mandi sebab banyaknya pembelian keramik warna ini di beberapa tahun terakhir. Warna kamar mandi pastel ini memberikan kesan cerah dan lembut saat dipandang mata. Agar kamar mandi semakin estetik, Anda dapat memilih keramik dengan model mozaik serta kombinasi warna pastel.

  • Keramik Warna Ungu 

Pemasangan keramik warna ungu pada kamar mandi termasuk warna kontemporer karena memberikan kesan nuansa yang unik di ruangan. Warna yang berbeda pada ungu bisa dipilih warna lainnya misalnya pastel ungu, lavender, ungu tua maupun ungu muda yang menyala.

  • Motif Colorful Khas Timur Tengah

Anda bisa menggunakan keramik motif colorfull khas timur tengah yang sangat apik untuk dijadikan aksen pada kamar mandi. Namun, pemasangan motif ini full untuk satu ruangan akan membuat kamar mandi Anda terasa sumpek dan terlalu ramai. Biar tampil elegan maka sebaiknya keramik dipasang satu sisi saja agar penampilannya lebih maksimal.

  • Keramik Terrazzo

Keramik kamar mandi dengan model terrazzo bisa menjadi alternatif untuk menghadirkan ilusi ruangan yang tampak tenang. Corak dan warna yang dimiliki keramik ini bervariasi. Kelebihan yang dimiliki keramik pada lantai kamar mandi adalah jauh dari kata membosankan dan punya gaya artistik tersendiri.

Keramik lantai terrazzo terbuat dari bahan campuran semen dan pasir, dengan pecahan marmer, keramik, kaca dan kulit kerang. Sehingga variasi model keramik kamar mandi yang dinamis ini bakal bikin kamar mandi Anda kian ciciamik.

Cara Memilih Keramik Yang Tepat

Pemilihan warna, model, jenis dan kualitas keramik mempengaruhi bentuk kamar mandi yang bagus, nyaman, estetik atau tidak. Kecermatan anda dalam memilih keramik akan berdampak pada ketahanan, ketepatan dan kesesuaian saat diaplikasikan.

Motif dan ukuran keramik juga mempengaruhi suasana ruangan dan mood penghuninya. Berikut adalah cara memilih keramik yang benar yaitu:

  • Kenali Perbedaan antara Keramik Lantai dan Dinding

Biasanya lantai keramik bertekstur kasar. Hal tersebut berbanding terbalik dengan kualitas dinding kamar mandi yang bertekstur halus, licin, dan dove. Tentunya kebutuhan keramik setiap ruangan berbeda, dengan ini Anda harus benar-benar memahami hal tersebut.

  • Berhati-Hati dalam Memilih Tekstur Keramik

Hal ini masih berkaitan dengan yang sebelumnya, pada umumnya keramik lantai memiliki tekstur yang kasar. Ruangan kamar mandi yang seringkali basah dan lembab, tentunya akan sangat berbahaya jika menggunakan permukaan yang glossy atau licin.

Memilih keramik kamar mandi yang bagus memang penting, tetapi lebih penting sesuai dengan keamanan dan keselamatan. Keramik kamar mandi yang kasar  lebih baik dipilih agar tidak licin dan tidak mudah tergelincir. Ukuran yang tidak terlalu besar juga akan membantu memberikan efek kasar pada keramik lantai keramik.

  • Menyesuaikan Ukuran Keramik

Berbagai jenis, ukuran, motif, dan warna keramik kamar mandi beredar di pasaran. Mulai dari yang harga terjangkau hingga yang mahal. Tentu menyesuaikan ukuran keramik sangat penting, terlebih untuk ukuran kamar mandi Anda.

Jika kamar mandinya luas maka sebaiknya penggunaan keramik yang kecil diminimalisir. Jika terpaksa menggunakan keramik yang ukurannya kecil maka sebaiknya digunakan tetapi hanya untuk elemen dekorasi saja.

Untuk kamar mandi yang kecil bisa menggunakan keramik ukuran kecil karena jika kamar mandi kecil menggunakan keramik besar maka akan banyak terbuang sia-sia karena banyak keramik yang terpotong. Kalau ukuran kamar mandi yang besar sebaiknya menggunakan keramik besar.

  • Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Warna

Keramik pada kamar mandi lebih tertutup dan terpisah dari area yang mudah terlihat.

Hal inilah yang menjadikan tantangan pada anda yang akan merenovasi maupun akan membuat kamar mandi. Namun, jika kamar mandinya berukuran kecil, maka akan membuat ruangan terasa sempit. Kalau anda memberikan warna-warna kontras maka manfaatkan warna-warna netral seperti putih dan hitam sebagai pasangan untuk menetralkan suasana.

  • Kenali Macam-Macam Bentuk dan Cara Pemasangannya

Pada umumnya keramik berbentuk persegi, pada nyatanya ada juga keramik berbentuk persegi panjang atau bahkan persegi delapan maka cara memasangnya diselang seling.

Hal ini malah baik dan mengurangi lantai bee keramik yang licin. Jadi, tentu saja akan meminimalisir Anda untuk beresiko tergelincir, sehingga keselamatan menjadi lebih terjamin.

  • Pilih yang Perawatannya Mudah

Ada keramik yang perawatannya mudah dan tidak mudah. Lebih baik anda pilih keramik yang mudah perawatannya. Selain alasannya lebih ekonomis juga anda tidak kerepotan untuk membersihkan dan merawatnya. Tentu hal ini tidak anda inginkan.

Demikian pembahasan kita tentang warna kamar mandi yang bagus. Semoga semua pembahasan di atas memudahkan Grameds dalam memilih warna kamar mandi yang tepat.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika ingin mencari buku tentang dekorasi rumah, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Atau kamu bisa lihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://slideplayer.info/slide/2024017/
  • https://carpetshop.co.id/blog/article/pilihan-warna-keramik-wc-untuk-percantik-kamar-mandi
  • https://www.pinhome.id/blog/warna-keramik-kamar-mandi-yang-bagus/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/141813/warna-keramik-kamar-mandi-yang-bagus
  • https://www.orami.co.id/magazine/warna-keramik-kamar-mandi-yang-bagus
  • https://www.mitraruma.com/blog/warna-keramik-kamar-mandi-yang-bagus/

Rekomendasi Buku Terkait

Seri Gambar Ruang 3D – 20 Kamar Mandi Modern, Natural, Minimalis

Pastinya, bagi sebagian orang mungkin masih bingung untuk mendesain kamar mandi yang bagus. Namun, referensi desain kamar mandi ini sebenarnya bisa dicari, melalui buku 20 Kamar Mandi Modern, Natural, Minimalis.

Dari segi tema dan gaya, buku ini menyajikan kamar mandi “basah” layaknya mandi di tengah alam terbuka-lengkap dengan suasana dan tampilan bambu, gentong, dan batu alam-sampai suasana mandi ala hotel dengan perangkat saniter yang memadai.

Tak ketinggalan, hadir pula desain kamar mandi dengan konsep dan rasa berbeda karena diposisikan di pinggir balkon atau di loteng rumah. Selain itu, Anda pasti akan terinspirasi melihat desain pilihan yang begitu bersahaja untuk kamar mandi dengan luas terbatas.

 

Seri Gambar Ruang 3D – 22 Desain Kamar Mandi Mungil

Kamar mandi yang sehat menandakan bahwa rumah yang sehat bagi para penghuninya. Selain itu, desain kamar mandi juga bisa dibuat unik walaupun kamar mandinya berukuran kecil. Untuk mencari referensi kamar mandi berukuran kecil, kamu bisa menemukannya pada buku Seri Gambar Ruang 3D – 22 Desain Kamar Mandi Mungil.

Dengan kisaran ukuran mulai dari 1 x 2 m sampai dengan 2 x 2 m, desain-desain yang ditampilkan di sini dengan mudah diterapkan di area yang sangat terbatas sekalipun. Selain itu, buku ini juga dilengkapi perhitungan harga, Anda bebas menentukan pilihan berdasarkan beberapa hal, seperti elemen penutup lantai, material dinding, warna, hingga coraknya.

 

Seri Rumah Ide – 62 Desain Kamar Mandi

Berbicara tentang desain kamar mandi memang sangat banyak, sehingga terkadang membuat sebagian orang menjadi bingung. Namun, tenang, hal itu bisa diatasi dengan membaca buku Seri Rumah Ide – 62 Desain Kamar Mandi.

Buku terakhir dari rangkaian edisi spesial yang memuat karya terpilih para peserta lomba desain SRI-GPU ini menampilkan 3 desain pemenang utama, Top 10-10 karya yang mendapat apresiasi khusus dari tim juri, dan puluhan desain lain yang mengusung ide unik nan segar.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Albert

Mungkin banyak orang tidak suka dengan dunia interior, tapi tidak dengan saya. Ketertarikan dengan dunia interior membuat saya sangat senang melihat perkembangannya. Terlebih, saya juga senang menulis, sehingga tema tentang interior saya tuangkan ke dalam tulisan.